Tips Mencegah Terjangkit Batuk Flu pada Pasien Hipertensi Paru-KULWAP

///Tips Mencegah Terjangkit Batuk Flu pada Pasien Hipertensi Paru-KULWAP

Tips Mencegah Terjangkit Batuk Flu pada Pasien Hipertensi Paru-KULWAP

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatsapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertensi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hubungi Admin Pusat YHPI 0811-8986-799

 

PENGUMUMAN KULWAP YHPI

  • Waktu : Sabtu, 25 November 2023
  • Pukul : 19.00 – 20.00 WIB
  • Narasumber : Dr. Fitranti Suciati Laitupa Sp.JP(K)
  • Tema : Tips Mencegah Terjangkit Batuk Flu pada Pasien Hipertensi Paru
  • Moderator : Amida

Untuk melihat materi silahkan KLIK DISINI

 

1. Pertanyaan:

Nama: Dewi Retno Sari, Usia: 31th, Domisili: Surabaya, Diagnosa: asd ph. Assalamualaikum dokter.. Saya pasien Asd pH hampir 7th dengan PH berat.. Saya tau sebenarnya saat kondisi imun turun lalu minum es gorengan jajanan yang mngandung micin berlebih pasti langsung batuk flu yang sembuhnya lama.

Apa benar dok , batuk flu itu bisa saja terjadi saat kita memang imunnya sedang turun atau semua yang sakit PH pasti gampang batuk? Lalu ada yang menjadi pembedanya dok? Dan apa sih dok cara yang harus saya sebagai pasien lakukan supaya meminimalkan resiko batuk dn flu itu?? Selalu pakai masker? Atau hanya dengan menjaga pola makan saja? Terimakasih dokter. Wa’alaikumsalam wr wb.

Jawaban:

Teruntuk ibu Dewi Retno Sari, surabaya. Bisa terjadi dua2nya bu. Batuk bisa terjadi saat imun turun , dan batuk bisa sering terjadi pada pasien dengan PH. Tidak ada bedanya bu untuk gejala sama saja, pada umumnya pasien dengan gejala flu seperi batuk, pilek, nyeri tenggorokan. Iya bu, memakai masker di tempat umum, serta menjaga pola makan menjadi salah satu cara untuk mencegah batuk pilek. Terutama karena ibu termasuk pasien PH yang rentan terjadi batuk pilek. Pada pasien dengan PH juga disarankan vaksin flu dan pnemonia. Sehat selalu ibu.

2. Pertanyaan:

Radi Sukendro, 32 th, Subang, vsd sadc PH. Ijin bertanya dokter, kalau lagi tidur suka kebangun gara-gara kesedak lalu batuk-batuk itu kenapa ya dok. Terima kasih.

Jawaban:

Teruntuk Bapak Radi Sukendro, subang. Pada penyakit bapak, dapat terjadi peningkatan aliran ke pembuluh kapiler paru karena peningkatan aliran balik ke jantung saat tidur dan peningkatan tekanan vena paru, sehingga dapat menyebabkan sering batuk dan sesak saat tidur.

Bapak dapat mengkontrolkan diri secara rutin, minum obat teratur, menbatasi konsumsi garam dan juga cairan dapat dikonsumsi 1-1,5 liter per hari (termasuk air dalam sayuran).

3. Pertanyaan:

Dhyalifa, 17th, Malang jatim, ASD PH. Disamping Dhyalifa sering flu, radang tenggorokan juga.. walaupun sudah memakai masker sehingga sering sekali batuk yang akhirnya berpengaruh dengan kerja jantung.

  • adakah saran bagaimana pencegahan radang tenggorokan? Selain asupan yang bergizi
  • apakah ada kaitanya flu & radang tenggorokan
  • radang tenggorokan apa bisa dicegah dengan vaksin flu
  • vitamin apa yang sesuai?
  • bagaimana membedakan batuk flu/radang tenggorokan atau batuk PH?

Terima kasih

Jawaban:

Terimakasih mb dhyalifa. Selain asupan makanan bergizi dan memakai masker, dapat dilakukan pemberian vaksin influenza dan pnemonia (pnemococcus). Selain itu, dapat dilakukan olahraga. Yang tentunya sesuai dengan anjuran dokter. Saya sarankan mb dhyalifa dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung konsultan rehabilitasi dan prevensi untuk peresepan olahraga yang tepat untuk mba  (di malang ada dokter cholid spjp konsultan rehabilitasi dan prevensi).

Untuk vitamin tidak ada yang khusus. Disebutkan ginko atau arginin tapi tidak ada penelitian yang jelas. Namun pada pasien PH sering terjadi defisiensi zat besi dan vit D, bila memang terjadi defisiensi sebaiknya diberikan tablet zat besi dan vit D. Dapat dilakukan pengecekan laboratorium untuk zat besi dan vit D.

Batuk pada PH dan infeksi tenggorokan tidak ada pembeda yang khas, dan semua harus diobati. Sebab batuk pada infeksi tenggorokan meski ringan juga dapat memperberat PH. Terimakasih sehat selalu

4. Pertanyaan:

Nama: Ayu, Usia: 46 th, Domisili: bogor, Diagnosa: PH, CHF. Ketika masuk cuaca seperti saat ini yang sudah mulai sering hujan, setiap saya mandi akan selalu terbatuk2 terus sampai mandi selesai. Ketika sudah diluar kamar mandi, saya olesin minyak kayu putih nanti akan langsung hilang batuknya tadi. Padahal kondisi tubuh sedang baik2 saja & tidak ada edema. Kira2 kenapa ya dok? Atau memang hal seperti ini umum terjadi untuk pasien PH. Terimakasih sebelumnya.

Jawaban:

Terimakasih ibu Ayu. Pada pasien PH memang sangat rentan terjadi batuk, apakah karena cuaca, udara dingin, makanan dsb. Sehingga sangat disarankan mengurangi resiko terjadinya batuk seperti cuaca dingin sehingga tidak memperberat penyakit PH. Terimakasih dan sehat selalu

5. Pertanyaan:

Nama: Tina, Usia: 45 thn, Domisili: Semarang, Diagnosa: PH Primer. Selamat pagi dok, Kebetulan saya dalam pekerjaan sering mobile, sehingga kalau drop pasti larinya menjadi batuk, batuk kering dan pasti lama sembuhnya. Saya juga sudah vaksin influenza yang  berulang 1 thn sekali. Saya sendiri juga ada sinusitis dan PH Primer dok…

Apakah saat kondisi sy batuk itu baeknya tetep ke dokter umum, atau kah hanya minum hangat hangat saja ,seperti jahe ,mengingat ini batuk kering. Apakah memang batuk kering ada terkait dengan PH ataukah bagaimana dok? Karena kalau saya ke dokter umum itu setelah sekitar 2-3 x kontrol minum obat, baru bisa sembuh dok. Terimakasih dok

Jawaban:

Terimakasih ibu Tina dari semarang. Ibu dapat ke dokter bila dirasa gejala semakin memberat meski terapi umum telah diberikan seperti minum air hangat, dsb. Beberapa obat yang mengandung pseudoefedrin atau efedrin sebaiknya dihindari. Atau ibu juga dapat mengkonsultasikan obat batuk pilek ibu pada spesialis jantung tempat dimana ibu kontrol secara rutin

6. Pertanyaan:

Nama: Singgih Wirasto, usia: 40 tahun, domisili:Pacitan, post ASD CLOSURE by device baru 25 hari. Saya kena batuk tapi sudah agak reda, tapi kalau malam hari itu kok kadang masih sering batuk, saat batuk itu saya jadi cemas pikiran kemana2, takut kalau berpengaruh pada alat yang di pasang di jantung saya, padahal saya sudah tanya ke dokter katanya ga apa2 buat batuk, tapi cemas itu kok selalu datang takut kalau kenapa2 pada alat yang di pasang.. gimana cara menghilangkan cemas itu dok… terimakasih

Jawaban:

Terimakasih bapak Singgih Wirasto. Bila asd post closure sudah 25 hari sangat sangat kecil kemungkinan lepas bapak. Alat bisa lepas bila masih dalam masa rawat dirumah sakit. Bila sudah 25 hari tidak akan lepas bapak. Terimakasih dan sehat selalu

7. Pertanyaan:

Nama: Fitriana Rahayu (Ayu), usia: 42 tahun, domisili: Tangerang Selatan, post ASD CLOSURE dengan PH hasil baik (setelah operasi). Saya kena batuk dari awal keluar rawat tapi kalau malam hari masih sering batuk, dan sekarang batuknya semakin jadi terutama di malam hari, saya sudah tanya ke dokter katanya ga apa2 karena saya bilang sudah agak mengganggu. Akhirnya ada obat yang diganti karena mungkin tidak cocok, kebetulan obat yang diminum ramipril.

Apakah pasca operasi ASD closure boleh minum obat batuk yang lain atau ada obat batuk yang khusus? Lalu jika terkena flu berat apakah ada obat yang aman untuk kami pasien post ASD closure? Terima kasih sebelumnya.

Jawaban:

Terimakasih ibu fitriana rahayu. Dapat digunakan obat batuk yang digunakan juga secara umum seperti misal NAC. Untuk obat flu lebih baik menghindari kandungan pseudoefedrin atau efedrin. Terimakasih ibu sehat selalu

8. Pertanyaan:

Nama : Hayra Rasyidina, Usia : 14 tahun, Domisili : 14 thn, ASD PH. Batuk dan pilek merupakan hal paling menakutkan untuk saya, karena hanya gara gara batuk dan pilek, anak saya langsung saturasi turun dan wajib opname minimal 5 hari untuk isi oksigen dan pernah hampir 2 minggu sekali masuk RS hanya gara gara batuk dan pilek.

Perawatan yang saya lakukan adalah meminta dokter obat cadangan untuk batuk dan pilek agar tidak kebablasan dan minum vit d3 proben 1000mg ..alhamdulilah ini mengurangi jam terbang untuk bolak balik opname ke RS.

Pertanyaan saya :

  1. vitamin apalagi yang harus diberikan agar dia bisa fit dan makan banyak
  2. Hal apa yang harus dilakukan untuk bentuk imun tubuh supaya tak gampang tertular batuk pilek atau olah raga apa yang tepat untuk anak saya ya atau makanan apa yang harus dikonsumsi. Terima kasih

Jawaban:

Terimakasih ibu hayra rasyidina

  1. Pada pasien PH memang sering terjadi defisiensi vit D ibu sehingga pemberian vit D memang sudah tepat bila memang defisiensi vit D. Selain itu sering juga pasien PH menderita defisiensi zat besi. Dapat dilakukan pengecekan zat besi di laboratorium dan bila defisiensi zat besi dapat mengkontrolkan diri untuk mendapat suplemen zat besi
  2. Dengan pola hidup sehat, makanan bergizi, dan olahraga juga dapat meningkatkan imun tubuh. Namun untuk peresepan olahraga, ibu dapat mengkonsultasikan ke spesialis jantung sebaiknya konsultan rehabilitasi dan prevensi di kota ibu.

9. Pertanyaan:

Nama: Mazziana Nafi, Usia: 20 tahun, Domisili: Banyumas, Diagnosa: Vsd pmo+ph. Assalamualaikum dok, setiap kali saya kecapean jalan kenapa yah langsung batuk2 terus sampai dada saya terasa perih banget, apalagi cuaca pancaroba begini, hampir tiap hari mandi pake air hangat, kalau kedinginan sesak banget sampai batuk2 terus bibir, lidah juga langsung biru.

Apakah masih ada harapan untuk saya bisa secepatnya dilakukan tindakan operasi penutupan? dengan Cath diagnosa awal pH 89 mmhg, terus belum lama ini kenapa yah disekitar leher depan seperti ada benjolan ketika ditekan sakit, apakah itu peradangan amandel? Suara saya juga serak/berat sejak kecil sampai sekarang, apakah ketika sudah tindakan suara saya bisa normal sepeti orang2 pada umumnya? Terimakasih. Wa’alaikumsalam wr wb

Jawaban:

Terimakasih ibu mazziana nafi. Pada pasien vsd PH memang  sangat rentan terjadi batuk ibu karna faktor kenaikan tahanan vena paru dan dipicu oleh udara dingin dsb. Sehingga disarankan untuk menghindari faktor resiko terjadinya batuk dan infeksi saluran napas seperti menghindari udara dingin, mengurangi gorengan, memakai masker di tempat umum, dsb. Semangat ibu dengan pengobatan PH akan dapat menurunkan tekanan arteri pulmonal.

Benjolan di leher bisa penyebab bermacam, namun kemungkinan besar tidak ada hubungan dengan penyakit ibu namun harus dikonsultasikan lebih lanjut benjolannya ke dokter untuk dapat dilihat dan diperiksa lebih lanjut. Bila fasilitas whatsapp mohon maaf saya sangat terbatas untuk mendiagnosis benjolan tersebut

10. Pertanyaan:

Nama:tari, Usia:30 Thn, Domilisi:brebes, Post ASD.  Begini dokter saya ini lagi batuk dan flu sudah 2 hari, tapi saya belum periksa ke dokter, selain obat apa ada minuman herbal atau vitamin  yang bagus untuk penderita ASD dok?Karena mengganggu sekali saat batuk dan flu melanda.. (tipe batuk dahak+flu seperti alergi gatel, tapi tetep keluar cairan).

Jawaban:

Terimakasih ibu tari dari brebes. Selain obat ibu dapat menjaga pola makan seperti minum hangat dan menghindari gorengan serta cuaca dingin. Tidak ada vitamin tertentu yang disarankan sebab penelitiannya kurang banyak didapatkan. Dapat digunakan vitamin pada umumnya yang mengandung vit c, d dengan dosis cukup (bukan dosis tinggi, kecuali bila defisiensi vitamin)

11. Pertanyaan:

Nama : Sunarti, Usia.: 56 thn, Domisi : Jakarta Pusat. Saya penderita ASD sudah dioperasi tahun 2018,  HHD, PH dan bulan Mei terkena Asthma. Dokter jantung curiga saya ada ashma  saya bilang gak ada keturunan Asthma dirujuk ke dokter Spesialis Paru dan benar sekarang ada Ashma di periksa Spirometri dll.

Dari dokter Paru dokter Pari diberikan obat hisap Symbicort, dihisap pagi dan malam juga bila agak sesak. Memang sih semenjak kena asthma sering batuk Pilek, sesak, naik dan nanti kambuh dikasih juga obat allergi dan obat batuk.

Rasanya saya belum bisa terima dan kenapa kena Asthma, jadi saya malas ke dokter paru padahal dokter bilang harus sebulan sekali, mesti di evaluasi terus. Minggu depan rencana nya akan ke dokter Paru. Tadinya hampir setiap bulan kena Batuk pilek. Saat tidak ke dokter saya minum obat Mixagriph aja, apakah aman atau ada obat batuk khusus asthma.

Tapi sekarang musim hujan, takutnya kena batuk pilek, apakah Ashma venderung sering kena batuk pilek disaat cuaca seperti ini, apakah harus minum obat batuk ashma atau obat batuk racik atau benar minum obat batuknya. Mohon infonya. Terima kasih dokter.

Jawaban:

Terimakasih ibu sunarti. Untuk penyakit asma sebaiknya ibu kontrol secara teratur ke dokter spesialis paru, ibu. Terutama berkonsultasi untuk pengobatannya. Untuk semua pasien batuk lebih baik menghindari hal-hal yang dapat memicu batuk, salah satunya cuaca dingin. Terimakasih ibu sehat selalu

12. Pertanyaan:

Nama:  ELseri simanullang, Usia: 36 thn, Domisili: Medan. Diagnosa: PDA+PH eisenmenger sindrom. Saya pernah baca artikel ” flu jadi bukan sekedar flu kalau kamu punya sakit kronis ” dan artikel itu betul2 sering terjadi pada saya, pertanyaannya , selain pola hidup sehat, makan yang teratur juga minum obat rutin apakah perlu  minum vitamin setiap hari untuk kekebalan tubuh ,mencegah tubuh mudah drop? dan vitamin apa saja yang bagus untuk kekebalan tubuh penderita sakit kronis.

Jawaban:

Terimakasih ibu elseria simanullang. Untuk vitamin tidak ada yang khusus yang diberikan. Dikatakan ginko dan arginin dapat membantu pasien PH tapi itupun belum lengkap penelitiannya. Ibu dapat mengkonsumsi multivitamin mgandung vit c, d dalam dosis cukup (bukan dosis tinggi)

Namun pada pasien PH sering terjadi defisiensi vit d dan zat besi. Ibu dapat memeriksakan ke laboratorium untuk vit d dan zat besi dan bila terjadi defisiensi dapat segera kontrol ke dokter untuk mendapat tablet besi dan vit d. Ibu juga dapat melakukan vaksin influenza dan pnemonia (pnemococcus). Terimakasih ibu sehat selalu

13. Pertanyaan:

Nama : Tria Utari, Usia : 27 tahun, Domisili : Jakarta Utara, Diagnosa : ASD PH. Selamat siang dok, izin bertanya mengenai batuk berkepanjangan. Jadi, saya sudah melakukan CT Scan di Paru² saya, namun dari hasil dokter paru² menyatakan bahwa semuanya baik² saja. Tetapi memang ada permasalahan di Jantungnya sehingga membuat saya batuk. Saya ingin tanyakan : Bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi batuk berkepanjangan ya dok dan menurut dokter apakah ada solusi untuk menangani batuk yang berkepanjangan supaya tidak kambuh lagi? Mohon informasinya.

Jawaban:

Terimakasih ibu Tria utari. Ibu dapat melakukan hal-hal berikut untuk mencegah batuk:

  • Memakai masker di tempat umum
  • Makanan bergizi (menghindari gorengan, minum dingin, diet rendah garam 1 sendok teh garam sehari semalam, minum 1-1.5 liter air)
  • Olahraga (konsultasi dokter spesialis jantung u peresepan olahraga sebaiknya konsultan rehbilitasi prevensi)
  • Mencegah defisiensi vit d dan zat besi
  • Melakukan vaksinasi influenza dan pnemonia (pnemococcus)
  • Kontrol secara rutin

14. Pertanyaan:

Nama : Debbie Oktavia, Usia : 51 th, Domisili : Cibinong Bogor, Diagnosa : ASD CLOSUER, PH. Sejak pasca operasi kenapa bagian hidung saya jadi sensitif yah Dok, dan kadang tanpa sebab suka meler sendiri cairan bening dari hidung? Dan apabila aktifitas diluar pun jadi sensitif dg Asap² apapun Dok…kalo terhirup auto ngap nafasnya… Mohon penjelasan dan solusinya Dokter. Terimakasih.

Jawaban:

Terimakasih ibu debbie oktavia. Bila ibu masih terdapat PH, maka akan rentan terjadi pilek dan batuk. Sehingga ibu perlu hidup sehat untuk menghindari hal yang dapat memicu pilek dan batuk, salah satunya cuaca dingin atau berasap. Terimakasih ibu sehat selalu.

 

 “Batuk pilek rentan terjadi pada pasien PH sehingga dapat dilakukan langkah2 berikut untuk mencegah batuk pilek:

  • Memakai masker di tempat umum
  • Makanan bergizi (menghindari gorengan, minum dingin, diet rendah garam 1 sendok teh garam sehari semalam, minum 1-1.5 liter air)
  • Olahraga (konsultasi dokter spesialis jantung u peresepan olahraga sebaiknya konsultan rehbilitasi prevensi)
  • Mencegah defisiensi vit d dan zat besi
  • Melakukan vaksinasi influenza dan pnemonia (pnemococcus)
  • Kontrol secara rutin

Semangat bagi bapak ibu dan teman2 penderita PH”_ Dr. Fitranti Suciati Laitupa Sp.JP(K)

 

By | 2023-12-09T08:42:50+00:00 December 9th, 2023|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat