Keluarga Pasien

/Keluarga Pasien
Keluarga Pasien 2018-08-23T04:11:15+00:00
Hipertensi Pulmonal adalah penyakit kronis (jangka panjang) dan serius sehingga diperlukan kerja sama semua anggota keluarga untuk melakukan penyesuaian hidup. Peran caregiver (pendamping pasien) sangat penting sekali dalam mendukung pasien tetap hidup berkualitas.

 

Caregiver adalah keluarga/teman pasien hipertensi paru yang membantu pasien dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Menjadi caregiver bukanlah hal yang mudah, karena biasa caregiver adalah keluarga yang hidup sehari-hari bersama dengan pasien, sehingga terjadi perubahan hidup yang drastis juga dalam kehidupan caregiver.

 

Perlu waktu dan penyesuaian bagi caregiver untuk menerima bahwa orang yang dicintai/terdekatnya sekarang didiagnosa Hipertensi Paru dan memerlukan bantuan dalam kehidupan sehari-harinya.

 

Banyak pekerjaan yang mungkin dulu bisa dikerjakan oleh pasien atau bersama, sekarang memerlukan bantuan penuh dari caregiver, contoh : sebagai suami pasien Hipertensi Paru misalnya, sekarang harus membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak dengan kapasitas lebih daripada biasanya.

Beberapa tips untuk caregiver :
  • Pelajari mengenai apa itu Hipertensi Paru lebih lanjut, sehingga Anda mengenal gejala2, pengobatan, dan penyesuaian hidup apa yang harus dilakukan
  • Mendampingi saat kunjungan ke dokter, sehingga Anda juga berkomunikasi dengan baik dengan dokter
  • Membantu mengingatkan waktu dan dosis pengobatan supaya rutin diminum dan tidak ada yang terlewat
  • Membantu mengingatkan kemampuan aktifitas pasien, sehingga pasien tidak beraktifitas berlebihan
  • Membantu/mengambil alih/membagi tugas dengan anggota keluarga lain pekerjaan rutin sehari2 yang biasa dilakukan pasien
  • Kenali gejala2 darurat Hipertensi Paru sehingga Anda tahu kapan harus menghubungi dokter atau membawa pasien ke UGD
  • Mentoleransi dan tidak menghakimi ketidakmampuan pasien dalam beraktifitas
  • Mendukung pasien untuk menjalankan Gaya Hidup Sehat PHers (5H3B) dengan baik
( seringkali pasien terlihat baik-baik saja dari luar, tetapi sebenarnya beraktifitas sedikit saja merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan dan menimbulkan gejala/memperburuk kondisi Hipertensi Paru-nya)

 

  • Tetap tenang dan hadapi stress penyesuaian hidup yang terjadi bersama2
  • Jaga kesehatan fisik dan mental Anda sebagai caregiver dengan istirahat yang cukup
Selain fisik dan mental, seringkali finansial juga menjadi tantangan tersendiri bagi pasien PH (Pulmonary Hypertension) dan keluarga, hal ini disebabkan karena harga pengobatan Hipertensi Paru yang mahal dan juga mungkin karena pasien yang sekarang sudah tidak bisa bekerja/membantu keuangan keluarga.

Diskusikan hal ini dengan terbuka sejak awal, sehingga bisa dilakukan penyesuaian2 untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga dan pengobatan pasien kedepannya, sebagai contoh: mungkin diperlukan pekerjaan tambahan, paruh waktu, klaim asuransi, bantuan finansial keluarga besar, dst.

 

Keluarga pasien Hipertensi Paru sangat diharapkan untuk dapat bekerja sama berjuang bersama pasien dan mudah-mudahan pada akhirnya kondisi sulit yang ada justru mempersatukan dan memperat hubungan keluarga Anda.

Baca juga :