KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema-Gagal Jantung dan Hipertensi Paru

///KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema-Gagal Jantung dan Hipertensi Paru

KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema-Gagal Jantung dan Hipertensi Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatsapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertensi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hubungi Admin Pusat YHPI 0811-8986-799

 

PENGUMUMAN KULWAP YHPI

  • Waktu : Sabtu, 29 Mei 2021
  • Pukul : 13.00 – 14.30 WIB
  • Narasumber : dr. Habibie Arifianto , Sp.JP(K), M.Kes, FIHA
  • Tema : Gagal Jantung dan Hipertensi Paru
  • Moderator : Amida

 

Pengantar:

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh, selamat siang, saya habibie arifianto, dokter jantung di RS UNS Kartasura Sukoharjo, semoga kita semua bisa diberi nikmat sehat nggih. Monggo apabila ada pertanyaan mengenai gagal jantung dan PH bisa disampaikan, kebetulan memang gagal jantung dan PH merupakan satu keping mata uang, yang memiliki 2 sisi, jadi sangat berhubungan sekali. Banyak pasien gagal jantung yang akan berkembang menjadi PH sekunder, dan banyak pasien PH yang akan menjadi gagal jantung.

1. Pertanyaan:

Nama saya dyah, Usia 36 th, Domisili madiun, Diagnosa : CTEPH + CVI. Apakah vaksin covid aman untuk pasien PH dokter? Keluhan sy batuk darah, kadang klo kecapekan keluar batuk darah. Dan ini kondisi nya naik turun, kadang stabil, kadang tidak. Tapi akhir² ini sering stabilnya dokter. Terima kasih

Jawaban:

Selamat siang bu Diah, Hingga saat ini belum ada rekomendasi baik dari badan Kesehatan luar negri seperti WHO, FDA hingga BPOM yang merekomendasikan penggunaan vaksin COVID pada populasi pasien PH. Hingga penelitian pada pasien PH juga belum pernah dilakukan, sehingga memang belum direkomendasikan pemberian vaksin COVID pada pasien PH. Tindakan preventif masih berupa melaksanakan protocol Kesehatan baik oleh pasien maupun keluarga dengan ketat adalah satu-satunya cara yang paling baik saat ini untuk pasien PH agar tidak tertular COVID.

Pasien dengan CTEPH biasanya menggunakan obat pengencer darah untuk mengurangi risiko tromboembolisme berulang, apakah obat pengencer darah sudah sesuai dengan target INR? Kalau belum bisa lakukan penyesuaian dosis, apakah mendapatkan dosis yang terlalu berlebihan sehingga darah terlalu encer hingga menimbulkan batuk darah

2. Pertanyaan:

Nama Rini, 39 tahun, Jogja, PDA Ph. Selama seminggu ini sering mengalami tiba2 BPM naik jadi kisaran 110 – 125, meski tanpa aktivitas berat, tiba-tiba dada terasa berat dan BPM naik. Kepala juga sering mengalami vertigo, padahal sebelumnya tidak ada riwayat vertigo. Apakah ada keterkaitan dengan kondisi jantung?. Terima kasih

Jawaban:

Selamat siang bu Rini, Laju jantung istirahat yang diatas 100 bpm, dapat diartikan ada sesuatu yang bermasalah pada jantung. Salah satu tanda klinis gagal jantung adalah peningkatan laju jantung hungga diatas 120 kali permenit. Silahkan konsultasikan ke dokter jantung, apakah memang bu rini sedang dalam kondisi gagal jantung dekompensata. Vertigo dapat merupakan salah satu tanda yang tidak khas akibat terganggunya aliran darah pada otak/ organ keseimbangan di telinga dalam, bisa jadi akibat dari gagal jantung, jadi sebaiknya ibu rini mengkonsultasikan dahulu dengan dokter jantung, apakah ada peningkatan tekanan paru/ penurunan fungsi jantung akibat PH

3. Pertanyaan:

Nama: ambar, Usia: 32, Domisili:kaltim, Diagnosa:vsd ph. Gejala gagal jantung yang umum seperti apa ya dok? Apabila telah mengalami gagal jantung apakah bisa kembali ke semula dan bagaimana penanganannya? Kemarin saya pernah nyeri yang amat dibagian belakang dada sebelah kiri, kira-kira kenapa ya dok? Terimakasih

Jawaban:

Selamat siang bu Ambar, gejala gagal jantung yang umum, yang bisa kita amati adalah keterbatasan aktivitas karena sesak napas, sebagai akibat terganggunya fungsi jantung sebagai pompa, tanda-tanda lain seperti, terbangun malam hari karena sesak, dan membutuhkan bantal tinggi/ bersandar untuk tidur akibat sesak napas. Hingga adanya bengkak pada kaki dan perut terasa begah. Tergantung penyebab gagal jantungnya, apakah gagal jantung diakibatkan karena masalah structural jantung, seperti pada penyakit jantung bawaan/ penyakit katup, hal itu berarti membutuhkan koreksi/ Tindakan bedah agar dapat memperbaiki kualitas hidup pasien. Namun pada kondisi gagal jantung seperti pada serangan jantung lama, dimana otot jantung sudah banyak yang mati, maka opsi terbaik adalah memperbaiki kualitas hidup pasien agar tidak ada keterbatasan aktivitas.nyeri dada dibagian belakang kiri bisa berbagai macam bu, bisa diakibatkan karena otot yang mengalami kram atau organ bagian dalam, di dada kiri dalam ada paru dan pembungkus paru, biasanya nyeri akan berhubungan dengan saat pengambilan napas atau buang napas, namun apabila otot/ tulang mungkin nyeri akan berhubungan dengan pergerakan sendi di lengan kiri atas.

4. Pertanyaan:

Nama saya siti anifah hidayah, Usia 30 tahun, Saya dari karawang, Diagnosa: PH Nyha 3, Bronkopneumoni. Yang saya keluhkan saya sering sesak nafas 24 jam saya tidak lepas dari oksigen. Bagaimana caranya mengurangi sesak agar tidak bergantung pada oksigen? Obat saya Sildenafil 20mgx3, digoxin, spironolactone, furosemide, renapar.

Jawaban:

Selamat siang bu Siti. Pada kondisi PH dimana permukaan paru untuk berdifusi / pertukaran oksigen sangat terbatas, maka sekecil apapun infeksi pada paru bisa memperburuk kondisi klinis pasien. Alangkah baiknya ibu Siti segera memeriksakan ke dokter paru untuk penanganan bronkopneumonia nya lebih lanjut agar tidak memperburuk gejala PH. antibiotik disini diperlukan dan obat-obatan untuk mengurangi produksi lendir yang bisa menutupi permukaan paru untuk pertukaran oksigen.

Furosemide juga bisa memperparah sesak napas, diakibatkan karena dehidrasi bu, dia membuang cairan, namun intake cairan minim, jadi pasien akan jatuh dalam kondisi dehidrasi, kondisi dehidrasi pada pasien akan mengakibatkan darah menjadi kental dan jantung akan terlalu berat untuk bisa memompa. Hal ini juga bisa memicu perburukan gagal jantungnya, sehingga sebaiknya memang kalau tidak ada tanda gejala penumpukan cairan/ kelebihan cairan sperti kaki bengkak sebaiknya pasien membatasi cairan saja daripada minum furosemide secara rutin, kecuali memang apabila gagal jantung sudah berat ya, dan harus ditentukan oleh dokter jantungnya. Konsultasikan saja dengan dokter jantung bu siti, untuk mengoptimalkan obat gagal jantung nya bu siti.

5. Pertanyaan:

Nama : Aryanti, Umur  :40 th, Domisili  : Jogja, Diagnosa : post asd pH. Apakah pasien post asd pH bisa terkena gagal jantung dok?

Jawaban:

Selamat siang bu aryanti, pasien dengan ASD PH yang sudah dikoreksi semestinya sudah tidak berisiko mengalami gagal jantung ya bu aryanti, kecuali memang apabila masih ada residual shunt paska operasi, atau dulu sebelum tindakan penutupan ASD sudah timbul PH terlebih dahulu, sangat bisa mengalami gagal jantung. karena pada dasarnya, gagal jantung adalah ujung dari setiap penyakit jantung dan pembuluh darah. Tapi tidak perlu khawatir, dengan pengobatan optimal yang ada saat ini gagal jantung sangat mungkin sekali untuk bisa kita kontrol dengan baik.

6. Pertanyaan:

Nama: Dhian, Usia: 46, Domisili: Depok, Diagnosa: ASD, Eissenmenger PH. Apa standar yang digunakan ketika pasien PH sudah dinyatakan RHF? Ada berapa tingkatan pada gagal jantung? Apa beda gagal jantung kiri dan kanan?

Jawaban:

Selamat siang, pasien PH yang sudah mengalami gagal jantung kanan/ right heart failure (RHF) bisa dilihat dari adanya tanda dan gejala gagal jantung kanan seperti, perut sering merasa begah/ gampang kenyang, kaki bengkak, dan perut kadang membesar/ ascites. sedangkan untuk menilai apakah sudah terjadi pembengkakan jantung kanan, kita bisa mengkonfirmasi dengan EKG/ rekam jantung dan foto ronsen dada. namun standard baku nya tetap menggunakan ekokardiografi, dengan ekokardiografi kita bisa menilai fungsi jantung kanan, biasanya dilakukan pengukuran TAPSE dan nilai TAPSE normal apabila diatas 1.7cm, dan biasanya kita bisa ukur tekanan paru dan ada atau tidaknya kebocoran di katup2 jantung kanan. TAPSE itu untuk menilai fungsi jantung kanan, kalau jantung kiri kita bisa lihat melalui LVEF, normal diatas 55%.

Perbedaan gagal jantung kanan dan kiri ditentukan dari ruang jantung mana yang mengalami masalah, bila jantung kanan yang mengalami masalah maka akan mwngalami gagal jantung kanan, biasanya pasien-pasien PH akan mengalami gagal jantung kanan, dan jantung kirinya akan baik-baik saja.

Tingkatan gagal jantung kita biasa kenal dengan AHA class

AHA 1: faktor risiko saja

AHA 2: faktor risiko dengan kelainan struktural jantung namun belum bergejala

AHA 3: kelainan struktural jatung (+) dan sudah bergejala

AHA 4: end stage heart failure/ gagal jantung tahap akhir

biasanya teman2 jantung bawaan yang belum bergejala seperti ASD/VSD ada di AHA2. namun teman-teman PH yang sudah bergejala ada di AHA 3

7. Pertanyaan:

Dyah 26tahun domisili Trenggalek diagnosa Asd+Ph. Mohon izin bertanya dokter. Bagaimanakah tips / treatment pasien Asd+ph dengan eisenmenger syndrome untuk meminimalisir resiko gagal jantung? selain obat rutin adakah terapi yang bisa dilakukan secara mandiri dok.Terimakasih banyak dok sebelumnya.

Jawaban:

Selamat siang mbak dyah, ASD+eisenmenger  kemungkinan besar memang sudah mengalami PH ya, sehingga risiko untuk mengalami gagal jantung kanan juga tinggi. sebaiknya obat-obatan harus dalam dosis yang optimal dan rutin dikonsumsi, selain itu yang bisa dilakukan adalah mencegah terjadinya penyakit infeksi paru dengan cara menjaga higine lingkungan dan gizi yang baik, serta selalu menggunakan masker agar mencegah infeksi dari luar. selain itu bisa rutin berolah raga agar kapasitas fugsional paru bisa mengalami perbaikan. olah raga juga bisa memicu peningkatan produksi nitrit oksida yang memang kurang pada pasien PH. Dan apabila tekanan paru bisa turun dalam evaluasi, segera lakukan penutupan ASD.

8. Pertanyaan:

Nama: devi, Usia : 29, Domisili: jogja, Diagnosa: post asd closure, ph. Dokter saya pernah di cek lab sebelum asd closure nilai Nt pro bnp 360, dan setelah operasi nilai nt pro bnp malah naik jadi 490. Apakah ini tanda adanya gagal jantung yah dok? Terus apakah jantung saya bisa kembali sehat? Bagaimana dokter cara menurunkan kadar nt pro bnp nya biar bisa normal kembali? Bagaimana pola hidup sehat dengan kondisi seperti ini? Terima kasih.

Jawaban:

Selamat siang mbak devi. NT pro BNP itu jenis pemeriksaan kuantitatif, bukan kualitatif, bukan yes or no seperti pada pemeriksaan kehamilan. dan sangat dinamis sekali karena NT pro BNP hanya 120 menit dalam sirkulasi darah. Kemungkinan saat post op jantung mengalami stres yang luar biasa akibat tindakan operatif, jadi sudah lumrah bila NT pro BNP naik kadarnya, namun apabila sekarang sudah lama paska operasi dan sudah tidak ada tanda dan gejala gagal jantung, pastinya sudah tidak akan mengalami peningkatan NT pro BNP. Buat rekan2 lain, NT pro BNP adalah protein yang dikeluarkan oleh jantung dalam kondisi stres ya, yang bisa dicek melalui pemeriksaan lab, dan hal ini merupakan penanda dari gagal jantung. Pola hidup sehat dalam kondisi seperti ini ya dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan, utamakan makanan bergizi, dan olah raga teratur dengan menjaga jarak tentunya.

9. Pertanyaan:

Nama: Donna Nathalia. Usia: 39 th, Domisili: Sumenep, Diagnosa: PH Primer sejak 2016. Saya sudah pakai pacemaker sejak juli 2020, dan yg jantung bawah selalu pakai alat pacemakernya, apakah itu sudah gagal jantung ya dok? berapa lama saya bisa bertahan dengan pacemaker ini dok? kadang kalau kecapaian, nyeri bagian punggung kanan kiri, apakah termasuk gagal jantung dok? Terima kasih dok.

Jawaban:

Siang mbak donna, pemakaian alat pacu jantung bukan berarti sudah mengalami gagal jantung ya. pemakaian alat pacu jantung biasanya dilakukan apabila pasien mengalami gangguan pada kelistrikan jantung. Pada penggunaan normal, alat pacu jantung biasanya bertahan selama 8-12 tahun, tergantung seberapa sering alat pacu jantung itu menggantikan pacuan alamiah jantung dan tentu saja monitoring/ setting alat pertahunnya. Namun pemasangan pacu jantung pada beberapa pasien bisa memicu terjadinya gagal jantung, tergantung pada kecenderungan genetik pasien dan area pemasangan alat pacu pada jantung pasien, biasanya ujung alat pacu dibuat sealamiah mungkin meniru alur alamiah kelistrikan jantung, sehingga meminimalkan kejadian gagal jantung akibat pemakaian pacu jantung. Nyeri pada punggung kanan kiri tidak merupakan gejala gagal jantung mbak donna.

10. Pertanyaan:

Nama : Dewi Retno Sari, Usia : 29th, Domisili : Surabaya, Diagnosa : ASD PH. Saya beberapa bulan ini hampir tiap hari mengalami gejala seperti begah , sering sendawa , kadang perih , panas di dada , sesak , lemas.. Apakah itu gejala Aslam atau memang indikasi dari jantung dan paru”nya? Dan apa yang seharusnya saya perhatian untuk mengurangi gejala” tersebut dokter? Saya sekarang konsumsi obat silde,spiro, concor. Terimakasih

Jawaban:

Oke mbak dewi, wah kalau seperti ini harus diperiksa ya apakah merupakan gejala gagal jantung atau akibat lain seperti gastritis/ maag. Karena memang mirip, gagal jantung kanan pada pasien PH akan mengakibatkan perut juga sering begah, karena terdapat bendungan di jantung kanan dan sistim vena, sehingga pasien akan mengalami pembesaran liver dan pembesaran liver itu akan memenuhi ruangan didalam rongga perut hingga menekan lambung dan usus sehingga akan mengalami gejala yang seperti mbak dewi rasakan. Namun bisa jadi sebagai akibat gastritis/ maag. coba saja diperbaiki pola makan dan mengkonsumsi obat-obatan maag, apakah gejala berkurang. apabila gejala tidak berkurang dan semakin berat kemugkinan bukan dari maag/ gastritis. bisa jadi akibat gagal ajntung kanan. Semoga membantu ya

11. Pertanyaan:

Nama : chosiyani, Usia : 34thn, Domisili : bekasi, Diagnosa : ASD PH. Kondisi yang bagaimana yang dikatakan bila seseorang sudah mengalami gagal jantung dok? Dan apakah setiap pasien hipertensi paru mengalami gagal jantung?

Jawaban:

Seperti sudah saya jelaskan diatas ya mengenai American Heart association (AHA) class untuk gagal jantung. AHA class merupakan suatu kelas fungsional dari pasien mulai dari risiko penyakit jantung hingga gagal jantung tahap akhir. dan AHA class  kemungkinan besar akan dihadapi oleh semua pasien-pasien dengan risiko penyakit jantung. Tapi tidak perlu khawatir, tugas saya, yayasan HPI dan anda-anda sekalian yang dapat mengerem dan menghentikan  supaya kita tidak naik kelas AHA nya. Jadi selalu masih ada harapan agar kelas gagal jantung tidak semakin memburuk. Seseorang dikatakan mengalami gagal jantung apabila ada tanda-tanda gagal jantung seperti sesak saat aktifitas, sesak saat tertidur pulas, sesak dengan posisi tidur yang rendah/ tanpa bantal, keterbatasan aktifitas fisik karena sesak, hingga pada saat pemeriksaan fisik dokter ditemukan tanda gagal jantung.

12. Pertanyaan:

Nama : Nita, Umur  :43 th, Domisili  : Bandung, Diagnosa : post vsd ph. Terkait pembesaran liver tadi dok, apakah bisa kembali normal? Apa yang harus dilakukan?

Jawaban:

Siang bu nita. bisa kok, masih bisa kembali normal pembesaran livernya, asal kelebihan cairannya bisa kita kendalikan. Kalau kelebihan cairan sudah bisa kita kurangi tentu saja tanda dan gejala gagal jantung lain bisa berkurang.

13. Pertanyaan:

Nama : Siti Suliastuti Ningsih, Umur  :35 th, Domisili  : Jogja, Diagnosa : ops asd pH. Setelah kita operasi asd kan masih pengobatan rutin dok. Kira2 sampai berapa bulan lagi pengobatan rutin itu. Obat yang saya minum 2 x 20mg.

Jawaban:

Sampai diecho ulang dan dinyatakan sudah tidak terdapat hipertensi paru bu siti. Jadi yang sabar ya.

14. Pertanyaan:

Nova 31 tahun, PDA PH post ADO 2019. Dok tadi kan membahas TAPSE, apakah angka TAPSE itu berubah2 dan barusan saya cek hasil ECHO, di echo terakhir feb kemarin saya di angka 1.5 sebelumnya pernah pasca ADO di 2019 angka 2.1, apakah ini normal?

Jawaban:

Sangat bisa sekali berubah tergantung kondisi jantung kanannya, kalau memang angkanya turun artinya ada perburukan, segera saja konsultasikan ke dokter jantung, kira-kira apa yang menyebabkan TAPSE mengalami penurunan. apakah ada residual shunt/ kebocoran ADO, apakah ada faktor-faktor risiko lain yang belum terkontrol sehingga mengalami penurunan fungsi jantung kanan. jadi banyak hal yang harus dievaluasi bu Nova.

 

“Semoga jawaban yang saya sampaikan bermanfaat nggih, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan buat teman-teman YHPI. Pada intinya tetap jangan lelah untuk mencari kesembuhan nggih, jangan pernah lelah untuk semangat, dan tetap jangan pernah lelah untuk meminum obat, agar tidak terjadi perburukan gejala atau kondisi gagal jantungnya. Buat-teman-teman sekalian pejuang penyakit jantung bawaan yang bisa dikoreksi, jangan buang-buang waktu untuk melakukan koreksi jantung bawaan. buat teman-teman yang sudah mengalami PH, semangat!!! PH bisa kita kontrol, asal kita semangat untuk bisa memperbaiki kualitas hidup. dan yang terpenting tetap produktif dan berolah raga.”_ dr. Habibie Arifianto , Sp.JP(K), M.Kes, FIHA

By | 2021-06-08T10:02:55+00:00 June 8th, 2021|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat