KULIAH-WHATSAPP- (KULWAPP) -Tema-Tanya-Jawab-Seputar-Hipertensi-Paru

//, Kuliah lewat WhatsApp/KULIAH-WHATSAPP- (KULWAPP) -Tema-Tanya-Jawab-Seputar-Hipertensi-Paru

KULIAH-WHATSAPP- (KULWAPP) -Tema-Tanya-Jawab-Seputar-Hipertensi-Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.
Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 08112511099

KULIAH WHATSAP (Kulwap)
• Waktu : Sabtu, 10 Oktober 2020
• Pukul : 19.45 – 21.00 WIB
• Narasumber : Dr. Dyah Wulan A ,phd, Sp.JP , FIHA
• Tema : Tanya Jawab Seputar Hipertensi Paru
• Moderator : Dr Novi dan mba Amidyana

1).Pertanyaan:
Halo dokter perkenalkan saya risa dari bogor, usia saya 30thn Saya baru saja terdiagnosa ASD + Ph tahun ini. Izin bertanya bagaimana pola makan yg tepat bagi survivor PH.
Mohon pencerahannya dok

Jawaban :
Selamat malam mba Risa, untuk pola makan pada penderita ASD PH tidak ada yagn spesifik dilarang. Diperbolehkan mengkonsumsi apa saja, kecuali mbak mendapatkan terapi obat seperti warfarin/coumarin/notisil (merk-red).
Justru sebetulnya malah makan yang bergizi cukup, cukup kandungan zat besi juga.. Biasanya kan pasien PH kebutuhankalorinya cukup tinggi, jadi harus dengan gizi seimbang

2).Pertanyaan:
Assalamu’alaikum dokter… Saya Rina Sugesti,32thn,Bantul yogyakarta,post op vsd 2006&2018. Saya berencana untuk hamil lg, ph dkatakan normal. Nah apakah ph bisa muncul lg saat hamil atau stlh melahirkan?Apakah obat ph dan jantung seperti sildenafil,concor,dan ramipril aman untuk ibu hamil? Langkah apa saja yg hrus dperhatikan saat hamil? Apakah jantung bocor bawaan dan ph bisa menurun ke anak?Apa yg hrs dperhatikan supaya janin/bayi sehat. Terimakasih Dok.

Kmarin smpat dstop untuk sildenafilnya sma dokter irsyad tp kok sma njenengan ttp dkasih.tp dosis 25mgx1.apa memang hrs minum silde trs Dok?

Jawaban :
waalaikumsalam mbak Rina, PH bisa muncul lagi dalam jangka panjang, akan tetapi melihat riwayat mbak Rina yang sejak awal PH nya termasuk ringan maka Insya Allah dapat ditolerir. Untuk obat-obatan, sildenafil dan concor tidak masalah selama kehamilan akan tetapi ramipril akan di hentikan. Jantung bawaan bisa menurun pada anak, tetapi tidak bisa saya jawab polanya karena tidak berpola. Yang penting menjaga kehamilan dan mengikuti serta kontrol rutin di dokter kandungan dan jantung.
Saya beri karena per kriteria tekanan paru 26 mmhg, ttp diatas 25

3).Pertanyaan:
Selamat siang, sy Nurul 33 thn dr jakarta diagnosa PH primer. Ingin menanyakan apakah PH bisa menyebabkan telinga berdengung? Karena akhir2 ini sy mengalaminya dan dokter THT bilang telinga tdk ada gangguan. Apabila benar, bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih.
Saat ini sedang tidak konsumsi furosemide

Jawaban :
Selamat malam ibu Nurul, apakah ibu mengkonsumsi Furosemide? Karena obat Furosemide yang sering menyebabkan telinga berdengung, bukan PH nya. Jika memang iya, mungkin bisa diganti golongan yang lain atau diminum jika perlu saja. Ibu dapat berkonsultasi lanjut pada dokter yang merawat
Furosemide yang dikonsumsi rutin menyebabkan telinga berdengaung pada beberapa orang
Tidak semua sih… Hanya semakin tinggi dosis semakin mudah berdengung
PH tidak menyebabkan telinga berdengng sih ya Ibu…test pendengaran atau infeksi telingatidak ada ya?
Atau mungkin bisa bertanya kepada dokter THT perlu tidaknya USG di pembuluh darah leher/kepala.

4). Pertanyaan:
Assalamu’alaikum dr. Dyah Wulan.
Nama saya Tini,36 thn,domisili Bandung.
Diagnosa ASD secundum+PH+ 3 bln terakhir baru ketauan ada fibrosis paru.
Yg mau saya tanyakan.
Bagaimana tandanya kalau PH kita tinggi atau turun? Harusnya bln Agustus ini sy tindakan kateter tp ditunda. Karena hasil echo bln Juli PH msh tinggi dan ada fibrosis.
Tapi yg saya rasakan sekarang ini, aktivitas sdh lbh kuat dan bisa jalan jauh juga.
Terimakasih

Jawaban : Waalaikumsalam wr wb ibu Tini… Berarti kemungkinan fibrosis paru nya menyebabkan PH atau PH yang dialami sudah menyebabkan terjadinya gambaran fibrosis paru dari CT Scan kah? Jika ada ASD, sering PH tidak menyebabkan gejala yang bermakna, sehingga memang harus diperhatikan betul dari echo. Obat yang diberikan dokter biasanya memang akan memperbaiki keluhan secara signifikan terlepas dari PH nya sudah atau belum turun.

5).Pertanyaan:
Assalamu’alaikum dokter.. Saya Nur,22thn dari Bekasi, ASD+PH.
a. Jika PH sudah turun atau normal adakah kemungkinan kembali tinggi lagi? Tks
b. Berarti stlh operasi koreksi sangat penting rutin kontrol utk evaluasi njih dokter
c. Bisakah dengan kateterisasi atau harus operasi dok?

Jawaban : Waalaikumsalam wr wb… Jika PH sudah turun sebaiknya ASD ditutup, akan tetapi perlu dengan pengawasan jangka panjang dan obat dilanjutkan walaupun sudah operasi. Ada yang dinamakan PH post operasi ( munculnya jangka panjang, ada yang setelah 10 tahun lebih). Penghentian obat harus atas keputusan dokter, ada beberp hasil test yang akan menunjukkan obat bisa dihentikan.
Iya betul… jka masih ada residual PH maka perlu kontrol rutin. DOkter akan melakukan pemeriksaan evaluasi kok.
keputusan dengan operasi atau dengan kateter, harus dipertimbangkan oleh tim dokter Ibu… beliau2 akan mempelajari hasil TEE untuk menentukan itu
masalah PH ringan atau tanpa PH

6). Pertanyaan:
Assalamualaikum..
Perkenalkan saya wulan usia 42, pernah asd ph. Sdh operasi penutupan 3th yll. Saat ini katanya diagnosanya sdh normal,tdk asd ph. Yg mau sy tanyakan sampai saat ini saya msh diresepin sildenafil 20mgx1 perhari. Mnrt dr Kris blm bisa dilepas obatnya. Apakah mantan penyandang Ph tinggi itu ttp hrs di suport sildenafil terus meskipun sdh normal. Memang di hasil echo terakhir ada tertulis tvg 28. Itu yg saya pahami, lainnya tertulis normal. Saya skrg tdk ada keluhan apa2. Tks

Jawaban : Waalaikumsalam bu Wulan.. Iya Bu memang sildenafil akan kami lanjutkan sampai betul2 kita melihat banyak parameter sudah baik. Untuk ASD PH yang pasca operasi, memang kita tidak menghentikan sildenafil secepat VSD atau PDA. Untuk kasus ibu TVG 28 memang sudah baik, tapi masih ada sisa PH ringan.. Tapi tidak mengapa karena prognosisnyna baik kok

7). Pertanyaan:
Selamat siang dokter.
Perkenalkan saya Sigit Guntoro 37 tahun, Palembang. Sy di diagnosa PH primer dengan disertai RBBB, AV Blok Derajat 1 dan Hepatomegali serta slow flow.
Saat ini sering mengalami nyeri dada sampe ke punggung dan berdebar2..
a. Yg ingin saya tanyakan, tentang kewajiban saya dalam memenuhi kebutuhan nafkah bathin thd istri saya. Dengan kondisi saya yg saya jelaskan diatas, apakah aman bagi saya dalam berhubungan suami istri? Karena jujur sebelum melakukan nya saya sering sekali cemas dan takut nanti terjadi apa2 dgn saya.. Mohon arahan nya. Mohon maaf yaa admin, jika pertanyaan saya agak gimana gimana

b. Iya dok ada dulu. Tp saat ini dah gak lagi. Krn minum furosemide
c. Blum dok, pernah di saran kan dr mangiring utk penyadapan jantung kanan di sardjito, namun terkendala waktu yg belum sempet kesana nya
Dipalembang baru ada TEE dok. Cm krn pandemi, dokter belum berani periksa bagian mulut. Mkgn nanti

Jawaban :
a. Siang Pak, sebetulnya harus disesuaikan dengan kemampuan eksercise bapak. Ada test yang disebut dengan tes jalan 6 menit. Biasanya di RS saya, kami lakukan protokol itu pada pasien PH untuk menilai kemampuan aktivitas termasuk hubungan suami istri bisa dinilai dari kemampuan fisik berdasar test itu. Jika bapak bisa olahraga rutin jalan kaki tiap pagi semampunya, akan meningkatkan kemampuan fisik.
b. Pak Sigit, apakah pernah ada bengkak2 kaki atau perut?
c. Apakah sudah dilakukan kateterisasi jantung kanan?
Iya memang idealnya dilakukan penyadapan jantung kanan, dan kami akan mengidentifikasi sebab pasti PH nya. Apakah sudah dilakukan TEE? Dr Mangiring ada cathlab mungkin bisa ditanakan apakah beliau melakukan penyadapan jantung kanan

8). Pertanyaan:
Assalamualaikum..
Saya Sopia dari medan, ibu dari Shiela umur 20 tahun, ph primer. Apakah ada pengaruh hipertensi paru dengan menstruasi karena sudah 2 bulan ini datang bulan hanya keluar flek saja.
Jika berdiri atau duduk terlalu lama kaki anak sy bengkak dan keluar bintik2 merah di permukaan kulitnya. Sedangkan makan dan minum sdh dikontrol. Kira2 apa penyebabnya dan apakah bintik2 merah itu tanda pembuluh darah pecah? Tks
Jawaban : waalaikumsalam wr wb… Betul Bu, mekanisme lengkapnya saya belum mendapat teori juga. Tetapi sebagian besar pasien kami dengan PH juga mengalami kelainan menstruasi. Mengenai kaki bengkak yang seperti itu, biasanya karena katup pembuluh darah nya kurang baik fungsinya sehingga kaki bengkak dengan berdiri. Solusinya dipakai bergerak atau berbaring dengna kaki lebih tinggi. Bintik merah mkn pemb darahnya melebar, atau pecah yang kecil tapi kalau pecah tidak langsung hilang merahnya

9).Pertanyaan:
Saya Alief domisili Mojokerto,diagnosa TOF.
Saya mau tanya
a. Sebenernya PH itu apa & disebabkan oleh apa kok bisa muncul PH? Apa setiap pendrita PJB itu kena PH? Tks
b. Berarti harus benar2 dicek njih dok diagnosa PH pada TOF
Jawaban :
PH adalah penignkatan tensi paru Pak, tensi parunya lebih dari 25 mmhg yang diukur secara akurat dengan penyadapan jantung kanan. Di Indonesia paling banyak disebabkan oleh aliran darah ke paru yangn berlebihan akibat adanya kebocoran sekat jantung. Tidak setiap penderita PJB kena PH. TOF termasuk yang tidak PH, karena justru aliran darah ke paru berkurang
TOF umumnya tidak menyebabkan PH. Kalau ada PH mungkin ada tambahan kelainan lain, seperti pembuluh darah tambahan ke paru

10). Pertanyaan:
Benedicta Rini,PDA Ph, Kalasan DIY.
Selamat siang dokter Wulan..
Mengingat kondisi pasien PH sangat beragam, kondisi dan keluhannya pun berbeda2.
Bagaimana mendefinisikan dan membedakan keluhan yg ada, misal nyeri dada dan lain2, manakah yang perlu penanganan segera atau bisa utk istirahat saja di rumah?
Batasan tsb sangat relatif, tapi sangat perlu kami pahami.
Terima kasih

Sae dokter (secara umum ) hanya belakangan kadang ada nyeri dada.
Dan tadi sore saya cek tensi, rendah 80/57. Apakah ada kaitannya ya dr Wulan?

Jawaban : Malam mbak Rini.. Apa kabar? Pasien dengan PH memang sering nyeri dada karena pelebaran pembuluh darah besar paru. Jika nyeri sangat hebat dengan/tanpa disertai sesak nafas, batuk darah banyak, sesak tiba-tiba, hrus segera mendapat penanganan.

11). Pertanyaan:
Selamat siang… Saya Dyah, 32 th, dr Madiun, diagnosa CTEPH+CVI.
Yg mau sy tanyakan punggung sy sebelah kiri sering terasa berat. Apakah itu salah 1 penyebabnya jg dr PH dok? Saya sudah dianjurkan tidak boleh hamil, apakah memakai IUD tetap boleh dok, atau MOW? Terima kasih

Skrg sy konsumsi sildenafil 3×50 mg + xarelto 1×10 mg dokter
Sy sempat di harkit okt 2019-januari 2020
Skrg pengobatan di rs sudono madiun
Saat echo juli 2019 PH nya 64, awal sept kmen turun jd 41 dok…tp terapi tetap dilanjutkanl

Jawaban :
Malam bu Dyah, Boleh saya tau ibu diberikan obat apa dan berobat dimana? Untuk CTEPH, karena ada jendalan darah di pembuluh darah paru ( mungkin dulu pernah ada emboli atau sumbatan paru), maka sangat mungkin sering nyeri di punggung kiri. CTEPH sendiri merupakan salah satu bagian dari jenis PH. IUD boleh Bu.. MOW juga boleh.

Oh ya sat di harkit dilakukan kateterisasi jantung Bu? Obatnya memang menggunakan itu
Bu Dyah PH nya sudah turun banyak, tapi masih tinggi jadi masih diperlukan obatnya

12). Pertanyaan:
Assalamualaikum dokter.. Anak saya Velinda, 16 tahun, dgn ASD,PMO,PH Mod. Domisili Banjarnegara. Secara tiba2 batuk terus mengeluarkan darah, apakah yang harus saya lakukan cara perawatan nya jika kondisi spt itu dok? Tks
Dokter tidak berani krn Ph tinggi

Jawaban : Waalaikumsalam wr wb… Apakah VSD nya belum bisa dioperasi Bu? Apakah sudah kateterisasi? Jika belum saran saya ke RS rujukan seperti Jogja atau Semarang untuk dilakukan kateterisasi. Jika batuk darah, harus kita tangani dan cari sebabnya apakah karena PH atau yang lain
Batuk darah yg terus menerus bisa langsung ke RS

13). Pertanyaan:
Bismillaah…
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dokter. Saya Nova,30 tahun, PDA PH post ADO 1 tahun lalu. Beberapa hari ini belakangan nafas sesak, kadang ada nyeri sedikit tapi sebentar hilang, saturasi diantara 99/100. Sebelumnya alhamdulillaah nafas bisa lega, terakhir echo 1/2 tahun lalu dan PH di angka 40 an setelah sebelumnya diangka 85 an. Apakah sesak ini tanda PH sedang naik atau mungkin ada faktor pendukung lain selain PH? Bolehkah terapi oksigen untuk saat ini? Atau apa yang harus dilakukan dok? Tks
Iyaa dok saya masih minum sildenafil 25×3 dan ramipril, kemarin sudah ke harkit tapi ketemunya dokter pengganti jadi nunggu setengah tahun lagi utk echo, atau echo sendiri aja yaa dok?

Jawaban : Waalaikumsalam wr wb.. Sesak nafas bisa merupakan gejala PH atau infeksi paru. Sebaiknya dicari tahu sebabnya secara pasti. PH di angka 40 juga masih harus pakai obat seperti sildenafil walaupun sudah ADO.

Menggunakan oksigen boleh.. Tapi saran saya dilakukan echo ulang mba Nova
Iya sildenafil harus terus dilanjutkan m Nova… Kalau untuk echo evaluasi monggi ada di rs lain pasti spjp nyna bisa

14). Pertanyaan:
Assalamualaikum
Saya Eny, ASD PH dari Jogja. Rencana op tgl 22. Apabila stlh op, kira2 aktivitas apa saja yg boleh dilakukan? Aktivitas seperti mengangkat beban, bersepeda, menyetir kpn bisa dilakukan?
Terimakasih

Jawaban :
Waalaikumsalam wr wb.. Malam bu Eny, alhamdulillah sudah dapat jadwal operasi. Untk aktivitas, akan ada tes2 dan rehabilitasi yang dilakukan sebelum memulai aktivitas rutin lagi. Untuk angkat2 mungkin baru bs setelah 3 bulan. Menyetir mungin 1 hingga 1.5 bulan

15). Pertanyaan:
Assalamu’alaikum dokter.. Saya caregiver dari Syifa usia 21th,post op ASD+ PH. Beberapa hari belakangan merasakan sakit dibawah dada sebelah kiri. Kalau tdr telentang agak tertekan, tidur kiri juga sakit. Karena aktivitasnya beberapa hari terakhir ini duduk terus mengerjakan tugas” kuliahnya. Apakah yg dirasa itu adlh gejala jantung bengkak dok? Mohon pnjlsannya…tks

Jawaban : Walaikumsalam wr wb… Kapan dilakukan operasi ya? Untuk gejala jantung bengkak kurang spesifik. Tapi jika ada nyeri atau sesak dengan positi tertentu sebaiknya di cek ulang Mba

16). Pertanyaan:
Assalamualaikum dokter.. Saya Mita dari Semarang, PJB MVP Prolaps. Thn 2014 dan 2015 diagnosa ada PH Mild. Tp echo terakhir bulan lalu dgn dokter jantung yg berbeda Low probability PH katanya kemungkinan tdk ada PH. Apakah memang PH bisa hilang sendiri dokter. Yang saya rasakan keluhan biasanya kadang ritme jantung yg tdk beraturan. Sama mudah lelah. Jika lelah rasanya suka sesak dan nyeri didada.
Terimakasih

Jawaban :
Waalaikumsalam wr wb… MVP prolaps normalnya tidak akan menyebabkan PH. Jika ada PH mungkin ada kelainan lain atau ph primer. Apakah diagnosis TEE sudah dilakukan dan penyadapan jantung kanan? Dengan low prob PH, kemungkinannya kecil PH. Nahh… Jika MVP memang kadang menyebabkan kelainan ritme jantung sebaiknya di cek lebih jauh mengenai kelainan irama

17 ). Pertanyaan:
Assalamuallaikum.. Selamat siang dok..
a. Saya titin, saya kena PH bbrp bulan yg lalu, berobat di Bandung, diagnosa ASD 48mm. Atindakan sudah 2x sy lakukan, finally sy harus operasi. Dengan tidak ada dukungan dari orang tua saya yg ketakutan saya di op. Apakah dengan penyakit PJB dan PH saya ini bergantung dengan obat seumur hidup, dapat sembuh secara total atau tidak? Mohon penjelasannya dok.. Terima kasih
b. Baik dok, saya akan bicarakan kembali dan menjelaskan kembali kepada keluarga saya

Jawaban : waalaikumsalam wr wb mba Titin.. Jika saat pemeriksaan didapatkan PH nya ringan atau tanpa PH maka sangat bisa sembuh. Obat mungkin tidak bergantung seumur hidrup. Dengan ukuran ASD besar sekali saran saya segera saja op nya mba
Saya takutnya dengan ukuran ASD sebesar mba Titin, maka PH nya bertambah berat. Ada bebrp tipe yang ph nya menetap tidak bertambah, tp beberapa pasien kami yang usa relatif muda, dalam setahun sudah signifikan bahkan takutnya jadi ndak bisa dioperasi lagi karena naik cepat PH nya

18). Pertanyaan:
a. Selamat siang dokter.. Perkenalkan saya Sumarni dari bogor ibunya Basman,11 tahun, ph primer. Saya ingin bertanya kadang siang atau malam basah berkeringat, telinganya sering berdengung, kalau minum suka mual lalu ada pembengkakan jantung. Bagaimana cara supaya normal kembali. Terimakasih dok
b. Tdk dok,sdh ke tht juga tdk ada apa2

Jawaban : Selaamt siang bu Sumarni..
a. Metabolisme seseorang dengan kelainan jantung memang lebih besar..
b. Kemudian telinga berdengung apakah ada konsumsi furosemide?

19). Pertanyaan:
Selamat siang Dr. Dyah Wulan, apa kabar?
Saya Melania, Yogya, 37 tahun, PAH.
Dokter, beberapa hari yang lalu saya merasa jantung saya berdetak lebih keras sekitar 5 detik. Hal ini terjadi selama 4 hari dan biasanya malam. Kenapa ya Dok?
Terimakasih banyak, salam

Jawaban : Malam bu Melania, mungkin irama jantungnya pas agak cepat atau ritmenya berubah sesaat. Jika tidak terlalu mengganggu, tidak diperlukan obant. Cukup dengan relaks saja..

20). Pertanyaan:
Selamat malam dokter. Saya devi jogja dengan ASD PH.
Dok, saya post ASD closure tgl 24 sept. PH sebelum op 68 dan PH setelah op 27.pertanyaan:
1. Apakah PH saya bisa kembali normal lagi yah dok?
2. Saya ada riwayat cardiomegali karena ASD. Apakah jantung saya bisa kembali ke ukuran normal dan fungsi normal yah dok?
3. Dok, setiap kali saya jalan agak lama dan jauh kok kaki saya agak bengkak rasanya itu kebas. Kenapa yah dok?
4. Dok kapan saya boleh naik motor sendiri yah dok?
Terima kasih banyak dokter

Jawaban :
Malam mba Devi.. Sudah sehat? Iya saya ikuti kemarin perkembangan nya bagus sekali ya.
1. PH bisa normal lagi pada ASD tapi prosesnya panjang… Dan dengan pre operasi seperti panjenangan, kami tidak akan berani untuk stop obat.. Harus dengan evaluasi berkala. Bahkan mungin diperlukan RHC ulang.
2. Pada ASD jantung bisa kembali mengecil dalam jangka panjang.. Tapi ada yang mengecilnya tidak sampai normal, ada yang sampai normal.
3. Mungkin karena klep di kaki agak lemah.. Jadi jika agak kebas duduks aja atau berbaring dengan kaki tinggi
4. Seharusnya setelah rehab fase 2 selesai sudah bisa naik motor

21). Pertanyaan:
Weni
Ijin bertanya dok
1. Pasien PH yg bisa op yg spt apa kriterianya. Kdg ada ph tinggi tp kok bisa op
2.Trus kalau dari echo taunya ph dari mana? Pari, tvg atau apa kalau ga dicantumkan mpap nya?
Jawaban :
Malam mba Weni..
1. Kriteria PH yang bisa operasi ada khusus dan akan kami tinjau per individu.. Tidak selamanya PH tinggi tidak bisa op. Tapi jika saturaso oksigen rendah maka kmk tidak bisa op
2. Dari echo bisa kami lihat TVG.. PARI kami lihat dari kateter

22). Pertanyaan:
Malam dok, sy Lilik 57 th dari Sda
Diangnosa ASD PH tinggi, sdh open Maret 2019
Yg ingin sy tanyakan, kadang2 dada sebelah kiri kok kerasa sengkring2…perasaan dulu sblm open gak pernah. Kira2 knp ya dok ???
Ooh iya sampe saat ini sy msh konsumsi Sildenafil 25 mg dan dorner, masing2 3x sehari krn PH msh di kisaran 60 (dari PH 105 sblm cateterisasi dan open) dan apakah kemungkinan msh bs turun ya dr 60 tsb, krn sdh bbrp bulan ya msh segitu2 aja… Mohon penjelasannya ya dokter

Jawaban :
Malam Bu.. Wah ibu hebat PH nya dari 105 bisa operasi… Nyeri dada bisa jadi sisa luka operasi atau karena ibu masih ada PH. Untuk TVG 60 itu termasuk tinggi, dan jika sudah operasi maka jadinya ttp PH, bisa saja turun jangka panjang sekali tapi bisa jadi menetap. Kita tidak tau komplikasi ke paru sudah sejauh mana
Iya karena pada PH terjadi pembengkakan jantung maka menyebabkan aritmia

23). Pertanyaan:
Awi, Aceh. Apakah ph berat akan menimbulkan flek di paru saat pemeriksaan thorak PA?
Kalo vsd g mna dokter
Saya vsd +ph severe
Jawaban :
PH bukan flek paru… Tapi jika mengalami PH, maka gambaran ronsen kadang sama dan oleh dokter pembaca ronsen dari radiologi sering misinterpretasi sebagai flek paru karena gambarannya mirip terutama ASD PH
Oh iya VSD juga kadang dibaca flek

“.. Semoga pejuang ph tidak patah semangat, senantiasa bersabar dan ikhtiar dalam berjuang dan berobat, Saling membantu dan saling mendukung”
Dr. Dyah Wulan A ,phd, Sp.JP , FIHA

By | 2020-11-05T06:09:33+00:00 October 21st, 2020|Awareness PH, Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat