KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)- Kecemasan-dan-Kesehatan-Jantung-Paru

/, Uncategorized/KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)- Kecemasan-dan-Kesehatan-Jantung-Paru

KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)- Kecemasan-dan-Kesehatan-Jantung-Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub  08112511099

 

KULIAH WHATSAPP (Kulwap)

  • Senin, 26 Oktober 2020
  • Pkl : 19.30 – 21.00 WIB
  • Tema : Kecemasan dan Kesehatan Jantung-Paru
  • Narasumber : Silviani, M.Psi., Psikolog
  • Moderator : Dr Novi dan mba Amidyana

untuk materinya silahkan  klik link  berikut 

 https://www.hipertensiparu.org/wp-content/uploads/2020/10/KECEMASAN-DAN-KESEHATAN-JANTUNG-PARU.pdf

 

 

 

1). Pertanyaan :

 

Rini,PDA pHJogja

 

Salam,

1.      Terkait kecemasan dan kondisi jantung/paru, apakah hipnoterapi bisa membantu? Apakah ada efek sampingnya?

2.      Apakah kecemasan memperburuk kondisi kesehatan, atau kondisi kesehatan yang berpengaruh pada tingkat kecemasan, terutama pada penderita hipertensi paru?

3.      Untuk kondisi tubuh yang terasa mulai drop, bagaimana mengatasi kecemasan bahwa akan menjadi lebih buruk kondisinya?

Terima kasih

 

Jawaban :

1.      Hipnoterapi adalah teknik pemberian sugesti agar seseorang merasa rileks dan tenang. Hal ini dirasa membantu menurunkan kecemasan bahkan rasa nyeri yang dialami seseorang. Ketika merasa rileks, pikiran yang membuat cemas akan berkurang bahkan hilang, tubuh pun akan mengeluarkan neurotransmitter edorfin yang membantu meningkatkan mood dan mengurangi rasa nyeri. Karena yang dilakukan hipnoterapi hanyalah pemberian sugesti, berdasarkan penelitian yang saya temukan tidak memberi efek samping negatif, bahkan pada pasien dengan masalah jantung/paru.

2.      Keduanya saling mempengaruhi, Orang yang tadinya sehat, namun ketika sering mengalami cemas dan tidak segera ditangani akan berdampak pada Kesehatan fisik, karena cemas terkadang membuat kita tidak bisa beristirahat dengan optimal, tubuh akan mudah lelah, belum lagi sesak nafas dan detak jantung yang tidak normal. Saat sakit, orang merasakan banyak kecemasan, cemas akan kambuh, cemas tentang masa depan dan banyak hal lainnya. Reaksi yang muncul ke fisik akan semakin memperburuk kondisi.

3.      Saat mulai merasa drop, segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan. Sikap yang cenderung mendiamkan akan semakin membuat keadaan cemas. Kecemasan terkadang muncul karena terlalu di pikirkan secara negatif. Cobalah untuk memikirkan solusi dari pada sibuk memikirkan kemungkinan kemungkinan yang negatif. Dengan kondisi saat ini hal yang bisa dilakukan adalah dengan mematuhi saran yang diberikan dokter agar merasa lebih tenang. Cara mengurangi kecemasan paling mudah adalah dengan menenangkan diri, relaksasi dengan Tarik nafas dan mengeluarkan perlahan.

2).Pertanyaan :

Assalamualaikum

Nama saya Aini 28 tahun dari Magetan Jawa timur , Vsd pH

3 bulan terakhir ini kondisi saya sedang mengalami penurunan dan gejalanya adalah batuk darah.

Ada perasaan takut , cemas , dan terkadang tidak percaya diri karna ketakutan jika kondisi saya akan diperparah dengan panyakit penyerta lain nya . Karna sempat fungsi hati saya memburuk , Hb menurut karna batuk darah yang banyak .

 Bagaimana cara mengendalikan perasaan saya supaya tetap tenang . Apa lagi akhir akhir ini saya kesulitan untuk tidur . Yg padahal Sudah mencoba sambil beristighfar.

Terimakasih

Jawaban :

Saya memahami dengan kondisi yang dialami saat ini membuat mbak Aini merasakan cemas, takut, khawatir dan hal ini membuat tidak nyaman bahkan membuat mbak kesulitan tidur. Sebenarnya beristigfar cukup membantu untuk menenangkan diri, namun mungkin perlu juga melakukan relaksasi nafas dengan menarik nafas panjang, tahan sebentar dan keluarkan perlahan lewat mulut. Lakukan berulang kali hingga merasa tenang. Ketika kesulitan tidur, mungkin mbak perlu memperhatikan rutinitas sebelum tidur, memastikan tubuh bersih dan nyaman, memastikan ruangan tidur tenang, mungkin pencahayaan, suhu bahkan aroma ruangan. Hindari bermain gadget atau benda yang bercahaya. Kemudian lakukan relaksasi Kembali sebelum tidur agar membuat diri lebih tenang dan siap untuk tidur. Semoga membantu.

 

3).Pertanyaan :

Devi dari bukittinggi ,vsd dan pH ,saya mau tanya dokter,kenapa ya rasa cemas ini susah buat di hilangin,tiap aku mau keluar rumah aku slalu bawa obat pH,takut nantik mendadak sesak nafas,klau jln sdh agak sesak pada siang hari dan banyak aktifitas ku ,rasa cemas ini sll menghantui,Jagan jangan mendadak sesak nafas,tengah mlm,itu yg kurasakan rasa cemas sll menghantui,ngiman cara menghilangi Rasa cemas ini dokter.

Jawaban :

Dengan kondisi sakit yang dialami, wajar jika merasa cemas. Cemas yang terjadi membuatmu waspada dan selalu siap membawa obat ketika banyak aktivitas di siang hari. Itu adalah hal positif. Dengan apa yang dilakukan sebenarnya kamu sudah cukup aman, karena mempersiapkannya dari pada tidak membawa obat atau hal lain. Setelah itu berusaha menghilangkan kemungkinan-kemungkinan buruk, karena hal itu hanya pikiran yang belum tentu terjadi. Katakan “Saya memang belum tahu akan bagaimana kedepan. Akan tetapi, saya sudah mempersiapkan dengan membawa obat, selain itu saya serahkan pada Tuhan yang akan menjaga dan menolong saya”  Faktanya, apa yang kita ucapkan atau pikirkan akan terprogram ke alam bawah sadar kita dan membantu mengurangi kecemasan. Kemudian cobalah berpikir positif bisa dengan cara mengatakan berulang kali dalam hati kalimat-kalimat seperti, “Semuanya akan baik-baik saja” atau “Kamu pasti bisa melakukannya” dan berbagai macam kalimat positif serupa

4).Pertanyaan :

Selamat siang, saya devi, 28th, ASD PH dari jogja..

Kenapa kok saya sering cemas, mudah takut ,dan mudah berfikiran negatif yah? Dan saya sering cemas terhadap kondisi saya.. Mohon pencerahan. Terima kasih

Jawaban :

Wajar ketika merasa cemas dan takut dengan kondisi yang dialami karena terkadang informasi mengenai kondisi sakit yang dimiliki, pengalaman negatif yang dirasakan diri dan orang lain membuat kita sering berandai-andai, memikirkan kemungkinan terburuk yang belum tentu terjadi. Cemas itu perlu untuk membuat kita waspada dan berusaha melakukan yang terbaik. Namun ketika cenderung negatif dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari maka perlu diwaspadai

5).Pertanyaan :

assalamualaikum

nama saya mutia 32thn dari garut PJB PH

saya mau bertanya dok…. badan saya sedang tidak stabil tiap hari suka ada sesek sehingga menghirup oksigen tiap hari…dengan bertambahnya batuk kering saya suka tidak nyaman tidur sehingga gelisah,cemas dll ada dpikiran…. susah tidur kadang full ngga bisa tidur sampe pagi krna kecemasan itu….bagaimana solusinya dok agar bisa nyaman, tenang dan bisa tidur nyenyak??

terima kasih.

Jawaban :

Kondisi sesak dan batuk kering membuat gelisah dan kepikiran ya.. Mungkin kamu perlu untuk memastikan ke dokter terkait kondisi sesak dan batuk yang dialami. Informasi dari dokter akan membantumu lebih tenang dan tahu apa yang perlu dilakukan. Saat banyak pikiran akan membuat cemas sehingga sulit tidur, otak terus berpikir dan bekerja, maka kamu perlu menenangkan diri agar bisa tidur nyenyak. Lakukan rutinitas tidur, seperti memastikan badan nyaman dan bersih, memastikan ruangan nyaman , pencahayaan cukup, tidak main hp. Pikiran-pikiran yang mengganggu juga perlu untuk dikeluarkan dengan menuliskannya. Ketika sudah dituliskan akan membuat diri lebih lega sehingga membuat kita lebih tenang dan tertidur.

6).Pertanyaan :

Alief 28th, Mojokerto, TOF

Selamat siang dok,, Saya mau tanya beberapa Hariini saya susah Sekali buat tidur pdhl pencahayaan dikamar saya kurangi ,gak main HP dll.

Jadi kualitas tidur yg baik itu bagimn supaya sya Bisa tidur lbih awal? BB saya juga turun Apakah itu dampak dri kurangtudur?

Jawaban :

Apa yang diusahakan olehmu saat ini cukup baik, dengan menyiapkan ruangan tidur, pencahayaan cukup, tidak main hp terkadang membantu mengkondisikan tubuh untuk tidur. Agar lebih tidur cepat, pastikan untuk tidak melakukan aktivitas atau makan berat 3 jam sebelumnya. Jika masih belum terbantu, pastikan bahwa kamu sedang tidak memikirkan banyak hal. Terkadang pikiran-pikiran yang muncul mengganggu seseorang sehingga tidak mampu beristirahat secara optimal. Ketika ada pikiran-pikiran yang mengganggu, coba menuliskan pikiran-pikiran yang mengganggu itu, agar lebih lega dan tidak hanya berputar dalam otak. Kalau terkait berat badan turun, mungkin ada pengaruhnya karena lelah, namun coba disadari lagi apakah pola makannya berkurang karena pikiran atau hal lainnya.

7).Pertanyaan :

Selamat malam kak silvi, sy weni asd post op dr jogja usia 30th

Saya adalah org yg gak enakan, kalo sudah di kasih tugas berusaha dikerjakan cepat tanpa memperdulikan yg lain, sy tidak ingin membuat kecewa jika sudah mempercayakan sm saya. Jika saya sudah iya berarti saya harus kerjakan.

 Saya orangnya gampang cemas dan gak sabaran

Saya gak bisa cuek/bodo amat gt kak gak tegaan

Bagaimana ya kak biar saya bisa, santai dan selowww gitu

Jawaban :

Apakah kamu merasa terganggu dengan sikapmu yang berusaha melakukan dengan cepat? karena menurut saya cemasmu masih termasuk positif. Perlu disadari bahwa cemas terkadang perlu agar kita waspada, yang bahaya ketika rasa cemas dan reaksi yang muncul mulai mengganggu keseharianmu, seperti menjadi sulit tidur, sulit konsentrasi dan lainnya. Namun jika memang mengganggu dan perlu lebih santai dan selow, hal yang perlu dilakukan adalah menyadari bahwa tidak selamanya kita menyenangkan orang lain, sadari sejauh apa dirimu mampu melakukannya. Jika memang tidak mampu katakan tidak, fokus pada kebahagiaanmu sendiri karena itu lebih penting. 

8)Pertanyaan :

Arista,37th, Pjb ph

Saya ada traumatik, krn dulu batuk darah sering kambuh di malam hari, sehingga terkadang jika sudah menjelang malam, sekitar jam 11 mlm biasanya sepi sekali,  seperti ada rasa takut dan hawatir muncul, rasa ini gak cuma hawatir/takut akan batuk darah, tp semua hal jd ikut kepikiran, misal pasti selalu cek kompor, pintu/jendela, situasi rumah sebelum tidur, intinya takut ada apa2 aja. Sampai sering sebelum tdr selalu ngomong dlm hati, semua  baik baik saja sampai akhirnya tertidur sendiri. Kalau sdh gini kadang jd merasakan detak jantung yg lebih cepat.

Jawaban :

Kondisi batuk berdarah ini apakah sudah di konsultasikan dengan dokter? Lalu bagaimana kondisimu saat ini menurut dokter? Jika sudah dikonsultasikan cobalah untuk meyakinkan diri bahwa kejadian batuk berdarah saat itu sudah terlewati dan kamu baik-baik saja saat ini. Hal ini akan membantu mengurangi rasa cemas. Sebenarnya rasa cemas lebih sering muncul di malam hari, karena saat malam hari kita tidak melakukan banyak hal dan bersiap tidur. Ketika tidak ada kegiatan, otak cenderung memunculkan pikiran-pikiran yang memiliki muatan emosi paling besar, seperti pikiran yang mengganggu. hal ini juga yang membuat orang cemas dan sulit tidur di malam hari. Apa yang kamu lakukan dengan mengatakan baik-baik saja dalam hati sudah bagus, hanya saja kalau bisa dikatakan dengan keras, tidak dalam hati karena pengaruhnya lebih besar ketika mengatakan dengan keras. Ketika detak jantung lebih cepat, cobalah mengaturnya dengan relaksasi, menarik nafas panjang dan hembuskan perlahan.

9).Pertanyaan :

Syarif, VSD PH,43 Thn ,Ciamis-Jabar

Bagaimana cara menghilangkan paranoid/takut/khawatir kalau ke luar rumah. Waswas kalo mengemudi. Takut pingsan/pusing kambuh. Kalau ditemenin sama orang yg dipercaya baru tenang.

Jawaban :

Sadari bagimana kondisimu saat ini. Jika memang saat itu merasa tidak baik, baru mengalami pingsan, pusing, maka ada baiknya kamu menghindari pergi sendirian apalagi mengemudi karena akan beresiko. Jika kondisimu baik-baik saja, kurangi perasaan cemas dengan mengurangi kalimat andai atau kemungkinan-kemungkinan yang buruk. Masih ada kemungkinan positif yang dapat kamu pikirkan dan membantu mengurangi cemas. Hindari kalimat “kalau nanti kumat bagaimana? Kalo nanti pingsan gimana?” karena belum tentu kamu mengalami hal tersebut. Fokus pada kondisimu saat ini. Berpikir positif bahwa “saya akan baik-baik saja”. Jika memang harus pergi dan kondisi sedang tidak baik, maka ada baiknya kamu ditemani orang lain, atau menjaga dengan tidak mengemudi sendiri, memastikan nomor telpon darurat yang bisa kamu hubungi dsb.

10).Pertanyaan :

Amida jogja

Mba silvi.. kita kan sedang dalam masa pandemi nihh.. seperti sy sndri jg tetep harus kontrol ke rumah sakit.. nah sering juga timbul kecemasan takut membawa virus ke rumah karena ada orang tua yg rentan tertular.. bagaimana menyikapinya ya mba?

Jawaban :

nah iya ya.. lagi pandemi kaya gini kadang kecemasannya jadi nambah.. salah satu hal yang bisa dilakukan sadari bahwa memang situasi pandemi ini nyata. maka terimalah kondisinya. berusaha untuk menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Kalo sudah patuh protokol, berarti kita sudah lebih aman, kemudian berpikirlah lebih positif, “aku sudah menjaga diri dengan protokol yang sesuai, insyaallah aman” kalau kita fokus pada kemungkinan terburuknya, cemas itu akan muncul, sebaliknya kalau kita positif akan lebih tenang

11).Pertanyaan :

Malam mb Silvi, dgn Indri 39thn tangerang, bgm caranya kita membedakan gejala yang kita alami adalah asli dari penyakit kita atau psikosomatis dari pikiran cemas dll? Terima kasih

Jawaban :

wah iya nih.. sebenarnya memang agak sulit ya karena gejalanya mirip, namun sepaham saya cemas itu biasanya reaksi fisiknya hanya sebentar, tidak menetap.. dan muncul perasaan cemas.. pikiran kekhawatiran

12).Pertanyaan :

Malam kak  silvi, saya aisyah asd,PH dari cirebon 28thn

1.        Yg saya mw tanyakan dari mulai di vonis ASD,PH aktifitas saya mulai di kurangi kak,dan saat itu mulai lah berdatangan rasa cemas,takut yg berlebihan, allhamdulliah klw rasa cemas saya udh mulai bisa mengurangi dan selalu berfikir positif,tpi rasa takut akan keramai an yg saya blum bisa kak,Contoh nya klw di tempat keramai an tiba² rasa takut itu muncul dan berfikiran negatif,ujung²nya yg saya pikirkan masalah kondisi kesehatan saya,takut,pingsan lah takut segala macam bahkan kaki ini gk bisa buat melangkah rasa itu takut bgt,itu yg saya mw tanyakan dan solusi nya harus gimna iya kak??

2.        Kak,saya pengin bisa beraktifitas normal lgi kaya dlu seblum di vonis PH,ASD ingin bgt rasa nya bisa hidup normal lgi tanpa ada rasa kecemasan yg berlebihan kak,contoh nya di tempat kerami an itu ingin bgt rasa nya,paling bisa bertahan 30/60menit jga udh gelisah pikiran udh kemna² keluhan udh bermunculan dari sesak nafas,pusing lah dll,apakah saya perlu berobat jga ke sepesalis pisikolog kak??.

Jawaban :

1.  sebenarnya yang mbak katakan “takut pingsan” itu lebih ke cemas. Karena pada dasarnya cemas itu ketakutan akan masa depan yang belum tentu terjadi, kalau takut lebih ke hal nyata yang terjadi, misal takut ular dll. Ketika merasakan hal itu cobalah untuk berdiam diri sejenak dan menarik nafas panjang, buat diri tenang dan katakan hal positif bahwa saat ini kamu baik-baik saja.

2.   semenjak di vonis PH, ASD jadi cemas berlebihan dan membuat gejala sesak nafas, pusing semakin sering dan mengganggu ya? jika iya saya sarankan ke psikolog. namun sambil menunggu ke psikolog, boleh dirimu coba berlatih relaksasi, sehingga ketika menghadapi situasi yang membuat cemas akan lebih mudah menghadapinya.

13).Pertanyaan :

Malem mbak Silvi,saya nunik.Vsd PH 30 taun dari Bandung.

1. Saya itu suka cemas kalo jantung saya detak nya suka kenceng,kalo denger hal2 yg mengagetkan.Detak jantung kenceng nya suka lama untuk kembali ke detak yg semula,nah gimana cara ngilangin cemas saat detak jantung kenceng banget?

2. Saya suka cemas juga masalah telapak tangan dan kaki yang suka basah oleh keringat mbak,apakah memang ini benar ada hubungan nya dengan riwayat penyakit jantung ini mbak?

Jawaban :

1.  setelah kaget kemudian cemas dengan kondisi jantungnya ya.. mungkin hal ini yang membuat detak jantungny kencangnya suka lama untuk kembali semula, karena muncul kekhawatiran. Sudah degdegan karena kaget, ditambah cemas. Mungkin yang bisa dilakukan, sesaat setelah mendengar hal yang mengagetkan cepat-cepat cari tempat tenang dan aman, relaksasi dengan tarik nafas panjang.. sadari bahwa sekarang dirimu aman. kalau bisa minum minuman hangat untuk membantu menenangkan.

2. bisa jadi memang ada hubungannya dengan riwayat penyakit jantung yang dimiliki, perlu disadari apa yang membuat cemas? jika cemas karena penyakit yang diderita coba konsultasikan ke dokter sehingga mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. kemudian coba untuk relaksasi dan berlatih berpikir positif bahwa semua baik-baik saja. 

14).Pertanyaan :

Sy Lilik 57 th dari Sidoarjo….ASD PH post ops Maret 2019

Saat ini PH msh di kisaran 60, kadang dada kiri terasa sengkring2 yang gak tau penyebabnya, krn biasanya datang tiba2

Nah kalo dah terasa begitu, akhirnya timbul rasa takut dan cemas….bagaimana cara mengatasi hal itu …mohon penjelasan, terimakasih

Jawaban :

biasanya takut dan cemas karena tidak tahu apa yang terjadi, maka dari itu sebaiknya konsultasikan ke dokter, apakah hal ini wajar atau perlu treatmen lain agar tau penyebabnya

15).Pertanyaan :

mutia

mbak silvi kalau kecemasan suka di bully orang gmn yaa sehingga detak jantung langsung berdebar kencang dan kecemasan pikiranpun bercampur.

  Jawaban :

cemas itu bisa juga terjadi karena pikiran yang menumpuk, mungkin karena pengalaman sering di bully ya jadi cemas.. kembali lagi ke pikiran dan perasaan saat di bully itu, padahal kita sudah tidak ada di saat itu, kita ada di saat ini. Maka fokus pada saat ini. kemarin itu sudah lalu, besok itu masih misteri, terlalu memikirkan masa lalu dan masa depan itulah yang akhirnya membuat kita cemas. Fokuslah pada saat ini, lakukan yang bisa dilakukan saat ini agar besok atau ke depan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, karena saat ini sudah dimaksimalkan. ketika pikirannya lebih positif akan membuat lega dan terhindar dari cemas itu tadi

16).Pertanyaan :

Malam mba Silvi, sy Dwi…PH Primer..usia 42 thn..mba bbrp hr ini kalau tengah malam sy sering kebangun dan sulit tidur lg.. kalau sdh gitu pikiran jd ngelantur..cemas dan deg2an..bagaimana cara mengatasi nya mbak ?

Jawaban : iya coba untuk menenangkan diri dengan meditasi sebentar mbak.. atau kalo pikirannya ngelantur, coba di tuliskan apa yang dipikirkan agar lebih tertata, sehingga pikirannya tidak ruwet dan tidak mengganggu tidur

 

“cemas itu sebenarnya hal yang wajar terjadi apalagi dengan kondisi riwayat penyakit tertentu ya.. kecemasan perlu diwaspadai jika itu sudah sangat mengganggu aktivitas keseharian. Hal pertama yang dilakukan adalah memastikan dulu ke dokter mengenai kondisinya, jika sebenarnya tidak ada masalah berarti kemungkinan arahnya ke cemas. maka coba untuk berlatih mengkondisikan pikiran. karena cemas itu asalnya dari pikiran akan kemungkinan ke depan yang belum tentu terjadi. Sadari bahwa itu belum pasti, berpikirlah lebih positif. apalagi jika sudah mengusahakan yang terbaik, maka tidak ada alasan untuk khawatir berlebih. Fokus pada apa yang bisa dilakukan sekarang agar apa yang dikhawatirkan tidak terjadi. Tetap semangat untuk teman-teman semua..”  Silviani, M.Psi., Psikolog

By | 2020-11-03T09:41:01+00:00 October 28th, 2020|Kuliah lewat WhatsApp, Uncategorized|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat