KULIAH -WHATSAPP  (KULWAPP)-Jurus -Anti -Panik

//, Kuliah lewat WhatsApp/KULIAH -WHATSAPP  (KULWAPP)-Jurus -Anti -Panik

KULIAH -WHATSAPP  (KULWAPP)-Jurus -Anti -Panik

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silahkan hub admin  08112511099

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

KULIAH WHATSAPP  (kulwapp)

  • Selasa, 01 September 2020
  • Pkl : 19.30 – 21.00 WIB
  • Tema : Jurus Anti Panik
  • Narasumber : Silviani, M.Psi., Psikolog
  • Tempat : Grup Kulwap YHPI

Jurus Anti Panik

 

NO PERTANYAAN JAWABAN
1.

 

Assalamualaikum, siang dok nama Tedja usia 70th ph primer. Panik adalah suatu situasi yg tdk tau apa yg hrs qt perbuat dlm satu kondisi yg menurut org lain itu biasa saja, misalnya saat kontrol srt rujukan tdk terbawa krn saat dicek dikeluarkan ditaruh dimeja bkn dimasukan lagi ke tas, hal itu sebenarnya sepele tinggal telepon ke rmh minta disebutkan no rujukan yg dr rsud, tp jd panik krn sdh berhadapan dgn petugas pembuat SEP, yg ingin sy tanyakan knp pd saat panik badan lemas n tdk bisa bicara atau gagap Saat mengalami panik tubuh bereaksi dengan melepaskan hormon adrenalin yang menyebabkan otot menegang, jantung berdetak lebih kencang serta pernapasan menjadi lebih cepat tetapi pendek sehingga terjadi hiperventilasi dan membuat tubuh menjadi lemas. Otot yang menegang juga membuat gerakan rangka mulut kurang luwes dan memungkinkan terjadinya gagap.
2. Assalamualaikum dok saya Rita dr padang usia 33 thn.dok 1.misalkan saya Lg mengendarai motor tb2 pas dilampu merah kan berhenti tu.tiba2 muncul aja rasa cemas saya rasa mau tiba2 pusing aja dok.itu knpa ya dok??

Pertanyaan 2.knpa setiap terdengar org meninggal saya mulai timbul rasa cemas trus jantung saya berdetak kencang jd nya saya susah bernafas n sesak gitu dok.tolong apa yg harus saya lakukan dok

1. itu mungkin terjadi karena adanya situasi yang tiba-tiba. seperti jawaban di pertanyaan 1 tubuh akhirnya melepaskan hormon adrenalin yang membuat oto tubuh menegang dan hiperventilasi yang memungkinkan merasa pusing. 2. Sejak kapan merasa sesak ketika mendengar orang meninggal? Apakah ibu pernah mengalami trauma terkait situasi ini, atau ada ketakutan terhadap kematian? Jika hal ini sudah berlangsung lama dan sulit di kontrol hingga mengganggu aktivitas sehari-hari mungkin perlu untuk berkonsultasi langsung dengan psikolog/ psikiater agar mendapatkan diagnosis pasti. Untuk saat ini, ketika mengalami situasi yang sama, ibu bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

a.         Relaksasi nafas untuk membantu pasien lebih rileks saat berhadapan dengan pemicu atau situasi dalam hal ini mendengar orang meninggal. Panduan lengkapnya bisa dilihat di materi yang sudah diberikan.

b.         Ubah gaya hidup, seperti tidur yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta mengurangi atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein

3. Selamat siang dok, saya devi asd ph dari jogja usia 28th. Dok, kenapa saya sering panik, sering tergesa gesa jika melakukan sesuatu hal yah dan sering kepikiran jika sesuatu tidak sesuai dg yg di harapkan, jadi imbasnya antara pikiran dan yg dikatakan kadang suka beda .. Terima kasih Ada beberapa penyebab orang menjadi rentan panik, yakni karena overthinking dan kesulitan dalam mengontrol emosi. Ketika terlalu berlebihan dalam memikirkan segala hal di sekitar kita akan menyebabkan kita merasa takut pada sesuatu yang belum pasti akan terjadi. Kemudian kesulitan mengelola rasa takut sehingga membuat pikiran dan emosi tidak stabil dan tidak terkontrol. Ketika terlalu memikirkan berlebihan, pikirannya akan cenderung dipenuhi hal negatif dibandingkan hal positif sehingga membuat diri menjadi pesimis. Ini adalah suatu siklus yang terus menerus terulang. Ketika sudah terlalu sering dampaknya akan memunculkan permasalahan psikologis lainnya seperti kecemasan bahkan depresi. Maka dari itu, perlu untuk mengontrol pikiran dan mengubah pikiran yang tadinya negatif menjadi lebih positif.
4. Assalamualaikum..saya Titi , PH Primer, kebetulan bgt topik ini diangkat. Sy sering sesak tiba2 Dok…mgkn ini yg disebut gagal nafas ya…kurang lebih 5 – 10 mnt sy rasakan. Disitu bdn rasanya terasa hangat…lalu tiba2 berubah jd dingin…kluar keringat dingin jg. Wah rasana wes ga karuan. Tp sy berusaha utk tenang..yg saya cari air putih..krn bener2 ga bisa nafas…krn klau minum air putih byk agak mendingan.. Yg ingin sy tanyakan…apakah boleh minum air putih byk disaat panik bgitu Dok ?? Ranya tidak karuan dan tidak nyaman sekali ya.. sebenarnya minum air putih termasuk disarankan. Namun sebaiknya, saat benar-benar sesak nafas, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengatur nafas terlebih dahulu. Rilekskan badan dan duduk agar lebih tenang dahulu baru kemudian minum air putih secukupnya.
5. Assalamualaikum, saya Rissa Ph primer dari Bandung. saya ter diagnosa pH dari 7 tahun lalu. namun sejak pandemi ini saya hanya diam dirmh, sejak saat itu kalau bertemu orang banyak saya merasa sangat sesak, pusing seperti mau pingsan. kenapa ya? dan bagaimana cara mengatasinya? Mungkin karena memikirkan takut orang tersebut positif covid dan bisa menularkan sehingga lebih mudah panik saat bertemu orang banyak. di situasi pandemi seperti ini membuat kita meningkatkan kewaspadaan khususnya dengan orang lain, belum lagi informasi dan pemberitaan yang terkadang semakin membuat takut dan kepikiran. Hal ini bisa memicu kita mengalami panik. Saat mengalami serangan panik, coba sadari gejalanya, kemudian coba untuk mengendalikan tubuh dengan berusaha mengatur nafas. Coba untuk mencari informasi yang lebih akurat atau informasi yang tidak membuat semakin panik. Kemudian sadari dan upayakan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan saat harus berhadapan dengan orang banyak. Hal ini akan sedikit mengurangi pikiran negatif dan rasa panik yang dialami.
6. Assalamualaikum wr wb, saya erawati PH primer dr Riau. kenapa ya setiap melihat tangga saya lemes dan bawaannya sesak duluan. bagaimana cara menyikapinya….? Saat melihat tangga sudah merasa cemas, dan mengalami sesak ya.. saya menyadari rasanya mungkin tidak nyaman untukmu. Apakah ini terjadi hanya saat melihat tangga? Atau saat ditempat tinggi juga merasakan hal ini? Jika demikian bisa jadi dirimu mengalami fobia ketinggan. Orang dengan fobia ini dapat merasa takut, cemas, bahkan mengalami serangan panik hanya dengan membayangkan berada di tempat tinggi. Saya memahami bahwa situasi ini mungkin membuat tidak nyaman, nah ketika dihadapkan pada situasi tersebut cobalah untuk melakukan relaksasi nafas hingga merasa tenang dan katakan kepada diri bahwa “saya akan baik-baik saja. Mari kita berjalan pelan-pelan, bismillah”. Jika memang hal ini sudah sangat mengganggu, ada baiknya untuk mendapatkan treatment dari psikolog/ psikiater agar lebih nyaman.
7. Assalamualaikum,,saya yani dri denpasar,usia 40 th,sya terdiagnosa ph sejak 1 th lalu,,,,saya klo panik tdk bisa kontrol stres,langsung asam lambung naik,magh kambuh,hilang nafsu makan,bahkan smpe smpe mual2 dn itu bisa berlangsung smpe esok hrinya,,,bgmna solusi untk atasinya Panik pada akhirnya membuat stress dan mempengaruhi tubuh ya… saya menyadari rasanya tidak nyaman sekali apalagi berlangsung seharian bahkan hingga keesokan harinya. Mungkin yang perlu dilakukan adalah mencoba menghindari serangan panik kembali muncul dengan membentuk pola hidup sehat. Makan-makanan sehat, olahraga dan istirahat teratur. Kemudian coba untuk berpikir lebih positif. Cara berpikir positif bisa dengan mencari hal yang disyukuri sehari-hari
8. Assalamualikum,, saya Alief dri Mojokerto usia 28th diagnosa TOF-RA

Alhamdulillah saya belom

Pernah merasakan panik

Cz saya belom pernah merasakan anfal dan sejenis lainnya..

Yg saya tanyakan bila nnti

Terjadi pd saya apa sih yg harus kita lakukan atau

Prilaku seprti apa sih

Seharusnya???

Meskipun belum pernah mengalami panik, mencoba menghindari serangan panik dengan melakukan pola hidup sehat dan belajar mengontrol emosi dengan relaksasi nafas ataupun relakasasi otot. Jika nanti terjadi serangan panik, cobalah untuk menyadari gejalanya terlebih dahulu. Apakah merasa jantung berdebar, sesak nafas atau lemas. Saat merasakan gejala tersebut, cobalah untuk duduk dan ambil nafas teratur hingga merasa lebih tenang atau coba fokuskan pada apa yang dirasa, dilihat dan didengar untuk mengalihkan pikiran tiba-tiba yang mengganggu. Ketika sudah tenang pikirkan akan menjadi lebih logis sehingga tidak berfokus pada hal negatif. Semoga tidak mengalami hal demikian ya…
9. Assalamualaikum perkenalkan nama saya Aini asal dari Jawa timur . Usia saya 27tahun dengan Vsd pH . Gejala yg sering saya alami adalah batuk darah . Dan ketika sedang batuk darah dirumah keluar banyak itu saya sangat panik . Dan membuat kondisi terkadang makin drop . Yg saya tanyakan harus bagaimana menyikapi kondisi seperti itu apabila gejala muncul tiba tiba . Atau mungkin di depan umum . Terimakasih Saat menghadapi situasi tersebut rasanya kaget dan tidak nyaman ya… apalagi ketika panik membuat kondisi semakin drop. Saat batuk berdarah hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba mengatur nafas dan mengalihkan pikiran. Terkadang pikiran menjadi senjata untuk membuat kita semakin parah. Berada di tempat umum ataupun tidak, fokuskan pada apa yang terjadi dan bisa dilakukan bukan pada reaksi orang di sekitar, yang bisa membantu adalah dirimu sendiri, belum tentu orang lain bisa membantumu. Saat ditempat umum, carilah tempat yang tenang. Ada baiknya jika akan pergi dan berhadapan dengan orang banyak, kamu mempersiapkan hal yang dibutuhkan seperti sapu tangan atau tisu basah, obat atau nomor darurat.
10. Assalamualaikum saya Ambar Kaltim, didiagnosa vsd pH. Ketika sya sedang panik atau bersemangat melakukan sesuatu cara bicara sya kdang terasa berat & nada  bicara sya seperti org menangis ap yg hrus sya lakukan y dok? Terimakasih Mirip dengan jawaban pertanyaan 1, saat panik ataupun semangat, keduanya sama-sama meningkatkan hormon adrenalin yang menyebabkan otot menegang, jantung berdetak lebih kencang serta terjadi hiperventilasi. Ketika mengalami ini cobalah untuk merilekskan tubuh, misalnya dengan duduk dan mengatur nafas, atau dengan meminum air putih jika memungkinkan agar membuat tubuh lebih rileks dan tenang.
11. Assalamualaikum dok, saya dewiretno sby 28th asd ph .. pertanyaan 1. Apakah semua pasien asd ph itu sering panik ya dok? 2. Saya sering tiba” saat duduk menunggu lama gitu sesak seperti tdk bisa nafas akhirnya lgsg panik dan saya buat berdiri jalan” apa sudah betul begitu cara mengatasinya y dok? Terimakasih jantung dan panik memiliki gejala yang serupa seperti timbul secara mendadak dan irama jantung yang cepat. Meskipun demikian keduanya berbeda. Satu hal yang mendasari perbedaan kedua kondisi tadi adalah serangan jantung biasanya memiliki gejala berupa denyut jantung tidak teratur yang timbul dan berhenti secara tiba-tiba. Sedangkan serangan panik, denyut jantung secara perlahan-akan akan kembali ke normal. Perbedaan lainnya adalah serangan jantung dapat disertai dengan gejala yang berubah drastis. Misalnya, dua atau tiga denyut jantung yang sangat cepat, diikuti 3 denyut jantung yang melambat, kemudian cepat lagi. Sedangkan di serangan panik, denyut jantung dirasa cepat tetapi teratur. Maka penting untuk menyadari gejala yang dirasakan agar tidak salah dalam mengatasinya.

Saat duduk menunggu dalam waktu yang lama, terkadang memungkinkan munculnya berbagai pikiran yang membuat tidak nyaman atau overthinking. Hal ini bisa memicu serangan panik. Berdiri dan berjalan adalah ide yang cukup baik untuk mengurai kepanikan. Karena dengan berdiri dan berjalan akan membantu nafas lebih teratur, mencari udara segar dan memfokuskan pikiran kepada hal lain. Hal ini sangat membantu untuk mengurai kepanikan.

12. Assalamualaikum saya Mega kediri 30th, diagnosa ASD ph berat

Semenjak saya drop awal th 2020 dan mengalami struk ringan saya jadi sering merasa panik entah itu obat atau makanan yang saya konsumsi semua saya permasalahkan,,apa itu normal?dan bagamana cara mengatasinya?

Halo mbak Mega, dari apa yang dijelaskan.. mungkin bukan ke arah panik namun lebih ke cemas terhadap obat atau makanan yang dikonsumsi, takut jika drop kembali atau mengalami hal lain yang tidak diinginkan. Ketika mengalami ini jadi bingung yaa mungkin saat mau makan jadi serba salah, dan efeknya malah semakin tidak nyaman di badan karena kekurangan nutrisi. perlu untuk diketahui dulu apa yang sebenarnya dicemaskan dari makanan, kemudian coba untuk mendata makanan yang boleh dan tidak boleh di konsumsi lebih detail dan jelas untuk mengurangi kecemasan tadi.
13. Selamat malam dok, Saya Ike dari Yogya 40th, PH primer.

Sy sering mengalami detak jantung scr tiba2 cepat trus berhenti tiba2, kdg jg melambat tiba2. Kdg jg detak jantung cepat teratur. Apakah itu termasuk serangan jantung atau serangan panik dok? Atau cm mmg aritmia ya, krn sy jg didiagnosa aritmia.

Selain irama jantung yang berubah.. untuk memastikan serangan panik, serangan jantung atau penyakit lainnya perlu dilihat gejala lain yang menyertainya. serangan panik biasanya terjadi hanya sebentar 10-15 menit dan ritmenya relatif teratur dan biasanya memiliki pemicu seperti stres, maka perlu untuk dicermati kondisi saat itu khususnya secara psikologis
14. Assalamu’alaikum…sy caregiver dr syifa 21th depok ASD PH…pernah jg mengalami pas naik jpo entah knp sampai ditengah jpo atas mengalami lemas pucat&tiba” mo pingsan…pernah jg pas treadmill tdk mencapai target treadmillnya jg hampir pingsan..jd skrg klo agak trauma dgn hal” tsb…gmana cara mengatasinya? T waalaikumsalam mbak syifa.. tiba-tiba lemas dan mau pingsan ya.. nah ternyata pengalaman ini bukan hanya di saat naik JPO namun juga disaat aktivitas lainnya. Ini bisa jadi serangan panik, kejadian yang berulang di tempat umum pada akhirnya membuat mbak syifa agak trauma ya.. mungkin pada akhirnya mencoba menghindari aktivitas lainnya. Hal ini yang perlu di perhatikan. Apa yang terjadi pada mbak syifa merupakan siklus panik yang apabila tidak diatasi segera akan membuat permasalahan psikologis lainnya. mbak syifa khawatir jika suatu saat akan mengalami hal yang sama lagi karena pernah merasakan tidak enak dan tidak nyaman ketika di situasi tersebut. Sadari apa yang sebenarnya terjadi saat itu, mungkin saat itu memang sedang lelah dan meskipun sulit tetap mampu mengatasinya. ketika itu terulang coba untuk berhenti dan menarik nafas hingga merasa tenang. kemudian sadari bahwa dirimu baik baik saja. pikirkan hal positif dan cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu lebih tenang dan mampu menghadapi situasi itu
15. Amidayana ASD jogja

Sy jg sering mengalami serangan panik mba silvi dan sy lakukan seperti saran mba silvi yaitu menenangkan nafas dan otot

iya memang menenangkan nafas dan otot adalah cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi serangan panik. Bahkan sebenarnya mengatur nafas dapat mengurangi gejala psikologis lainnya… meskipun sederhana ternyata manfaatnya banyak. Maka dari itu, berlatih relaksasi nafas setiap hari ternyata penting untuk membiasakan ritme nafas, bukan hanya saat mengalami gejala panik atau gejala lainnya
  Bener banget ini mba silvi.. harus dilakukan rutin bbrp kali setiap hari gitu ya mba Silvi ya.. minimal 5-10 menit perhari itu sangat membantu mbak Amida
  Kalau dalam praktek mba silvi sebagai psikolog.. sehari2 bgmn apakah serangan panik ini tren nya semakin banyak ditemukan? banyak ditemukan.. namun biasanya ke psikolog ketika sudah menjadi gangguan bukan hanya serangan panik karena ketika mengalami serangan panik cenderung disepelekan dan diabaikan..
16. Selamat malam dok,  saya mau tanya bagaimana cara mengatasi trauma, pernah ada trauma saat dikereta? Pernah mengalami sesak nafas, keringat panas dingin,  jantung berdebar,  rasanya seperti mau meninggal,  posisi ada di dalam kereta,  sampai masuk toilet mau lompat keluar jendelanya,  apa ini namanya panic attack? Gimana cara menghilangkan trauma ini,  sudah beberapa kali sih coba naik kereta tetap didalam kereta perasaan itu muncul terus bisa jadi ini panic attack, ketika terjadi dalam waktu yang sebentar dan intens. dengan penjelasan kondisimu saat itu meungkin memang mengalami panic attack. namun apakah itu hanya terjadi di kereta? bisa jadi juga dirimu mengalami trauma terkait kereta. Mungkin sebelumnya pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan terkait kereta atau hal lainnya yang itu perlu untuk dicari dan diselesaikan terlebih dahulu. untuk menghilangkan trauma sendiri perlu proses yang cukup panjang, tidak instan. Jika sudah dirasa tidak nyaman untukmu menjalani kegiatan sehari-hari maka saya menyarankan untuk berkonsultasi dengan psikolog/psikiater agar mendapatkan treatment yang maksimal. Namun ketika dihadapkan dengan situasi tersebut, bisa membaca kembali tips menghadapi panik di materi yang sudah dibagikan.

 

 

 

Pesan dari mba Silvia :

‘Serangan panik dan serangan jantung memang cukup mirip karena gejalanya sama. namun perlu disadari bahwa terkadang serangan panik muncul karena faktor psikologis, pikiran dan emosi yang sulit dikontrol yang bisa muncul tiba-tiba. Maka dari itu upayakan untuk menjaga pikiran dan emosi dengan menerapkan pola hidup sehat, mulai dari makanan, olahraga, istirahat serta pikiran yang positif dan optimis. Tetap semangat untuk semua ya.. semoga kita diberi kesehatan. sehat jasmani dan mental.’

 

By | 2020-09-09T05:09:26+00:00 September 9th, 2020|Awareness PH, Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat