KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)-Tanya-Jawab-Seputar-Hipertensi-Paru

///KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)-Tanya-Jawab-Seputar-Hipertensi-Paru

KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)-Tanya-Jawab-Seputar-Hipertensi-Paru

Kuliah Whatsapp Adalah Program Tanya Jawab Lewat Group Di Aplikasi Whatshapp Antara Anggota YHPI Dengan Dokter/Narasumber Ahli Lainnya Untuk Topik-Topik Terkait Hipertennsi Paru Yang Diadakan Secara Rutin Dan Berkala.

Untuk Bergabung Dalam Group Whatsapp Dan Mengikuti Kuliah Berikutnya, Silakan Hub 085210006799

Untuk Membaca Materi Tanya Jawab Lainnya Yang Lebih Lengkap, Silakan Klik LOGIN.

KULIAH WHATSAPP (Kulwap)

ūüďÜ Hari¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† : Sabtu, 6 Juni 2020

ūüēį waktu¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†: 13.45 – 15.15 WIB

‚Äćūüéď Narasumber¬† : Dr. Anggoro Budi Hartopo, M.Sc., Phd, Sp.PD, Sp.JP, FIHA

ūüďú Tema¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† : Tanya Jawab Seputar Hipertensi Paru

Moderator :  Dr Novi

No Nama Dan Pertanyaan Jawaban
1. Yudi Caregiver Dari Istri PH Idiopatik-Mar2020, Usia 40 Thn, Asal Malang.

1. Apakah PH Atau Obat2nya Berpengaruh Terhadap Siklus Haid? Istri Sy Bbrp Blan Setelah Menikmati PH Siklus Haidnya Menjadi Maju Harinya, Maju Sekitar 10 Hari.

2. Apakah Salah Satu Kondisi PH Yang Cepat Merasa Lelah Bisa Berkurang Atau Hilang? Misal Skrg Jalan 20 Langkah Capek, Seiring Berjalan Wktu Bisa Nambah Menjadi 40 Langkah Baru Capek.

3. Hasil Tes 3 Penyebab Utama PH Yakni Tiroid, Autoimun, Penyumbatan Jantung,Hasil Tes Istri Sy Negatif, Apakah Perlu Dilakukan Tes Lain Lagi Untuk Mencari Penyebabnya? Tes Apalagi Yg Bisa Disarankan?

4. Apakah PH Itu Menular?

Mohon Màaf Pertanyaan Pendatang Baru? Tksh

1. Sejauh Ini Tidak Banyak Yang Melaporkan Adanya Gangguan Siklus Haid Terkait Hipertensi Paru Dan Obatnya (Sildenafil Atau Beraprost). Mungkin Beberapa Pasien Mengalami Karena Masalah Psikis Atau Karena Hormonal Atau Masalah Kandungan. Saya Biasanya Mengkonsulkan Ke Dokter Kandungan Untuk Mengecek Masalah Haidnya Tersebut.

2. Perlu Dibiasakan Latihan Fisik Yang Terukur Dan Berkesinambungan (Terus Menerus), Disamping Obat-Obatan PH, Untuk Bisa Meningkatkan Kapasitas Fisik Yang Lebih Baik.

3.Untuk Melalukan Diagnosis PH Dilakukan Pemeriksaan Pencitraan Yaitu Echocardiografi Dan Penyadapan Jantung Kanan Dan/Atau CT Scan Angiography. Karena Ada 5 Tipe PH, Maka Pemeriksaan Harus Dilakukan Secara Menyeluruh Sebelum Penyebab PH Ditentukan.

4. PH Bukan Kondisi Yang Menular

Begitu Pak Yudi Dari Malang

2. Saya Warjilah 39 Tahun Asal Wonosari Gunungkidul,Mau Bertanya Dok Saya Sudah Operasi 2 Tahun Yang Lalu ASD Tapi Masih Ada Kebocoran Diklep Jantung. Apa Boleh Segera Hamil Dok? Bahaya Tdk Ya Dan Saya Masih Konsumsi Silde 2√ó1,Sama Candesartan 0,5 Mohon Pencerahannya Dok Ibu Warjilah, Perlu Dievaluasi Kondisi Jantungnya Setelah Di Operasi Jantung, Termasuk Diukur Tekanan Di Paru-Paru Dan Klep Jantung Serta Fungsi Jantung Dengan Echo Dulu. Obat Sildenafil Aman Diminum Saat Hamil, Namun Obat Candesartan Tidak Boleh Diberikan Saat Hamil Karena Berbahaya Bagi Janin. Sehingga Sebelum Hamil, Pastikan Kondisi Jantung Dan PH Nya Dulu Dengan Echo.
3. Saya Ima Caregiver Dari Anak Razqa Usia 7 Tahun Ph Primer. Dok Mau Tanya Apakah Penyebab Ph Primer? Apakah Berat Badan Yang Punya Ph Tidak Naik Naik? Apa Penyebab Orang PH Lemes Bahkan Lemes Banget Dan Pusing. Bagaimana Cara Mengatasinya? PH Primer Atau Sekarang Namanya Idiopatik Hipertensi Arteri Paru (IPAH) Atau Yang Tidak Diketahui Sebabnya  Dan Hereditary PAH Atau PAH Turunan. Berarti PAH Nya Tidak Diketahui Sebabnya Atau Mungkin Karena Ada Keturunan (Mutasi Genetik). Bila Didiagnosis Sebagai PH Primer, Berarti Penyebab PH Yang Lain Misalnya Penyakit Jantung Lubang, Efek Obat Dan Yang Lain-Lain Sudah Diperiksa Dan Hasilnya Negative. Berat Badan Pasien PH Biasanya Tidak Naik Karena Tubuh Menyesuaikan Dengan Kondisi Oksigen Yang Biasanya Juga Rendah. PH Lemas Dan Pusing Karena Tubuh Kekurangan Oksigenasi Akibat Dari Gangguan Di Paru-Paru Dan Juga Gangguan Pompa Jantung Akibat Oksigen Darah Yang Menurun, Cara Mengatasi Adalah Meminum Obat Untuk Menurunkan PH, Cukupi Cairan Dan Istirahat Cukup. Latihan Aktifitas Fisik Perlu Dilakukan Secara Bertahap Dan Sesuai Kemampuan.
4. Perkenalkan Sy Handini 31 Tahun Dari Ciputat-Tangerang Selatan ( IPAH, RHF, PFO, TR, Dispepsia) Yg Ingin Saya Tanyakan Dok :

1. Apakah Penggunaan Vit Seperti D3, Q10, Magnesium, Dan Vit B Diperbolehkan Selama Kita Jg Minum Obat Jantung?

2. Punggung Saya Sering Terasa Nyeri Bahkan Sampai Menjalar Ke Tangan, Bahkan Kadang Kesemutan Tiba2, Apakah Boleh Dok Dipijit Ringan? Atau Apa Ada Solusi Agar Tdk Terlalu Nyeri Dok?

Terima Kasih

Baik Ibu Handini. Boleh Saja Meminum D3, Q10, Magnesium Dan Vitamin B Sepanjang Obat PH Diminum. Suplemen Tersebut Bermanfaat Untuk Menjaga Metabolisme Otot Dan Memenuhi Asupan Nutrisi Tubuh. Yang Penting Juga Latihan Aktifitas Fisik Secara Bertahap Dan Rutin Sesuai Kemampuan. Boleh Saja Dipijit Ringan. Untuk Menghindari Rasa Kurang Nyaman, Cukupi Minum (7 Gelas Per Hari) Untuk Menghindari Dehidrasi. Obat Antinyeri Semacam Parasetamol Boleh Diminum. Perlu Dicek Juga Apakah Ada Problem Saraf Leher Atau Gangguan Pada Bahu.
5. Saya Dini Dari Batam,Ibu Dari Anak Siti Marwah Usia 2 Tahun. Anak Saya  Sdh 3 Bln Post-Op ASD  Closure, Diagnosis ASD Sekundum + PH Ringan.

Echo Terakhir Pada April 2020 Msh Menunjukkan Adanya PH.

Yang Ditanyakan :

1. Apakah Semakin Cepat PH Diketahui Dan Diberi Tindakan Dapat Hilang?

2. Apakah Setelah Operasi Penutupan Celah Jantung PH-Nya Akan Tidak Ada Lagi?

3. Apakah Furosemide Dan Captropil Dapat Menurunkan PH?

 

Terima Kasih.

1.Apakah Semakin Cepat PH Diketahui Dan Diberi Tindakan Dapat Hilang?

Iya, Terutama Apabila PH Nya Karena ASD Secundum.

2.Apakah Setelah Operasi Penutupan Celah Jantung PH-Nya Akan Tidak Ada Lagi?

Sebagian Besar PH Nya Tidak Akan Bertambah, Bahkan Menghilang. Sebagian Kecil PH Nya Bertambah, Terutama Apabila PH Nya Tipe Campuran. Evaluasi Echo Secara Berkala Penting Dilakukan.

3.Apakah Furosemide Dan Captropil Dapat Menurunkan PH?

Tidak Bisa Menurunkan PH.

Yang Penting Ketahuan ASD Sebelum Terjadi PH… Itu Lebih Baik. Jadi Tinggal ASD Nya Ditutup, Terhindar Dari PH

6. Saya Estika Dari Malang, Diagnosa ASD PH.

1.Dok Saya Mau Tanya Obat Apa Yg Boleh Kita Konsumsi Saat Kepala Terasa Pusing, Panas Bapil. Sedangkan Kita Harus Tetap Mengkonsumsi Obat Ph. Soalnya Mau Periksa Agak Takut Berinteraksi Dengan Banyak Orang.

2. Bagaimana Kita Bisa Tau PH Naik Apa Sudah Mulai Turun.

Terima Kasih

Obat Turun Panas Seperti Parasetamol, Obat Batuk Dan Pilek Seperti Rhinofed Dan Sebagainya Boleh Diminum Tapi Perhatikan Efek Samping Yang Muncul Misal Berdebar Atau Mengantuk. Yang Penting Istirahat Di Rumah, Cukupi Cairan /Minum Dan Makan Yang Cukup Bergizi. Di Era Covid Ini Tetap Jaga Jarak Dan Memakai Masker.

PH Apakah Naik Atau Turun, Hanya Dengan Pengukuran Langsung Lewat Penyadapan Jantung Kanan Yang Bisa Menentukan Dengan Pasti Berapa PH Nya. Tapi Tanda-Tanda Perbaikan PH Bisa Dinilai Dengan Penilaian Kelas Fungsional (Aktivitas Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Tanpa Keluhan) Atau Stratifikasi Risiko Seperti Jarak Jalan 6 Menit, Pemeriksaan Ntprobnp, Pemeriksaan Echo (Nilai TVG) Dsb Nya.

7. Assalamualaikum,, Saya Bunda Dari Adara Usia 5 Tahun Dgn PJB, TA Type 1, Asd, Vsd, PH.. Adara Blm Tindkn. Apakah Phnya Akan Semakin Tinggi Sblm Dia Tindakan? Krn Kemarin Mau Tindakn Rastelli Sm Dokter Diundur Krn Ada Wabah Pademi Covid- 19.. Apa Terapi Silde Bisa Menurunkn Ph?  Dan Sbrapa Besar Tingkat Kberhasilan Dgn PH Saat Di Lakukan Tindakan Walaikumsalam Bunda. Prinsipnya Semakin Cepat Tindakan Koreksi Pembedahan Maka PH-Nya Bisa Turun Dan Tidak Meningkat Lagi. Sildenafil Bisa Menurunkan PH Sebelum Tindakan Koreksi Pembedahan. Operasi Rastelli Ini Untuk PH Dengan Penyakit Jantung Bawaan Yang Kompleks Ya Bunda, Sehingga Kemungkinan Turunnya PH Nya Akan Tergantung Juga Dari Keberhasilan Operasi Koreksi Dan Obat-Obatan Yang Harus Diteruskan Seperti Sildenafil.
8. Saya Aini 27 Tahun , Dok Saya Mau Tanya Kenapa Saya Sering Merasa Pusing Dan Kaku Dibagian Leher , Terkadang Untuk Mengobati Nya Saya Selalu Minum Paracetamol. Apa Ini Juga Bisa Karna Ph Tinggi Atau Karna Kolesterol?

Dan Bagaimana Yaa Dok Cara Mengatasi Ketika Gejala Batuk Darah Muncul.

Karna Saya Terhitung Sering Mengalami Gejala Itu Sekalipun Saya Sudah Rutin Silde. Terimakasih Dok

Bisa Saja Karena PH Tinggi, Kurang Cairan /Kurang Minum Atau Mungkin Gangguan Otot. Kalau Untuk Kadar Kolesterol Perlu Dicek.

Gejala Batuk Darah Bisa Bermacam-Macam Sebabnya, Paling Berbahaya Kalau Itu Disebabkan PH Nya Yang Naik. Segera Dilaporkan Dokter, Mungkin Obat PH Perlu Dinaikkan Dosisnya Atau Dikombinasi Obat Lain.

9. Pagi Dokter..

Sy Endah Dari Cimahi, ASD+PH Sdh Di ASO Bln Desember. Terakhir Echo Maret Jantung Sebelah Kanan Msh Bngkak 2x Ukuran Normal. Skrg Konsumsi Obat Furosemide, Aspilet, Lanzoprazole, Dorner, Sildenafil.

Pertanyaannya:

1. Bagaimana Urutan Minum Obat Yg Tepat.

2. Bagaimana Mengatasi Efek Dr Obat Yg Diminum, Krn Setelah Minum Obat Saya Sering Sakit Kepala (Rasanya Berat), Susah Tidur, Mual, Sesak.

3. Tipsnya Dokter Biar Kita Selalu Semangat.

Trmakasih Dkter

1.Furosemid Pagi Hari

2.Lansoprazol Pagi Hari

3.Aspilet (Sampai 6 Bulan Sehabis ASO ) Siang Hari

4.Dorner Dan Sildenafil 3 X Sehari (Boleh Bersamaan), Bila Bersamaan Pusing Atau Ada Efek Kurang Enak Maka Bisa Dipisah 1 Sampai 2¬† Jam. Efek Dorner Berlangsung Selama 2 Jam… Efek Sildenafil Berlangsung Selama 5 Jam.

Efeknya Hanya Sementara Saja . Pisahkan Obat Sildenafil Dengan Dorner (Bisa 1-2 Jam Selang Nya), Bisa Dorner Dulu Diminum Baru Sildenafil. Mudah2han Lama Kelamaan Akan Toleran Terhadap Efek Samping… Yang Didapat Efek Baiknya (Saya Semangati Ya).

10. Saya Dyah, 35 Th Asal Madiun. Diagnosa CTEPH + CVI.

Bulan Juli Sy Diberi Terapi Dorner Oleh Dokter. Bln Oktober Saya Di Harkit Dan Dorner Distop Diganti Sildenafil. Akhr Mei Saya Kontrol Di Madiun, Kebetulan Dokter Yg Biasa Menangani Sy Sedang Ada Kegiatan Dan Oleh Dokter Pengganti Saya Diberi Dorner Bukan Sildenafil. Saya Sempat Bertanya Ke Dokternya Knp Diganti Dorner Dan Saat Minum Dorner Efeknya Pusing Berkepanjangan. Dokter Pengganti Menjawab Tdk Apa2 Krn Dorner Isi Sama Dgn Sildenafil. Tapi Saya Akhrnya Tetap Minum Sildenafil. Kalo Seperti Itu Bagaimana Dokter?

Terima Kasih Byk Atas Perhatiannya Dokter

Buat Mbak Dyah Dari Madiun. Obat Yang Direkomendasikan Adalah Sildenafil (Rekomendasi Utama) Untuk CTEPH, Daripada Dorner. Sildenafil Isinya Penghambat Enzim PDE5 Sedangkan Dorner (Beraprost) Isinya Analog Prostasiklin, Jadi Isinya Beda Tapi Efeknya Sama-Sama Melebarkan Pembuluh Darah Paru Dan Menurunkan Hipertensi Paru. Tapi Sildenafil Lebih Direkomendasikan Dibandingkan Dorner Untuk CTEPH. Kombinasi Keduanya Diperbolehkan. Efek Dorner Bertahan Selama 2 Jam, Sedangkan Sildenafil Bertahan Selama 5 Jam.
11. Saya Caregiver Anak Aimee (15th) Dg ASD Secundum+Ph Moderate,Hsl Echo Terlampir. Apakah Bidirectional Memangg Sdh Bisa Dipastikan Tidak Bisa Dikoreksi/Operasi? Apakah Fungsi Sildenafil Dan Dorner Sama Dan Apakah Penggunaannya Boleh Bersamaan Waktu Atau Harus Ada Jeda Berapa Jam Antar Obat Tsb? Apakah Penggunaan Oksigen Setiap Hari Misal 30mnt-1jam Sebagai Terapi Walaupun Tanpa Keluhan Sesak Ada Efek Sampingnya? Di Indonesia Kombinasi Sildenafil Dan Dorner Bisa Diberikan. Untuk Anak Aimee 15 Tahun.. Untuk Menentukan Bisa Dikoreksi Atau Tidak Maka Perlu Dilakukan Penyadapan Jantung Kanan. Ada Beberapa Kriteria Untuk Penutupan, Ada Yang Bisa Ditutup, Boleh Ditutup Dan Tidak Boleh Ditutup.

Penggunaan Oksigen Intermitent (Sesekali) Boleh Diberikan… Walaupun Tanpa Keluhan Sesak… Apalagi Kalau Melihat Saturasi Oksigen Nya Turun.

12. Saya  Awi 24th (Aceh),Vsd + PH.

1. Apakah Semakin Tinggi Angka PH  Berpengaruh Pada TR Semakin Berat?

 

2. Apa Yng Di Maksud

Ph High Probability Dan  Ph Severe?

Terima Kasih Dok

1. Ada Hubungan Yang Erat Antara Tekanan Di Pembuluh Darah Paru-Paru Dengan TR Yang Semakin Berat. Jadi Benar Pada Kasus PH, Maka TR Yang Berat Mencerminkan Tekanan Dan Tahanan Yang Tinggi Di Paru-Paru. 2. PH High Probability Adalah Penilaian Kemungkinan Adanya PH Dengan Pemeriksaan Echo, Karena Untuk Mendiagnosis PH Harus Diukur Langsung Tekanan Di Pembuluh Darah Paru Sebesar Lebih Dari 25 Mmhg, Kalau PH Severe Atau PH Berat Adalah PH Dengan Estimasi Tekanan Di Pembuluh Darah Paru Lebih Dari 40 Mmhg
13. Saya Iin Listyowati 21 Tahun Asal Wonosobo.

Akhir” Ini Mens Saya Tidak Teratur Bahkan Bisa Lebih Dari Satu Bulan. Padahal Bulan Ini Dan Bulan Kemarin Sudah Dijadwalkan Untuk Operasi. Pertanyaannya 1. Apa Tindakan Operasi Aman Kalau Dalam Keadaan Mens? Dan Untuk Mengatasi Mens Yg Tdk Teratur Bgmn

Dok,Obat Apa Yg Bisa Saya Komsumsi?

2. PH Saya Tinggi Dok Aman Tdk Kalau Dilakukan Tindakan Operasi.

Terimakasih

Maksundnya Operasi Apa Ya? ASD? VSD? 1. Diusahakan Jangan Mens Ya Pas Saatnya Operasi… Konsultasi Ke Dokter Kandungan Setempat Saja Untuk Masalah Gangguan Haid Nya Ini. 2. Kalau Sudah Diputuskan Operasi Berarti Masih Memenuhi Syarat Untuk Operasi Penutupan (ASD Atau VSD), Tapi Saat Operasi Dan Setelahnya Akan Diberikan Obat-Obatan Untuk Mengontrol PH Nya
14. Benedicta Rini

38 Thn

Jogja

PDA Ph

Selamat Siang Dr Anggoro,

1. Saya Menjalani Terapi Silde Dan Beberapa Obat Lain Sejak Akhir 2015, Tetapi TVG Tetap Relatif Tinggi Di Atas 100, Tetapi Kondisi Tubuh Relatif Stabil, Aman.  Apakah Ada Yg Bisa Kami Lakukan Utk Mendapatkan Penurunan Tvg Yg Signifikan?

2. Untuk Pasien PDA, Apakah Pertimbangan Tindakan Operasi Sama Dgn Pasien ASD ( Karena Jamak Pasiennya ASD Yg Tindakan)

Untuk Menilai Kondisi Keberhasilan Pengobatan PH (Apapun Penyebabnya) Tidak Dari Nilai TVG… Tapi Dari Beberapa Parameter Misal Kemampuan Aktifitas Harian, Jarak Jalan 6 Menit, NT Probnp, Kondisi Ruang Jantung Dsb Nya. TVG Tidak Dipakai Untuk Menilai Keberhasilan Terapi… Jadi Tidak Usah Terlalu Memikirkan Nilai TVG¬† He He He. Pertimbangan Operasi PDA Dan ASD Sama Mbak.
15. Saya Sigit 37 Tahun, Palembang.. Diagnosa PH Primer..

Izin Tanya Dok :

1. Bagaimana Cara Mengatasi Atau Mengurangi Chestpain Dan Backpain Pada Pasien Ph Dan Rhf ?

2. Saya Terkadang Suka Kliyengan/Sempoyongan Dok, Kayak Orang Mau Hilang Kesadaran. Kira2 Apa Penyebab Dan Solusi Nya Dok ?

1. Pastikan Obat PH Diminum Ya… Mungkin Perlu Kombinasi Atau Optimalkan Dosisnya. Chestpain Yang Terus Menerus .. Perlu Dilacak Dengan Pemeriksaan CT Scan Untuk Menilai Kondisi Pembuluh Darah Koronernya. 2. Sempoyongan Banyak Penyebabnya, Mungkin Oksigenasi Menurun, Mungkin Efek Obat PH, Mungkin Tekanan Darah Terlalu Turun Atau Mungkin Detak Jantung Terlalu Cepat Atau Lambat. Coba Evaluasi Faktor-Faktor Tadi Ya
16. Siang Dokter..

Saya Mita Dari Semarang. Diagnosa Awal 2007 Hny Mvp Prolaps. 2014 Saat Sering Sesak Nafas Echo Ulang Diagnosa Mvp Prolaps + PH Mild. Saya Diberi Obat Saat Ni Concor 2.5 Dan Trizedon Mr

Pertanyaannya:

1. Apakah Ada Hubungan PH Dgn Bronchitis Dok.. Krn Saat Awal Diagnosa PH Sy Jg Kena Bronchitis

2. Saya Saat Ni Kena Bronchitis Lg Dok Dan Sdh Hampir 3 Bln Gejala Hanya Sesak Kdg2 Batuk Kering.. Kadang Pilek. Dan Sesak Nafas Sama Sering Berkeringat Dok.. Pdhl Sebelum Ini Tidak. Lalu Sering Meriang.. Sdh Ke Dokter Diberi Obat Sudah Membaik Tp Msh Blum Sehat Benar Dok.. Lalu Saya Diminta Rajin Olah Raga Apakah Itu Membantu?

3. Kalau Kaki Sering Teraba Dingin Itu Kira2 Kenapa Ya Dokter Dan Seringnya Muncul Menjelang Siang.Tapi Sore Ke Malam Tdk

Terimakasih Dokter

Concor Bisa Mempunyai Efek Sesak Napas Mirip Asma. Apakah Keluhan Sesak Dan Batuk Kering Karena Efek Concor ? Kalau PH Mild Karena MVP Prolaps Tidak Akan Menimbulkan Keluhan.

PH Tidak Ada Hubungannya Dgn Bronkhitis.

Kaki Teraba Dingin Mungkin Efek Concor.

 

By | 2020-06-11T06:11:03+00:00 June 11th, 2020|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat