KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)-Kelas -5H3B -Hipertensi Paru

///KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)-Kelas -5H3B -Hipertensi Paru

KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)-Kelas -5H3B -Hipertensi Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatsapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik2 terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatshapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 085210006799

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

KULWAP (KULIAH WHATSHAPP)

Sabtu, 11 April 2020

 Pkl : 19.30-20.45 WIB

Narasumber : dr. Noviana Amurwani

Moderator : kak Umi

Tema :Kelas 5H3B Hipertensi Paru

NO NAMA DAN PERTANYAAN JAWABAN
1. Sy Asti dr Jakarta mau tanya : Asites yg terjadi pd pasien PH faktor ap sehingga edema susah     dikeluarkan? Apakah baik meminum double lasix selama berminggu2?

 

Asites adalah kondisi di mana terjadi penumpukan cairan pada rongga perut. Umumnya disebabkan beberapa kondisi salah satunya pada kasus jantung. Peningkatan tekanan pada aliran darah ke hati menuju jantung yang berasal dari organ tubuh bisa memicu terjadinya ascites. Peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah jantung yang menyebabkan hambatan sehingga terjadi bendungan di daerah perut. Jika sudah terjadi ascites memang Lasix atau diuretik jadi salah satu pilihan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh agar tidak terus berlanjut dan memperparah kondisi jantung. Namun harus sesuai instruksi dan dalam pengawasan dokter yang menangani karena kondisi setiap orang berbeda. Elektrolit tubuh juga harus dikontrol akibat penggunaan obat diuretic jangka panjang. Pola hidup dan pola makan yang belum sesuai dengan pola hidup Hipertensi Paru sebenarnya yang makin memperberat kerja jantung sehingga kemungkinan ascites atau keluhan yang lain terus terulang.
2. Saya Handini dr Tangsel: Saat ini sy dirawat diharkit sdh 10 hr krn asites, ini pertama kali semenjak didiagnosa PH, apakah ada cara utk mencegah asites inikah? atau akan selalu terjadi pd pasien PH? krn setiap hr saya hampir keluar urin 2-4lt perhari. Maakaassiihh
3. Sy Yudi dr Malang mau tanya : untuk roti, roti yg dijual bebas seperti sari roti apa diperbolehkan? sayur2an yang di frozen food apa boleh juga?tksh Roti dan frozen food sebenarnya termasuk yg tidak begitu dianjurkan. Jika dikonsumsi tidak boleh terlalu sering dan dibatasi. Seperti yang telah saya sampaikan pada materi, hal yang harus mulai dibiasakan jika mengkonsumsi produk kemasan harus mengecek informasi nilai gizi pada kemasan sehingga kita bisa mengetahui berapa kadar garam dan zat lain yang terkandung di dalamnya.
4. Saya endah dari cimahi mau tanya : Bolehkah kita mengkonsumsi makanan/minuman dingin lgs dr kulkas? Makanan dan minuman dingin sebenarnya tidak dilarang mutlak pada pasien PH. Kalau tidak ada alergi dingin mungkin masih boleh sesekali, tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Coba mulai dipelajari bagaimana respon tubuh saat mengkonsumsi makan minum dingin. Kalau menimbulkan keluhan sebaiknya dihindari. Saat makan sebaiknya tidak minum air dingin karena bisa mempengaruhi proses pencernaan.
5. Saya Koes dari jogja,gimana cara mengenali tubuh kita kekurangan zat2 yg kita butuhkan.Akhir2 ini saya merasa jari jemari saya terasa kaku.jika utk menggenggam terasa sakit.Apa penyebabnya kekurangan zat apa,dan harus makan sayuran /buah apa ya Dok biar tidak terasa Kaku.. matur nuwun

 

 

 

 

 

 

 

 

untuk berat badan klu semakin turun,apa kita harus konsultasikan ke dokter dok..

BB saya turun 4 kg nich..

mo naikan qoq susah ya dok

 

 

 

 

Pertama-tama harus bertanya pada diri sendiri bagaimana pola hidup dan pola makan kita selama ini. Apakah yang tercantum pada 5H3B sudah dilakukan dengan baik. Karena semua keluhan adalah alarm dari tubuh kita. Bagaimana asupan cairan apakah kurang? Perlahan-lahan coba perbaiki yang tidak sesuai, jika keluhan tidak berkurang dapat dikonsultasikan kepada dokter saat kontrol siapa tau perlu pemeriksaan penunjang tambahan seperti as urat, lab,dll.

 

Nah ini juga jujur saya belum tau secara spesifik utk BB pada PH. Karena kenaikan berat badan berlebih juga tdk boleh, dan BB yg sangat kurang juga tdk baik. Sementara sebagai patokan adalah membandingkan BB secara rutin. Spt di catatan yg sdh saya tuliskan peningkatan BB 2-3kg dlm seminggu tanpa ada penambahan asupan makanan dari biasanya harus waspada. Dan penurunan BB cukup banyak dlm jangka waktu tertentu juga harus diwaspadai

 

Oiya juga harus dikonfirm juga apa ada keluhan yg dirasakan selain BB. Kalau ada dan semakin turun sebaiknya dikonsultasikan siapa tau perlu konsultasi gizi. Utk kasus PH ini karena tidak simpel sebaiknya memang konsul gizi dgn dokter spesialis gizi klinik ya

 

 

6. Sy Lilik dr Sidoarjo…sy pasien ASD PH sdh open 1 th lalu, keluhan sy kadang2 dada sebelah kiri terasa  sengkring2 kira2 knp yaa ??? Apa bs krn kolesterol tinggi apa krn kecapek an yaa, soalnya takut jg.Ooh iya sampe skr sy msh rutin konsumsi dorner 3x, silde 25 mg 3x…kadang concor 2,5 mg 1/2 tablet siang hari (tp kadang lupa)…mhn penjelasan, trmksh Karena ada riwayat operasi 1 tahun yang lalu bisa juga karena hal tersebut. Bisa ditanyakan kepada dokter saat Kontrol apakah rasa sengkring itu berhubungan dengan proses pemulihan tindakan operasi. Walaupun sudah open heart tapi harus tetap minum obat yang dianjurkan dan masih harus mengontrol pola makan, kegiatan yang bisa mendukung pemulihan post op sehingga optimal.
7. Selamat sore.. sy umi asd ph dari jogja. Sy memiliki tensi yg rendah, umumnya 70an-80an-90an, mungkin karna minum obat2an silde+dorner, krn dlu sblm konsumsi obat tensi paling tdk 100an.Yg sy tanyakan makanan apa yg baik dr utk tensi seprti sy.. selain mengurangi mkan timun dan semangka. Kalau minum vitamin tambahan utk orang sperti sy.. baiknya dminum 3hari skali atau saat dbutuhkann sj. Misal pas badan g enak.Apa ada efeknya jika dkonsumsi trus menerus. Sesuai materi yang telah disampaikan “You are what you eat” apapun yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kondisi fisik dan stabilitas kita. Selain konsumsi obat rutin guna membantu mengontrol tekanan pembuluh darah jantung yang tinggi pada pasien PH,kita juga harus paham bahwa kesehatan juga dipengaruhi oleh hal lain yang tidak kalah penting termasuk makanan dan pikiran. Jika ketiganya terkontrol baik diharapkan daya tahan tubuh terjaga dan tubuh stabil. Jadi bisa dimulai dari pertanyaan apakah pedoman 5H3B ini semua sudah diaplikasikan dengan baik. Jika memang perlu asupan vitamin pastikan vitamin tersebut aman dan tidak mempengaruhi kerja obat yang lain. Untuk itu selalu menginfokan kepada dokter jika hendak mengonsumsi obat tambahan selain resep dari dokter.
8. Assalamualaikum wr wb. Sy mutiati dr Pekalongan .Mau tanya kalo bab hitam sekali dan kalo pas di kain di cuci itu airnya hitam sekali dan bau amis.itu karena apa ya ? Maaf menyimpang dr tema BAB hitam bisa sebagai tanda ada proses perdarahan dari saluran cerna. Hal ini bisa diakibatkan oleh PH atau akibat yang lain seperti gastritis dll. Jika keluhan ini berlanjut saran saya segera memeriksakan diri ke sarana kesehatan terdekat. Supaya bisa segera tertangani dan memeriksa apakah perlu obat tambahan.
9. Sy mita dr semarang.. sy mvp prolaps dan ph mild. Tp belum lama ini sy kena pneumonia.. sy sjk kena pneumonia sptna jd lbh mudah lelah jk bnyk aktivitas.. dada jg kdg suka skt dan nafas sesak.. kira2 ada makanan atau latihan apa ya dok utk memulihkan kondisi spt smula Untuk kasus mba mita sebaiknya pastikan terlebih dahulu pneumonia apa sudah benar2 tertangani dengan baik. Apakah proses  infeksi nya masih berlangsung atau tidak. Jika memang pengobatan pneumonia sudah tuntas makabaru bisa fokus ke hal-hal lain yang paling mendasar yaitu konsumsi obat secara rutin dan teratur. Mulai peduli pada apa saja yg dikonsumsi setiap hari, mana yg direkomendasikan mana yg tidak. Jadikan 5H3B ini pedoman dasar agar fungsi jantung serta paru bisa membaik sehingga menjadi stabil kembali. Olahraga atau latihan bisa dilakukan saat kondisi sudah relatif stabil.
10. Saya Alief TOF dari mojoketo Mau tanya apa semua penderita penyakit jantung endak bisa gemuk walaupun makan n minum. Sudah banyak nyemil juga dilakuin…Tapi saya kk endak bisa Gemuk” ya masih mungil aja. Mungkin ada hal lain.Jdi makanan tidak bisa d serap oleh tubuh? Pada kelainan jantung bawaan salah satunya TOF terjadi gangguan kemampuan jantung untuk memompa darah dan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga kerja organ tubuh mengalami hambatan dibanding kondisi normal. Fungsi jantung yang kurang baik mempengaruhi kerja organ tubuh yang lain sehingga  proses metabolisme tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Salah satunya turut mempengaruhi fungsi pencernaan makanan sehingga berakibat pada gangguan proses penyerapan sehingga berat badan yang sulit untuk naik. Fokus bukan upaya menaikkan berat badan tapi fokus pada pola hidup apa yang sesuai dengan kondisi tersebut sehingga tidak malah memperberat fungsi jantung sehingga kondisi tubuh dapat relatif stabil. Salah satunya melalui penerapan 5H3B.
11. Saya ibunya earlyta dok.. mo tanya apakah asupan dr minum susu atau obat ya dok..?  earlyta ko sering pipis  dan bnyak bgt.. sampe2 kdg blom bs terkontrol pipisnya begitu bilang mengen pipis.. udah gk bs ketahan kdg jd ngompol.. apakah hrs membatasi jg minum susu nya? Soalnya dia minum susunya kuat bgt.. Sebelumnya earlyta usia berapa. Karena respon tiap anak saat buang air kecil juga tergantung dari usia. Apa sudah bisa menginfokan atau menahan pipis. Sejak berapa lama keluhan ini terjadi juga bisa manjadi pertimbangan apa yang menyebabkan. Obat apa saja yang dikonsumsi juga harus diketahui. Menurut saya selama jumlah cairan yang dikeluarkan sebanding dengan yang masuk tidak apa2. Yang penting terus dipantau apa ada keluhan yang bisa menandakan adanya akumulasi cairan dalam tubuh seperti sesak, bengkak
12. Saya rike mamax adara dari mojokerto. Adara pjb TA type 1, asd, vsd, ph. Apakah PH bisa turun kalau konsumsi obat rutin? Slma ini adara minum furosemide, lisinopril, sildenafil 3 kali sehari..Terimakasih Konsumsi obat rutin tidak berarti dapat menurunkan PH, seperti yang telah saya sampaikan pada materi memang obat merupakan hal penting dalam membantu mengontrol tekanan pembuluh darah arteri jantung. Tapi tetap harus juga didasarkan penyebab PH itu sendiri. Selain obat juga ada terapi non obat yang dilakukan. Pada kasus PJB memang kalau masih bisa dikoreksi sebaiknya dikoreksi. Kalau memang sulit untuk koreksi selain obat rutin juga harus dibarengi dengan melakukan pengelolaan perawatan diri yang baik secara rutin diantaranya mengendalikan faktor resiko mengontrol aktivitas dan makanan minuman yang dikonsumsi.
13. Sy Dian dri palu Asd ph, dok bbrp minggu terakhir in sy sering pusing n sakit kepala dok. Kl sdh pusing sampai keringat dingin pdhal aktifitas sngat kurang. Sy jg sering pipis dok. Bru pipis pas baru brdiri rasa pipis lg. Trus sy sering haus tp harus hemat air. BB sy 40kg brrti kl kondisi normal sy hnya blh minum 1ltr dok gk kuat dok. Ap yg harus sy lkukan? ap yg hrus dmkn? N brp jumlah max air yg blh sy minum? Terimakasih dok Sebelumnya harus dicek kembali bbrp minggu terakhir apa saja yang dilakukan apakah aktivitas lebih banyak, kurang istirahat, atau ada kondisi tertentu seperti cemas atau yang mengganggu pikiran. Apakah obat yang diresepkan rutin dikonsumsi.  Karena semua itu bisa mempengaruhi kondisi. Bagaimana pula makanan yang dikonsumsi, apakah hal-hal yang bisa memperberat kerja jtg sudah diminimalkan seperti hemat garam dll. Coba mulai mempelajari apa2 yang harus dikonsumsi dan apa yang tidak.

Rekomendasi cairan memang 25 ml/kgBB/ hari. Masih bisa lebih dengan catatan cairan yang masuk masih sebanding dengan cairan yang masuk dan tidak ada keluhan yang menandakan tanda2 kerja jantung yang berat seperti sesak dll.

Untuk keluhan sering kencing apakah sering menahan pipis?apa ada keputihan?  Kalau keluhan berlanjut dan disertai nyeri saat BAK sebaiknya diperiksakan untuk diperiksa apa ada kemungkinan infeksi saluran kencing atau ada faktor pemberat yang lain.

14. Assalamu’alaikum. Sya yanti dari prkalongan. Mau tnya dok. Knpa ko akhir” ini dada sbelah kanan & kepala suka nyeri kya ketusuk gitu tpi sbentar ilang sbentar muncul. & sering bnget tngan kaki ksemutan. Apakah itu efek obat apa krna ada faktor lain…?? Bisa karena efek obat bisa juga karena PH nya akibat aliran darah dan oksigen yang kurang. Mulai lakukan pola hidup dan pola makan yang baik dan benar sesuai anjuran untuk PHers. Jika keluhan berlanjut sebaiknya diperiksakan ke dokter terdekat siapa tau perlu pemeriksaan tambahan guna mencari penyebabnya spt cek kolesterol, as urat atau yang lain.
15. Saya devi dari bukittinggi,vsd ph. Saya mau tanya dokter,saya sudah 2 thn lebih minum sedenafil,akhir2 ini sering banget ada keluhan nya,tangan bagian lengan ,bahu ,pungung serasa pegel semua,apalagi kalau pas bangun tidur ,bahu pengel semua,sdh hampir 2 bulan kurasakan,dan jg sering terasa capek,walaupun ngk banyak kerja.apa itu eveksamping dari obat sedenafil yg sering. ku minum. Bisa karena obat PH tapi bisa juga karena Efek dari kondisi PH itu sendiri. Sebaiknya coba dikaji apakah selama ini selain minum obat rutin teratur juga sudah melaksanakan anjuran 5H3B.
16. Saya tika dari malang asd ph, dok saya mau tanya bagamana qt bisa tahu ph kita tambah naik atau menurun selain dilhat dari echo? misalnya dari perubahan fisik yg sperti apa. Terimakasih Banyak orang bertanya PH nya berapa, memang angka PH penting diketahui sebagai patokan agar bisa memberi gambaran kondisi tubuh kita. Sebagai pedoman pemberian terapi dsb. Angka PH sifatnya dinamis menyesuaikan beban tekanan pada jantung. Tapi angka itu bukan segalanya yang terpenting bagaimana kita memahami apa itu PH, apa penyebabnya, dan apa saja yang harus kita lakukan untuk tidak memperberat kondisi jantung caranya dengan melakukan upaya2 5H3B tersebut dan mengendalikan faktor2 resiko.
17. Saya dyah dari Trenggalek Asd ph.Dok saya mau bertanya.Untuk asupan cairan biasanya saya minum 1,2liter perhari dan bb saya 43kg.Jika kurang dari itu saya sering merasa kesakitan pas BAK.Tapi jika segitu saya minumnya kebanyakan.Untuk solusinya gmana y dok.Dan satu lagi dok.Saya sudah menerapkan diet garam.Sudah rutin juga makan buah dan sayur berjemur dan olahraga ringan juga tapi masih sering sakit²an dok seperti radang dan bapil itu sering sekali.Kira kira suplemen apaya dok yg cocok untuk penderita Ph.Ataukah ada kiat kiat khusus untuk hal tersebut.Trimakasih dok saya sangat senang mba dyah sudah rutin mencoba menerapkan 5H3B perlahan-lahan usahakan rutin. Untuk jumlah cairan rata2 memang 1- 2 liter sehari. Selama jumlah cairan yang masuk masih sebanding dengan yang keluar sebenarnya masih diperbolehkan. Dan tetap harus tau alarm yang diberikan oleh tubuh. Untuk pasien PH memang kemungkina terjadi flu dan pneumonia lebih sering untuk itu disarankan melakukan vaksin untuk mengurangi atau sebagai upaya preventif. Untuk suplemen khusus bisa ditambahkan jika memang dirasa asupan melalui makanan dan minuman kurang, tapi sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang menangani terutama untuk penggunaan pertama kali agar sesuai dengan terapi obat yang lain.
18. Saya syarif ciamis vsd PH. Gmna diet untuk PH, darah kental sama Hb tinggi. Karena ada beberapa makanan minuman yg disini harus disisi yg lain jangan. Tapi dokter yg merawat bilang ga ada pantangan asal jgn kebanyakan terima kasih Selain 5h3B pilar Gizi seimbang bisa dijadikan patokan umum, selama asupan makanan bervariasi dan beragam sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan. Sedangkan untuk PH memang penyebabnya banyak salah satunya akibat kekentalan darah atau emboli. Dalam kasus ini kadang dokter memberi tambahan obat pengencer darah, ini juga harus menjadi catatan dan perhatian khusus. Efek yang harus diwaspadai saat rutin mengkonsumsi pengencer darah juga harus diketahui seperti lebam, muntah darah, mimisan, gusi berdarah dsb. Apakah perlu pemeriksaan rutin seperti INR untuk mengontrol penggunaan obat pengencer darah seperti warfarin. Beberapa makanan seperti sayuran hijau, bayam, kacang panjang, teh hijau yang terlalu banyak dan sering bisa mempengaruhi kekentalan darah. Tapi selama konsumsi bervariasi dan tidak berlebihan masih diperbolehkan. Oiya yang juga penting yaitu jangan mengkonsumsi obat atau suplemen tambahan lain diluar resep tanpa sepengetahuan dokter. Jangan menurunkan atau menaikkan dosis pengencer darah tanpa sepengetahuan dokter yang menangani.
19. Pak Tedja, Jabo.Terus apa hubungan betat badan dgn ph, yg ideal u.penderita ph brp dok, jg pengaruh terhadap usia Berat badan sebaiknya terkontrol, asupan kalori juga perlu dikontrol karena berat badan berlebih bisa memperberat kerja jtg. Asupan kalori tiap org berbeda sehingga perlu berkonsultasi dgn ahli gizi untuk tau kebutuhan kalori tiap orang sesuai kondisi dan diagnosa tiap org juga disesuaikan dengan usia
20. Saya Ana, asd ph de jogja.

Nah ini dok yg saya sering bingung. Kita masak misal satu wajan atau satu manci, buat sekeluarga, alhasil garam pastilah lebih de satu sendok teh. Pertanyaan saya, lebih dr satu sendok teh itu kan nggak cuma saya yg konsumsi tp satu keluarga saya. Penjelasannya gimana iti dok? Terimakasih

1.Sebaiknya makanan yg dikonsumsi dipisahkan. Umpama garam ditambahkan paling belakangan. Jd sblm ditambah garam diambil sedikit dulu utk kita yg dgn PH. Baru yg utk anggota keluarga lain bisa spt biasa.

Alternatif kedua

2. Makanan memang tdk diberi garam. Saat mau makan baru ditambahkan garam sesuai masing2 org.

Yg dititikberatkan yaitu kita harus memupuk dulu  keinginan utk merubah pola hidup yg baik bagi kondisi PH kita. Pelan2 kalau dilakukan rutin pasti lama2 akan terasa lebih mudah

Karena asupan yg salah bisa memperberat fungsi jantung dan itu semua akan berimbas ke seluruh organ tubuh.

21. Sy amida asd ph jogja. Mau tanya dok.. kan hb sy tinggi sktr 15, makanan apa yg harus sy hindari ya dok.. apa msh boleh mam bayam atau hati gitu dok asalkan tdk berlebihan? Makasi jawabannya dok Masih boleh mba amida asal jgn tll sering alias itu2 saja. Intinya bervariasi
22. Saya Ririe vsd ph dari Bandung, mlm dok semoga kita semua sehat stabil selalu ya

Dok, klo untuk makanan yang dihindari, apakah kita masih boleh mengkonsumsi misal 2bln sekali? Atau memang tidak boleh sama sekali?

Mohon penjelasannya dok,

 

 

 

 

 

Thank you dok atas penjelasan jawabannya, nanya lagi boleh ya satu aja

Terkait klo kurang gerak lemah otot, sebenernya kita aktifitas kek fitness angkat beban gitu boleh kan? Jadi konversi dari lemak ke oto gitu dok, akan berpengaruh ngga ya ke PH?

Masih boleh mb ririe tp sebaiknya saat kondisi sedang fit atau relatif stabil ya. Oiya juga harus disesuaikan diagnosa juga ya. Spt umpama ada diabetes juga berarti ya ga boleh juga manis2. Atau ada alergi berarti ya tdk direkomendasikan. Atau ada autoimun nah utk makanan mgd gluten juga harus dihindari. Spt itu

 

 

Kalau aktivitas olahraga pada pasien jtg harus yg sifatnya aerobik ya spt jalan atau sepeda. Kalau renang tdk direkomendasikan pada pasien jtg. Kecuali manfaat lebih besar dari resiko dan harus dlm pengawasan ahli saat melakukan. Saran saya jalan saja dulu mb rie. Itu juga step by step.

 

 

Catatan :

Latihan jalan 6 menit ( Six Minute Walk Test / 6 MWT )

– cek nadi awal : …. x/menit

– pemanasan 5-10 menit ( stretching ringan gerakkan bdn )

– cek nadi latihan : …. x/ menit

– pendinginan 5-10menit

Catatan :

  • Nadi normal (60-100 x per menit) teratur
  • Kenaikan denyut setelah latihan maksimal 20 denyut dari denyut awal sebelum latihan

 

Pedoman :

  1. Pastikan kondisi relatif stabil
  2. Pilih jalan yg rata. Bisa dilakukan didalam atau luar ruangan.
  3. Coba jalan selama 6 menit dihitung dapat brp jaraknya semampunya. Ini akan jd patokan awal kondisi fisik kita utk latihan fisik berikutnya. Pastikan tidak ada keluhan dan memenuhi syarat yg sdh diinfo ttg tes jalan 6 menit.
  4. Setelah itu berikutnya bisa ditingkatkan bertahap
By | 2020-04-30T01:57:50+00:00 April 18th, 2020|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat