OurPHJourney-sedendi-Tidak ada kata menyerah untuk mencoba lebih baik dan tidak akan mencoba untuk menyerah

//OurPHJourney-sedendi-Tidak ada kata menyerah untuk mencoba lebih baik dan tidak akan mencoba untuk menyerah

OurPHJourney-sedendi-Tidak ada kata menyerah untuk mencoba lebih baik dan tidak akan mencoba untuk menyerah

OurPHJourney-sedendi-Tidak ada kata menyerah untuk mencoba lebih baik dan tidak akan mencoba untuk menyerah

 

 

oleh Sudendi Retno Efendi (Dendi)

 

Tidak ada kata menyerah untuk mencoba lebih baik dan tidak akan mencoba untuk menyerah

 

Perkenalkan nama saya Sudendi Retno Efendi teman -teman  biasa memanggil saya dendi

Aktivitas sehari-hari jadi Pendamping Sosial PKH di Kecamatan Cilongok Banyumas

 

sewaktu kecil kondisi fisik serasa normal seperti biasanya. Hanya kadang kalau lari-lari dada sesek, hidung sering mimisan (posisi ngga tau punya kelaianan jantung)

Layaknya seperti remaja lainnya, bugar dan suka olahraga sepakbola, voli, badminton dll. Hanya ketika lelah sekali dada sesek.

Seolah merasa sehat seperti orang lainnya, walaupun merasa ada yang bermasalah di dada. Tapi aktivitas sehari-hari biasa.

Juli 2019, saat check up ke dokter buat persyaratan diklat di t4 kerja. Tiba-tiba dokter umum meminta sy supaya segera konsultasi ke dr Sp.JP katanya suara detak jantung saya mur-mur.

Singkat cerita sy konsultasi ke  dr Sp.JP di RSUD Margono (Purwokerto) sudah sampe echo di sana dan langsung dirujuk ke RSUP Sardjito sampe sekarang

Setelah terdiagnosa aktivitas saya usahakan seperti biasa. Namun dalam pikiran selalu terbayang-bayang, apalagi keluarga yang selalu mengkhawatirkan kondisi saya.

Saya berupaya mejaga pola makan dan membiasakan pola hidup yang lebih baik.

Setelah konsultasi dengan dokter di Sardjito melalui proses Echo, TEE & RHC hasilnya lubang di jantung (VSD DCSA) yang ukuran lubang sekitar 4-8 mm dapat ditutup, tapi dengan konferensi bedah/operasi. Sambil menunggu turunnya PH dengan obat.

Hikmah

Menjadi tambah bersyukur atas nikmat Allah SWT karena dengan keterbatasan ini saya masih bisa beraktivitas seperti biasa sampai sejauh ini. Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hamba-Nya. Dengan adanya ini berarti saya mampu melewati semua ini.

Pesan/tips

Berusaha sebaik mungkin untuk sembuh, sebagai wujud perjuangan yang membanggakan bisa melewati semua ini.

 

By | 2020-04-29T04:52:22+00:00 April 29th, 2020|Our PH Journey|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat