KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema- QnA Living with Hipertensi Paru

///KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema- QnA Living with Hipertensi Paru

KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema- QnA Living with Hipertensi Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatsapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertensi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hubungi Admin Pusat YHPI 0811-8986-799

 

PENGUMUMAN KULWAP YHPI

  • Waktu : Selasa, 26 Oktober 2021
  • Pukul : 19.00 – 20.00 WIB
  • Narasumber : dr. Valerinna Yogibuana S., Sp.JP
  • Tema : QnA Living with Hipertensi Paru
  • Moderator : Amida

 

Untuk melihat materi silahkan KLIK DISINI

Hipertensi Paru = Hipertensi Pulmonal = Pulmonary Hypertension (PH)

 

1. Pertanyaan:

Nama: devi, Usia: 29th, Domisili: jogja, Diganosa: post asd closure. Dokter, saya post asd closure di sarjito 1 tahun, nah hasil echo terakhir saya 18 dok. Dulu sebelum op saya ph nya sampai 68. Jantung cardiomegali. Obat rutin Silde dan notisil (jantung sempat AF hilang timbul dok.

  1. Apakah saya tetap harus membatasi garam ?
  2. Untuk cairan masuk bagaimana dok? Apakah air harus tetap dibatasi? Kalo iya berapa batas maksimal?
  3. Untuk obat notisil itu apakah masih diperlukan? Dan kapan mau dihentikan?
  4. Semenjak post asd closure itu kepala saya sering terasa tidak nyaman dok, jika jantung berdebar itu bagian kepala cekut cekut dok.
  5. Kenapa sampe sekarang jantung masih sering terasa tidak nyaman ya dok?

Mohon penjelasan. Terima kasih dokter

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang telah diberikan. Pada pasien dengan tanda dan gejala gagal jantung memang harus ada pematasan garam dan air yang masuk. Berdasarkan penelitian dari tahun 2011, disebutkan bahwa batas garam per hari <2 gram sementara batas air per hari 1.4-1.9 liter/ hari

Pada pasien atrial fibrilasi, didapatkan peningkatan risiko terjadinya stroke hingga 4-5 kali dibandingkan tanpa atrial fibrilasi. Notisil/ warfarin diberikan bila didapatkan irama atrial fibrilasi sebagai upaya pencegahan stroke. Dosis warfarin yang sering digunakan pada atrial fibrilasi adalah 2-10 mg/hari. Namun warfarin memiliki efek samping perdarahan. Oleh karena itu, pasien yang menggunakan warfarin secara rutin memerlukan pemantauan INR setiap satu bulan sekali dengan target INR terapi warfarin adalah 2.0 – 3.0.

Kepala tidak nyaman dapat merupakan bagian dari beberapa sistem organ terkait seperti sakit kepala / migrain, karena kelainan mata seperti kelainan refraksi / kacamata, infeksi telinga dan hidung seperti sinusitis, infeksi gigi dan gusi, ataupun kelainan saraf ataupun tekanan darah yang tinggi. Saran saya sebaiknya diperiksakan bila mana sakitnya berlanjut.

2. Pertanyaan:

Nama: Dwi Afriyanti, Usia: 26 tahun, Domisili: Dampit-Malang, Diagnosa: Asd+ph. Dokter, hipertensi paru apa bisa berpengaruh ke mata? Terus saya juga sering pusing. Pusing berputar. Kayak ditekan juga kepalanya. Terasa berat banget.  Apa itu karna hipertensi Paru? Kalau udah pusing gitu,, pandangan mata jadi terganggu. Kayak buram gitu. Mohon penjelasannya. Terima kasih dokter Vale

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya. Hai mbak Afri. Pandangan mata yang buram dapat disebabkan oleh banyak hal. Memang betul ada hubungannya antara Hipertensi Paru dan gangguan pada mata. Akibat peningkatan tekanan pada vena/pembuluh balik yang ada dimata. Namun, ada hal penyebab lain paling sering pandangan kabur: Gangguan refraksi mata, seperti mata minus yang memerlukan kacamata, Infeksi mata, Katarak, Glaukoma, Diabetes, Tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah, Migrain, Gangguan saraf penglihatan. Ada baiknya bila keluhan mata tersebut dikonsulkan ke dokter Mata terutama apabila penglihatan kabur tersebut makin bertambah.

3. Pertanyaan:

Nama:Devi ,usia:37th domisili : Bukittinggi Sumbar, Diagnosa vsd+  ph.  Dokter saya tanya, benarkah orang yang kena pH tidak bisa kena suhu dingin, aku sendiri merasakan nya dok, apa bisa mempertinggi  pH nya dok dan tak bisa diturun kan lagi pH nya, kalau selalu kena suhu dingin. Di tempatku suhunya dingin dok, aku selalu batuk kalau merasakan suhu dingin.

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya. Terdapat beberapa penyebab dari PH, yang diklasifikasikan berdasarkan kausanya namun suhu dingin bukan penyebab hipertensi paru. Ada literatur yang mengatakan bahwa Iklim berhubungan dengan gejala PH dan harus dihindari suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas agar tidak menyebabkan munculnya sakit lain selain PH seperti flu. Ada pula  suatu penyakit yang disebut High-altitude pulmonary hypertension. Kondisi ini adalah PH yang disebabkan karena seseorang hidup di ketinggian, dimana dibeberapa jurnal disebuntukan 2500 meter atau lebih. Kondisi ini menjadi salah satu factor resiko terjadinya PH, yang dikelompokkan kedalam PH group 3.

4. Pertanyaan:

Nama: Elan, Usia: 46thn, Diagnosa: pht, ppok, Domisili:Batam. Sebelumnya Terimakasih atas waktu yang diberikan. Saya sakit sudah 4th Dok selama 2th ini saya dibantu dengan alat mc penghasil oksigen dan tabung regulator yang hampir dipakai 24jam dr 3ltr turun sedikit demi sedikit sekarang 1ltr saat ini kalau dilepas saturasi dari 95 turun sampai 75, dalam waktu 30menit naik turun. Kemudian tensi selalu rendah 76/56, 71/54 kalau jalan gemetar. Bulan lalu sudah konsultasi ke dokter Jantung dinaikin kosumsi air 1500ml menjadi 1700ml (termasuk jus dll). Obat silde bulan ini dinaikin dosisnya dari 16,6mgx3 menjadi 25mgx3, digoxin 0,25×1, simarc 1mgx1. Obat dari dokter paru Ultibro (obat hirup 1xsehari),  salbutamol sulfate >kalau sesak saja. Mohon Dok penjelasan dan arahanya saya harus bagaimana,  terimakasih sangat.

Jawaban:

Terapi oksigen diperuntukan bagi pasien yang mengalami “hipoksemia” (penurunan saturasi yang diukur dengan pulse oksimetri) bukan pasien dengan keluhan sesak nafas. Ukurlah saturasi oksigen saat istirahat dengan pulse oksimetri. Orang sehat pada umumnya memiliki saturasi normal 95-100%. Mengapa harus berdasarkan penurunan saturasi oksigen/ hipoksemia bukan keluhan sesak nafas ? Karena ada orang yang tidak merasa sesak nafas meskipun saturasi oksigennya rendah. Untuk penyakit jantung bawaan dalam kondisi emergensi terapi oksigen dalam pengawasan dokter dapat dianjurkan. Akan tetapi terdapat data yang menunjukkan bahwa terapi O2 saat malam hari tidak mengubah perjalanan penyakit dengan sindrom Eisenmenger. Terapi oksigen pada pasien dengan penyakit paru obstruktif dan Hipertensi Paru tipe 3 terbukti bermanfaat untuk mengurangi gejala dan kondisi penurunan saturasi saat istirahat.

5. Pertanyaan:

Nama :  Harry suwarno, Usia : 41 th, Domisili : Jakarta, Diagnosa : ASD primum, vsd subaortic, PH severe. Mohon penjelasan tentang PH severe . Terima kasih sebelumnya

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya. Seperti sudah diketahui sebelumnya bahwa diagnosa baku Hiipertensi Paru diukur berdasarkan metode kateterisasi. Dari pedoman terbaru dari Eropa tentang Hipetensi Paru tidak menyebutkan tentang klasifikasi pembagian grup hipertensi paru berdasarkan derajat ringan  s/d severe. Namun ada sebuah jurnal yang menyebuntukan bahwa rerata tekanan paru lebih atau sama dengan 35 mmHg, dikatakan sebagai PH severe. Jika sudah dikatakan Hipertensi Paru tanpa melihat derajat ringan tidaknya maka harus diberikan penatalaksanaan/ terapi terkait Hipertensi Paru yang diderita.

6. Pertanyaan:

Nama : kikin sakinah, Usia : 32 thn, Domisili : jakarta, Diagnosa : vsd+ph. Dok kenapa ya saya udah 6 bulanan setiap habis minum obat sildenafil terasa panas tenggorokan dan dada saya…terimakasih dok untuk jawabannya

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya. Beberapa efek samping dilaporkan pada pasien yang menggunakan sildenafil:Nyeri diatas tulang kemaluan, rasa panas pada dada atau perut namun tidak pada tenggorokan, urin berdarah, atau berkabut,pusing, meningkatnya frekuensi kencing, nyeri saat berkemih. Namun tiap orang tentunya tidak sama dan tidak selalu muncul efek samping. Jika batuk memang merupakan salah satu gejala dari hipertensi paru.

7. Pertanyaan:

Nama : nurlaila, Umur: 35 tahun, Domisili: aceh, Diagnosa: PDH + PH

  1. dok selama ini saya minum silde dan dorner tapi kenapa saya minum dorner mual dan pusing
  2. Kenapa akhir2 ini saya selalu batuk berdahak dah berbulan dada perih tenggorokan sakit, paling sembuh cuma satu minggu terus batuk lagi, apa solusinya supaya tidak batuk lagi? Terima kasih dokter,,tidak sampai mengeluarkan darah, cm berdahak, sampai kencing dicelana, apakah batuk ini bisa menular ke anak atau teman2 seperti batuk TBC

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya. Dan ini hampir sama nggih dengan pertanyaan yang sebelumnya dari bu Kikin. Yang saya tambahkan disini adalah efek samping beraprost (Dorner) yaitu:Nyeri kepala (22.5%), Peningkatan LDH (12.5%), Peningkatan bilirubin (10%), Diare, mual and peningkatan triglycerides (7.5%).Jika muncul efek samping tersebut dan sangat mengganggu, sebaiknya  dikomunikasikan dengan dokter yang merawat.

Untuk batuk apalagi sampai mengeluarkan darah akibat kondisi dari perubahan struktur pembuluh darah arteri bronkial paru sebagai dampak PH (angka kejadiannya 6%)..nah untuk kondisi seperti ini harus dikonsultasikan ke dokter yang merawat/ dokter Paru untuk obat2an yang mengurangi gejala batuk. Batuk/ batuk darah ( hemoptisis )  yang disebabkan oleh hipertensi paru bukanlah batuk yang disebabkan oleh kuman / bakteri / virus sehingga sifatnya tidak menular bu.

8. Pertanyaan:

Nama: estika, Usia: 29 thn, Domisili: malang/nganjuk, Diagnosa: asd ph. Apa kabar dokter valerinna, saya dulu pasien dokter di RSSA waktu sebelum dokter sekolah lagi. Dokter sampai sekarang jantung saya belum ditutup karena waktu dicek terakhir PH masih agak tinggi. Dok sekarang saya bekerja, saya merasa semenjak bekerja tambah jarang pusing dan lemas. Tetapi akhir” ini kalau pakai masker buat jalan terasa engap. Bagaimana ya dok solusinya?

Jawaban:

Salam, bu Estika…sehat2 selalu dan tetap semangat nggih.. Masker merupakan alat pelindung diri dari penularan virus berbahaya. Penggunaan masker bedah terbatas waktu efektif dan tergantung cara pemakaiannya, jika pemakaiannya sering dilepas kebawah dagu maka berbagai kemungkinan kontaminasi bakteri bisa terjadi, oleh karena itu sebaiknya masker digunakan dengan baik dan benar. Penggunaan masker sering dirasakan risih oleh sebagian masyarakat, padahal penggunaan masker merupakan salah satu alternative untuk mencegah penularan virus secara luas. Sebagian masyarakat mengeluhkan penggunaan masker dikarenakan masalah sesak nafas, merasa terganggu, sebagian yang berkacamata berembun sampai ke masalah financial. Karena itu perlu dipahamkan bahwa penggunaan masker adalah sebagai salah satu langkah dalam mencegah dari penularan virus COVID-19. Untuk keluhan lemas, monggo dipastikan kondisi secara umum baik tidak dehidrasi dan tidak sedang sakit yang lain.

 

“Walaupun kulwap malam hari ini berakhir, namun tentu tidak akan berakhir tali silaturahmi diantara kita.. sekali lagi maturnuwun atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan. Tetap semangat dalam beraktifitas, dukungan psikososial diantara teman2 PHighters dan Caregiver semua di WAG ini tentunya akan menambah semangat satu sama lain. Jaga kesehatan selalu di masa pandemi seperti ini. Selamat malam selamat beristirahat untuk kita semua. Sekali lagi sehat2 untuk kita semua. Aminnn.”- dr. Valerinna Yogibuana S., Sp.JP

 

By | 2021-11-04T13:30:44+00:00 November 4th, 2021|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat