KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema- Edema pada Pasien Hipertensi Paru

///KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema- Edema pada Pasien Hipertensi Paru

KULWAP-(KULIAH WHATSAPP)-Tema- Edema pada Pasien Hipertensi Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatsapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertensi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hubungi Admin Pusat YHPI 0811-8986-799

 

PENGUMUMAN KULWAP YHPI

  • Waktu : Jum’at, 15 November 2021
  • Pukul : 19.00 – 20.00 WIB
  • Narasumber : dr. Dian Yaniarti Hasanah, Sp.JP
  • Tema : Edema pada Pasien Hipertensi Paru
  • Moderator : Arni

Pendahuluan

Edema pada pasien pulmonary hypertension (PH) itu sangat khas sekali dan biasa terjadi karena adanya peningkatan tahanan paru, akan menghalangi aliran balik dari seluruh tubuh dari mata dari kaki dari perut ke paru-paru sehingga menyebabkan aliran balik. Sehingga akan menyebabkan penumpukan cairan di perut maupun di kaki. Nah biasanya memang bengkak atau edema pada gagal jantung pada PH itu sama dengan gagal jantung pada umumnya. Apabila kita melakukan penekanan pada daerah tulang kering itu biasanya akan seperti ada dekokan pada daerah kaki. Bengkak tidak selalu ada pada kaki Bapak Ibu sekalian penderita PH, udah tahu bengkak itu bisa pada perut, kemudian bisa pada wajah atau pembuluh darah di daerah kepala jadi melebar.

Edema pada gagal jantung secara umum itu bisa pada semua bagian tubuh. Karena pada dasarnya semua aliran darah dari rambut dari wajah, kemudian dari leher dari kaki dari pencernaan itu kan akan kembali ke jantung kanan ke serambi kanan melalui katup trikuspid ke bilik kanan melalui katup pulmonal ke paru-paru. Nah di paru-paru nanti akan dilakukan pembersihan dari darah itu. Tapi kalau pada kasus PH karena tekanan parunya tinggi, maka aliran balik dari seluruh tubuh itu tidak bisa kembali ke paru, jadi akan terjadi aliran balik. Memang benar tidak langsung bengkak di wajah biasanya bengkak di orbita atau kelopak. Namun biasanya kalau bengkak pada pH yang terkait dengan wajah bisa seperti sembab di daerah mata atau pembuluh darah balik atau vena di kepala jadi agak melebar.

1. Pertanyaan:

Nama:Nunik, Usia:31 taun, Domisili:Bandung. Bagaimana cara mengatasi edema selain dengan mengatur cairan yg masuk dalan tubuh kita?Sebelum mendapat kan tindakan medis dari rumah sakit,kalo kondisi nya sedikit parah. Terimakasih

Jawaban:

Oke bu Nunik jadi kalau misalkan pasien heart failure atau gagal jantung, mau gagal jantung kiri atau kanan dalam hal ini kita berbicara PH ya pulmonary hypertension, tetap obatnya adalah diuretik. Jadi furosemid itu obat kencing kalau misalkan sambil menunggu ke dokter kita bisa menaikkan dosis diuretiknya atau furosemide-nya misalnya dari 1 tablet jadi 2 tablet dan selalu ingat untuk minum diuretik selalu dalam kondisi perut kosong. Kalau bisa 2 jam sebelum sarapan

2. Pertanyaan:

Nama:desi (ibu dari zuhriyyah naurah), Usia 32th (anak 3 th), Domisili: mojokerto. Kenapa anak saya kalau bangun tidur mata sama bagian wajahnya agak bengkak..terus bagaimana cara mengatasinya.. Trimakasih

Jawaban:

Baik terima kasih Ibu kenapa anak saya kalau bangun tidur mata sama bagian wajahnya agak bengkak. Itu karena pada pasien PH mata dan wajah agak bengkak itu ibu juga harus melihat yang lainnya seperti kaki perut. Karena kalau misalkan mata dan wajah langsung bengkak sedangkan yang perut dan kaki tidak bengkak itu agak aneh ya biasanya PH berefek pada wajah atau kelopak mata itu terakhir sekali kalau bagian tubuh yang lainnya sudah ada cairan juga. Nah cara mengatasinya tentu harus memastikan dulu bahwa benar bengkaknya itu terkait dengan pulmonary hypertension nya ataukah ada obat obat lain seperti metyl yang bikin wajahnya bengkak, nah itu harus dipastikan terlebih dahulu ya Bu

3. Pertanyaan:

Nama: Muhammad Irfan, Usia: 35 tahun, Domisili: Brebes. Dok, indikasi terjadinya edema bisa dilihat dari kondisi seperti apa saja ya?

Jawaban:

Edema ini bisa terjadi pada kondisi kelebihan cairan. Peningkatan tahanan paru juga bisa menyebabkan edema karena tahanan parunya tinggi sehingga aliran dari tubuh bagian bawah dari kaki perut itu terhambat karena tahanan parunya tinggi sehingga alirannya semua mundur, perutnya besar kadang skrotumnya besar kakinya besar itu edema juga bisa terjadi pada kasus gagal jantung kiri. Kemudian pada kasus-kasus hipoalbumin, albuminnya kurang tapi dalam kasus PH karena peningkatan tahanan paru bisa menyebabkan perburukan daripada status cairan

4. Pertanyaan:

Nama : cosi, Usia : 35thn, Domisili : Bekasi. Saya pasien ASD dengan PH severe tvg diatas 100mmhg, saya tidak pernah mengalami edema yg bengkak2. Hanya sesekali begah aja di perut. Saya diresepkan diuretik hanya jika merasa begah saja. Pertanyaan nya apakah suatu saat tidak akan terjadi penumpukan cairan Krn tidak rutin mengkonsumsi diuretik, mengingat saya sudah dinyatakan masuk kategori gagal jantung dok? Dan jika tidak rutin mengkonsumsi diuretik apa akan memperberat kerja jantung? Terimakasih

Jawaban:

Mbak Cosi perut begah juga merupakan salah satu bentuk kelebihan cairan, tidak harus selalu bengkak di kaki. Banyaknya rata-rata pasien PH Itu bengkak nggak bengkak juga tapi perutnya begah atau seperti sakit maag. jadi makan gak enak, perut penuh terus makan sedikit kenyang. Pada kondisi seperti itu obat diuretik harus diminum secara rutin ya, karena sebenarnya perut begah pada pasien Itu sudah merupakan tanda kelebihan cairan. Memang kalau misalkan perutnya sudah gak begah, perutnya enak tapi nggak bengkak memang furosemide atau obat diuretik itu tidak harus selalu diminum secara rutin, dia bisa diminum selang sehari atau dua kali seminggu. Tapi kalau tidak minum diuretik sama sekali pada pasien PH itu memang agaknya sulit tapi tidak selalu harus diminum rutin juga. Kalau pasiennya sudah nggak ada kelebihan cairan ya tidak diminum secara rutin

5. Pertanyaan:

Nama : EVA YULIANTINI, Usia : 29thn, Domisili: Bandung. Apakah penderita edema paru tidak boleh banyak minum ? Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi di paru2 agar nafas ringan, dan yang saya rasakan saat ini ,sering lemas, sesak nafas, nafas berat ,dada sakit dan bengkak2 di perut. Terimakasih

Jawaban:

Baik Bu Eva jadi Apakah penderita edema paru tidak boleh banyak minum. Benar kalau paru-parunya sedang terendam air atau ada tanda-tanda kelebihan cairan pada pasien seperti yang Bapak Ibu sekalian sudah pahami, perutnya bengkak kenaikan berat badan berlebih tidur bantal tinggi memang benar airnya harus di restriksi . Direstriksi berapa dok? Apakah benar tidak boleh sama sekali? Boleh Bapak Ibu paling tidak 1000 sampai 1500 cc masih bisa. Dan ingat sayuran, jus, teh dan semuanya yang diminum itu sebagai cairan yang dihitung. Bagaimana solusi untuk mengatasi di paru-paru agar nafas ringan dan yang saya rasakan saat ini sering lemas sesak nafas nafas berat dada sakit bengkak di perut. Satu-satunya Jalan selain restriksi cairan adalah cepat kontrol Bu karena ini memang sepertinya harus diperiksa oleh dokter nya mungkin menaikkan dosis obat kencingnya furosemid dari 1 tablet hingga 2 tablet perlu, mungkin bisa disuntik obat kencing di klinik untuk supaya lebih meningkatkan kerja daripada obat diuretik nya. Mungkin juga Ibu perlu meningkatkan dosis obat obat pulmonary hypertension nya seperti sildenafil, sebaiknya segera menemui dokter ibu ya

6. Pertanyaan:

Nama: Erawati, Usia: 40 tahun, Domisili: Riau. Dok, saya PH primer. Sudah 1 tahun saya mengalami gangguan penglihatan di mata kiri karena edema makula. Apa penyebab sehingga terjadinya seperti itu dokter?

Jawaban:

Nah perlu diingat Bu Erawati bahwa seluruh aliran tubuh dari rambut mata kaki perut itu bisa akan kembali ke paru untuk dibersihkan. Kalau tahanan parunya sangat tinggi maka aliran yang balik itu tidak bisa kan. Jadinya balik ke mana-mana balik ke perut balik ke kaki mungkin termasuk balik ke jaringan mata sehingga terjadi edema di daerah makula terus terjadi kebutaan atau gangguan penglihatan. Namun itu juga harus di kroscek dengan dokter mata ya Bu ,Apakah itu benar terkait dengan PH-nya.

7. Pertanyaan:

Pagi dr Dian. Perkenalkan nama saya sigit, usia 38 tahun dan asal palembang.

Pertanyaaan saya :

  1. Apa efek edema yang paling terasa jika terjadi di tubuh pasien PH ?
  2. Saat ini perut saya buncit kayak orang hamil aja dan kencang. Bagaimana cara membedakan perut yang membesar karena edema dengan penyebab lain nya misal asam lambung tinggi atau ada penumpukan lemak? Terima kasih

Jawaban:

  1. Efek edema kan bisa di kaki di perut yang paling sering pasien PH ini nggak enak makan jadinya karena daerah perutnya terasa penuh kaki bengkak bisa skrotum bengkak juga bisa terus kemudian yang paling sering dikeluhkan itu adalah begah tidak enak makan.
  1. Jadi kalau misalkan pasien gagal jantung gagal jantung kanan perutnya buncit dan kencang seperti orang hamil itu khasnya adalah penurunan nafsu makan intake makanan sedikit tapi terjadi peningkatan berat badan dan perutnya semakin membesar. Nah untuk membedakan itu cairan ataukah lemak ya memang sebaiknya idealnya adalah periksa ke dokter dan dilakukan USG perut. Namun yang khas pada pasien PH Itu sudah hampir 90% ya kasus pasien seperti PH ini perutnya begah makannya sedikit tapi terjadi peningkatan penambahan berat badan dan lingkar perut, itu yang disebut dengan asites

8. Pertanyaan:

Nama : Tri, Usia : 41 tahun, Domisili : Bogor, Jabar.

Pertanyaan :

  1. Apakah obat diuretik memiliki efek samping terhadap kinerja ginjal bila dikonsumsi rutin dan terus menerus ?
  2. Apa bedanya ciri2 edema karena gagal jantung dan gagal ginjal ?

Jawaban:

  1. Tentu saja obat diuretik ini biasanya efek yang paling sering dirasakan adalah kram kram atau pegal di persendian karena dia menyebabkan gangguan elektrolit. Karena kencing yang keluar itu juga mengikuti elektrolit yang keluar pada pemakaian diuretik seperti furosemid. Nah kalau diminum terus menerus apabila pasiennya sudah dalam kondisi cairannya cukup atau Normal itu bisa menyebabkan peningkatan fungsi ginjal. Tetapi kalau diminum dalam kondisi memerlukan dalam arti kelebihan cairan malah kalau kelebihan cairan ginjalnya juga bengep juga edema itu malah kalau nggak dikasih diuretik malah fungsi ginjalnya akan terganggu. setelah diberikan diuretik bengkak di ginjal berkurang maka fungsi ginjal akan membaik.
  2. Bedanya edema karena gagal jantung dengan gagal ginjal memang sangat sulit ya Karena itu adalah seperti ayam dan telur mana yang duluan tidak tahu karena dalam ginjal serta jantung itu adalah sistem yang terkoneksi atau berhubungan. tetapi yang jelas kalau edema pada gagal jantung itu adalah pitting edema artinya apa Dok kalau ditekan di daerah kaki bawah atau tulang kering itu biasanya dia masuk atau dekok ya kalo orang Jawa bilang seperti itu. kalau gagal ginjal tuh tidak selalu pitting edema tidak selalu dekok ya dia bengkak tetapi tidak dekok tetapi tidak selalu ya itu agak sulit membedakannya secara langsung

9. Pertanyaan:

Assalamualaikum. Saya fifin 24th majalengka. Izin bertanya, saya dari dulu memang punya asam lambung (gerd), akhir2 ini suka ada denyutan di daerah ulu hati,denyutan itu seperti jantung. Dan merasa kembung,daerah ulu hati tidak nyaman,merasa gampang masuk angin. Apakah itu hanya dari asam lambung naik atau dari hipertensi paru juga?bagaimana cara mengatasi nya?trimakasih

Jawaban:

Nah ini harus diperiksa lebih lanjut ya Bu Fifin harus ke dokter karena ini yang menjadi jebakan adalah pada pasien PH Itu kan sering perut itu terasa begah atau penuh dan disalah artikan sebagai sakit lambung jadi pasien pasien itu jadinya perutnya apa namanya nafsu makannya kecil sedikit menurun tapi perutnya atau lingkar perut menjadi besar Nah itu harus dipastikan dulu apa lagi Bu Fifin adalah benar penderita PH ya sehingga harus dipastikan dulu Kak bukan karena penumpukan cairan yang khas nya juga kalau dikasih obat kencing misalnya ibu naikkan obat kencingnya dan diminum dalam perut kosong itu biasanya asam lambung rasa seperti asam lambung itu meningkat kalau demikian berarti memang itu bukan lambung tetapi dari penumpukan cairan karena ph-nya

Saya koreksi sedikit ya bu Fifin yang tadi lambung itu kalau bener-bener dia karena penumpukan cairan dikasih misalnya anda naikkan furosemide-nya yang dari 1 tablet jadi 2 tablet diminum 2 jam sebelum sarapan rasa begah itu menjadi hilang bukan obat lambung enggak dikasih obat lambung dikasih obat kencing hilang itu berarti penumpukan cairan ya bu berarti bukan dari lambungnya

10. Pertanyaan:

Nama:devi, Usia:29 th, Domisili : yogyakarta. Dokter, saya post ASD CLOSURE 1 tahun.. PH sekarang 18 dok. Tapi kenapa terkadang kaki kanan saya terasa kebas yah. Terima kasih

Jawaban:

Kalau 18 tvg-nya saya rasa sudah tidak PH lagi ya Bu devi kalau kaki kanan kebas mungkin harus dicari penyebab yang lain ya karena kebas kaki kanan itu kan banyak faktor ya tidak selalu berasal dari jantung

11. Pertanyaan:

Assalamualaikum, Nama:Desmala Devi, Umur :37 THN, Domisili: Bukittinggi. Dok saya penderita kjb vsd + ph, yang mau saya tanyakan saya sudah minum obat untuk mengeluar kan cairan seperti furosimed,kenapa ya  wajah ku agak bengkak ,jg perut ku, jadi agak sesak jln tapi kaki ku nggak bengkak apa obat nya kurang dosis nya,mohon solusinya

Jawaban:

Nah pastikan Ibu Desmala minum furosemide-nya Udah bener bu. minumnya 2 jam sebelum sarapan ya perut kosong kalo 1 tablet kurang mungkin bisa dinaikkan Sekali minum 2 tablet ya Bu mulai besok pagi coba Ibu lihat apakah urin-nya banyak atau tidak. mungkin karena sudah terbiasa pakai furosemid Bu itu yang namanya disebut dengan resistensi diuretik jadi ginjalnya itu sudah tidak mempan dengan satu pil saja biasanya harus dilakukan penyuntikan obat furosemid atau lasix yang lewat pembuluh darah sehingga respon urinnya akan menjadi lebih baik

12. Pertanyaan:

Nama : Riza, Usia : 30 tahun, Domisili : Jogja

Pertanyaan :

  1. Bagaimana ciri2 edema ringan? karena biasanya tidak terlihat secara langsung jadi kadang terabaikan, supaya segera tertangani agar tidak memberat?
  2. Apakah dg kondisi ph low & trikuspid valve moderate jg bisa menyebabkan edema?

Terima kasih dokter. Wassalamu’alaikum.

Jawaban:

  1. Memang Bu kalo edema ringan itu sebenarnya kalau sudah edema itu akan terlihat biasanya di tulang kering kalau di tulang kering Ibu tekan itu seperti ada air di situ atau seperti ndekok ya kalau orang Jawa bilang. Nah itu Mungkin emang ada kelebihan cairan biasanya ada peningkatan berat badan yang signifikan juga. Nah ini yang perlu Anda tandai semua pasien PH dan gagal jantung kalau ada kenaikan berat badan lebih dari 1 kilo dalam 1 hari atau 3 kilo dalam 1 minggu dengan intake makanan yang berkurang hati-hati bawa itu sebenarnya sudah tanda awal dari kelebihan cairan.
  2. Bisa saja tapi lebih karena katup trikuspid yang bocor itu. Kalau PH low probability itu artinya tahanan parunya masih tidak terlalu tinggi tetapi ada kebocoran pada katupnya yang menyebabkan bengkak nya itu adalah kebocoran katup nya tetapi pada pasien-pasien dengan PH low itu biasanya jarang bengkak sampai ke perut ke kaki.

13. Pertanyaan:

Nama : Juli, usia : 27th, dari bandung barat.Asd baru turun  jdi 20. mau tanya dok , kalo cape terus begah jadi agak sesek ke kepala th jdi sakit kepala keleyengan , itu karna apa ya , terimakasih

Jawaban:

Memang kalau misalkan kecapean itu bisa tekanan paruhnya bisa agak tinggi emang bener bu sehingga perutnya atau tekanan parunya itu karena tinggi aliran yang ke paru berkurang sehingga kembali ke perut ke kaki sehingga kalau misalkan aliran ke paru berkurang karena tekanan parunya tinggi yang ke jantung kiri juga berkurang ke seluruh tubuh juga akan berkurang sehingga jadi sering pusing atau keliyengan

14. Pertanyaan:

Nama: untari (43 thn) Domisili: Surabaya, Diagnosa: Primer PH. Selamat siang dok. ijin bertanya kenapa saya kalau pergi ketempat dataran yang agak tinggi dan naik kendaraan tiba2 edema kaki dan perut padahal kita dah batasi cairan yang masuk (< 1 ltr) dah membatasi konsumsi garam juga… apakah itu menandakan kita msh kelebihan cairan dan PH kita juga lagi tinggi, tindakan apa yg harus saya lakukan biar tidak edema disaat berpergian.. terimakasih

Jawaban:

Memang pada kondisi Oksigen yang kurang, kalo tempat tinggi itu PA o2-nya kan rendah ya jadi kita bisa dibilang hipoksemia atau kekurangan oksigen jadinya. pada kondisi hipoksemia atau oksigen kurang tekanan paru menjadi meningkat itu yang perlu Ibu sekalian ingat. sehingga karena tekanan paruhnya menjadi meningkat atau PA pressure-nya menjadi tinggi atau PH nya menjadi lebih tinggi Maka aliran darah balik yang harusnya kembali lewat paru menjadi terhambat karena tekanan paruhnya tinggi jadi dia tidak bisa kembali ke paru jadi dia kembali ke sirkulasi ke perut ke Kaki jadinya memang pada kondisi kondisi kekurangan oksigen di mana misalnya infeksi paru atau pergi ke tempat tinggi itu bisa meningkatkan tahanan paru

15. Pertanyaan:

Nama : Een Erlang ( 52 th ), Domisili : Surabaya, Diagnosa : Primer PH. dok saya setelah makan ( agak banyak ) kenapa sering malah lemes ya dok ? Atau mau muntah apa memang PH begitu? Terimakasih

Jawaban:

Tidak selalu bu Een, yang perlu diingat bahwa kalau misalkan di perutnya tidak ada kelebihan cairan tidak ada kelebihan cairan karena tekanan paruhnya terkontrol maka semua pasien PH bisa makan dengan normal yang justru perlu diwaspadai kalau makan sedikit saja itu terasa begah itu kita harus curiga bahwa Sebenarnya ada penumpukan cairan di dalam jaringan dalam hal ini adalah jaringan perut mungkin kita harus mempertimbangkan untuk menaikkan dosis obat kencing nya atau tanya ke dokter Mungkin obat ph-nya seperti sildenafil harus dinaikkan ya pada dasarnya orang PH Itu bisa makan dengan normal

16. Pertanyaan:

Nama: Bayu (33 thn), Domisili: Ponorogo, Diagnosa: Primer PH. Selamat siang dok… ijin bertanya dok saya kalo duduk lama kaki saya sering bengkak dok padahal sudah dibatasi minumnya, dan ada nyeri tekan di bagian tulang keringnya dok. Terima kasih dok.

Jawaban:

Oh begini Pak yang perlu diingat pada pasien PH Itu kan tekanan paruhnya tinggi Bapak Ibu sekalian ingat ya ada namanya pembuluh darah balik atau pembuluh darah vena kalau gampangnya perempuan kayak varises begitu ya kalau pada pasien PH biasanya varisesnya itu memang lebih berat Kenapa karena dia mau balik ke atas udah melawan gravitasi ditambah dengan tahanan baru yang tinggi jadikan varisesnya akan menjadi lebih berat sebenarnya kalau pada pasien PH di USG kaki itu biasanya ada varises semua Nah kalau lagi duduk ya kan sehingga gravitasinya akan ke bawah semua sudah tekanan paruhnya tinggi ditambah gravitasi yang ke bawah biasanya memang kaki menjadi lebih cepat bengkak begitu

17. Pertanyaan:

Saya Syarif dari Ciamis. VSD PH. Hb 19-21 Tinggi hematokrit tinggi 62 katanya harus banyak minum terus bagaimana baiknya terkait agar tidak edema.

Jawaban:

Nah yang perlu diingat bapak itu berarti memang mengalami peningkatan hematokrit atau darahnya sedikit kental ya karena hematokritnya yang tinggi. Pada kasus demikian memang cairannya tidak boleh kurang ya pak at least 2 liter nah bagaimana supaya tidak bengkak ketika mulai ada tanda-tanda kelebihan cairan misalnya begah di perut kok nambah kakinya juga kok bengkak. Nah itu anda bisa menaikkan dosis furosemid nya. Ketika bengkak nya sudah berkurang furosemid nya bisa dibuat selang sehari atau kalau perlu. Kadangkala Pak kalau polisitemia vera kayak bapak ya hematokrit tinggi dengan ada keluhan tapi belum sampai hematokrit 66 sampai pusing itu bisa flebotomi yg dilakukan biasanya di tempat donor darah. Tapi itu harus dengan konsultasi ke dokter

18. Pertanyaan:

Nama: Ati, Domisili: soreang, Diagnosa: ASD + PH. Mau nanya dok, akhir-akhir ini saya kok jadi insomnia dan juga agak sesek bahkan batuknya bisa sampai muntah. Itu apakah karena faktör cuaca juga berpengaruh?

Jawaban:

Nah itu perlu di cek dulu ya Ibu sesaknya pada malam hari perlu bantal tinggi kebangun malam apakah ada kebangun malam sesak ya atau perutnya tambah begah jangan-jangan memang kelebihan cairan insomnia ini harus diingat-ingat ya Ibu Bapak kalau misalkan malam tidak bisa tidur karena rasa sesak atau harus menambah bantal itulah tanda-tanda kelebihan cairan Biasanya pagi atau siang itu menjadi bisa lebih tidur karena tekanan paru dan jantung paling tinggi pada malam hari tapi kalau malam paginya itu apa namanya tidak bisa tidur Kemudian malam nya juga tidak bisa tidur itu biasa Sanya bukan berkaitan dengan jantungnya kalau jantung itu pokoknya sesak lebih berat pada malam hari saja

19. Pertanyaan:

Nama:jami, Domisili:Batam, Diagnosa: Asd ph. Apa yang harus di lakukan jika kita pada pasien ph mengalami asites. Terimakasih

Jawaban:

ibu Jami yang pertama kalau obat diuretik pil nya sudah tidak mempan ya Bu bagusnya emang harus disuntik. Disuntik di klinik obat kencing nya supaya efikasi atau manfaat diuretiknya menjadi lebih tinggi terus yang nomor dua Bu mau nggak mau kalau dengan obat kencing yang di drip itu tidak tidak terkontrol atau tidak teratasi dengan baik maka mau tidak mau harus di fungsi ya Bu harus disedot cairannya di perut seperti itu membutuhkan perawatan

20. Pertanyaan:

Revi wonosobo 34th. PH primer. Selamat malam dok. Apakah penggunaan terapi O2 selama tidur bisa menyebabkan bengkak pada kelopak mata setelah kita bangun?

Jawaban:

Tidak bu tidak pernah ada namanya menggunakan terapi oksigen itu menyebabkan bengkak pada kelopak mata kata memang benar ya Bu pada pasien-pasien pH itu memang dianjurkan tahu saturasi kurang dari 90 pakai terapi suplementasi oksigen Tapi itu harus dikonsultasikan dengan dokter ya.

By | 2021-12-11T07:06:38+00:00 December 11th, 2021|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat