KULWAP (Kuliah Whatsapp)-Sehat-Mental-dengan-Makanan-Sehat

//, Kuliah lewat WhatsApp/KULWAP (Kuliah Whatsapp)-Sehat-Mental-dengan-Makanan-Sehat

KULWAP (Kuliah Whatsapp)-Sehat-Mental-dengan-Makanan-Sehat

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silahkan hub admin  08112511099

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

KULIAH WHATSAPP  (kulwapp)

  • PENGUMUMAN KULWAP PSIKOLOG
  • Senin, 27 Juli 2020
  • Pkl : 19.30 – 21.00 WIB
  • Tema : Sehat Mental dengan Makanan Sehat
  • SEHAT MENTAL DENGAN MAKANAN SEHAT
  • Narasumber : Silviani, M.Psi., Psikolog
  • Tempat : Grup Kulwap YHPI
  • Moderator : Umi Nur

Pertanyaan dan Jawaban Kulwap

 

1. dr Novi
  Bagaimana cara mengetahui asupan makanan yg kita konsumsi itu sudah baik bagi kondisi mental psikis kita.
  Jawaban : Cara mengetahui sudah cukup atau belum bisa dilihat dari kondisi fisik. Biasanya orang yang kekurangan protein akan terlihat murung, mudah tersinggung sehingga mudah marah dan emosional. Saya sering melihat anak-anak yang kekurangan gizi, biasanya mereka jadi mudah takut, tantrum, tidak bahagia karena tidak nyaman dengan badannya yang kurang nutrisi.
2. Nurlaila  34 th,dr Aceh
  mau menanyakan, smenjak drop kmren stelah melahirkan,sy cepat emosi dan marah2 apa itu krn pengaruh penyakit sy dianogsa PDA dan PH
  Jawaban : Saya kurang tahu terkait penyakit PDA dan PH, namun mungkin lebih emosional dan mudah marahnya karena ibu baru melahirkan. Orang sering menyebutnya baby blues karena ibu merasa bingung khawatir dan gelisah menjadi orang tua dan merawat bayi, sehingga mudah sedih menangis tanpa alasan atau sulit tidur.

 

3. Januari
  kenapa ya semenjak saya punya penyakit jantung bawaan sering marah2 emosi selalu naik bahkan sering marah2 apa semua juga gitu yg punya penyakit seperti q kalau makanan semua apapun tetep q makan
  Jawaban: Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa orang dengan penyakit jantung rentan mengalami depresi atau mudah emosional. Hal ini karena adanya pikiran-pikiran negatif, merasa sakit yang dialami membuat diri tidak bebas melakukan hal lain, kurang percaya diri atau bahkan merasa bersalah pada diri sendiri. Nah hal yang perlu diperhatikan adalah, penyakit jantung dan depresi ini saling berkaitan. Depresi akan meningkatkan resiko gangguan jantung juga. Maka dari itu coba untuk mengurangi pikiran negatif.
4. Anis ASD PH  45 thn dari jogja
  Sy akhir2 ini kok cpt emosi klu mendengar suara keras. Entah org yg sdg ngobrol apalagi org sedang tertawa. Bagaimana cara meredam emosi ini agar sy bisa netral. Apakah karena sy menghadapi mau di oprsasi??  Sy ASD – PH sjk akhir thn 2016
  Jawaban : Untuk pertanyaan ini, sebenarnya hampir mirip dengan pertanyaan nomor 3, orang yang memiliki, ada perasaan takut atau cemas dengan apa yang diderita sehingga cenderung sensitif. Mungkin perlu untuk mengontrol emosinya dengan menarik nafas dalam, meditasi ringan. Perbanyak pikiran pikiran positif.
5. Lilik 57 th diagnosa ASD PH  (sdh open Maret 2019) asal Sidoarjo
  Pd saat2 skr ini dimana virus Corona msh merajalela di mana2, yg secara tdk lgs kadang kita jg merasa ketakutan

Apalagi saat kita mendgr ada teman/sahabat yg meninggal, baik krn korban Corona ato krn sakit yg lain, kita jd STRES

Kepala pusing, mual dan kadang detak jantung jd meningkat

Langkah apa/makanan apa yg baik utk kita konsumsi agar bs melawan stres tsb….trmksh

  Jawaban: Mungkin saat ini informasi yang beredar membuat cemas ya.. hingga akhirnya mengalami pusing, mual detak jantung meningkat. Hal yang bisa dilakukan adalah mengalihkan pikiran dari sumber kecemasan. Mungkin bisa dialihkan dengan lebih banyak melakukan hobi dari pada membaca informasi terkait corona, apalagi yang hoax atau belum tentu benar. Coba mulai membaca informasi dari sumber terpercaya di berita, atau situs pemerintahan.
6. Eka,Gresik 27th
  ingin makan sehat tapi kalo liat org2 dsekitar saya makan enak atau makanan yg saya inginkan tidak dituruti ato tidak dibolehin ma keluarga bahawaannya timbul rasa mengeluh marah,sy berusaha hanya sebatas rasa jangan sampai keluar nada tinggi atau jgn sampek ngambek tp pernah sampai ngambek tp langsung saya minta maaf karena nanti jd ngganjel didada…saya ingin makan yg sehat karna takut kambuh takut sakit…setiap bisa makan yg dimau ada rasa seneng + campur takut…bagaimana caranya mengontrol diri?
  Jawaban : Cara mengontrol diri untuk mau makan makanan sehat, bisa dimulai dengan menyediakan makanan sehat dirumah dan mengurangi makanan yang kurang sehat seperti (keripik kentang atau junk food lainnya). Kemudian ubah cara pikir terkait makanan sehat. Terkadang orang memikirkan makanan sehat itu tidak enak, masih banyak loh makanan sehat yang enak.
7 Mega dr Kediri 30th diagnosa asd ph belum operasi
  Bagaimana/makanan apa saja yg bs mengontrol tekanan darah agar tetap normal?karena setiap x mau makan atau sesudah makan jadi kefikiran takut tensi naik/turun,,sedangkan tensi saya cenderung rendah
  Jawaban : Makanan yang mampu mengontrol darah, kalau ini saya juga kurang tahu. Mungkin bisa ditanyakan langsung kepada dokter atau ahli gizi ya..

Namun perlu diperhatikan, ketika kita terlalu takut atau cemas berlebih juga akan meningkatkan resiko tensi naik, setelah nanti konsultasi dengan ahli gizi dan lebih tahu rasa takut dan cemasnya dikurangi ya..

 

8 Ike ASD PH 40th
  Apakah benar dgn mengurangi konsumsi daging merah dpt mengurangi amarah dok? Byk yg bilang seperti itu Hehe
  Jawaban : Sebenarnya orang marah itu biasanya karena sedang lelah sehingga mudah tersinggung. Protein ternyata baik untuk meningkatkan energi sehingga mengurangi rasa lelah. Terkadang saat kita lelah kita jadi sensitif.

Tapi bukan hanya daging merah, masih banyak jenis protein atau makanan lain yang bisa mengontrol emosi tadi.

 

9 Weni dr jogja 30th asd post op
  Bagaimana mengontrol memanagemen emosi dan stres ya, kalo sudah berantakan makan/minum tidak terkontro
  Jawaban: Management emosi dan stres itu banyak caranya. Bisa dengan meditasi nafas ringan, menarik nafas kemudian hembuskan perlahan atau dengan journaling (menulis buku harian). Melakukan hobi yang disuka juga bisa membantu manajemen emosi terutama stress dan cemas

 

  Tanya mba bgmn kalau saat stress pelarian ke makanan. Terutama makanan yg kurang sehat. Bgmn cara mengatasinya?
  Jawaban : Ini memang kadang sulit ya.. saya juga kadang masih ke arah makanan yang kurang sehat seperti makanan pedas begitu. Mungkin itu bisa sedikit mengalihkan stress ya, yang penting tidak terus terusan apalagi kalau sudah keseringan makan makanan gak sehatnya dan menyebabkan masalah lain. Cara mengatasinya mungkin bisa dengan minta tolong ke orang lain untuk memperingatkan diri kita ketika akan makan makanan yang gak sehat tadi.
10. Koes ASD PH, usia 53th  jogja
  knpa ya saya sering kehilangan pendengaran. nggak denger bahkan kadang sering blank lupa dgn yg mau saya bicarakan. apa ini terkait dgn obatnya atau asupan gizi yg kurang ya dan knpa saya selalu bisa menahan emosi rasa jengkel ya..

padahal sebetulnya saya pingin marah besar

 

apa dng menahan rasa spt ini bisa menjadikan sakit saya tdk sembuh ya Mbak..

  Jawaban : Asupan gizi sangat mungkin mempengaruhi fungsi otak dan fungsi tubuh lainnya, maka itu penting untuk menjaga asupan gizi ya..

Kemudian untuk emosi yang ditahan memang sangat memungkinkan menurunkan daya tahan tubuh, karena energi kita habis untuk emosi itu. Emosi tidak harus dilepaskan dengan cara meledak ledak apalagi ke orang lain. Sebelum melepaskan emosi, coba untuk relaksasi nafas ringan hingga tenang dan tidak meledak ledak, baru kemudian ungkapkan atau lepaskan emosi pelan pelan. Jelaskan ke orang lain apa sih yang dirasakan saat ini, kemudian apa yang diinginkan.

 

  tapi knpa ya ,mbak Silvi..saya coba alihkan pehatian dgn sgla macam kerjaan/kegiatan saya malah sering nggak bisa berhenti..maunya menyelesaikan kerjaan itu. sehingga kadang saya jam bobonya jadi kurang..dan makan jd lupa krn terasa kenyang aja ya..

apa yg harus saya lakukan dgn kondisi spt ini Mbak..dan makanan apa yg baik utk bisa merangsang bisa bobo nyenyak? Mbak..khususnya makan malam hari

  Jawaban : Jadi malah keasikan melakukan kegiatannya begitu ya.. terkadang kepikirannya “nanti ah tanggung” padahal akhirnya malah sampai melewati makan. Mungkin bisa membuat jadwal atau manajemen waktu. Berapa jam sih bisa melakukan kegiatan/hobi, jam brp makan, jam brp tidur. Makanan yang kaya magnesium bisa membantu merilekskan tubuh. Selain makanan agar bisa tidur nyenyak coba untuk membuat ruangan tempat tidur nyaman. Dibersihkan dulu kasurnya, jauhkan gadget, kemudian lakukan ritual bersih-bersih diri (cuci kaki, cuci muka, sikat gigi, buang air kecil) hingga kita benar benar siap untuk tidur.
11. Sri dr Cianjur ASD PH
  Apa benar bila kita ada marah g d ungkpkn akan pwngaruh thdp penyakit ini. Mksh
  Jawaban: Nah ini mirip dengan pertanyaan sebelumnya ya..

Terkait mengungkapkan atau melepaskan emosi

12. Mutiati ibu dr Anasya Syafa nafeza dr Pekalongan
  anak sy usia 4,5 th kasus ASD VSD DIRV PS.dan sdh fontan.pertanyaanya kenapa anak sy maunya menang trs dlm segala hal .misalnya berebut mainan ,atau kalo kknya yg usianya beda 2 th minta dikelonin ga boleh. Katanya kknya jng di sayang  .atau kalo sy lg nyanjung kknya selalu gabboleh . anasya yg hrs di no 1 kan .apa itu karna penyakit yg diderita atau gimana dok .atas jawabanya
  Jawaban: Anak usia 4,5 tahun biasanya sedang berada di tahap ingin menang sendiri, termasuk memenangkan perhatian orang tuanya. Tidak mau berbagi dengan orang lain. Hal yang menjadi perhatian adalah terkait pola asuhnya. Mungkin karena penyakit yang diderita anak, ibu jadi terbiasa lebih memperhatikan anak, hal ini yang membuat anak selalu ingin diperhatikan dan menjadi manja bahkan tidak mau mengalah dengan kakaknya
13. Alief dari mojokerto
  Diagnosa TOF yg saya tanyakan dari remaja tau

Klw punya sakit ini sampai menikah th2019 awal kondisi kita baik” Saja dalam arti masih

Bisa aktifitas apa.pun lah

Istilahx

N setelah drop thn2019-3 knp kk tiba” badan rasax sakit semua n rasax

Males buat ngapa”in kpingin rebahan aja

Apa itu ada pengaruh dri

Makanan” yg kita konsumsi dulu”

Jdix kita setelah drop

Endak bisa pulih seperti

Awal n energi merasa

Beda gtu

  Jawaban: Untuk ini saya juga kurang paham , Apakah setelah drop dokter memberikan penjelasan lebih lanjut? Karena ada merasa badan sakit semua, mungkin masalahnya bukan di makanan tapi karena merasa sakit itu
14. mb Indriani dari jkt
  Mau tanya kalau pas marah atau emosi sdg tdk stabil bagusnya makan apa supaya sehari2 lebih tenang.
  Jawaban : Bagusnya makan makanan yang bergizi mbak, perbanyak buah dan sayur. Nah sambil mengelola emosi dengan makan, emosi juga perlu dibantu kelola dengan melakukan hal lain. Relaksasi nafas ringan atau olahraga seperti yoga juga membantu untuk mengelola emosi.
15. Dian 30thn asd ph dri palu
  knp saat sy masuk swalayan, mal, atau dt4 umum lainnya tiba2 pusing, sesak, ketakutan, jd panik, n kakiku sprti mw mati rasa
  Jawaban : Mungkin mbak pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan atau trauma saat berada di swalayan?
 

 

Tidak dok
  Jawaban : Kenapa ya bisa demikian.. mungkin nanti setelah ini bisa konsultasi lanjutan nih untuk tahu penyebabnya. Namun ketika cemas seperti tadi bisa dibantu untuk mengurangi reaksi fisik seperti sesak dan pusingnya, dengan tarik nafas panjang dan hembuskan perlahan, hingga nafasnya lebih teratur dan merasa tenang.
16. Sy Handini 31th, Tangsel.. TR Severe IPAH
  Dr semua pertanyaan memang emosi mempengaruhi, apakah ada tips yg bs meningkatkan mood kita dok krn dikit2 sk tiba2 sedih gak jelas.
  Jawaban: Meningkatkan mood, tipsnya adalah dengan memikirkan hal hal positif, mensyukuri apa yang terjadi hari ini, melakukan hal-hal yang menyenangkan. Terkadang kita terlalu fokus dengan hal negatif padahal masih banyak hal positif dan yang bisa kita syukuri
17. Titie dr Depok.. PH primer
  Sy sejak sakit ini tidak bisa mendengar suara kencang atau bentakan/teriak. Rasanya jantung nyuuuuutt gitu dok dan kringat dingin
  Jawaban : Ini mungkin karena kondisi sakitnya ya bu.. mungkin nanti dokter yang jawab
18. Widiya ningsih, 36th, caregiver dr bayi 5 bln dg ph primer
  mau tanya:

1.bagaimana mmbedakan antara stress dgn sakit/tdk nyaman pd bayi?

2. Bayi sy bnr2 tdk mau ditinggal pergi ibunya,selalu nangis kenceng klo lepas dr saya..bgmn mengatasinya?

  Jawaban: Kembali lagi ke konsep sehat bu, sehat itu tidak hanya karena fisik saja, atau mental saja. Semuanya saling berhubungan. Karena tidak nyaman dengan tubuhnya yang sakit, ia akhirnya merasa stress dan membuatnya lebih rewel. Apalagi saat ini masih 5 bulan, dia masih sulit menjelaskan apa yang dirasakan dengan jelas sehingga cenderung mengungkapkannya dengan tangisan.

Nah bayi bisa loh diajak komunikasi, ajak ngobrol saja. Adek sakit ya, tidak nyaman ya.. tetap semangat ya dek. Atau kalau mau pergi atau dilepas, jelaskan, adek ibu mau pergi sebentar, nanti kembali lagi, yang anteng ya.. walaupun belum paham sepenuhnya, namun jika sering diajak bicara seperti ini anak akan terbiasa. Ini juga bisa untuk melatihkan emosi anak sejak dini.

   

 

 

Pesan dari narasumber  :

Sehat itu ternyata hubungan antara fisik, mental dan sosial. Makanan hanya salah satu cara untuk menjaga sehat mental, namun tidak menampik bahwa masih banyak caranya. Jadi meskipun sudah makan bergizi namun masih merasa kurang sehat, bisa melakukan cara lainnya, seperti olahraga, tidur cukup, meditasi ringan, berinteraksi sosial dan masih banyak lagi.’

By | 2020-08-22T04:01:17+00:00 August 22nd, 2020|Awareness PH, Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat