KULWAP (Kuliah Whatsapp)-Mengenal-Diet-Mediterania-Dan-Diet-DASH

//, Kuliah lewat WhatsApp/KULWAP (Kuliah Whatsapp)-Mengenal-Diet-Mediterania-Dan-Diet-DASH

KULWAP (Kuliah Whatsapp)-Mengenal-Diet-Mediterania-Dan-Diet-DASH

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silahkan hub admin  08112511099

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

KULIAH WHATSAPP  (kulwapp)

 

  • PENGUMUMAN KULWAP GIZI
  • Rabu, 29 Juli 2020
  • Pkl : 20.00 – 21.15 WIB
  • Tema : Mengenal Diet Mediterania Dan Diet DASH
  •  PPT DIET MEDITERANIAN dr. nadiyah (1)
  • Narasumber : dr. Nadiyah Wijayanthie, M.Gz
  • Tempat : Grup Kulwap YHPI
  • Moderator : Amidayana

 

Pertanyaan dan Jawaban Kulwap

 

1 Weni 30th jogja
  1.bagaimana bahan dietnya jika di lakukan dgn bahan dan lidah Indonesia😅.

2. Menu atau pola makan seperti apa untuk mengurangi perut buncit?

3. Amankah diet dgn obat/teh yg di jual di pasaran?

  Jawaban: Sama saja dengan makanan sehari-hari : sayur, buah, kacang, biji-bijian, polong, kentang, gandum, roti, herba, rempah, ikan, dan seafood. Hanya saja didalam diet mediterania dan DASH kita mengganti minyak goreng yang biasa kita gunakan dengan minyak zaitun yang kaya akan MUFA sehingga lebih sehat. Minyak zaitun yang di pakai di tambahkan pada salad sayur-sayuaran dan buah yang akan kita makan.

Mengurangi makanan yang di goreng jadi bisa di rebus dengan bumbu2 atau rempah2 saja. Indonesia juga kaya akan rempah2 dan bumbu2 yang lezat bisa kita gunakan…bisa di sesuaikan dengan lidah kita….sesuaikan dengan porsi saja.

•          Dengan mengkombinasikan diet mediterania dan diet DASH ini bisa secara tidak langsung mengurangi perut Buncit dan menurunkan berat badan menjadi ideal karena kita makan secara sehat.

•          Untuk keamanan teh / obat diet dipasaran tidak terjamin….pilihan diet yang terbaik adalah perubahan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan, olah raga teratur dan selalu berpikir positif.

2 dyah , umur 35 th, diagnosa CTEPH + CVI , domisili madiun
  1. Bagaimana konsumsi frozen food baik yg sudah olahan (spt nugget) atau yg bukan olahan (seperti daging, ikan dan ayam beku) utk pasien PH

2. Misal bukan frozen food tp menyimpan bahan makanan dlm jangka waktu lama di kulkas (misal 1 minggu) bagaimana efek nya utk pasien PH

  Jawaban:

Frozen food tidak baik untuk pasien PH karena biasanya pada makanan

1. Tinggi sodium

Frozen food mengandung natrium yang cukup tinggi, yaitu 700-1800 mg. Oleh karena itu, mengonsumsi terlalu banyak frozen food bisa berisiko meningkatkan tekanan darah

2. Kurang serat dan tinggi lemak

Biasanya makanan frozen food kurang serat dan tinggi lemak. Mengolah frozen food juga biasanya dengan cara digoreng.

•          menyimpan bahan makanan dlm jangka waktu lama di kulkas (misal 1 minggu) bisa berakibat

1. banyak zat gizi yang hilang atau rusak dalam makanan padahal kita membutuhkan vitamin dan mineral

2. Penyimpanan makanan di freezer yang lama dapat terjadinya pertumbuhan bakteri. Beberapa jenis bakteri yang dapat tumbuh misalnya listeria monocytogenes dan salmonella enterica sering ditemukan pada daging dan ayam mentah.

3. Eka 27th gresik
  1.Saya pernah sesek banget dan kuku biru,,saya gk tau bener ato nggak tp pas itu saya habis makan anggur banyak

2. Pernah makan semangka juga banyak kayaknya,, habis itu agak lama dikit lemes dan kalo gk salah sampai sesek gk nahan

3.pernah sesek gk nahan lg sampai masuk IGD dan mungkin juga karna habis

makan pedas…

Apakah bener dokter 3 makanan ini berpengaruh kebadan saya dan kenapa ya dokter?

  Jawaban: Kemungkinan sesak berat bisa dari jantung, saluran nafas atau bisa juga dari asam lambung. Perlu pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari sesak nafas tersebut. Apalagi kalo sampai biru apakah dari tersedak atau dari sakit PH nya atau ada sakit asma atau sakit lain.
4. Ike 40th jogja ph primer.

Tolong ty dokter:

1. Saya ada aritmia. diet yg cocok utk sy yg mana yaa dok?

2. Utk madu apakah boleh diminum bersama dgn obat, atau hrs ada jedanya seperti kalau mkn buah?

3. Utk ubi, kentang itu apakah menimbulkan gas? Soalnya kalau mkn itu sy merasa agak sesak.

Trimksh byk dokter🙏

  Jawaban: Terimakasih ibu Ike pertanyaanya…Aritmia adalah salah satu gejala dari penyakit jantung…perlu konsultasi dengan dokter jantung masalah aritmianya untuk mendapat terapi obat dan terapi lain yang sesuai. Untuk diet pada penderita jantung adalah kurangi garam, makanan berlemak, aktifitas fisik sesuai kondisi bisa di terapkan Diet DASH/Diet mediterania ini

Madu tidak apa diminum dengan makan buah, bisa diminum bersamaan dengan obat.

Iya betul kalo ubi dan kentang bisa menyebabkan produksi gas berlebih dalam usus. Jadi dibatasin saja konsumsinya bila merasa tidak nyaman.

5. Devi 28th domisili jogja diagnosa Asd ph

1. Dok buah dan sayur  apa saja yang paling baik untuk kasus saya?

2. Bagaimana solusi nya kalau perut terasa lapar di malam hari, bolehkan makan karbohidrat?

3. Boleh kah makan nuget dan baso daging ?

  Jawaban: Selamat malam Devi

1. Buah dan Sayur apa saja boleh di makan dengan porsi masing-masing 4-5 kali sehari

2. solusi nya kalau perut terasa lapar di malam hari lebih baik makan buah atau sayur saja…

3. makan nuget dan baso daging lebih baik buat sendiri saja jadi tidak terlalu banyak garam dan tidak ada pengawet nya

6. Endah 34 th dari cirebon

1. Apakah mengganti garam dengan garam himalaya bisa menjadi alternative pilihan pada pasien dg PH

2. Berapa liter air yg aman di konsumsi  perhari oleh pasien dg PH

  Jawaban : Halo Endah

1. mengganti garam dapur dengan garam himalaya bisa menjadi alternative pilihan pasien PH akan tetapi kandungan garam pada garam Himalaya sepertiga dari garam dapur jadi tetap harus di hitung…jangan sampai konsumsi garam berlebihan

2. Konsumsi air yg aman perhari oleh pasien dg PH sekitar 20-25 ml/kgBB kalo BB 50 sekitar 1000-1250 ml sehari….

7. devi umur 36 thn dari bukittinggi,di agnosa vsd dan ph,

yg saya tanyakan,bagai mana cara diet sehat bagi penderita ph,karna aku gemuk,agar bisa kurus apa yg baik aku kosumsi agar bisa kurus dan ngk sesak klau jln.

  Jawaban : Terimakasih devi , boleh dicoba diet Mediterania dan diet DASH ini untuk mengontrol hipertensi dan untuk mengurangi berat badan…banyak konsumsi buah dan sayur…kurangi makanan berlemak, aktivitas fisik dan kurangi stres

 

8. iin asd vsd ph 20tahun Mau tanya dok,

Menu apa aja yg boleh bagi pasien post oprasi apa kah bebas makan apa saja?

  Jawaban : Terimakasih Iin,

Biasanya makanan yang dianjurkan untuk pasien setelah operasi adalah yang tinggi protein sehingga luka jahitan cepat kering dan kondisi pasien cepat pulih kembali

Makanan yang harus di hindari makanan tinggi lemak jenuh seperti jerohan, terlalu banyak garam, makanan kaleng, fast food….karena selain tidak sehat buat jantung juga dapat menyebabkan hipertensi

9. Wanjannati dari Batam sy PDA –ph Dan sy jg ada mioma

Slama ini sy memang jg mkn yg fast food ..penyedap..ayam

Sy ..sy minta saran makan yg pas buat sy ..agar perkembangan mioma ay tdk membesar..dan tidak pula mganggu ..kondisi jantung dan pH sy .. terimakasih.. wasallam..

  Jawaban : Wa’alaikumsalam

Bu wanjannati…. untuk kondisi mioma perlu dikonsultasikan ke dokter  onkologi apakah perlu di terapi lanjut atau tidaknya…. untuk mengurangi naiknya tekanan darah sebaiknya mulai merubah pola hidup menjadi lebih sehat Dengan diet Mediterania dan diet DASH jadi mengusahakan makanan banyak buah sayur, makan makanan yang masih segar, mengurangi makanan fast food, mengurangi makanan yang berlemak, mengurangi konsumsi garam, mengelola stres, dan beraktivitas fisik….

 

10. Handini, 31th – Tangsel (IPAH, TR Severe, GERD/Maag)

Sya ingin menanyakan, Semenjak sakit PH, saya jadi sensitif dengan makanan pengawet dan yg ber-MSG (contoh: Chitoz, lays, indomie, popmie, dll) bahkan kl mama sy masak dikasih royco/masakopun jg badan sy bereaksi jd pusing, batuk2 sesak. Pdhl sblm divonis, sy baik2 sj makan makanan itu.. kenapa ya dok?

Terima kasih

  Jawaban: Halo Handini salam kenal juga 😊, sebaiknya memang harus  mengurangi makanan yang ber pengawet dan yg ber-MSG (contoh: Chitoz, lays, indomie, popmie, dll) karena dapat meningkatkan tekanan darah terutama tekanan arteri pada paru….bisa jadi gejala batuk dan sesak…. Sebelumnya mungkin Handini belum merasakan gejala2 tersebut karena mungkin masih masih bisa dikompensasi oleh tubuh. Mulailah pola hidup sehat dengan mengatur pola makan, aktivitas fisik, mengelola stres dan minum obat yang diberikan oleh dokter
11. Umi Asd Ph Dari Jogja.

Mau menanyakan berkait dari kesimpulan pd materi. Diet tsb dpt menurunkan tkanan darah .

Bagaimana porsi yang pas buat saya yg memiliki tek  darah rendah yg biasanya 70an-80-90. Agar ttp bisa mlakukan diet tsb..

  Jawaban : Selamat malam umi sebenarnya dalam diet Mediterania dan DASH tersebut terdapat anjuran untuk pola makan yang baik, aktivitas fisik dan mengelola stres. Hal tersebut adalah salah satu upaya agar tekanan darah terkontrol dengan baik tidak cepat naik sehingga akan menimbulkan peningkatan darah. Penerapan diet ini akan menjaga agar tekanan darah bisa turun. Kalo masih dalam batas normal akan lebih baik dipertahankan pola hidup sehatnya. Kalo umi tekanan darahnya turun dibawah normal coba konsultasikan ke dokter jantung apakah ada obat yang perlu dikurangi dosis nya atau ada masalah lain yang terkait.
12. Dini ortu dr Siti Marwah 2 thn, post ASD closure + PH mild,

apakah diet dash dpt meningkatkan berat badan pada anak?

  Jawaban : selamat malam bu Dini ortu dr Siti Marwah 2 thn, Diet dash tidak dirancang untuk meningkatkan berat badan anak….saya sarankan ibu mengonsultasikan masalah gizi anak ke dokter anak dan dokter jantung anak karena pada anak butuh mengejar tumbuh kembangnya juga
13. endah dr Cimahi, asd+ph

Menu kacang- kacangan apa aman utk penderita asam urat?

  Jawaban : Selamat malam Endah… terimakasih pertanyaan nya….untuk penderita asam urat disarankan untuk tidak makan makanan yang banyak mengandung purin. Makanan yang banyak mengandung purin tidak hanya pada kacang-kacangan tetapi semua makanan yang mengandung purin harus dikurangi seperti jerohan, daging merah, dan seafood…
14. Ibu Anis 45 thn ASD- PH

boleh nggak ya kalau tensi rendah konsumsi daging kambing ?

  Jawaban : Selamat  malam ibu Anis 45, daging merah seperti daging sapi atau kambing boleh saja dikonsumsi hanya saja dibatasin konsumsinya dan cara memasaknya harus diperhatikan untuk tidak menambah banyak garam dan santan, bisa ditambahkan sayur dan buah-buahan disetiap masakan/ makanan
15. Koes dr jogja 53 th. diagnosa ASD-PH.

1.buah apa atau makanan apa yg baik saya kosumsi agar kondisi mata saya tetap sehat nggak cepat lelah/bruwet. krn saya ada minus & silinder.

dan untuk perangsang pendengaran saya..

yg kadang terganggu klu dah lelah alias tdk dengar…

2. berapa lama sayuran dan buah2an,bahan2 makanan,daging ikan dll sebaiknya dlm Kulkas/pendingin.

dan bagaimana cara penyimpanan yg Aman dok…biar tdk kemasukan bakteri.

  Jawaban :

1. Makanan yang baik untuk dikonsumsi agar mata tetap sehat adalah yang mengandung vitamin A seperti wortel, buah-buahan yang berwarna….bila tubuh lelah sebaiknya beristirahat karena itu ada alarm tubuh untuk beristirahat

2. Berapa lama makanan tahan dipendingin atau freezer tergantung jenis makanan dan cara mengemasnya sebelum masuk kedalam kulkas…jadi dicuci bersih dulu sebelum masuk ke kulkas

16 Weni

1.apa diet mediterania dan dash ini hanya utk pasien ph atau dgn penyakit jtg saja?

2.di materi ada  disitu ditulis banyak ikan. Berarti seafood baik ya dok?

3. MUFA itu apa dok?

  Jawaban : 1. Bisa diterapkan oleh semua kalangan karena baik untuk kesehatan jantung….jadi yang sehat bagus karena bisa menjaga kesehatan

2. Seafood baik akan tetapi porsinya juga….sesuai porsi saja dan penyajiannya di tambahkan dengan sayur dan buah serta kurangin garam

3. MUFA adalah monounsaturated fatty acif atau asam lemak tak jenuh tunggal….

17 Dian 30thn asd ph dri Palu.

Pertanyaan sy dok mkanan apa yg bs dkonsumsi pnyakit sperti sy spya bs berisi badannya soalx sy kurus skali. Trus kl sy sering mkn sesak kl sy gk sering ngunyah perut sy nyeri smpai pusing n mual… Mohon solusinya🙏🏻

  Jawaban :

Malam Dian, kalo terlalu kurus sebaiknya makan lebih di tekankan ke makanan yang berprotein tinggi seperti daging, telur ayam…makan porsi kecil tapi lebih sering…bisa ditambahkan multivitamin…atau konsultasi ke dokter gizi saja agar lebih bisa dipantau kenaikan berat badannya

18 Eka 27th

Berarti ini bukan karna dari anggur,semangka ato sambel ya dok?

kalau ttg mengelola makanan di indo bgmn cara mengaplikasikan nya mengingat bumbu2 nya banyak yg asing dok?

  Jawaban : Ya biasanya dari lambung yang memproduksi asam lambung berlebihan sehingga menjadi sesak nafas…jadi masuk makanan malah memperparah lambungnya….minum obat lambung dulu saja sebelum makan untuk mengurangi gejala
19 Ike

Bedanya diet mediterania dan diet Dash apa ya dok

  Jawaban : Diet Mediterania adalah pola makan orang2 Mediterania yaitu Yunani dan sekitarnya….diet DASH adalah pola makan yang di formulasikan oleh NIH (National Institute of Healt) untuk mengobati hipertensi…
20 Riza 29th jogja

Menyambung dr jwb ini dok..

1.Bagaimana Maksud dari kandungan garam pada garam himalaya sepertiga dari garam dapur? Jd porsinya penggantiannya bagaimana? Misal garam dapur seperempat sendok kemudian diganti garam himalaya jd berapa sendok? Apa pemakaiannya bisa lebih banyak daripada garam dapur atau tetap sama saja?

2. Kalau konsumsi minyak ikan apa boleh dok?

3. Susu rendah lemak yg bagus yg bagaimana dok? Dan porsinya bagaimana agar konsumsi air tidak berlebihan jg?

  Jawaban: 1. Iya tetap harus dihitung maksimal 3/4 sendok teh sehari kan atau 1500 mg per hari…dalam garam Himalaya mengandung 420 mg Natrium jadi di hitung saja dalam sehari kita kira2 makan garam berapa…bisa lebih banyak tapi tetap harus berhati-hati juga

2. Minyak ikan boleh dikonsumsi dihitung juga porsi minyak dan lemak

3. Iya lebih baik susu rendah lemak…dihitung saja berapa ml yang diminum ditambah konsumsi susu ditambah dari kuah sayur dll

22 Widiya, ibu dr bayi 5 bln ph primer.

Menjelang 6 bulan, sy berencana memasukkan minyak zaitun dlm mpasi pertama anak sy, biasanya sy menggunakan makanan keluarga yg dilumatkan/blender, klo ingin menambahkan minyak zaitun apakah cukup ditambahkan setelah mpasi sdh lumat?dan berapa sebaiknya takaran minyak zaitun  yg tepat dlm sehari?(bb anak sy msh dibawah 5 kg).trus ada yg menyarankan untuk memberikan krill omega untuk mempercepat kenaikan bb, apakah itu aman diberikan pd bayi 6 bln dg ph?

  Jawaban :

Terimakasih Bu Widiya pertanyaannya…untuk anak lebih baik memberikan makanan yang lebih mudah dicerna seperti protein….penambahan minyak zaitun dan krill lebih baik di konsultasi kan dulu ke dokter anak saja

23 Jumilah ASD ph Pasuruan

Buah dan sayur  apa aja yg baik utk penderita asam urat dok

  Jawaban :

Untuk asam urat masih banyak buah dan sayur yang bisa dimakan, contohnya

Sayur:kol merah, paprika, wortel,  selada, kale, mentimun, kentang

Buah: jeruk, kiwi, ceri, lemon, tomat

 

 

By | 2020-08-22T04:10:56+00:00 August 22nd, 2020|Awareness PH, Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat