KULIAH -WHATSAPP – (kulwapp) -Tema : – Tanya-Jawab -Seputar- Hipertensi -Paru

//, Kuliah lewat WhatsApp/KULIAH -WHATSAPP – (kulwapp) -Tema : – Tanya-Jawab -Seputar- Hipertensi -Paru

KULIAH -WHATSAPP – (kulwapp) -Tema : – Tanya-Jawab -Seputar- Hipertensi -Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silahkan hub admin  08112511099

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

KULIAH WHATSAPP  (kulwapp)

  • Minggu, 9 Agustus 2020
  • Pkl : 18.00 – 19.15 WIB
  • Tema : Tanya Jawab Seputar Hipertensi Paru
  • Narasumber : Dr. Lucia Krisdinarti, Sp.PD, Sp.JP(K), FIHA
  • Tempat : Grup Kulwap YHPI
  • Moderator : dr Novi dan Ririe

 

1. Nama : Valerie Diagnosis : VSD, ES, PH Asal : Bandung
Pertanyaan :

1. Kasus PH yang sudah eisenmenger dan bidirectional shunt mengapa lebih baik tidak operasi?

2. Apakah dengan terapi obat PH (sildenafil maupun dorner) dapat mengurangi bidirectional shuntnya ataupun eisenmengernya?Mohon penjelasannya dokter

 

Jawaban :

1. VSD perimembran yg sudah mengalami sindroma eisenmenger berarti sudah sangat tinggi PH nya dan sudah terjadi penyakit vaskuler paru sehingga menyebabkan aliran berbalik semula dari bilik kiri ke kanan, sudah menjadi  dari bilik kanan kekiri dan biasanya pasien sudah biru ( kandungan oksigen darah menurun). Pada kondisi ini penutupan VSD justru berbahaya karena ketika aliran sudah normal kembali  daya dorong darah yg melewati pembuluh paru jadi menurun. Akan terjadi low output dan gagal jantung kanan. Kondisi spt ini yg paling dengan pemberian obat penurun tekanan paru saja seperti sildenafil  20 mg 3×1, bisa dikombinasi dgn dorner

2. Pemberian obat ini bisa menurunkan bidirectionalnya

2. Nama : Sapto Oktaviana Diagnosis : ASD PH Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

1. Apakah yg dimaksud non-reaktif terhadap oksigen saat kataterisasi? Apakah hal ini bs diperbaiki dg terapi oksigen setiap hari?

2. Apakah PH yg tdk kunjung turun disebabkan karena kemungkinan tidak adanya respon tubuh terhadap obat2an yg kami konsumsi? Bgmn solusinya?

3. Beberapa mengatakan tdk dianjurkan mengkonsumsi silde dengan teh, dan sebaiknya mengkonsumsi silde dalam kondisi perut kosong, benarkah dok? Atau sdh adakah penelitian/jurnal mengenai ini?

Bgmn sebaiknya mengkonsumsi silde?

4. Apakah mustahil PH membaik/turun jika sdh terjadi sindrom eissenmenger?

5. Apakah sindrom eissenmenger bs diperbaiki/sembuh dg obat2an yg selama ini kami konsumsi?

 

Jawaban :

1. test vasoreaktif dilakukan  saat seorang pasien dilakukan kateterisasi jantung kanan dan ditemukan pasien mengalami hipertensi arteri paru dari data cath. Biasanya dilakukan test oksigen untuk menilai apakah akan terjadi penurunan PH nya . Bila tidak turun disebut non reaktif. Pemberian oksigen bisa menurunkan tahanan paru.

2. PH yg tidak kunjung turun berarti sudah terjadi penyakit vaskuler paru

3. Sejauh ini penelitian yang ada hanya efek konsumsi sildenafil dengan teh hijau (green tea). Dari penelitian tsb, didapatkan kadar obat sildenafil dalam darah mengalami sedikit kenaikan namun tidak berpengaruh secara klinis. Sedangkan utk teh jenis lain belum ada penelitiannya.

4. Kalu sudah eisenmenger biasanya sudah sulit meskipun kadang  masih ada yang bisa tapi jarang yg masih bisa ditutup lubangnya.

5.pasien eisenmenger bisa membaik dengan obat2an, banyak pasien yg secara klinis membaik.

3. Nama : Mela Diagnosis : IPAH Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

1. Apakah Hipertensi Paru bisa menurun ke anak? Mengingat saya mulai ngos-ngosan ketika jalan terutama di jalan yang menanjak/naik tangga itu sebulan setelah melahirkan anak ke-3. Entah hipertensi parunya memang ada sejak saya hamil atau bahkan sebelumnya.

2. Saya sering merasa kaki terasa dingin. Apa solusinya dokter?

3. Akhir-akhir ini saya merasa agak sesak di bagian ulu hati dan tenggorokan. Bagaimana mengatasi nya Dokter?

 

Jawaban :

1.  PH bisa diturunkan pada anak.

2.  Harus dipastikan dulu diagnosisnya.  Kaki dingin kemungkinan sudah terjadi gagal jantung sehingga aliran darah kekaki kurang diprioritaskan oleh tubuh.

3. Menyambung no2 kemungkinan karena sudah terjadi gagal jantung kanan sehingga ulu hati tidak enak karena pembengkanan liver yg terkait dengan PH nya.

4. Nama : Shiela Diagnosis : IPAH Asal : Medan
Pertanyaan :

Setelah selesai operasi gigi dengan bius total anak sy kondisinya drop. pada awal nya saturasi 98 sekarang 85, tekanan sys/dia (87/68) pulse 105. Apabila mandi saja bisa batuk darah. sudah 2 bulan drop dan bed rest. Ingin bertanya sbb :

1. apa penyebab batuk darah dan bagaimana cara menghindari agar tidak batuk darah.

2. apa penyebab mata anak sy terkadang agak kabur.

3.apakah ada efek samping apabila penggunakan oksigen 1 hari 1 tabung kecil  habis digunakan untuk terapi.

 

Jawaban :

1. batuk darah pada PH primer biasanya terjadi karena PH yg sangat tinggi sehingga ada pembuluh darah yg pecah. obat yang diminum apa ?

2. PH primer dapat menyebabkan pandangan kabur karena peningkatan tekanan di pembuluh darah mata. Selain itu penggunaan sildenafil dlm jangka waktu lama juga dapat menyebabkan pandangan kabur meskipun kasusnya jarang. Karena itu bila ada keluhan penglihatan harap dilaporkan saat kontrol agar dapat dilakukan penilaian. Mata agak kabur kemungkinan karena tekanan PH yg sangat tinggi.

3. Penggunaan oksigen yg terlalu tinggi bisa berbahaya. cukup 2-3 ltr/mnt  saja.

 

Tanggapan untuk Jawaban 1 :

Obat yg diminum ini dr. Kris

Sildenafil 25 x 3

Bosentan 62,5 x 2

Furosemide 10 mg x1

5. Nama : Warjilah Diagnosis : ASD PH post op Asal : Wonosari
Pertanyaan :

Saya masih konsumsi sildenafil dan candesartan dan katup saya masih ada sedikit kebocoran. Mau tanya dokter. Kondisi yang bagaimana pasien pH diperbolehkan untuk hamil? Dan kenapa pasien pH sulit hamil? Tks dok

 

Jawaban :

Kondisi PH yg belum eisenmenger bisa dipertimbangkan (ringan sampai sedang) : dokter yg menentukan. orang PH tidak ada kesulitan hamil, tetapi bisanya kalau sudah PH berat malah tidak dianjurkan hamil

6. Nama : Anis Diagnosis : ASD PH Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

TVG ada itu di sebabkan karena apa ya dok? Saat katerisasi pertama PH saya 66 blm ada TVG nya  besarnya lubang 1,8 – 2 cm.  Apakah lubang tsb bisa makin besar ya dok?

 

Jawaban :

TVG  itu pengukuran perbedaan tekanan antara bilik kanan dan serambi kanan dan bisa diukur dengan echocardiografi (USG jantung) bila ada kebocoran katup trikuspid ( katup yg menghubungkan serambi dan bilik kanan). Dari situ bisa diperkirakan tingginya  PH. Hasil pasti bila sudah dilakukan kateterisasi jantung kanan. Dan biasanya lubang ASD tidak bisa membesar  lagi

7. Nama : Mupiyati Diagnosis : ASD post ASO Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

Saya sudah tindakan aso thn 2019 akhir tahun dan masih ada ph. Yang saya tanyakan kaki saya masih sering bengkak dan masih sering ngos-ngosan juga. Bagaimana ya solusinya biar tdk sering bengkak? Dan apakah masih aman kalau saya program hamil lagi karena tuntutan suami.

 

Jawaban:

Kadang  atas dasar perhitungan saat cath  kita memutuskan untuk menutup ASD  nya meskipun PH. sehingga setelah penutupan kita masih meminta pasien untuk tetap kontrol untuk tetap mengkonsumsi SIldenafil dan obat2  untuk gagal jantung kanannya. biasanya kami berikan furosemid dan spironolactone agar tidak bengakak lagi. boleh tidaknya hamil akan saya lihat data terakhir setelah penutupan. kontrol  ya  bu Mupiyati

8. Nama : Dyah Diagnosis : ASD bidirectional shunt+ TR moderate Asal : Trenggalek
Pertanyaan :

Apakah nyeri dada pada pasien hipertensi paru juga berhubungan dengan indikasi Ph yg tinggi dok? Saya sering sekali nyeri dada tapi cenderung tidak pernah sesak. Kondisi ini sering saya alami hingga menjalar ke punggung dan lengan. Saturasi saya cenderung bagus dok rata rata 97-98 sedangkan saya belum penutupan ASD. Keseharian juga stabil masih mampu beraktifitas. Solusi apa yg bisa saya lakukan? Karena dari rsud hanya diberikan ISDN jika nyeri dada terjadi.

 

Jawaban:

Nyeri dada merupakan salah satu gejala dari PH. Bisa terjadi karena peregangan dari pembuluh paru karena aliran terus menerus. Harus dicek dengan echo lebarnya pembuluh darah paru apakah sudah sangat melebar yg bisa menyebabkan nyeri dada.

Jawaban :

9. Nama : Devi Diagnosis : ASD PH Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

1. kenapa setiap saya minum sildenafil itu terasa mual serasa mau muntah dan sesekali pusing?

2. Kenapa setiap kali saya makan kenyang itu jantung saya terasa semakin berdebar debar dan sesek yah dok?

3. Apakah saya harus mengurangi minum (air) dan garam?

 

Jawaban:

1. Mual muntah pusing itu merupakan efek samping sildenafil. cara mengatasi  dosis dikurangi kemudian dinaikkan bertahap.

2. kalo kita makan sp kenyang maka aliran darah akan terkonsentrasi ke usus  sehingga jantung bekerja  keras   dengan cara meningkatkan detak jantungnya sehingga mb Devi merasa berdebar. saran : makan dengan porsi kecil tapi beberapa kali.  bila bengkak  maka minum diatur (6-7 gelas /hr, sekitar 1500 cc/24 jam). BTK

10. Nama : Tedja Purnama Diagnosis : IPAH Asal : Jakarta
Pertanyaan :

Riwayat medis:

– 2001 stroke dgn Hb 20,Hct 70 dan INR 0,78

– 2005 polysitemia vera & DVT di plebotomi sampai 2011

– 2011 jantung koroner

– 2012 ppok

– 2013 hipertensi paru

– 2019 terkena stroke yg ke 10

Daftar obat saya: concor, sildenafil, dorner, valsatran, simarc 2, herbeser, hydroxyurea, lansoprazole, ator vastatin, isdn, nitrocap, allupurinol, recopar, brilinta, flumusin, folic acid, spiriva, symbicort, ventolin, vit b1, b6, b12, C dan D.

Yang saya tanyakan belakangan ini saya cepat lelah dan kalau makan sering tersedak, saat kontrol  bbrp hr yll saya dilakukan test tensi yaitu posisi duduk, tidur dan berdiri. Ketiganya berbeda katanya dokter karena kurang garam dan buat sy berbahaya bila kekurang garam. Mohon penjelasannya dok apa benar?

 

Jawaban :

Bapak ini PH primer atau PH karena PJB ya. Beberapa kondisi terjadi karena HB yg sangat tinggi (polisitemia). Perbedaan Tekanan Darah dari berbagai posisi ini dimungkinkan juga karena konnsumsi obat darah tinggi yg ada beberapa biji (valsartan, herbesser, concor, ditambah sildenafil dan dorner. Pada orang tua juga sering terjadi gangguan elektrolit yg pasti harus dikoreksi. Saran saya setiap perubahan posisi harus disertai dengan diam sejenak sebelum bergerak berikutnya. Berarti bisa karena konsumsi obat darah tinggi bbrp macam pak. Bukan murni karena mengurangi garam.

11. Nama : Syifa Diagnosis : ASD PH Asal :
Pertanyaan :

1.Pada saat operasi disisakan lubang 3mm alasan krn pd saat op tekanan seluruh tubuh naik jd mencegah hal yg tdk diinginkan. Apakah lubang yg disisakan bisa menutup dgn sndirinya atau apakah bisa berpengaruh melebar kembali seiring usia bertambah?

2. Akhir2 ini jg bbrp kali mengalami sesak sedang tidak berat dibagian dada kiri tp cukup mengganggu aktifitasnya. Apa yg mesti dilakukan dlm keadaan demikian apakah perlu pemberian oksigen?

Jawaban :

ASD PH yg dilakukan operasi dan disisakan 3 mm pertanda bahwa tekanan dan tahanan parunya cukup tinggi. Kadang lubang bisa menutup sendiri meskipun kita sebenarnya malah menginginkan lubang itu tetap terbuka. Putri ibu harus di cek berkala, biasanya echo setiap 6 bulan dan jalan 6 menit juga,kemudian nanti pengobatan disesuaikan dengan  hasil echo. Kontrol rutin ya mbak Syifa . Trima kasih

Jawaban :

12. Nama : Eny Diagnosis : ASD PH Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

Sy rencana operasi ASD closure. Dari Poli THT dan Poli Paru sdh beres. Namun hasil gigi tgl 23 juni 2020 dilakukan tindakan OD pada gigi geraham tapi terjadi infeksi pipi bengkak dan ada pus. Informasi dari dokter gigi ada komorbid fokal infeksi di gigi geraham yg butuh pengobatan 3-6bln.  Pertanyaan saya: Kondisi gigi seperti itu Kpn kah sy aman untuk bisa dioperasi dokter?

 

Jawaban :

Operasi penutupan ASD merupakan operasi cukup besar dan memerlukan kondisi yg bebas infeksi ( biasanya gigi, paru, THT  yg di cek). Apabila masih ada kendala infeksi gigi ya hrs disembuhkan dulu infeksinya baru kita persiapkan operasinya. Intinya kita mengatasi sedapat  mungkin penyulit operasi.

13. Nama : Januri Diagnosis : VSD PH Asal : Solo
Pertanyaan :

Saya Januri dari solo. Saya mau tanya apa vsd itu juga berngaruh sama gigi. Karena gigi sering sakit kalau batuk dan habisam jalan sering ngos-ngosan. Tks

Jawaban :

VSD  tidak berpengaruh pada gigi pak. Sebaliknya infeksi gigi bisa meneyebabkan masalah bila mempunyai VSD, bisa menyebabkan terjadinya infeksi di jantung. sedangkan ngos2an itu terjadi karena PH yg sudah tinggi sehingga kadungan oksigennya kurang dan mungkin sudah terjadi gagal  jantung kanan.  obat2  dilanjutkan ya pak. Terima kasih

14. Nama : Titi Diagnosis : IPAH Asal : Depok
Pertanyaan :

Dok mau tanya olahraga apa yg di perbolehkan utk penderita PH?

 

Jawaban :

Olah raga paling aman jalan kaki 3-5x perminggu, durasi 30 menit setiap sesi latihan.  tahap awal bila tidak kuat full 30 menit sekali latihan bisa dibagi 2×15 menit dengan istirahat 5-10 menit atau 3×10 menit.

15. Nama : Wanjannati Diagnosis : PDA PH Asal : Batam
Pertanyaan :

Sy ada mioma.Operasi pengangkatan katanya resiko. Dokter kandungan saranin utk suntik hormon agar saya menopause dini. Apakah suntik hormon berpengaruh terhadap jantung dan pH nantinya dok? Apa yg harus sy lakukan?  Trimakasih

Jawaban:

Harus dipastikan dulu PH nya seberapa tinggi. sudah dilakukan kateterisasi jantung kanan ? kapan ? bagaiman hasilnya ?   bila  sangat tinggi memang risiko untuk operasi dng bius total. terapi hormonal juga kurang menguntungkan untuk PH nya. Harus dipertimbangkan apakah mioma nya memang sudah mengganggu BAK dan BAB. perlu data yg lebih lengkap untuk memberikan saran.

16. Nama : Devi Diagnosis : ASD PH Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

Dok, kalau ASD PH apakah tidak boleh makan pedas? Karena setiap kali saya makan  pedas itu jantung berdebar makin kuat dan ampek.Terima kasih

 

Jawaban :

Hubungan langsung makan pedas dan PH kayaknya tidak ada. Ya dijaga sendiri saja supaya tidak terjadi hal2  yg kurang diinginkan misal diare dsb.

17. Nama : Dyah Diagnosis : CTEPH + CVI Asal : Madiun
Pertanyaan :

1. Punggung belakang sebelah kiri terasa berat apakah itu krn PH?

2. Setiap dini hari dan pagi hari sy selalu mengeluarkan dahak. Awalnya encer tp sejak awal 2020 dahak maaf jd kental spt jelly dok. Kalau pas capek dahak bercampur darah (awalnya dulu batuk darah). Apakah itu ada hubungan dgn emboli paru saya ya dok? Saya konsumsi obat saat ini sildenafil 3×50 mg dan notisil.Terima kasih dokter…

 

Jawaban:

Diagnosis CTEPH dari mana? Sudah diperiksa apa saja waktu itu? Ya, CTEPH  memang bisa menyebabkan batuk darah terutama bila PH nya sudah sangat tinggi. Obat yg diminum sudah betul cuma hati2  Noticil  juga bisa menyebabkan batuk darah. Nampaknya perlu tindak lanjut. Selama ini periksa dengan dokter siapa? Kapan2  bisa kontrol ke Sardjito ketemu saya.  Terima kasih

18. Nama : Bagas Diagnosis : ASD PH Asal : Banyumas
Pertanyaan :

1. Apakah penderita kjb dan ph akan ada kemungkinan diturunkan kepda anaknya? Biasanya timbul gejala sprti apa dok dan dalam rentang umur brp  gejala mulai terlihat dok?

2. Untuk ibu2 yg menderita asd ph dg ada anak atau bayi,apakah ada screening rutin mungkin sperti echo ato yg lainnya untuk anaknya dan dimulai umur brp dok?

3. Kemudian dikatakan tvg normal, ringan sedang atau berat itu berapa dok? Terima kasih dokter sebelumnya

 

Jawaban :

1. PJB bisa diturunkan ke anaknya. Ada beberapa kasus yg kita sudah temukan. tergantung jenis PJB nya muncul keluhan. ASD bisa tdk muncul gejala sp umur 20 th an. biasanya muncul keluhan kalo sudah ada PH.

2. skrining PJB sedang kita usulkan untuk dilakukan bersamaan dengan kegiatan UKS bagi anak klaas 1 SD yg baru masuk, semoga bisa dilaksanakan.

3. TVG normal < 30 mmHg

19. Nama : Rina Sugesti Diagnosis : VSD post op Asal : Yogyakarta
Pertanyaan :

1. setelah saya lahiran thn 2014 muncul ph. Tahun 2018 operasi ke 2 ph 114. Tahun 2020 ph 26. Apakah ph 26 itu sdh dinyatakan sembuh dari PH? Sudah 1,5 bln lepas silde apakah masih harus evaluasi?

2. Apakah sdh dperbolehkan promil?  Terimakasih.

Jawaban :

1.PH 26 itu normal, evaluasi tetap dilakukan paling tidak setahun sekali.

2.Promil itu hamil maksudnya ?  Boleh.

20. Nama : Devi Diagnosis : VSD PH Asal : Bukittinggi
Pertanyaan :

Saya mau tanya, bagaimana cara meningkatkan saturasi dalam tubuh saya ini? Padahal saya sdh terapi oksigen tiap hari,ambil nafas tiap pagi,tapi belum jg naik2.

 

Jawaban :

Apakah sudah dilakukan kateterisasi jantung kanan ? Bagaimana hasilnya ? Apakah sudah mendapat obat sildenafil ?

 

 

 

21. Nama : Sumarni Diagnosis : IPAH Asal : Bogor
Pertanyaan :

Selamat siang dok,saya Sumarni tinggal di Sentul city,anak saya Basman usia 11 tahun pH primer,sekarang sedang kambuh  biru2 ,batuk,dia selalu mengeluh capek dan mual jadi makan pun susah apa yang harus saya lakukan dok? Terimakasih dok

 

Jawaban:

Tidak ada PJB nya ya, sudah di kateterisasi jantung kanan? Bila sudah tegak PH primer dari echo dan kateterisasi jantung kanan berarti harus pengobatan terus menerus ya dengan sildenafil.

22. Nama : Awi Diagnosis : VSD PH Asal : Aceh
Pertanyaan :

Mau tanya dok apakah biderectional itu di sebabkan krn PH? Apa biderection bisa di normalkan kembali? Dan apakah tekanan pari  tinggi di pengaruhi karena PH tinggi? Tks

 

Jawab :

Bidirectional itu karean VSD nya sudah mengalami komplikasi PH yg kemungkinan besar tekanan dan tahanan dah sangat tinggi sehingga terjadi kesamaan tekanan di bilik kanan dan kiri akibatnya aliran nya menjadi bidirectional (2 arah). PARI yg tinggi karena PH yg tinggi. Terima kasih

23. Nama : Sri Hoeriah Diagnosis : ASD PH Asal : Cianjur
Pertanyaan :

Saya PH ASD mau bertanya dok apa mencuci pakaian dengan tangan akan pengaruh thdp ph saya dok? Karena saya mencuci tiap hari. Tks dok

 

Jawaban :

mencuci nya tidak ada pengaruhnya tetapi aktivitas fisik yg berlebihan itu yg akan menyebabkan sesak bertambah. aktivitas fisik harus diukur sesuai kemampuan. trim kasih.

24. Nama : Iin Diagnosis : ASD VSD PH Asal : Wonosobo
Pertanyaan :

Mau tanya kenapa kemarin setelah operasi kok dada saya masih sering berdebar ya dok. Apakah karena efek lubang yg belum di tutup semua atau karena pH yg masih tinggi?

 

Jawaban :

slmt malas mb iin dng ASD VSD post op dng lubang disisakan sedikit ya. apakah ada gangguan irama jantung waktu itu ya ? kalo tidak ada mungkin perlu tambahan obat seperti bisoprolol untuk menurunkan detak jantungnya. saat kontrol dokter akan menambahkan obat  tersebut. trim kasih

25. Nama : Rita Diagnosis : ASD PH Asal : Padang
Pertanyaan :

Dok kenapa saya sering pusing,apa itu ada kaitannya dgn ASD+pH? Misal saya jln sendiri rasanya pusing dok. Apalagi jalan diruangan besar atau lepas itu rasanya saya nggak berani rasanya tiba2 pusing.

 

Jawaban :

Apakah saat ini mengkonsumsi obat Dorner/ Sildenafil ? kedua obat itu salah satu efek smpingnya pusing. apabila bila kedua obat itu dikonsumsi semua. salah satu cara adalah mengurangi dosis dulu dan memberi jarak minum antara kedua obat tersebut . trima kasih

26. Nama : Dewi Septi Diagnosis : PDA Asal : Bekasi
Pertanyaan :

1.untuk kateter itu biasa nya jangka waktu nya brpa th dr kateter yg pertama?

Soal nya Slama ini sy rawat jalan nya di rsud bekasi. Dan klo evaluasi baru ke rsup.sardjito.

2.tensi sy juga suka naik turun, apakah ada kaitan nya dg Ph nya juga ?

 

Jawaban :

evaluasi dengan kateterisasi jantung secar teori 6 bln-12 bulan stlh pengobatan. tapi saya bisanya melihat dari hasil echo dulu. bila PH nya masih tinggi sekali biasanya belum saya kateter ulang karena kemungkinan PH nya dan PARI nya belum turun juga. obat2 PH berpengaruh terhadap tekanan darah sistemik makanya biasanya penderita PH biasanya TD nya sekitar 90/70 an  tapi mereka tetap bisa beraktivitas  biasa.

27. Nama : Heny Diagnosis : ASD PH, PE Asal : Malang
Pertanyaan :

1. Apakah kalau asd ph tdk segera d tutup bisa menyebabkan autoimun?

2. Kalau harus d tutup, selain lihat ph dan pari, kalau ada autoimun apa harus disembuhkan dulu?

 

Jawaban :

ASD PH yg tdk ditutup tdk akan menjadi penyakit autoimun. mungkin komorbid autoimun nya(terjadi bersama sama). trima kasih

28 Nama : WidiyaNingsih 36th ibu dari Safiya, 6 bulan Diagnosis : IPAH Asal: Pemalang
  Pertanyaan :

1.      Apakah penegakan diagnosa IPAH cukup dengan check echo dan ekg? Kata dokternya parunya tidak bermasalah karena tidak ada bunyi berisik waktu bernafas, jadi blm pernah dicheck parunya.

2.      Pada waktu 5 bulan nilai PHnya 70mmhg, setelah sebulan terapi sildenafil, sekarang naik jadi 75 mmhg, apasaja faktor-faktor penyebab kenaikan ph pada bayi 6 bulan?

3.      Anak saya sekarang 6 bulan Bbnya masih 4,6 kg, tidak mau sering nenen dan mudah muntah, bagaimana solusinya?

4.      Sudah sebulan anak saya pilek tapi tidak keluar ingus, nafasnya yang ngos-ngosan jadi tambah sesak, sudah dikasih obat dari dokter tapi belum membaik, apasarannya?

 

Jawaban:

Diagnosis pasti IPAH dengan kateterisasi jantung kanan. Kalau sudah tegak IPAH penanganannya dengan obat-obat PH. Sayangnya di Indonesia obat PH belum komplit kombinasinya. Yang bisa kita lakukan ya memaksimalkan obat yang ada di Indonesia. Terimakasih.

 

 

By | 2020-09-09T03:50:32+00:00 September 9th, 2020|Awareness PH, Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat