KULWAP (KULIAH WHATSAPP) – Batuk Pada Hipertensi Paru

//, Kuliah lewat WhatsApp/KULWAP (KULIAH WHATSAPP) – Batuk Pada Hipertensi Paru

KULWAP (KULIAH WHATSAPP) – Batuk Pada Hipertensi Paru

KULWAP (KULIAH WHATSAPP) – Batuk Pada Hipertensi Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertensi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 0811-8986-799

 

PENGUMUMAN KULWAP YHPI

  • Waktu : Rabu, 17 Februari 2021
  • Pukul : 19.00 – 20.45 WIB
  • Narasumber : dr. Irma Kartikasari, Sp.JP
  • Tema : Batuk Pada Hipertensi Paru
  • Moderator : Amidayana

 

1. Pertanyaan:

Assalamuallaikum. Selamat siang dok. Saya Titin, Usia 41 thn, diagnosa ASD + PH. Saya mengalami batuk sudah lama, tapi ringan dan nge waktu, seperti dini hari menjelang subuh, dan siang tetapi tidak terlalu sering, batuknya ringan tidak berdahak juga, saya konsumsi obat batuk sudah ganti² tapi tetep masih batuk, pertanyaan saya kalau batuk ini dari PH apakah selama kita masih menderita PH batuk ini akan selalu kita rasakan? Dan batuk dari PH apakah menular? Saya mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

Jawaban: Pada pasien Hipertensi Paru (PH), pada umumnya terjadi dilatasi (pelebaran) dari pembuluh darah paru, yang mana lokasinya dekat dengan cabang2 saluran pernapasan (bronkus). Batuk kronik dapat terjadi karena pembuluh darah paru yang melebar tadi menekan sebagian cabang2 saluran pernapasan, sehingga saluran pernapasan dapat menyempit/terganggu, gejala yang muncul, dapat seperti orang yang terkena asma, seperti batuk lama, kadang muncul mengi (wheezing), dan sesak. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan CT-scan dada. Batuk yang demikian, tentu tidak menular, akan tetapi jika ada sekunder infeksi (ada infeksi kuman/virus) yang masuk, ini baru bisa menular. Batuk lama pada PH, yang dikarenakan obstruksi/penyumbatan saluran nafas, memang sulit diobati dengan obat2an batuk biasa, pemberian codein biasanya dapat membantu sementara. Kemudian dengan rutin melakukan latihan pernafasan, diharapkan bisa membantu menguatkan otot2 pernafasan, dan membuat lebih nyaman saat beraktifitas..

2. Pertanyaan:

Selamat malam dok nama saya Tedja, usia 70th tinggal.di Jakarta. Saya pasien PH primer, sejak bulan nop sd sekarang saya batuk terus menerus tp batuknya sering terjadi saat menjelang pagi antara jam 02 sd 06 batuk terus menerus tapi dahaknya bening tdk berwarna oleh dokter saya diberi obat batuk acetylsteine 10 butir setiap bulan, tgl 15 saya baru diminta periksa dahak hasilnya diperkirakan 5  hari sampai saat ini terus batuk, klu datang sesak saya pergunakan ventolin, sayambicort n spiriva baru sesaknya berkurang, dr hasil.echo terakhir bln jan jantung sebelah kanan pembengkakannya bertambah. Apakah batuk n sesak napas saya serta cepat mudah lelah krn pembengkakan jantung n fungsi katup pd jantung, dosis silde saya 100mg x 3, itu yang ingin saya tnykan dok. Atas penjelasannya terima kasih

Jawaban: Selamat malam pak Tedja di Jakarta.. batuk kronis pada PH, dapat terjadi karena penekanan saluran nafas/bronkus oleh pembuluh darah paru yang melebar, sehingga muncul gejala seperti pasien PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) /asma, jika demikian yang terjadi maka pengobatan dengan obat2an asma kurang berespon baik, terkait keluhan mudah lelah dan sesak nafas, selain dari penyebab di atas, biasanya juga dapat terjadi karena gangguan pompa pada ventrikel (ruang jantung) sebelah kanan, jika ada tanda2 overload (kelebihan cairan) seperti kaki bengkak kemudian ada sesak napas peningkatan tekanan Vena leher atau vena jugularis apabila yang terjadi seperti itu maka terapinya bisa diberikan diuretik (obat kencing2) seperti furosemid, spironolactone.. Pemberian terapi pada PH, selalu diiringi dengan evaluasi biasanya dengan echo, jika dirasa belum optimal penurunannya, maka dokter bisa mempertimbangkan terapi kombinasi. dengan obat-obatan penurun PH golongan yang lain seperti bosentan atau yang saya dengar yang akan masuk ke Indonesia ini macitentan nah itu masih bisa diupayakan sehingga penurunan tekanan pembuluh darah arteri pulmonalis atau PH nya ini bisa lebih optimal.

3. Pertanyaan:

Selamat siang, Saya Nurul, Usia 33 th, Diagnosa PH Primer. Saya ingin menanyakan bagaimana cara membedakan batuk karena PH dan batuk krn asam lambung. Krn ketika saya batuk dan minum obat batuk tidak sembuh sembuh,tp ketika dicek ternyata ada efek dari asam lambung. Terima kasih.

Jawaban: Terimakasih mbak Nurul, benar sekali GERD (gastroesofageal reflux disease) peningkatan asam lambung, dan naiknya asam lambung ke atas bisa mengiritasi daerah pernapasan, dan merangsang terjadinya batuk. Untuk membedakannya, jika dari sifat batuknya sulit dibedakan, tapi kita dapat melihat kondisi yang lain, apabila penyebabnya asam lambung, tentu saja akan diikuti gejala lambung yang lain seperti nyeri ulu hati, sebah, dada terasa penuh, bisa juga didapatkan mulut pait, bau mulut tidak sedap, dan sering sendawa.. Dari riwayat bisa juga didapatkan riwayat penyakit lambung sebelumnya, suka makanan pedas, kecut, asam, penggemar kopi, dan juga bisa dari faktor psikis seperti stress, sulit tidur,dll. Jika sulit membedakan, tidak ada salahnya mencoba meminum obat lambung, jika berkurang kemungkinan batuk terjadi karena asam lambung yang naik.

4. Pertanyaan:

Nama : dyah, Usia : 35 th, Diagnosa : PH dgn emboli paru + CVI, Hampir mirip dgn pertanyaan sebelumnya dokter Saya batuk hampir tiap hari antara jam 2-jam 3 dini hari kadang2 disertai batuk darah. Semenjak 2019 bgtu diagnosa PH muncul tiap pagi pasti mengeluarkan dahak, baik itu bening atau kental. Apakah itu berbahaya dokter? Obat yang saya konsumsi Sildenafil 3×50 mg, Xarelto 1×10 mg

Jawaban: Selamat malam bu Diah, benar pada pasien PH seperti yang telah dijelaskan di atas, bisa terjadi penyumbatan saluran nafas, sehingga bisa memicu lendir atau dahak untuk muncul. Kemudian dapat juga terjadi pecahnya cabang2 pembuluh darah pada saluran nafas kecil sehingga muncul batuk darah, yang patut diwaspadai adalah pada batuk berdahak, apabila disertai tanda2 infeksi saluran nafas/ infeksi paru (pneumonia) seperti demam, sesak, dan lendir berwarna kuning, kehijauan. Pada batuk darah, yang perlu diwaspadai jika jumlahnya cukup banyak kurang lebih 1 gelas (200cc),maka harus segera ke rumah sakit terdekat. Untuk mengurangi keluhan dahak mengental,dapat dengan obat2an pengencer dahak ( n-asetyl sistein (flumucyl), ambroxil, prospane, dll) kemudian minum air hangat, fisioterapi nafas, berjalan) sehingga dahak dapat lebih encer ,dan dapat dikeluarkan, sehingga tidak menyebabkan penyumbatan saluran nafas.

saya tambahkan pada pasien yang mengalami batuk darah atau hemoptoe maka kita evaluasi, biasanya dokter akan meminta untuk menghentikan sementara obat pengencer darah yang pada kasus ini ada obat xarelto itu biasanya kita minta untuk dihentikan sementara kemudian di observasi tapi kalau dirasa batuk darahnya itu hanya sedikit sekali hanya seperti sehelai benang itu mungkin masih cukup aman untuk tetap dilanjutkan kemudian bisa ditambahkan obat-obatan penekan batuk seperti codein dan juga obat-obatan untuk mengurangi perdarahan seperti asam traneksamat ataupun vitamin K

5. Pertanyaan:

Asalamualaikum .Dok Nama saya. Wine Usia 27 Diagnosa PDA. PH.  Tahun kemarin saya pernah batuk darah dok.. 3bulan sekali dan terkadang 6 bulan sekali bisa terhitung. Batuk nya ketika cuaca panas dan terkadang di malam hari. Apakah cuaca panas memicu tekanan paru tinggi dan kerja jantung cepat? Dan bagaimana cara mengatasi. Ketika batuk darah agar saya tetap tenang dan tidak panik? Terima kasih dok

Jawaban: Waalaikumsalam warahmatullah, selamat malam mbak Wine, karena adanya remodelling perubahan anatomi pembuluh darah pada saluran nafas kecil (bronkiolus) dapat menyebabkan mudah pecah, jika mengalami batuk darah, cobalah untuk menenangkan diri, tidak panik, atur nafas, agar tidak tersedak, jangan membatukkan terlalu keras. Batuk darah perlu diwaspadai apabila darah yang dibatukkan cukup banyak, dan tidak kunjung reda, jika terjadi hal ini harus segera ke IGD terdekat. Saat batuk ringan terjadi, konsulkan ke dokter kita, biasanya akan diberikan obat pereda batuk, dan obat untuk membantu mengurangi perdarahan, serta dapat juga disarankan menunda obat2 pengencer darah yang digunakan untuk sementara waktu..

Oiya mbak Wine cuaca panas, bisa saja memicu detak jantung lebih cepat, apalagi jika ada dehidrasi / kurang cairan, cuaca panas setau saya tidak mempengaruhi tekanan pada pembuluh darah paru. Tips agar tenang saat mengalami batuk darah dari saya adalah :

  1. Ingatlah Allah Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa, berdzikir, berdoa, karena dengan mengingatNya hati dapat menjadi tenang.
  2. Pahami dan sadari bahwa batuk darah ini dapat dialami oleh pasien PH,dan dapat muncul sewaktu waktu.
  3. Pada umumnya batuk darah yang terjadi jumlahnya sedikit, sehingga sifatnya tidak berbahaya.
  4. Berkumur dan membilas hidung, dan tenggorokan dengan air bersih dapat mengurangi perdarahan
  5. Semisal mengalami batuk darah yang banyak, ingat bahwa dengan panik, justru akan memperparah kondisi, karena dapat mengakibatkan tersedak.

6. Pertanyaan

Assalamualaikum.. selamat siang dok.. saya Yuli usia: 29thn Diagnosa: ASD +PH. Saya mngalami batuk sdh lama, tapi ringan dan jarang-jarang.seperti sayaa beraktifitas lebih batuk sayaa smpe sesak dok,dan jantung saya berdebar kencang..batuk sayaa ringan tdk berdahak juga.sayaa sdh mnm obat batuk dan sdh ganti2 obat batuk juga tapi kadang masih tetap batuk dok..saya mau nanya dok..apa batuk saya ini pengaruh dari PH sayaa?dan apa batuk saya bisa smbuh dok?saya mohon penjelasannya ya dok.. terimakasih dok..

Jawaban: Selamat malam mbak Yuli, jadi batuk sendiri bisa bermacam macam pernyebabnya, salah satunya adalah berkaitan dengan PH nya, seperti yang saya jelaskan di jawaban pertanyaan sebelumnya. Berdebar juga dapat merupakan salah satu kompensasi jantung untuk memenuhi kebutuhan oksigen pada tubuh, yang terkendala karena adanya asd, dan juga PH nya. Jika sekiranya memungkinkan, maka dengan koreksi ASD (operasi jantung), insayaaAllah akan dapat mengurangi keluhan yang ada.

7. Pertanyaan:

Nama:lingga,usia:37,jkt,vsd+ph,dok ijin bertanya 1, apakah obat batuk yang ada dipasaran aman untuk pasien ph?2,kadang ketika obat batuk sudah habis masih suka ada lendir/dahak apakah ada obat/terapi untuk mengurangi cairannya?

Jawaban: Obat batuk bebas cukup aman, jika diberikan sesuai dosis dan tidak berlebihan. Jika ingin penggunaan jangka panjang ingin memilih yang berbahan alami juga dibolehkan, seperti contoh pengencer dahak ada Prospan sayarup ( dari daun ivy ) # bukan endorse ya atau mungkin ada minuman herbal alami yang mungkin dapat melegakan tenggorokan/mengencerkan dahak juga diperbolehkan..

8. Pertanyaan:

Assalamu’alaikum  saya Ratna Dewi usia 26   slalu d kasih codein, saya konsumsi obat pH bosentas sama silde ,bbrpa waktu saya batuk darah muntah darah jg hampir bisa 600ml waktu terakhir inap 20hr d rshs saya sblum itu slalu mengalami keluhan kaya  ada dahak spt di dalam dada sampai tenggorokan pdhl ga ada batuk berlebih Itu sebenarnya dahak apa jendalan darah  Karena kalau keluhan dahak berlanjut kadang memicu keluar darah.dan ini berangsur sering dok knapa ya dok apa yang harus saya lakukan padahal udah d keluhkan terus ini ..Oya sblumnya saya inap 40 hari di rshs jg karna hamil dan terminasi ,,smenjak hamil 5bln  itu saya sering batuk dan berdahak kluar darah

Jawaban: Waalaikumsalam warahmatullah, bu Ratna Dewi..  semoga Allah Ta’ala memberikan kekuatan, kesabaran, dan kesembuhan yang baik, tidak terulang lagi batuk darahnya, aamiin.. Pada saat terjadinya batuk darah yang banyak, pada kasus emergency dapat dilakukan embolisasi pembuluh darah paru (bronkial) atau dikenal dengan Bronkhial Artery Embolisation (BAE), teknik tindakannya seperti kateterisasi jantung. Tindakan ini dapat pula dikerjakan secara elektif ( terjadwal ) jika misal batuk darahnya berulang, sehingga dokter memutuskan perlunya tindakan ini. Tapi memang tindakan Bronchial Arteri Embolisation ini masih belum bisa dilakukan di semua rumah sakit ya terkendala kemungkinan terkendala alatnya dan juga keterampilan skill Dokternya yang melakukan itu masih belum dimiliki di semua center Rumah Sakit mungkin itu dari saya terima kasih

9. Pertanyaan:

Nama : rike (mamanya adara), Usia : 24thn, Diagnosa adara : TA type 1, Vsd, ph. Post op truncus repair. Pertanyaan: Adara ini dri kecil memang sudah batuk dan diagnosa pneumonia. Karena pneumonia dy sering kambuh dan dy ad PH. Ap memang PH ini bisa memperberat saat pneumonia itu kambuh. Soalnya stiap kmbuh btukx di sertai sesak dan jg pnas. Dan setelah oprasi kmren PH d echo sudah ringan.. kmren dy batuk lgi tpi tdk sperti saat sblm oprsi pas PH tinggi…

Apa itu sangat berpengaruh ya pneumonia saat PH tinggi jdi smkin berat?

Jawaban: Selamat malam bu Rike, terkait PH dan pneumonia ini memang saling berkaitan, pada pasien PH lebih mudah mengalami pneumonia, dan apabila pneumonia terjadi pada pasien PH lebih mudah terjadi perburukan, untuk itu pada pasien PH dapat dipertimbangkan untuk pemberian vaksin terhadap pneumococcal pneumonia dan influenza,  tentu saja setelah konsultasi dengan dokter yang merawat. Jika dicurigai batuk yang dialami mengarah pada pneumonia, maka harus segera dilakukan penegakan diagnosis dan penatalaksanaan yang tepat, seperti pemberian Antibiotik,dan lain2, agar infeksi dapat segera tertangani, dan tidak terjadi sepsis (penyebaran infeksi yang luas)

10. Pertanyaan:

Selamat siang dokter, Saya mama dari NAFEEZA, usia ank : 3 thn, Diagnosa : VSD + Ph sedang

Asal : Bekasi. Pertanyaan saya: Dok saat anak saya batuk demam. sering kali dokter anak memberi antibiotik cefixim dan ambroxol hcl.  Mgkn karna ank saya jg ada riwayat pneunomia. Tapi setiap konsumsi antibiotik selalu diare. Apa saya harus tetap meminumkan antibiotiknya apa bagaimana ya dok? Lalu bagaimana membedakan antara batuk rejan dan batuk krna kambuhnya pneunomia nya ?Terima kasih

Jawaban: Selamat malam mama Nafeeza, untuk pemberian Antibiotik tertentu yang kemudian menyebabkan diare,hal ini bisa didiskusikan dengan dr. Spesialis anak yang merawat, apabila memang benar diare tadi karena obat trtentu, bisa dipertimbangkan penggantian obat lain, yang fungsinya sama.. batuk rejan adalah infeksi saluran nafas oleh bakteri Bordetella Pertusis, khasnya batuk nya terjadi sering dan berlangsung terus menerus pada fase tertentu, batuk dapat melengking (whooping). Pneumonia adalah infeksi pada paru yang penyebabnya bisa dari berbagai macam, apakah dari bakteri atau virus.. Terima kasih

11. Pertanyaan:

assalamualaikum dok, nama : nuning, usia : 38, diagnosa : VSD PH saya jarang batuk dok asal gak salah makan, tp hampir tiap hari saya merasakan seperti ada lendir di tenggorokan, apa ada obat untuk menghilangkan lendir tersebut krn tidak nyaman?

Jawaban: Waalaikumsalam bu Nuning, apakah obat yang dimininum ada golongan ACE inhibitor, seperti captopril / ramipril / lisinopril? Kadangobat2an trsebut dapat memicu batuk ringan/ berlendir. Untuk mengurangi bisa dengan meminum air hangat yang cukup, boleh juga dengan permen pelega tenggorokan pada prinsipnya untuk keluhan seperti ini sebetulnya tidak berbahaya

12. Pertanyaan:

Nama  : Sumarni ( ibu Basman usia 11 tahun ) Asal sentul bogor. Diagnosa Basman .bronco obilateran dan  PH primer. Sudah 3 minggu batuk2  sesak, sdh ke dokter di berikan obat ataroc ,obotik.sekarang masih batuk dan sesak masih pakai oksigen tindakan apa yang kita hrs lakukan  dok?

Jawaban: Selamat malam bu Sumarni, jika batuk tidak segera reda, dan disertai sesak, perlu dilakukan investigasi lebih lanjut, seperti pemeriksaan laborat, foto thorax, dan lainnya, untuk lebih dapat memastikan penyebab batuknya, konsultasikan dengn dokter ibu, apakah sekiranya diperlukan rawat inap, jika kondisi sesak tidak membaik/dirasa memberat, juga sebaiknya dapat dibawa ke IGD terdekat. Semoga lekas sembuh dan membaik buat mas Basman. Terima kasih

13. Pertanyaan:

Assalamualaikum… Nama : endah, Usia : 50, ASD+PH ( sdh ASO)

Sampai skrg saya msh suka batuk. Batuk saya lendirnya suka kaya kristal gitu dokter. Apa itu tidak apa²?  Apakah PH bisa naik lg?

Jawaban: Waalaikumsalam bu Endah, jika setelah ASO insayaaAllah PH seharusnya tidak naik lagi, tapi jika ada keluhan sesak nafas saat aktifitas, tidak ada salahnya untuk evaluasi ulang, batuk berlendir dapat juga dikarenakan obstruksi saluran nafas, karena kondisi PH yang sudah ada, atau juga bisa  karena kondisi paru yang lainnya. Lendir yang kental dapat dikurangi dengan minum air hangat yang cukup, obat pengencer dahak, dan juga kita sarankan untuk aktif bergerak. Terima kasih

14. Pertanyaan:

Nama: untari Domisili: Surabaya Diagnosa: PDA +PH. Selamat siang dokter… Apakah batuk terus sampai susah berhenti itu pertanda PH tinggi dan bagaimana solusinya…dan apakah pasien PH itu sering mengalami hidung buntu dimalam hari…. Terimakasih dokter

Jawaban: Selamat malam mbak Untari, batuk terus apakah pertanda PH tinggi, jawabannya tidak selalu.. bisa jadi batuk diakibatkan karena adanya iritasi/keradangan saluran nafas. Jika keluhan batuk disertai sesak nafas saat aktifitas/mudah lelah yang bertambah dari biasanya, dapat juga berhubungan dengan semakin naiknya PH, komunikasikan dengan dr. yang merawat, kapan kiranya perlu dilakukan evaluasi ulang pengukuran PH. Untuk hidung buntu di malam hari, saya kurang tahu, tapi jika rasa sesak/keluhan pernapasan kadang memang bisa muncul di malam hari.

15. Pertanyaan:

Assalamualaikum.wr.wb, Nama: Fatimah Usia: 22thn Diagnosa: VSD. Setiap saya tidur dimlm hari dan bangun dipagi harinya tenggorokan selalu kering itu yang menyebabkan terkadang sedikit agak batuk dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, terkadang air liur seperti agak merah sedikit saya tidak tau itu darah atau bukan apakah itu akan memperparah ph saya bu atau bagaimana. untuk saat ini saya jarang dan hampir tidak pernah batuk dok tapi saya selalu merasa seperti ada lendir ditenggorokan. Terima Kasih

Jawaban: Waalaikumsalam, coba diusahakan minum yang cukup, insayaaAllah tidak  memperparah PH nya, tapi PH tetap harus dievaluasi secara berkala untuk memonitoring keberhasilan terapi. Terima kasih

16. Pertanyaan:

Assalamualaikum dok, saya ibunya earlyta mau 6 th saat ini ada batuk n flu, riwayat asd 16 mm, ph, cerebral palsaya yang saya tanyakan obat yang aman utk anak yang bs digerus apa ya dok skrg lg gk mau minum obat sirup? Terus hasil photo thorax 12 jan ada kesan bronkopneumonia, stlh ada hasil foto thorax blom kontrol2 pas kontrol di bln feb ini lupa saya bilang sama dokternya itu bronkopneumia kanan maksudnya gmn ya dok dan maaf dok apa ada obat yang bs diresepin utk earlyta ?

Jawaban: Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh untuk mama Erlita jadi apabila didapatkan keluhan batuk flu apalagi misalkan ada demam dan juga pada fotonya ada Bronkopneumonia maka ini saya sangat menyarankan untuk segera dikonsultasikan atau dibawa ke dokter yang merawat karena kondisi seperti ini biasanya perlu memerlukan obat-obatan khusus yang harus dengan resep dokter ya mama kemudian juga apabila Bronkopneumonia ini tidak bisa kita apa namanya kita tidak bisa kita anggap seperti batuk-pilek biasa ya karena seperti yang saya jelaskan Sebelumnya dia ini kan kemungkinan ada infeksi entah itu infeksi dari bakteri RI ataupun virus jadi supaya tidak berkelanjutan segera dibawa kontrol ya Mama kalau misalkan memang terlihat sesaknya tidak terlalu berat bisa dikontrol poli rawat jalan tapi kalau dirasa kondisinya sesaknya agak berat kemudian sulit untuk tidur rewel tidak mau makan tidak mau minum maka bisa langsung ke begitu yang terdekat bismillah mudah-mudahan Adik Earlyta segera diberi kesembuhan Kalau boleh saya tambahkan untuk mama Erlita obat-obatan bebas ini hanya untuk membantu mengurangi keluhan atau seperti pengencer dahak obat demam demam tapi tidak mengobati penyebab asalnya. Bronkopneumonia ini harus segera ditangani ya mama jadi segera di bawa adiknya untuk kontrol berobat. Terima kasih

17. Pertanyaan:

Assalamualaikum, Nama: Ria Resti, Usia.  : 32, Diagnosa : ASD PH. Pertanyaan: di mulai dari bulan 9 tahun lalu saya sering di diserang batuk dahak berlebihan,terkadang dahaknya susah untuk keluar.dok apakah itu kondisi normal bagi penderita PH?

Jawaban: Waalaikumsalam warahmatullah Bu Ria Resti jadi seperti yang dijelaskan di pertanyaan sebelumnya memang pada pasien dengan hipertensi pulmonal ini bisa terjadi batuk berdahak kaitannya tadi karena adanya sumbatan dari saluran nafas dari bronkus atau bronkiolus nya terkadang dahaknya susah untuk keluar ia bisa jadi seperti itu bisa terkait Karena ph-nya untuk menguranginya ya saran-saran yang di atas tadi mungkin bisa dengan latihan minum air putih hangat yang cukup bisa dibantu dengan minum obat pengencer dahak dan kemudian aktif bergerak dengan berjalan olahraga ringan. Kemudian di siang hari biasanya jam 10 pagi itu baik sekali Jika kita terkena paparan sinar matahari Ya kurang lebih 10 menit saja cukup antara jam10 pagi supaya vitamin D Kita juga bisa tercukupi dengan baik. demikian dari saya terima kasih

18. Pertanyaan

Assalamu’alaikum dok, nama sayaa ambar, 31than dok mau tnya, kenapa ya dok kalau pas capek atau nerves/gugup, saya langsung batuk terkadang ditengah malam tenggorokan terasa gatal dan lendirnya kalau ga bisa keluar jadi kayak sesak, apa yang harus dilakukan ya dok?

Jawaban: Waalaikumsalam warahmatullah bu Ambar Jadi kalau waktu kita nerves gugup atau cemas itu biasanya yang meningkat adalah sistem saraf simpatis dan juga hormon-hormon stres naik. Respon yang terjadi biasanya detak jantung akan lebih cepat metabolisme kerja tubuh juga akan meningkat, Apakah itu bisa merangsang terjadinya batuk Saya kurang tahu kalau batuk di tengah malam seperti tadi sudah ada yang saya jelaskan di pertanyaan sebelumnya memang keluhan-keluhan pernapasan ini memang biasanya sering muncul di malam hari atau di dinihari sebetulnya jika terjadi keluhan seperti ini tidak perlu panik cukup bu Ambar mengatur nafasnya kemudian tadi minum air yang hangat Kemudian Bisa juga di uap dengan minyak kayu putih sehingga bisa melancarkan dahak nya nak untuk sehari-harinya untuk mencegah supaya lendir ini tidak kental seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya minum air hangat yang cukup kemudian bisa dibantu obat-obatan pengencer dahak seperti Ambroxol prospan sirup fluimusil atau asetilsistein kemudian aktif bergerak atau jalan-jalan ringan kemudian bisa juga dibantu dengan fisioterapi nafas mudah-mudahan membantu ya jawaban saya terima kasih

19. Pertanyaan

Nama: Diah Indriani. Saya juga sering batuk,seperti tenggorokan kering,kalo lgi batuk rasanya pengin banyak minum, tapi minum saya di batasi, apa ada alternatif lain dok, selain minum yang cukup, terimakasih sebelumnya.

Jawaban: Alternatifnya,mungkin bisa dengan makan permen pelega tenggorokan, seperti woods permen jahe dan yang lain. Dan memilih minuman wedang/herbal hangat, yang bisa melegakan tenggorokan.

20. Pertanyaan:

Assalamualaikum, Saya Nunik,usia 30 thn, dianogsa vsd pH. Malem dok, apakah pasien hipertensi paru identik dengan batuk ya? Apalagi batuk nya suka dalam jangka sering dan lama sembuh nya. Terimakasih dokter

Jawaban: Waalaikumsalam warahmatullah untuk Bu Nunik betul sekali pada pasien hipertensi paru bisa berhubungan dengan keluhan batuk yang lama atau batuk kronis dan penyebabnya seperti yang sudah saya jelaskan di pertanyaan sebelumnya salah satunya memang bisa karena saluran pernapasan tersumbat atau tertekan dari pembuluh darah arteri pulmonalis yang melebar seperti itu terima kasih wassalamualaikum warahmatullah

 

“Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat malam teman-teman pejuang PH Indonesia mudah-mudahan dari kuliah wa kali ini banyak manfaat yang bisa kita ambil tetap semangat, tetap semangat menuntut ilmu tentang PH ini dan tetap saling support mudah-mudahan YHPI terus berbagi ilmu dan juga berbagi semangat untuk teman-teman PH semua” – dr. Irma Kartikasari, Sp.JP

By | 2021-02-23T10:41:31+00:00 February 23rd, 2021|Awareness PH, Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat