KULWAP (KULIAH WHATSAPP)- Aktivitas Fisik Bagi Pasien Hipertensi Paru

///KULWAP (KULIAH WHATSAPP)- Aktivitas Fisik Bagi Pasien Hipertensi Paru

KULWAP (KULIAH WHATSAPP)- Aktivitas Fisik Bagi Pasien Hipertensi Paru

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi whatshapp antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik-topik terkait Hipertensi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group whatsapp dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 0811-8986-799

 PENGUMUMAN KULWAP YHPI

  • Waktu : Jumat, 29 Januari 2021
  • Pukul : 19.00 – 20.30 WIB
  • Narasumber : dr. Nia Dyah R, Sp.JP,FIHA
  • Tema : Aktivitas Fisik Bagi Pasien Hipertensi Paru
  • Moderator : Amidayana

Materi:

Aktivitas fisik pada penderita hipertensi paru dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan stress, menurunkan tingkat ambang kelelahan, meningkatkan kapasitas olahraga, fungsi otot dan kualitas hidup, Karena derajat tingkat keparahan PH dan faktor lain yang berhubungan dengan kesehatan berbeda dari satu pasien ke pasien lain, rekomendasi tentang olahraga berbeda untuk setiap individu. Rekomendasi ini dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung pada gejala individu dan respons terhadap pengobatan.

Penderita hipertensi paru tidak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik berlebihan karena dapat mengakibatkan peningkatan kebutuhan oksigen, dan lebih lanjut akan meningkatkan tekanan di arteri pulmonalis. Kegiatan fisik yang berlebihan dapat mengakibatkan berbagai macam keluhan seperti luka, sesak nafas, nyeri dada, pingsan, detak jantung tidak teratur (aritmia), hingga kematian mendadak. Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik baik statis maupun dinamis dengan intensitas ringan hingga sedang, tidak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat. Selama melakukan aktivitas fisik dianjurkan untuk memonitor tanda-tanda vital (tensi, nadi, nafas, saturasi oksigen)

  1. Pertanyaan:

Nama:Sri Susanti, Umur:34tahun, Domisili: Bandung. Dok aktifitas apa yg bisa menunjang kadar oksigen dparu jd naik karna kadar oksigen dparu saya rendah dok padahal udah 1minggu ini terapi oksigen tp naik nya sedikit banget,mohon penjelasannya

Jawaban: bu sri susanti jadi sampai sekarang blm ada batasan oksigen yg pasti, bbrp literatur menyampaikan dibawah 85 persen diminta utk aktivitas fisik ringan. mgkn bbrp gerakan spt ini bisa dilakukan ya bu

 

2. Pertanyaan:

Nama : Untari, Umur : 43, Domisili : Surabaya. Saya dari dulu suka duduk bersila.. kaki dua2nya bisa nempel ketanah, sekarang kaki kiri tdk bs lagi dan agak kaku, dan muncul ruam kebiru2 an, apakah ini tanda pengentalan darah akibat ph, atau pasien ph tdk dianjurkan duduk bersila, jongkok, dll, gimana solusinya dr, soalnya saya biasa yoga biasaya aman2 aja tp akir ini kaku, dan muncul  ruam biru2 itu dok, apa karena kekakuan otot. Terimakasih

Jawaban: selamat malam bu untari, jika tidak minum antikoagulan, mgkn bisa dicek saturasi oksigen dan tekanan darahnya ya bu. ada istilah hiperviskositas.. jadi kadang srg kebiruan dan kalo pd2 perifer pecah gampang biru

3. Pertanyaan:

Nama :nurul saadah, Umur :29, Diagnosa:asd ph. Kegiatan apa yang aman utk saya agar bisa tetap aktivitas dan mengurangi nyeri pasca oprasi.

Jawaban: selamat malam bu nurul saadah, operasinya sudah berapa lama? apabila masih baru mgkn lebih baik perlu pendampingan dari tenaga ahli dulu utk awal2, tetapi jika posisi sdh dirumah, diawali dengan jalan kaki saja nggih bu, atau olahraga ringan yg spt yg kirim tadi. utk nyeri bisa dibantu dgn obat nyeri jika dirasa sangat mengganggu tidak perlu tiap hari,3-4 x/minggu saja sekitar 15-30 menit per kali. Lakukan olahraga ringan.

 

4. Pertanyaan:

Nama: Titin, Umur : 41, Domisili : Pangalengan. Selama ini obat penunjang PH adalah silde, dan bukan obat penyembuh, dan wajib untuk di konsumsi setiap harinya, kebanyakan efek sampingnya seperti mual, pusing, kadang lelah dan lemas. Apa efek samping tersebut kalau mengkonsumsi silde terlalu lama sebagai penunjang PH itu hal biasa dok? Mohon penjelasannya, terima kasih

Jawaban: sildenafil ini berfungsi untuk mengurangi tekanan di pulmonal, kalo pusing dan lemas, coba dicek tekanan darahnya secara rutin nggih, ketika bangun pagi dan sebelum tidur, mgkn dosisnya bisa dikurangi kalo tensi tll rendah. dikonsultasikan ke dokternya dulu nggih

5. Pertanyaan:

Nama: Retna, Umur:21, Domisili: Yogyakarta, Diagnosa : ASD PH. Saya 6 bulan pasca operasi, apakah diperbolehkan aktivitas seperti orang pada umumnya? Contohnya, mengendarai sepeda motor, berolahraga. Karena utk saat ini msh ada keluhan detak yg msh tinggi. Terima kasih dokter

Jawaban: detak jantung normal sekitar 60-100x/menit, namun lbh optimal apabila sktr 80an. untuk aktivitas sehari2 selama tidak ada komplikasi akibat operasi dan sdh di follow up diperbolehkan. jogging, aerobic ringan, yoga boleh. Untuk olahraga sekali lagi intensitas ringan hingga sedang, tetapi utk olahraga extrim seperti pd ketinggian (mendaki gunung, pencinta alam, dsb) sebaiknya jangan hindari makanan atau minuman yang dpt memicu detak jantung lbh cepat spt kopi, teh kental, dark chocolate

6. Pertanyaan :

Nama: Lestri, Umur : 46 thn, Diagnosa: Asd ph. Aktivitas yang bagaimana yang bisa menambah oksigen dalam darah dok, makasih

Jawaban: nah ini.. aktivitasnya harus bertahap.. jadi kita START SLOW.. pelan, bertahap, tapi pasti.. misalnya jogging.. ya jogging yang ringan dulu 10-15 menit mgkn sektr 1-2 mgg, kemudian bertahap dinaikkan di minggu2 berikutnya. kalo menaikkan secara cepat tidak bs, harus bertahap ya

7. Pertanyaan:

Nama : Sumarni, Domisili : sentul.bgr, Diagnosa : Basman 11 tahun.PH primer. Kadar oksigen  75.aktifitas apa yg di perbolehkan dok. terimakasih

Jawaban: Saya coba baca literatur2, diatas 85-86 yg diperbolehkan aktifitas fisik/olahraga.. klo 75 kebawah mgkn aktifitas sangat ringan ya untuk sehari2, misal berjalan di rumah, mengganti baju sendiri, dsb

8. Pertanyaan:

Nama: Dian Puri, Umur: 32, Domisili: Palembang, Diagnosa: ASD PH. Dokter, sy semenjak kena ASD PH ini aktivitas sy sedikit terganggu karena sesak nafas, bagaimana sy beraktifitas yg baik utk mengurangi gejala sesak..krn jujur semenjak sakit ini sy tidak pernah beraktifitas sampai berkeringat.. Krn mudah lelah bahu n kepala suka sakit..  terimakasih dokter

Jawaban: bu dian, ph nya kategori ringan/sedang/berat nggih? mgkn bisa dibantu obat2an utk PH dl utk mengurangi sesaknya, karena jika dipaksa utk aktifitas dikhawatirkan akan semakin sesak karena oksigen yg dibutuhkan tubuh tentunya lebih banyak

9. Pertanyaan:

Nama : Nur, Umur : 22th, Domisili : Bekasi, Diagnosa : Asd Ph. Kenapa jika saya membungkuk agak lama sambil mengangkat beban entah itu ringan & berat dada terasa nyeri dok? , dulu sebelum terdiagnosa buat rukuk saat sholat terasa nyeri dan sesak nafas sekarang sesak sudah hilang tetapi nyeri masih ada.

Jawaban: ya, sesak dan nyeri dada karena kita membutuhkan oksigen supply yg lbh besar ke tubuh. selama beban tidak terlalu berat, tidak sampai 5 kilogram masih aman

10. Pertanyaan:

Nama:sri, Umur. ;45 th, Domisili: cianjur. Saya kan bila nyuci pakai tangan dengan posisi jongkok,,nah akan ada pengaruh tdk terhdp PH nya,,.mksh dokter

Jawaban: sebaiknya posisi dengan duduk ya bu, kalo dgn jongkok, kita memerlukan effort/usaha yg lebih besar otomatis butuh oksigen lbh banyak juga.. oh iya angkat2 jemuran sbaiknya dibantu org lain ya bu

11. Pertanyaan :

Nama : Nurlaila, Umur : 34th, Domisili : aceh, Diagnosa : PDA Ph. Kenapa sy selalu sakit punggung dan pinggang seperti berangin sampai menusuk kejantung,dan perasaan jantung mau copot,dan setiap sakit sy melemah,terimakasih dokter,dan bagaimana cara mengatasi agar tidak sakit punggung lg,agar aktivitas enak.

Jawaban: selamat malam bu, sebaiknya ibu direkam jantung/ekg nggih, utk mengetahui kemungkinan adanya iskemia miokard (penyempitan pembuluh darah), iskemia masih bisa reversibel/kembali. kalo mmg benar iskemia perlu bantuan obat ibu.. atau mgkn utk sementara aktivitas ibu dikurangi, istirahat diperbanyak nggih

12. Pertanyaan:

Nama : Novena, Umur : 27thn, Domisili : Bandung, Diagnosa : ASD PH. Kemampuan beraktivitas setiap pasien PH itu kan berbeda dok, apakah ada aktivitas yg benar2 tidak boleh dilakukan? Saya masih bisa nyapu, nyuci, naik turun tangga, setelah lelah saya langsung istirahat sambil gunakan oksigen, apakah itu boleh??

Jawaban: ya memang benar kemampuan setiap orang berbeda2, oleh karena itu terapi aktivitas juga bisa berbeda2 pada setiap pasien. ibu kok maraton nggih aktivitasnya… sebaiknya jangan semua langsung dilakukan, ada jeda utk istirahat stlh melakukan satu kegiatan ke kegiatan lainnya… sekitar 15-30 menit boleh istirahat dulu nggih

13. Pertanyaan :

Nama: Alief, Umur :29tth, Domisili: mojokrto, Diagnosa :TOF. saya bbrp bulan ini sering capek n berdebar tiba” lemes gtu jtohx saya merasa keliengan n gemetar apa itu salah satu kekurang oksigen n klw udh merasa sprti itu apa yg harus lakukan??

Jawaban: ya mmg kalo kekurangan oksigen bisa seperti itu.. mungkin bisa dicoba PRONE POSITION seperti gambar berikut ini.

14. Pertanyaan:

Nama : Fatimah, Umur : 22tahun, Domisili : Lamongan, Diagnosa : VSD PH. Saya naik turun tangga kadang biasa saja tapi waktu perut begah kadang kadang tidak tau kenapa agak sesak dan kuku agak membiru tapi hanya selang beberapa menit saja, beberapa hari ini saya merasa tubuh saya sering sempoyongan apa setelah kemarin merasa seperti mau pingsan akibat naik turun tangga yg terburu buru. dan aktivitas apa saja yg harus saya lakukan agar tubuh tetap setabil dan tetap bergerak walau punya keterbatasan?

Jawaban: terkait aktivitas dgn ketinggian dan perlu tenaga/effort/usaha yang besar utk njenengan, jangan terburu2. kalo menaiki tangga bisa ” step by step “.. satu anak tangga berhenti, satu anak tangga berhenti. aktivitas ringan dan bertahap

15. Pertanyaan :

Nama : Nuning, Umur : 38, Domisili : Malang, Diagnosa : VSD PH. Sy seminggu sekali ato 2 kali ikut senam aerobic ato zumba. Selama ini sy tidak merasa sesak atau lemas setelah olahraga. Oksigen sy 84. Yg sy khawatirkan karena sy tidak sesak dan tidak berdebar jd tidak terdeteksi. Lalu bagaimana sy mengukur batasan sy?

Jawaban: wah kereen bisa sampe ikut zumba dan aerobic yaaa.. sebenarnya tidak apa2 jika tidak ada keluhan, tp perlu diperhatikan  sebaiknya olahraga total 30 menit/hari terdiri dari pemanasan 5-10 menit, inti, pendinginan 5-10 menit

16. Pertanyaan:

Nama: ike, Umur : 41 th, Domisili : yogya, Diagnosa :PH primer

  1. Brp berat maksimal angkat barang2 ya dok utk pasien PH seperti sy?
  2. Apakah olahraga Yoga diperbolehkan? Kl boleh, misalnya yg seperti apa yoganya ya dok? Trimksh byk ya

Jawaban:

  1. dicoba bertahap ya dari 5 kilogram dulu, maks 8-10 kg (saya tidak menyarankan lbh dr itu sih.. )
  2. boleh banget, spt utk meditasi/relaksasi boleh

17. Pertanyaan:

Nama : cosi, Umur : 34, Domisili : Bekasi, Diagnosa : asd pH.  Mengapa terkadang kadar oksigen seorang pasien tidak selalu berpengaruh pada aktifitas fisiknya. Misal yg saturasi 85an masih bisa beraktivitas biasa,sedangkan ada yg saturasi masih lumayan bagus 90an sudah tidak bisa beraktivitas Krn susah sangat sesak. Faktor apa yg mempengaruhinya dok?. Terimakasih

Jawaban: ya mmg bisa berbeda mbak, faktornya byk: kebiasaan, jenis penyakitnya, komplikasi dari penyakitnya, dsb. kalo pasien A rutinitas sehari2nya lbh berat dari B, jantungnya sudah beradaptasi. mgkn suatu saat B bisa menyamai A, tp butuh waktu dan bertahap

  1. Pertanyaan:

Nama : Rissa, umur : 29 , Domisili : Bandung, Diagnosa : pH primer. Saat jalan kaki terkadang tiba2 sesek,selama ini saya mencoba memakai inhaler untuk menghilangkan sesak nya supaya masih bisa beraktivitas.apakah inhaler aman digunakan setiap hari(sebagai pengganti oksigen karena sulit jika pergi keluar rumah harus bawa tabung oksigen)?

Jawaban: hai bu rissa, saya juga sering memakai inhaler lhoo.. tapi itu dulu.. sebelum saya tau kalo tidak baik karena bbrp kandungannya yg tidak disarankan… boleh memakai, tp tidak boleh sering2 ya

  1. Pertanyaan:

Nama : Syarif, umur : 43, Domisili : Ciamis, Diagnosa : VSD PH. Kenapa kalau 1 jam setelah minum silde, gerakan tangan/benda itu suka berbayang biru. Bagi kita bagusnya itu olahraga ringan/beraktitifas atau jangan agar PH Stabil. Kalau agak cape/aktifitas agak berat telinga suka berdenging/tinnitus, di cek oximeter memang saturasi rendah, apakah memang ada hubungannya?

Jawaban: olahraga ringan boleh dong..  jika telinga berdenging itu salah satu tanda kadar oksigen berkurang.. segera duduk atau cari pertolongan ya

20. Pertanyaan:

Nama: Wine, 27 tahun, Bandung, PDA. PH .Eisenmenger. Malam dok, Apakah Aktifitas seperti berkendara naik motor dengan jarak jauh atw pun dekat sendiri. Apakah akan berpengaruh terhadap oksigen dalam tubuh ketika berkendara. Setidak nya ketika berkendara semuah organ tubuh bekerja extra… Dan kenapa ketika badan merasa dingin..jantung terasa sakit. Terima kasi dok.

Jawaban: kalau berkendara jarah jauh tubuh kita terfosir otomatis butuh oksigen lbh banyak pembuluh darah di jantung spasme atau menegang sebagai kompensasi.. karena ketidak seimbangan oksigen supply dan yg dibutuhkan, jadi jantung terasa sakit

21. Pertanyaan:

Selamat malam dokter saya Irma anak saya angel ABK usia 13thn Ph primer izin tanya dok 1.kenapa Ph nya kadang bisa naik trn ya dok tiap di echo.dan apakah saat Ph berat solusi pertamanya penggunaan Ventavis.2.untuk dosis viagra biasanya kalo anak maximal berapa ya dokter usia 13thn berat 40kg.sekarang dosisnya 3x20mg.3.apakah kalo Ph naik selalu di ikuti HR nya naik dok padahal sdh minum digoxin. Mohon bantuan informasinya ya dokter trimakasih banyak sebelumnya dokter

Jawaban: biasanya hasilnya tidak jauh berbeda bu.. utk dosis viagra sebenarnya utk usia 18 tahun keatas, tp untuk usia 13 tahun bs diambil separuh dosis dewasa ya bu. utk digoxin dosisnya berapa nggih yg dipakai?

22. Pertanyaan:

Saya retna, dari jogja, asd ph. Sekarang saya sedang menempuh tugas akhir kuliah. Nah skrg sering lama duduk dan terasa badan berkeringat apalagi di tangan dan lemas. Apakah itu efek pasca operasi ya dok? Bsk selasa baru di jadwalkan dok saya utk cek tiroid. Saya sebelum operasi tidak ada keluhan. Biasanya hanya kalau kecapean saja nyeri dada begitu.  Terima kasih

Jawaban: nah coba cek tiroid dulu bisa kearah sana

23. Pertanyaan:

Ira:39th, Diganosanya PH primer. Saturasi 95-97 tp koq berat melakukan aktifitas. Kl dr KM ngos ngosan, Kencing tdk terlalu byk tp agk sering. Tensi 96-85. Keluhanya asites besar.

Jawaban:

kalo ada asites apa tidak mengarah ke gagal jantung ya bu? mungkin perlu dirawat inap kalo memang asitesnya besar, karena obat minum saja tidak cukup untuk mengeluarkan cairan… intake dibatasi ya, total cairan 1-1,25 liter dl /hari

24. Pertanyaan:

Saya devi 29 thn dari jogja, ASD PH. Selamat malam dokter ijin bertanya. Dok kenapa setelah asd closure malah jantung saya jadi atrial fibrilasi ya? Bagaimana cara menyembuhkannya dan apakah perlu tindakan ablasi? Terima kasih dok

Jawaban: bisa saja terjadi atrial fibrilasi.. mgkn penyembuhan jaringan post  operasi krg sempurna juga bs.. atrial fibrilasi sdh berapa lama? kalo baru saja masih bs kembali.. kalo sudah lama, asal bukan af rapid masih aman.. ablasi? ndak usah. saran saya observasi dl saja

“ Terima kasih untuk semua peserta kulwap YHPI.. semoga sedikit materi tentang aktivitas fisik pada pasien Hipertensi paru dari saya ini bermanfaat semoga tetap semangat, tetap memiliki harapan dan semoga tidak mudah untuk menyerah. Karena setiap dari kita mungkin punya cobaan masing², namun kita tidak boleh menyerah” – dr. Nia Dyah R, Sp.JP,FIHA

By | 2021-02-08T08:35:55+00:00 February 7th, 2021|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat