Kuliah WhatsApp 24.03.18 – Pengaturan Diet dan Latihan Fisik

///Kuliah WhatsApp 24.03.18 – Pengaturan Diet dan Latihan Fisik

Kuliah WhatsApp 24.03.18 – Pengaturan Diet dan Latihan Fisik

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi Telegram antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik2 terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group Telegram dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 085210006799

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

KULIAH WHATSAPP

Hidup Dengan Hipertensi Paru: Pengaturan Diet dan Latihan Fisik

Sabtu, 24 Maret 2018 pk 14.00-16.00 WIB

Narasumber: dr. Nana Maya Suryana, SpJP

Kardiolog RSUP Persahabatan Jakarta

 

Moderator: Indri & Isla

 

MATERI KULWAP

  • Hingga saat ini pilihan terapi yang tersedia untuk pasien dengan hipertensi paru masih sangat terbatas, untuk itu selain mengkonsumsi obat-obatan, pemilihan diet dan latihan fisik yang tepat dapat membantu meringankan kualitas hidup pasien
  • Secara umum, diet yang tidak sehat dapat menyebabkan obesitas; kelemahan otot; peningkatan tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah; serta gagal jantung
  • Begitu pula dengan pasien PH, pengaturan diet tidak jauh berbeda dengan pasien gagal jantung pada umumnya, yaitu:
  1. Mengurangi konsumsi garam (maksimal 2 gram/hari sodium, setara dengan 1 sendok teh)
  2. Mengontrol jumlah cairan yang masuk dan keluar dari tubuh agar tidak terjadi retensi cairan dan edema (bengkak)
  3. Menghindari konsumsi minuman beralkohol dan mengurangi minum kopi karena bersifat stimulant yang dapat meningkatkan denyut jantung
  4. Cek kadar gula darah dan kolesterol secara teratur
  • Untuk latihan fisik sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena kondisi fisik tiap pasien berbeda.
  • Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai latihan adalah:
  1. Kondisi fisik harus dalam keadaan fit, tidak sedang ada keluhan
  2. Lakukan latihan yang ringan seperti peregangan otot, jangan lakukan latihan mengangkat beban
  3. Untuk latihan sedang bisa berupa jalan dan berenang, disesuakan dengan kemampuan fisik pasien
  4. Hindari latihan yang melibatkan ekstremitas atas dan bawah secara bersamaan
  5. Hentikan latihan jika mengalami keluhan sesak, berdebar atau pusing
  6. Jika latihan di luar ruangan lakukanlah di pagi atau sore hari saat udara sejuk dan cuaca baik
No. Pertanyaan dan Jawaban
1 Pendahuluan oleh moderator Indri:
Kalau diet air dan garam ini berlaku untuk semua jenis penyebab PH ya dok? Yang tidak bengkak juga?
Jawab:
Betul, mbak Indri. Karena pasien PH dengan gagal jantung kanan tidak boleh kelebihan cairan karena akan memperberat kerja jantung dan menyebabkan edema.
Dengan takaran seperti itu secara umum sudah memenuhi kebutuhan tubuh kita akan garam juga. Maksudnya tidak perlu khawatir akan kekurangan garam/yodium. Hanya saja karena selama ini kita sudah terbiasa dengan makanan yang lebih terasa bumbu/asinnya begitu disarankan untuk mengurangi garam, terasa tidak enak dilidah padahal memang kadar seperti itu yang disarankan untuk diet sehat secara umum (maksudnya tidak hanya untuk pasien gagal jantung saja).
Indri:
Apakah semua PH pasti sudah gagal jantung kanan dok? Yang belum gagal jantung apakah perlu diet air dan garam?
Jawab:
Untuk PH awal bisa saja belum sampai menyebabkan gagal jantung kanan, namun rata-rata pasien kita terdeteksi PH setelah ada keluhan seperti sesak dan bengkak. Nah yang seperti ini sudah merupakan gejala gagal jantung kanan mbak. Untuk yang belum gagal jantung tetap disarankan mengatur pola makan yang baik.
2 Pertanyaan dari Ida:
Selamat siang dokter Nana, saya Ida pasien ASD PH dan gagal jantung, olahraganya apa ya dok untuk mengurangi perut saya yang buncit bengkak air ini. Terima kasih dok.
Jawab:
Siang mbak Ida. Olahraga tidak ditujukan untuk mengurangi bengkak melainkan untuk melatih otot secara umum dan otot pernafasan sehingga sirkulasi darah dan oksigen menjadi lebih baik. Untuk mengurangi bengkak dengan cara mengurangi konsumsi cairan/garam/bantuan obat furosemide. Begitu mbak Ida.
3 Pertanyaan dari (0812-8629-5393):
Siang dokter, membatasi air apakah termasuk air yang terkandung di buah-buahan? Apa sajakah makanan yang baik untuk diet pada hipertensi paru? Terima kasih sebelumnya.
Jawab:
Siang. Betul sekali, cairan yang dimaksud di sini bukan hanya air tetapi termasuk buah yang banyak mengandung air. Jadi yang dihitung: air putih, jus, susu atau kuah makanan seperti dari sayur/sop.
Diet khusus untuk PH sebenarnya tidak ada mbak selain mengurangi konsumsi garam/cairan. Hanya makanan sehat, gizi seimbang secara umum.
4 Pertanyaan dari Yenny:
Siang dok, saya pasien VSD dengan PH. Apa ada pantangan makanan/minuman untuk kami dok, karena kemarin coba makan durian 1 butir lalu kepala saya terasa pusing.
Jawab:
Selamat siang. Pantangan secara khusus tidak ada mbak Yen. Keluhan pusingnya mungkin kebetulan saja. Durian sebenarnya mengandung gula/kalori yang tinggi, jika dimakan dalam porsi wajar maka tidak masalah.
Yenny:
Boleh tidak dok ikut Yoga? Karena Yoga itu kan menahan nafas untuk beberapa saat. Baiknya dilakukan kapan?
Jawab:
Untuk Yoga saya sendiri belum pernah mencobanya jadi belum merasakan langsung seperti apa latihannya (menahan nafas). Balik lagi, disesuaikan saja dengan kemampuan mbak Yenny, jika sanggup maka boleh-boleh saja asal tidak dipaksakan.
5 Pertanyaan dari Andi:
Siang dok, kalau sudah konsumsi Lasix dan membatasi cairan masuk tetapi volume urin tetap sedikit itu bagaimana ya? Apa yang harus dilakukan agar tidak edema?
Jawab:
Selamat siang mas Andi. Dengan minum Lasix/mengurangi minum, urin yang sedikit, apakah masih terdapat edema? Maksud saya mungkin urin yang sedikit karena sementara ini sudah tidak dalam keadaan overload cairan.
Andi:
Pipi dan perutnya membesar dok jadi dicurigai edema.
Jawab:
Kalau begitu tentu butuh evaluasi lagi tentang fungsi ginjal dan fungsi jantungnya mas Andi. Atau bisa juga dosis Lasix nya dinaikkan, hal ini mungkin bisa dikonsultasikan dengan dokter yang menangani.
6 Pertanyaan dari Danar/Heni:
Siang dokter saya Heni VSD PH. Saya seorang ibu rumah tangga, tidak pernah melakukan olahraga karena mudah engap/sesak. Olahraga apa yang baik untuk saya dokter?
Jawab:
Selamat siang mbak Heni. Betul mbak, seperti yang saya sebutkan di pengantar kulwap ini, latihan fisik disesuaikan dengan kemampuan, tidak boleh dipaksakan juga. Untuk mbak Heni cukup dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti pemanasan, misal: tarik nafas dalam sambil tangan diangkat dan diturunkan. Tidak disarankan untuk menggerakan anggota tangan dan kaki secara bersamaan karena akan melelahkan sekali.
Danar/Heni:
Terima kasih dokter, saya sendiri sulit makan buah apalagi minum. Kadang sehari saya minum tidak mencapai 1 liter. Apa itu dapat mempengaruhi PH saya dok?
Jawab:
Kalau boleh tahu BB mbak Heni sekarang berapa? Untuk mengetahui keseimbangan cairan di dalam tubuh kita paling gampang dengan melihat produksi urin, dihitung cairan masuk dan keluar, jika lebih kurang sama maka cairannya cukup mbak.
Danar/Heni:
Kisaran 55 kg dokter. Tetapi memang dari dulu saya minumnya kurang.
7 Pertanyaan dari Ranty:
Siang dokter nana, saya Ranty ASD PH dari Bantul. Mau tanya, apakah boleh mengkonsumsi makanan pedas dan gorengan? Makanan apa yang boleh dan tidak boleh kami makan? Terima kasih
Jawab:
Siang mbak Ranty, makanan pedas dan gorengan itu boleh-boleh saja dikonsumsi. Untuk PH tidak ada efek secara langsung. Namun, perlu diingat bahwa gorengan itu mengandung lemak jahat jadi sebaiknya dikurangi atau gorengan yang dimasak sendiri lebih baik karena kualitas minyaknya jelas (tidak digunakan berulang-ulang) sedangkan untuk makanan pedas boleh saja asal perutnya aman dan tidak kebanyakan minum karena kepedasan.
8 Pertanyaan dari Rachma:
Siang dok, bagaimana latihan fisik untuk pasien CHF dan PH berat (123) agar tidak lemah otot apalagi badan cukup obesitas (TB 158 cm, BB 69 kg).
Jawab:
Siang, mbak Rachma apa saat ini ada keluhan untuk aktifitas ringan sedang seperti jalan santai? Jika tidak, bisa dengan berjalan santai/berenang jika sanggup. Mulai perlahan saja dan dalam waktu yang singkat dulu misal 15-20 menit. Jika masih kuat nanti durasi latihan bisa dinaikkan bertahap.
Rachma:
Untuk aktivitas ringan tetap ada keluhan dok cuma buat ke toilet saja setelah itu pusing atau kalau jalan seperti sempoyongan jadi di rumah tidak ada aktivitas selain duduk baring dan nonton.
Jawab:
Kalau seperti ini tentu kita tidak menyarankan untuk latihan fisik seperti jalan, mirip dengan kasus mbak Heni di atas bisa dimulai dengan gerakan-gerakan ringan seperti peregangan/pemanasan dan kalau bisa di pagi hari sambil berjemur dan menghirup udara segar.
9 Pertanyaan dari Sari:
Siang dokter Nana, saya penderita PH primer. Apakah dengan mengkonsumsi garam himalaya setiap hari dapat secara signifikan menurunkan hipertensi. Kalau garam lososa apakah sama dengan garam Himalaya? Terima kasih
Jawab:
Siang mbak Sari. Mohon maaf saya baru tahu tentang garam Himalaya dan lososa. Saya cari info dahulu ya.
Sari:
Bertanya lagi dr.Nana. Kaki saya seringkali kram, apa ada olahraga khusus untuk mencegah kram? Bagaimana cara mengatasi kaki kram tersebut? Terima kasih.
Jawab:
Kaki kram bisa karena bengkak, kurang digerakkan atau karena kurang vitamin B/kalium. Latihan ringan seperti menggerak-gerakkan kaki jika terlalu lama duduk/berbaring, konsumsi vitamin B kompleks, atau makan sayur dan buah terutama apel dan pisang yang tinggi akan kalium.
10 Pertanyaan dari Hana:
Selamat siang dokter Nana, saya Hana ASD PH. Mau tanya ukuran cairan yang boleh dikonsumsi per hari berapa liter ya? Jika cairan dibatasi apakah ada efeknya untuk ginjal? Mengingat saya minum obat secara rutin. Terima kasih.
Jawab:
Siang mbak Hana, jumlah cairan yang disarankan disesuaikan dengan badan dan jumlah urin yang keluar. Rata-rata untuk BB 50kg, cairan dibatasi sekitar 1.200 cc/hari. Namun, jika produksi urin banyak, boleh dinaikkan hingga 1.500 cc/hari.
Untuk masalah ginjal, tentu akan dievaluasi fungsi ginjalnya secara rutin, biasanya dengan pemeriksaan lab ureum creatinin per 6 bulan.
Hana:
Tanya lagi dokter. Sehubungan dengan pemeriksaan fungsi ginjal, pernah ditanya oleh petugas lab apakah mau dari darah atau urin? Kalau BB sekitar 55 kg takaran cairan yang dikonsumsi berapa dok?
Jawab:
Mbak Hana, untuk jenis pemeriksaan lain sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter ybs. Tetapi biasanya pemeriksaan rutin ginjal berupa ureum/creatinin (darah) dan urin.
Idealnya menghitung berapa minum dan berapa pipis (ditampung), tapi kalau untuk teman-teman yang masih beraktifitas seperti biasa seperti ke kantor/kampus dll, untuk minum tentu bisa ditakar namun sulit untuk menghitung jumlah urin. Nah, kita hanya bisa mengira-ngira saja sudah berapa kali pipis dan sekali pipis kira-kira berapa cc. Hitungan kasarnya saya biasa pakai (BB x 30 cc) x 80%. Nanti kebutuhan cairan lebih kurang segitu, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai kondisi/keluhan.
Hana:
Tanya lagi dok, saya minum pengencer karena pernah stroke ringan, Hb 15, apakah saya harus menghindari sayuran hijau juga?
Jawab:
Pengencer darahnya apa mbak? Simarc atau aspilet? Sayuran hijau terutama berpengaruh terhadap kerja obat simarc/warfarin.
Hana:
Ascardia, dok.
11 Pertanyaan dari Silvina:
Selamat siang dokter Nana, kalau harus diet garam bagaimana dengan garam yang tersembunyi di makanan. Seperti makanan kaleng, micin, indomie, soda dll? Terima kasih sebelumnya.
Jawab:
Siang mbak Silvi. Nah ini dia yang sulit. Kandungan garam di dalam indomie/mie instant itu sendiri sudah sama dengan kebutuhan garam kita per hari. Untuk itu tidak dianjurkan untuk makan seperti itu atau jika memang sulit dihindari maka porsi dan frekuensinya yang dikurangi. Untuk sehari-hari sebaiknya makan makanan yang kita masak sendiri.
Silvina:
Untuk PH emboli/PH yang sedang minum pengencer darah apakah ada jenis sayur/buah/makanan yang menjadi pantangan?
Jawab:
Iya mbak. Untuk yang mengonsumsi simarc memang disarankan untuk tidak mengonsumsi sayuran hijau karena mengandung vitamin K yang berpengaruh terhadap kekentalan darah. Jadi sebaiknya konsumsi sayuran selain sayuran hijau.
Silvina:
Dokter kalau Hb tinggi apakah ada pantangan makanan? Terima kasih sebelumnya.
Jawab:
Mbak Silvi tadi dengan ASD ya? Hb tinggi itu sebagai kompensasi karena kekurangan oksigen dalam darah. Tidak ada pantangan makanan secara khusus, biasanya kalau sudah terlalu tinggi darahnya harus dikeluarkan seperti donor darah.
Silvina:
Saya emboli dok. Dokter mau tanya lagi makan yang merah-merah (penambah darah) seperti bit, jambu batu merah dll apa tidak mempengaruhi Hb?
Jawab:
Hemoglobin (Hb) adalah protein yang mengandung zat besi, yang terdapat pada sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari jantung-paru-ke seluruh tubuh. Memang betul buah bit dan beberapa sayur serta buah lain seperti kacang almond, brokoli, kacang merah, bunga kol, apel, jeruk diketahui mengandung zat besi sehingga bisa berfungsi menaikkan Hb. Pada pasien yang sudah dengan Hb tinggi sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah tersebut dalam porsi secukupnya saja, tidak setiap hari. Untuk berapa porsinya nanti coba saya tanyakan ke ahli gizi ya.
Untuk mbak Silvi, info dari dokter gizi, untuk amannya pada keadaan Hb tinggi, makanan-makanan yang dapat menaikkan Hb sebaiknya dihindari.
12 Pertanyaan dari Wulan:
Selamat siang dokter. Saya pasien ASD dari Sleman. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan:
1.     saya pernah membaca sebuah brosur tentang sayuran yang boleh dan tidak boleh untuk penderita ASD. Apakah sayuran seperti sawi atau sayuran yang mengandung banyak air sebaiknya dihindari?
2.     Apakah mengonsumsi teh kental diperbolehkan? Kalau tidak salah di dalam teh juga terdapat kandungan kafeinnya walau kadar rendah.
Jawab:
Selamat siang mbak Wulan.
1.     Kalau boleh tahu di sana disebutkan apa ya mbak? Untuk sayuran boleh, kecuali untuk yang mengonsumsi warfarin/simarc disarankan untuk menghindari sayuran hijau. Walaupun buah dan sayur ada kandungan arinya, tidak masalah hanya saja kasarnya tetap kita hitung, masuk dalam total cairan yang maksimal boleh dikonsumsi.
2.     Iya. Teh juga bersifat stimulant walau tidak sekuat kopi dan bersifat diuretik juga lho. Jadi bisa merangsang untuk pipis. Mengonsumsi dalam batas wajar tidak masalah mbak (diseduh sesuai takaran biasa).
Wulan:
1.     makanan yang tidak boleh diberikan karena mengandung gas antara lain: kol, sawi, lobak, nangka, durian, nanas, santan kental dan lemak hewan. Apakah begitu dokter?
Jawab:
Makanan-makanan tersebut betul mengandung gas biasanya dihindari terutama untuk pasien dengan gangguan lambung/maag. Tetapi untuk ASD rasanya tidak ada efek langsung mungkin dimaksudkan di sini untuk mencegah kembung karena hal itu dapat memperberat keluhan sesaknya. Mungkin demikian Mbak Wulan.
13 Pertanyaan dari Tedja:
Selamat siang dok, saya pasien PH primer yang minum obat pengencer dalam keseharian apakah makanan seperti sayuran yang mengandung klorofil dihindari mengingat tingkat kekentalan ada darah.
Jawab:
Selamat siang mas Tedja. Iya mas, memang disarankan untuk menghindari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi hijau karena kandungan vitamin K yang dapat menghambat efek dari kerja obat pengencer darah. Dikuatirkan kadar INR yang diharapkan tidak tercapai.
Tedja:
Dok, standard INR itu berapa, pada saat saya masuk IGD karena pendarahan dengan INR 2,45 dikatakan tinggi karena standarnya 0,93 – 1,13 yang selama ini saya dituntut dr 1,5 – 2,5 yang benar yang mana dok?
Jawab:
Untuk standar INR normal berkisar antara 0,8 – 1,2. Atau berbeda sedikit pada lab yang berbeda (tergantung alat/standarisasi masing-masing lab). Untuk kasus tertentu yang butuh keenceran darah lebih misal pada pasien stroke, serangan jantung, emboli, dll target INR bisa antara 1,5 – 2,5 atau 2 – 3 bahkan 3,5. Semakin tinggi INR tentu saja resiko bleedingnya tinggi, namun nilai INR berapa yang bisa menyebabkan bleeding tidak dapat diprediksi. Ada pasien dengan INR > 5 pun tidak terjadi bleeding, sebaliknya dengan INR < 3 sudah terjadi bleeding. Hal ini disebabkan ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi seperti kondisi ginjal, pencernaan, dll.
Karenanya, setelah bleeding berhenti, simarc bisa diinisiasi (dimulai) kembali dengan dosis yang lebih rendah dari dosis sebelumnya sambil dimonitor tanda perdarahan dan INR nya. Untuk lebih detilnya tentu dibicarakan dengan dokter yang merawat.
14 Pertanyaan dari Erni:
Assalamualaikum dok, apakah pasien PH cenderung mempunyai BB berlebih mengingat sulit untuk olahraga walaupun sudah diet garam?
Jawab:
Waalaikumussalam wr wb,
Mbak Erni, BB berlebih pada pasien PH berbeda dengan istilah sehari-hari, dalam hal ini bukan gemuk karena lemak/msasa otot tetapi karena kelebihan cairan. Jadi tidak semua pasien PH akan mengalami kelebihan BB jika cairan dalam darah seimbang/hal ini tergantung pada derajat PH dan penyakit dasarnya.
15 Pertanyaan dari Indri:
Kalau tidak sedang minum pengencer apakah sayuran hijau juga membuat darah kental dan kurang baik untuk pasien PH dok?
Jawab:
Mbak Indri, sayuran hijau seperti yang saya sebutkan di atas tergolong dalam kelompok dengan kandungan vit K yang cukup tinggi, dalam keadaan normal tubuh kita juga membutuhkan vitamin K, jadi aman saja untuk dikonsumsi toh jika kelebihan akan dimetabolisme dan diekskresikan (dikeluarkan) oleh tubuh.
Hanya saja pada pasien yang membutuhkan pengencer darah, ada target keenceran darah yang harus dicapai, dengan konsumsi sayuran hijau dikuatirkan target tersebut tidak tercapai sehingga dosis obat yang dibutuhkan juga semakin tinggi.
Indri:
Baik dok, berarti aman untuk yang tidak minum pengencer. Lalu pengencer yang dimaksud di sini simarc saja atau termasuk pradaxa/aspirin/cpg dok?
Jawab:
Pertanyaan yang baik sekali mbak Indri. Terutama untuk simarc mbak, karena simarc kerjanya sebagai vit K antagonis (menghambat sintesis/pembentukan vit K) sedangkan obat golongan lain tidak.
Saran tambahan untuk teman-teman yang mengonsumsi simarc:
Minum obat malam di malam hari, dalam waktu/jam yang sama setiap hari untuk menjaga kadar keenceran darah tetap stabil.
16 Pertanyaan dari Sisca:
Suara saya tiba-tiba serak sudah sekitar 2 bulan. Tidak sedang flu atau radang, apakah mungkin jantung bengkak bisa menekan syaraf suara dok? (dokter saya bilang begitu). Terima kasih.
Jawab:
Ada memang pengaruh jantung dan suara serak biasanya karena penekanan pita suara akibat dari pembengkakan jantung atau pembuluh darah aorta yang membesar. Kalau sudah sampai 2 bulan sebaiknya diperiksakan ke dokter THT mbak.
17 Pertanyaan dari Nabila:
Sore dokter. Saya mau bertanya perihal makanan atau buah yang sifatnya diuretik, selain teh apalagi ya? Yang pernah saya dengar itu daun sirsak dan air kelapa. Apakah benar?
Jawab:
Sore juga. Betul mbak, yang paling umum kita ketahui adalah teh, untuk daun sirsak dan air kelapa mohon maaf saya tidak tahu pasti.
Ada beberapa sayuran dan buah lain yang saya baca bisa berefek diuretik seperti seledri, asparagus, wortel, melon dan tomat. Hanya saja untuk kadar/dosis yang harus kita konsumsi sehingga bisa menimbulkan efek diuretik itu yang sulit ditentukan. Karena kalau obat herbal/alami seperti ini tidak ada takaran yang pas dan efeknya juga berbeda-beda di setiap orang, tidak seperti saat kita mengkonsumsi obat dokter.
18 Pertanyaan dari Dewi R:
Dr.Nana, saya Dewi dengan ASD plus PH berat, saya ingin bertanya apakah pusing berputar dan sering sempoyongan itu karena jantungnya bermasalah ya? Karena hampir setiap hari saya seperti itu. Cuma kalau setelah istirahat, agak berkurang.
Jawab:
Iya mbak, hal ini sering dikeluhkan pasien dengan PH karena kadar oksigen yang rendah termasuk aliran darah ke otak menyebabkan sakit kepala/pusing sempoyongan. Kebutuhan oksigen meningkat seiring dengan meningkatnya aktifitas, sehingga keluhan akan reda dengan beristirahat.
19 Pertanyaan dari Asti (0878 7888 4559):
Assalamualaikum dr.Nana, saya Asti pasien dr.BBS selama ini kalau pagi saya minum jeruk nipis peras lalu sarapan buah dan minum obat tidak dengan nasi, apakah seperti itu diperbolehkan?
Jawab:
Waalaikumussalam wr wb, halo mbak Asti. Ini mbak yang kita pernah ketemu di RSP? Untuk pengaruh ke penyakit PH nya tidak ada mbak. Tetapi dikuatirkan ke lambung. Terus-terusan mengonsumsi asam tanpa dibarengi makanan dapat menyebabkan gastritis/sakit maag.
20 Pertanyaan dari Tietyn (0822 2687 0949):
Apakah Hb yang tinggi otomatis darahnya juga mengental dok?
Jawab:
Betul mbak. Walau ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kekentalan darah, tidak hanya dilihat dari kadar Hb. Dengan pemeriksaan lab ada beberapa poin yang bisa menilai kekentalan darah.
21 Pertanyaan dari Eka (0852 3688 7950):
Dr. Nana saya mau bertanya apakah aspilets itu juga obat pengencer? Terima kasih.
Jawab:
Iya betul. Aspilet, aspirin, Ascardia termasuk dalam obat pengencer.
21 Pertanyaan dari Hestin/Septy:
Selamat sore dok, saya Septy ASD PH. Kalau Hb rendah harus banyak konsumsi apa saja dok? Terima kasih
Jawab:
Sore mbak Septy. Nah, kalau pertanyaan dari mbak Septy ini kebalikan dari mbak Silvi ya. Jadi, perbanyak makan sayur dan buah seperti yang disebut di atas. Daging sapi juga mengandung zat besi yang tinggi.
By | 2019-08-01T03:41:49+00:00 March 26th, 2018|Kuliah lewat Telegram|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat