Kuliah WhatsApp 18.08.17 – Hipertensi Paru dan Respon Obat-obatan

///Kuliah WhatsApp 18.08.17 – Hipertensi Paru dan Respon Obat-obatan

Kuliah WhatsApp 18.08.17 – Hipertensi Paru dan Respon Obat-obatan

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi Telegram antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik2 terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group Telegram dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 085210006799

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

MATERI KULWAP  JUMAT, 18 AGUSTUS 2017*

*PUKUL 19.00-21.00 WIB*

Narsum: *dr. Anggoro Budi Hartopo Ph.D, Sp. PD, Sp.JP*

*Profil Narsum:*

_Clinician, Researcher at Dept of Cardiology and Vascular Medicine UGM_

*Dosen di FK UGM*

Moderator : *Arni  & umi*

Tema : *Hipertensi Paru, Apa yang Terjadi dalam Paru-Paru dan Respon Obat-obatan*

*Hipertensi paru* berarti tekanan darah tinggi di pembuluh darah paru-paru.

Normalnya tekanan darah di paru-paru sangat rendah.

 *Kenapa rendah ?*

  1. Pembuluh darah paru-paru elastis
  2. Jaringan paru-paru lunak
  3. Pembuluh darah yang dalam tidak berotot
  4. Zat pelebar dan penyempit pembuluh darah seimbang.

Pada tekanan yang rendah –> aliran lancar, pertukaran gas / oksigen lancar.

 

*Pada hipertensi paru :*

  1. Dinding pembuluh darah paru menebal
  2. Selaput pembungkus dipenuhi zat parut
  3. Lubang pembuluh darah paru menyempit atau tersumbat
  4. Pembuluh darah paru mengkerut (konstriksi) tapi sulit melebar (dilatasi)
  5. Muncul jendalan darah di lubang pembuluh darah.

Kalau sudah terjadi hipertensi paru, berarti kerusakan pembuluh darah paru > +-70 %.

Sehingga hipertensi paru tidak dapat sembuh, tetapi bisa dikontrol dgn obat untuk menurunkan tekanan darah paru.

*Obatnya antara lain:*

  1. Penghambat PDE 5 : sildenafil, tadalafil, vardenafil
  2. Analog prostasiklin : beraprost, iloprost, epoprostenol, treprostinil
  3. Antagonis reseptor endothelon : ambrisentan, bosentan, macitentan
  4. Stimulator guanilat siklase: riociguat

*Efek obat tersebut adalah :*  melemaskan pembuluh darah paru-paru sehingga melebar dan lubang bisa terbuka lebar sehingga aliran lebih lancar dan tekanan turun, proses pertukaran udara /oksigen lebih lancar.

 *Obat yang sudah ada di Indonesia antara lain :*

– *Sildenafil*, dosis nya 10 mg atau 20 mg tiga kali minum per hari selang 4-6 jam, bisa dinaikkan bila perlu

– *Beraprost*, dosis nya 20 mcg tiga kali minum selang 6 jam, bisa dinaikkan bila perlu

Obat yang lain sampai saat ini belum resmi ada di Indonesia.

Rekomendasi terbaru adalah pemakaian obat-obatan secara kombinasi, yaitu minimal 2 obat sekaligus.

Jadi karena di Indonesia yang ada hanya 2, maka kedua obat tersebut langsung diberikan bersama-sama.

*Semoga bermanfaat.*

*Semoga Sehat Selalu*

  • pertanyaan 18/08/17, 19.03 – Firdaus: Dok sy firdaus dr aceh usia 35 th diagnosa asd + ph dia 5 cm ph 82 mmhg, hasil cat di harkit kemarin angka Pari 0,64 dan FR=5,7 yg ingin sya tanyakan apakah dgn hasil cat tersebut saya aman jika dioperasi di daerah krn mengingat antrian operasi di harkit cukup padat..terima kasih

jawaban  18/08/17, 19.19 – Dr Anggoro: Kalau dilihat PARI dan FR layak untuk ditutup ya. Tapi mPAP 82 mmHg tinggi

 

  • pertanyaan 18/08/17, 19.04 – +62 821-3434-1177: Saya PH primer Dok, dan akhir akhir ini detak jantung sy sering tdk beraturan. Apakah detak jantung yg tdk beraturan itu (Aritmia) dikarenakan PH yg tinggi saja dok, atau bs dikarenakan yg lain? Contohnya karena apa ya.

Jawaban 18/08/17, 19.13 – Dr Anggoro: Ya bisa saja aritmia. Harus ekg untuk menilai aritmianya. PH tinggi bisa menyebabkan jantung kanan melebar shg terjadi aritmia.

 

  • pertanyaan 18/08/17, 19.05 – 💐 Riska Noor Anggraeni 💐: malam dokter, saya riska mau tanya boleh gak kita ngonsumsi obat yang tingkatan nya lebih tinggi gitu , misalnya langsung bosentan, padahal belum pernah ngonsumsi sildenafil atau beraprost … Biar PH turun lebih cepat ?

jawaban 18/08/17, 19.21 – Dr Anggoro: Tergantung status fungsional dari PH yang diukur dari aktivitas. Kalau status fungsional 2 keatas bisa langsung atau kombinasi

 

  • pertanyaan 18/08/17, 19.06 – ‪+62 819-803-214: Selamat malam dok, saya pasien PDA Ph.  Terkait munculnya jendalan darah di pembuluh darah; sejak tahun 2011, beberapa kali saya mengalami muntah/batuk darah tiba tiba,  yang diawali rasa gatal di leher,  ingin batuk (padahal kondisi tidak batuk),  lalu keluar darah dari mulut.  Terjadi kisaran dua kali dalam setahun,  yg terakhir desember 2016.  Darah relatif banyak (bingung antara batuk atau muntah darah) ,  dan berangsur berkurang dalam beberapa hari, kadang sampai lebih dari seminggu.  Sebenarnya apa penyebab dari hal itu?  Terima kasih..

jawaban 18/08/17, 19.23 – Dr Anggoro: Batuk darah atau hemoptisis karena tekanan yg tinggi atau krn ada pembuluh darah baru di paru yg rapuh

 

  • pertanyaan 18/08/17, 19.06 – Hikmah dames: malam dok, saya imah 21thn..menurut materi kali ini, apa benar hipertensi paru trmasuk penyakit yg tidak dapat sembuh hanya dapat dikontrol dgn obat2an ?

jawaban 18/08/17, 19.25 – Dr Anggoro: Iya. Spt hipertensi atau diabetes. Bisa dikontrol. Kecuali ada penyebab yg bisa dihilangkan, misalnya lubang jantung.

 

  • pertanyaan 18/08/17, 19.06 – +62 812-2986-0089: Malam dok, sebenarnya pemakaian oksigen saat sesak itu akan menjadikan ketergantungan ngga ya..Trus bgmn efek obat2an yg kami minum terkait ginjal kami,secara obat2an tsb kami minum dlm dosis yg lumayan banyak.(maaf sedikit melenceng dr topik)..Makasih…

jawaban 18/08/17, 20.57 – Dr Anggoro: Bisa bikin keracunan oksigen. Tapi pada kasus PH justru efek baik yang didapatkan

  • pertanyaan 18/08/17, 19.07 – Tedja purnama: Assalamualaikum dok, sy tedja usia 65 th. ingin tanya apa perbedaan n pengaruh dr obat2 ini thdp paru2, yaitu; sildenafil, beraprost n dorner krn silde n beraprost di beberapa rmh sakit tdk ditanggung bpjs, yg ditanggung hny dorner

      jawaban 18/08/17, 20.41 – Dr Anggoro: Sildenafil dan beraprost sama2 melebarkan pembuluh darah paru2 shg menurunkan tekanan darah paru2

  • pertanyaan 18/08/17, 19.07 – 💐 Riska Noor Anggraeni 💐: Malam dokter, mau tanya kenapa lambat laun dosis sildenafil saya semakin bertambah tetapi justru kemampuan aktifitas saya malah berkurang jauh sebelum minum sildenafil ?

jawaban TIDAK DIJAWAB

  • pertanyaan 18/08/17, 19.09 – Aditya Ambarwati: Malam dok, mau tnya PH yg dtinggi itu dsebbkan krena ap y, ap aktvs yg berat mempengruhi

jawaban TIDAK DIJAWAB

  • pertanyaan 18/08/17, 19.09 – Sulistiyorini: Mlam dok, sya sulis. ASD secundum Bidirect L to R + PH. Sya mau tnya, klo bngun tdur itu kdang2 detak jantung nya kencang trs klwar keringet dingin y dok????

Jawaban TIDAK DIJAWAB

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.13 – rossy: Selamat malam ada yg saya mau tanyakan dok… sekitar 1 mggu yang lalu saya opname karna trombosit 50 dan suhu 39 badan menggigil panas saya ketika dlm keadaan tsb sampai saya hanya bisa mendengar tapi ketika d tanya saya tdk sanggup menjawab. Lalu ketika saya sudah sadar saya tanyakan keadaan saya kepada dokter yang memeriksa. Maaf tapi dokter tsb hny dokter jaga d rumah daerah saya. Kata dokter tsb ketika saya menunjukkan obat yang saya konsumsi (sildenafil) katanya efek samping konsumsi sildenafil yang berkepanjangan menyebabkan trombosit gampang menurun… apakah hal tersebut memang seperti itu.mohon penjelasan karna keadaan saya masih sering lemes.mksh .

Jawaban 18/08/17, 20.52 – Dr Anggoro: Biasanya tidak. Yg bikin turun trombosit adalah beraprost / dorner

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.15 – Puput Jateng: malam dok saya mau pasien asd ph.. saya mau tanya kenapa ya dok semenjak minum obat jadi mudah sakit seperti komplikasi ke organ laen gitu padahal dulu sebelum minum obat gak kaya gini.. apa itu pengaruh obat ato gimana dok? Trimakasih

Jawaban 18/08/17, 20.25 – Dr Anggoro: Susah ini jawabannya 😁🙏 TIDAK DIJAWAB

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.15 – +62 812-9600-0705: selamat malam Dok, sildenafil idealnya diminum 3×1 ya, belakangan ini sy dikasihnya 2×1 pagi & malam krn tensi rendah, (biasanya 100/70), skrg rata2 80/60 kadang 70/50, apakah ada yg hrs sy konsumsi spy tensi jd normal kembali?

Jawaban 18/08/17, 21.00 – Dr Anggoro: Kadang2 tensi memang rendah  Kalau saya sildenafil tetap 3×20 mg asal tidak ada keluhan.

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.17 – +62 856-4237-3012: Malam dok,mau tanya apakah pola makan jg mempengaruhi tinggi rendahNya PH?lalu selain PH apalagi yg harus d perhatikan sblm penutupan ASD?terimakasih

Jawaban TIDAK DIJAWAB

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.19 – +62 878-2574-4469: Selamat malam, dok… saya mau bertanya, kenapa hipertensi paru menyebabkan edema?

Jawaban TIDAK DIJAWAB

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.22 – Lestari Ningsih: Malam dok mau nanya kalau beehenti minum salah satu obat misal sildenafil itu bahaya atau tidak mengingat di indonesia yg di cover bpjs hanya dorner pdhl awal resep dari dokter dorner plus sildenafil

Jawaban 18/08/17, 19.49 – Dr Anggoro: Lebih baik jgn berhenti ya. Sildenafil bentar lagi masuk bpjs

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.22 – Sari widyawati: Malam dokter saya ph primer dn jantung kiri membesar..dngan mngkonsumsi silde dorner furo n spiro jntung sy bs kmbali normal..sejak minum silde knp sy sering kram parah dn terus menerus bgmn menyembuhknya..sy doresepkn minum dorner 3×1 tp setiap minum 3x jntung sy lngsung brdetak kencang smentara ini cm mnum 2×1 sehari

Jawaban 18/08/17, 19.50 – Dr Anggoro: Mgkn karena jantung kiri sudah membesar ya.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.23 – Dafah Sigit: Jika sudah terjadi aritmia akibat dari PH,  cara ngatasin nya gimana dok ?

Jawaban TIDAK DIJAWAB

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.24 – +62 819-803-214: Apakah bisa diantisipasi, dokter (hemoptisis nya)?

Jawaban 18/08/17, 20.00 – Dr Anggoro: Antisipaso dgn obat2an penurun PH

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.27 – Hikmah dames: kalo ph karna emboli dok, dan cara apa yg paling efektif buat emboli paru selain pengecer darah? apa hanya itu cara satu2nya? atau bisa diopreasi mungkin

Jawaban 18/08/17, 19.54 – Dr Anggoro: Emboli kecil2 hanya dgn pengencer darah. Kalau besar bisa dioperasi. Kalau 1/2 besar bisa disedot.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.27 – Silvi: Malam dok. anggoro. Saya silvina pasien ph emboli + autoimun sjorgen syndrom.. saya mau tanya di materi di jelaskan pasien ph tidak bisa sembuh. Bener tidak bisa sembuh ya dok? Ato ada kasus2 tertentu bisa sembuh? Terima kasih 😊

Jawaban 18/08/17, 19.53 – Dr Anggoro: Terkontrol bisa 👍 tetap semangat.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.28 – +62 812-8846-7196: Assalamualaikum sok.saya Harti PH primer dgn ph di atas 70 saya ingin sekali punya anak.apa saja yg harus saya siapkan dok?terimakasih

Jawaban 18/08/17, 19.55 – Dr Anggoro: Walaikumsalam. Pada prinsipnya pasien PH tidak dianjurkan hamil. 🙏🙏

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.29 – velerie: Malam dr. Anggoro sy Ririe, vsd ph bidirectional shunt eisenmenger dan tdk bisa koreksi. Saat ini konsumsi dorner 3 x 1 dan furo 1 x 1. Apakah dng konsumsi obt tsb kedepannya PH bisa turun dan ada kemungkinan bisa koreksi? Mohon penjelasan dok, terima kasih.

Jawaban 18/08/17, 20.02 – Dr Anggoro: Eisenmenger tidak perlu operasi . Cukup diobati saja ya. Lebih bagus kondisinya tidak operasi.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.30 – Cosi: Malam dok,sy cosi asd ph. Apakah diameter asd bisa mengecil dg sendirinya pada pasien dewasa? Sy thn 2016 diameter 3cm,awal taun 2017 jd 2,5 cm. Apa benar bisa mengecil,atau faktor alat echo saja?

Jawaban 18/08/17, 20.10 – Dr Anggoro: Kalau dewasa tidak bisa kecil. Mgkn faktor pengambilan gambar dari echo

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.33 – munawiris: Selamat malam dokter.. Saya munawwiris post asd Clousure. Sblmum operasi sy sempat Ph tinggi smp 83 mmhg. Tp alhamdullilah echo terakhir wkt mau evaluasi oktober 2016 Ph turun menjadi 42mmhg dan sy akhirx maju Open heart November 2016. Yg saya tanyakan dokter apakah kl sdh operasi Ph sdh turun echo juli 2017 32mmhg  apa bs naik Lg ya dokter tekanan Ph nya.Dan 1 bln ini sy batuk kering lama sembuhx apa ada hbganx dg Ph apa jantungx yach. Sdh dikasih obat Codein batukx tetep aja blm hilang. Terima kasih dr. Anggoro

Jawaban 18/08/17, 20.12 – Dr Anggoro: Pasien post operasi dgn PH tinggi tetap minum obat PH ya. Batuk kering lama sembuh mgkn PH mungkin kelainan paru /saluran napas lain.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.34 – Dewi Septirini: Malam dok saya dewi PDA ph pas prtama cath hasil pda nya 4-5mm kok bln juli kmren evaluasi hasil echo PDA nya kok jd 0.7cm ya ? Apakah itu ada pngaruh nya obat2an yg sy konsumsi dok? Tp alhamdulillah ph nya turun. Makasih dok

Jawaban 18/08/17, 20.14 – Dr Anggoro: 4-5 mm dan 7 mm beda alat ukurnya.

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.35 – Ratimurtika: Lubang sy sdh ditutup masih disisakan 0,5mm tetapi kenapa tekanan paru masih ttp tinggi y dok? Terlebih jika tdk minum sildenafil krn pernah tdk minum tvg menjadi 120mmhg

Jawaban 18/08/17, 20.15 – Dr Anggoro: Ada tipe yang setelah ditutup masih tinggi, diduga kerusakan pembuluh darah paru sdh tidak bisa balik normal shg perlu suport obat2an.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.36 – +62 812-2000-1703: Malam dok, Apa ada pengaruh nya silde terhadap tekanan darah ? Karena semenjak minum silde tekanan darah saya jadi cukup tinggi dok, bisa sampe 144/90.. Apakah itu normal dok ?

Jawaban 18/08/17, 20.17 – Dr Anggoro: Biasanya Tekanan darah ikut turun. Kalau naik mungkin ada sebab lain..saya cari dulu ya literaturnya

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.40 – Koesharini: mlm dok,sy Koes dr jogja.ASD-PH… ph dr 80,92,92,79,terakhir 76, masih aktifitas kerja dr pg sampai sore. yg ingin saya tanyakan,apakah PH sedang tinggi bisa mengakibatkan Pusing sekali, dan bisakah membuat haid tdk teratur. atau dikarenakan obat yg saya kosumsi slide + doner yg membuat haid tdk teratur atau dikarenakan angkat2 berat jd tdk teratur.  mohon penjelasan dok..

Jawaban 18/08/17, 20.19 – Dr Anggoro: PH tinggi bisa bikin pusing oksigenasi darah kurang. Sildenafil bisa mengganggu siklus haid juga.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.46 – +62 813-2271-2972: Mlm dok, apakah anak asd+ph boleh ikut imunisasi vaksin MR? Tks.

Jawaban 18/08/17, 20.20 – Dr Anggoro: Ini saya tidak tahu jawabannya. Coba saya cari dulu literaturnya.

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.48 – +62 899-6662-813: Dok saya ijin tanya, apa hubungannya hipertensi paru dengan sesak nafas? Mohon penjelasannya dok, soalnya saya PH mild tapi sering sesak nafas

Jawaban TIDAK DIJAWAB

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.49 – Awi Aceh: Malam dok .Saya awi (22) vsd+ph severe  Saya sering  pusing kalau minum sildanafil 3xsehari  dalam dosis 25  Penyebabnya knapa  dok …..Dan sekarng saya minum 2x sehari  beresiko ngk dok

Jawaban 18/08/17, 20.23 – Dr Anggoro: Kalau tidak bisa cocok dgn sildenafil, bisa diganti obat lain..misal tadalafil atau golongan endothelin reseptor antagonis

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.52 – Dhian deliani : Dokter, saya Dhian ASD PH Eissenmenger, didiagnosa 11 thn yg lalu. Saya minum sildenafil 25mg x 4, dan diuretik 1×1, kondisi saya stabil, tekanan paru tidak naik tp tidak juga turun.
  1. Menurut dokter, apakah saya hrs menambah dosis, atau mengkombinasi sildenafil dan beraprost?
  2. Dari keempat jenis obat yg ada, penghambat PDE 5, Prostasiklin, Endothelon, Guanilat Siklase, mana yg paling ampuh? Apakah penggunaan jenia obat-obatan ini menunjukan tingkatan/level keparahan pasien?
  3. Bagaimana kita mengetahui bahwa obat yg dikonsumsi tdk direspon oleh pembuluh paru? Apakah obat harus ditambah dosisnya atau diganti?

Jawaban 18/08/17, 20.31 – Dr Anggoro: Evaluasinya dgn melihat status fungsi dan parameter lain. Tidak sekadar turunnya pH.

  • Pertanyaan 18/08/17, 19.57 – Bunda Eidgar: dokter ank saya 2th. vsd dorv dgn ph post op intraventriculer tuneling nov 2016 smpai saat ini msi konsumsi 3obt salah satunya sildenafil. dok apa pngruhnya apbila silde tidak diminum barang sehari atau 2 hari. apakh ph lngsung otomastis naik kembali?

Jawaban 18/08/17, 20.36 – Dr Anggoro: Bisa saja naik krn efek sildenafil tidak tahan lama.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.00 – Zakia Jateng: Kalau PH nya sudah menurun apakah tetap beresiko buat hamil dokter?

Jawaban 18/08/17, 20.28 – Dr Anggoro: Maksudnya tekanan paru turun? Saat hamil ada tambahan janin yang butuh oksigen dan darah. Bila ada PH maka suplai oksigen ke janin tidak cukup.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.02 – Ibu Rezka P Kalsel: Dok..sampai kapan pasien tdk dianjurkan hamil?

Jawaban 18/08/17, 20.26 – Dr Anggoro: Selama masih PH tidak dianjurkan hamil.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.04 – Sulistiyorini: Klo ASD Secundum bidirect + ph msih bsa di oprasi y dok, klo ph nya dah trun

Jawaban 18/08/17, 20.39 – Dr Anggoro: Kriteria operasi penutupan dgn kateterisasi jantung kanan dan tes oksigen. Sudah dilakukan ?

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.06 – Asti Fujihartanti: Dok sy kena PH 2016 suara ilang kmudian adlg stlh 3bln, lalu th 2017 suarabilang lg ud 4bln ini suara sy msh blm pulih. Ap ad pngaruhnya dengan jantung kanan yg membesar sehingga menghalangi pita suara?

Jawaban 18/08/17, 20.38 – Dr Anggoro: Iya bisa menekan saraf ke pita suara. Tapi perlu px lebih lanjut ke dr THT untuk di px tenggorokannya

 

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.08 – Aditya Ambarwati: Dok klau pasien vsd bidrect ph 127 msh memungkin untuk dOP g, klau ph’y sdh trn

Jawaban 18/08/17, 20.29 – Dr Anggoro: Dari penelitian pasien spt ini yg dioperasi hasilnya kurang memuaskan. Lebih baik tidak dioperasi tapi mendapatkan obat PH.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.08 – +62 857-1660-3636: Dok, apakah obat ph mempengaruhi terhadap jdwal menstruasi??

Jawaban 18/08/17, 20.42 – Dr Anggoro: Iya mempengaruhi. Tapi individual

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.13 – Asti Fujihartanti: Dl ptama sy kena PH tdk memerlukan oksigen skrg stlh stahun ini sy spt tdk lepas dr oksigen utk pemakaian lama apakah ad efek sampingnya dok? Dan sy merasa kondisi badan sy smakin mnurun, terutama jika sdh batuk iloprost yg uap sdh sy cb tp skrg tdk mempan batuk ttp dtg melanda smp dada sy sakit. Obat sy silde 25gr spiro furos simarc.

Jawaban 18/08/17, 20.44 – Dr Anggoro: Berarti kelas fungsional III ke IV..Membutuhkan obat yg lebih kuat yaitu epoprostenol injeksi 🙏

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.19 – +62 857-4337-4407: Dok, saya pasien avsd pos op pas waktu d’echko kata’y masih besar jantung yg d’oprasi sudah menutup bagus sudah kayak orang normal pada umum’y apakah bisa mengecil normal dok. .karena sildenafil juga sudah d’setop tingal minum simak doang.

Jawaban 18/08/17, 20.21 – Dr Anggoro: Dengan obat2an pengontrol jantung bisa. Misal spironolacton atau captopril atau valsartan.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.27 – Cosi: Dok tanda2 yg bisa dirasakan kl jantung kanan mengalami penurunan fungsi apa ya? Apa aritmia salah satunya?

Jawaban 18/08/17, 20.49 – Dr Anggoro: Iya. Sesak napas dan kedua kaki bengkak jg gejalanya.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.28 – Patmaadiefa: Selamat mlm dokter,saya patma dr yogya,ph primer sejak 2013#obat yg saya mnm adh silde 3×20 dan simarc 2mg…yg ingin saya tanyakan adh apa pertimbangan dasar saya diberi simarc adakah kriteria scr hitungan hasil echo sehingga dokter memberi saya tambahan simarc…trs inr saya 1,6-2 naik turun tdk stabil itu mengapa ya dokter??

Jawaban 18/08/17, 20.51 – Dr Anggoro: Ph primer diduga ada jendalan darah kecil2 di pembuluh paru shg diberikan simarc. Target INR 2-3.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.28 – rossy: Malam dokter. Apakah egek samping dari sildenafil bisa menurunkan trombosit? Bahkan harus tambah darah juga?

Jawaban PERTANYAAN SAMA NO 11

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.29 – rossy: Saya Rossy dari Purworejo.Malam dokter maaf mau tanya. Apakah efek samping dari sildenafil bisa menurunkan trombosit? Bahkan harus tambah darah juga?

Jawaban PERTANYAAN SAMA NO 11

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.29 – +62 899-6662-813: Dok pd penjelasan no 3. Lubang pembuluh darah paru menyempit atau tersumbat itu mksdnya gmn yah Dok? Apa hubungannya dg sakit ASD ? Mohon penjelasannya dok Terimakasih

Jawaban 18/08/17, 20.53 – Dr Anggoro: Awalnya kerusakan lapisan dalam pembuluh darah. Lama2 menebal, menyempit dan tersumbat pembuluh darahnya.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.30 – +62 899-6662-813: Bisa menimbulkan kecacatan atau gmn dok kalau kekurangan oksigen? Atau bs janinnya meninggal? Maksdnya apa terlalu berbahaya?

Jawaban 18/08/17, 20.54 – Dr Anggoro: Iya..bayi bisa tidak tumbuh atau pertumbuhan kecil. Kalau ibu risiko tekanan paru2 mendadak tinggi sekali sehingga mengalami krisis PH.

  • Pertanyan 18/08/17, 20.33 – Desy Jogja: Slamat malam dokter sya desy asd ph dr jogja mohon maaf dok mau menanyakan jika aliran bidirect shunt apakah bisa mnjadi lebih baik jadi L To R kembali?trimakasih 🙏

Jawaban 18/08/17, 21.02 – Dr Anggoro: Iya. Kalau PH turun maka  bidirect jadi L to R. Jadi itu petanda baik.

  • Pertanyaan 18/08/17, 20.47 – munawiris: Saya wkt operasi Ph ringan dokter. Skrg sdh tdk minum obat dorner/sildenafil jg. Batukx apa mgkn Cz wkt operasi sy ada infeksi paru tp kata dokter paru sdh sembuh dok infeksix. Terima kasih dr. Anggoro atas jawabanx.

Jawaban 18/08/17, 20.56 – Dr Anggoro: Mungkin bisa ke dr paru untuk px fungsi paru / spirometer

  • Pertanyaan 18/08/17, 21.02 – +62 877-2428-7124: selamat malam dokter, saya mita, MVP mild dengan PH mild 31 terakhir,.. saya mau tanya dokter apakah dgn kondisi saya saat ini tdk perlu obat ph? lalu apakah bisa dilakukan operasi spy bs sembuh total dok, krn selama ini setiap saya periksa tdk ada rujukan operasi dan hanya diberi obat concor 2,5

Jawaban 18/08/17, 20.44 – Dr Anggoro: Dievaluasi saja echonya..kalau masih PH maka obat PH dilanjtutkan.

By | 2019-09-16T10:22:31+00:00 August 19th, 2017|Kuliah lewat Telegram|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat