Kuliah WhatsApp 04.08.17 – Tips Aman Mengkonsumsi Warfarin

///Kuliah WhatsApp 04.08.17 – Tips Aman Mengkonsumsi Warfarin

Kuliah WhatsApp 04.08.17 – Tips Aman Mengkonsumsi Warfarin

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi Telegram antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik2 terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group Telegram dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 085210006799

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

Kuliah Whatsapp Jumat, 4 Agustus 2017 Jam 19.00-21.00*

Narasumber: *dr. Ragil Nur Rosyadi, Sp.JP*

Moderator: *Isla & Silvina*

*_Tips Aman Mengkonsumsi Warfarin: Obat Pengencer Darah_*

Warfarin adalah obat “pengencer darah” yang sangat bermanfaat bagi pasien paska operasi, penyakit katup jantung dan kelainan irama. Namun, penggunaan atau konsumsi warfarin yang tidak tepat dapat meningkatkan resiko stroke bahkan komplikasi perdarahan.

Warfarin sering digunakan pada pasien dengan:

– Atrial fibrilasi

– Pencegahan sumbatan darah pada pasien dengan kelainan katup (terutama yang telah menjalani operasi)

– penyakit jantung lain.

Warfarin bekerja dengan cara mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah. Jika sumbatan telah terbentuk sebelumnya, warfarin dapat bekerja dengan cara membuka sumbatan pada pembuluh darah tersebut sehingga aliran darah dapat lancar kembali.

Selain aspek dosis, hal penting yang harus diperhatikan adalah makanan dan obat lain yang dikonsumsi.

Salah satu rekomendasi yang penting dalam kontrol efek samping warfarin adalah melakukan pengecekan INR secara rutin.

Pasien yang menerima pengobatan warfarin harus melakukan pengecekan INR secara rutin (biasanya 1 bulan sekali atau sesuai kebutuhan). Hal ini dimaksudkan agar target INR dapat tercapai dan komplikasi efek samping yang ridak diinginkan dapat terdeteksi dini.

Target INR pada pasien bervariasi:

1⃣ Pada pasien yang belum dilakukan penggantian katup, target INR adalah 2-3

2⃣ Pada pasien yang telah dilakukan penggantian katup, target INR adalah 2.5-3.5

Semakin tinggi nilai INR, artinya semakin encer darah. Begitu pula, semakin rendah nilai INR artinya darah pasien semakin kental (lebih mudah menggumpal).

❓Mengapa Nilai INR Harus Dijaga pada Nilai Target?

*INR yang melebihi target*, artinya pasien mudah mengalami perdarahan.

Misalnya pada pasien yang mengkonsumsi warfarin, bila INR ditemukan > 4 artinya pasien rentan mengalami perdarahan intrakranial dengan 60% diantaranya berpotensi fatal.

Sebaliknya bila INR telalu rendah, pasien berisiko mengalami serangan jantung ulang (rekuren). Nilai INR harus dijaga pas dan tepat.

*Efek samping Warfarin* yang wajib diwaspadai pasien adalah:

– Perdarahan yang banyak (termasuk perdarahan saat haid)

– Kencing berubah warna (merah atau coklat)

– Buang Air Besar berwarna merah atau hitam

– Nyeri kepala/perut yang sangat berat

– Nyeri sendi dan lebam setelah terbentur

– Muntah darah atau seperti kopi

– Pusing atau kelemahan tangan dan kaki

– Gusi berdarah

– Diare, muntah dan panas

Bila muncul tanda-tanda di atas ketika anda sedang mengkonsumsi warfarin, segera sampaikan ke dokter yang merawat anda.

🍱Makanan dan INR🍱

Makanan adalah salah satu aspek yang penting diperhatikan dalam upaya mempertahankan nilai INR dalam rentang target. Ada makanan yang memiliki efek meningkatkan nilai INR dan ada makanan yang memiliki efek menurunkan nilai INR.

*Makanan yang meningkatkan nilai INR adalah:*

– Jus Anggur

– Minuman beralkohol

*Makanan yang menurunkan nilai INR adalah:*

– Bayam

– Kacang Panjang

– Teh Hijau

Intinya tetap boleh konsumsi makanan di atas tetapi jangan dalam porsi yang sangat banyak.

Akhir kata, *tips paling penting* yang harus dipatuhi setiap pasien *yang mengkonsumsi warfarin* adalah:

– Patuhi setiap nasehat dan resep dokter anda

– Jangan menambah atau mengurangi dosis obat tanpa sepengetahuan dokter anda

– Jangan mengkonsumsi obat lain tanpa sepengetahuan dokter anda (terutama obat herbal yang sering bereaksi dengan warfarin)

Semoga Sehat Selalu

 

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.49 – PH Mb Titin: Apa HB yg tggi ad hubungannya dg INR??

Jawaban 04/08/17, 19.09 – Dr Ragil: Tidak berhubungan. Inr berhubungan dengan protein2 dan zat untuk pembekuan darah, jadi tidak terkait dengan hemoglobin (hbl

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.50 – ‪+62 821-4490-7898: Mau tanya nich. Apa sih INR tuh dok?

Jawaban 04/08/17, 19.10 – Dr Ragil: Inr = international normalized ratio. Intinya nilai keenceran darah. Semakin tinggi nilai inr semakin encer darah, semakin rendah inr semakin kental darah. Jadi inr rendah gampang beku, inr tinggi gampang perdarahan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.52 – ‪+62 857-2884-1170: Apakah ada solusi dok, ketika dada sering nyeri hebat?

 Jawaban 04/08/17, 19.11 – Dr Ragil: Sebaiknya diperiksakan dahulu ke dokter jantung nya. Agar dipastikan penyebab nyeri dada nya. Setelah tahu penyebabnya baru diberikan obat

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.52 – 💐 Riska Noor Anggraeni 💐: Dok , kulit aku sering kehitaman gitu sekujur tubuh ,kayak luka lebam, apa itu karena inr ?

Jawaban 04/08/17, 19.12 – Dr Ragil: Apakah konsumsi obat pengencer darah? Seperti warfarin? Jika iya kemungkinan besar memang efek samping dari obat tersebut sehingga sebaiknya dicek nilai inr nya. Agar nanti bisa diputuskan langkah selanjutnya

 

Pertanyaan 04/08/17, 19.13 – 💐 Riska Noor Anggraeni 💐: Aku gak konsumsi pengencer darah, kenapa yah dok, apakah perlu warfarin?

Jawaban 04/08/17, 19.15 – Dr Ragil: Perlu pemeriksaan lebih lanjut kalau demikian. Kemungkinan banyak salah satu nya gangguan pembekuan darah. Sebaiknya konsul ke dokter jantung pembuluh darah terdekat agar segera terdeteksi

 

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.53 – PH Triiii: Mau tanya dr ragil….asd perlu pengencer darah g???

Jawaban 04/08/17, 19.13 – Dr Ragil: Untuk asd nya sendiri tidak perlu pengencer darah kecuali

  1. Ada gangguan irama jantung yang tidak teratur atau
  2. Setelah pemasangan penutupan asd lewat kateterisasi jantung

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.54 – PH Evi Jabo: Tanya dok,,kmrn inr sy sempat tinggi lalu berhenti mnum simarc,skrg bdn saya terasa sakit2 semua,dan demam,apakah ada hubungan ny dg inr yg rendah?

Jawaban 04/08/17, 19.14 – Dr Ragil: Meskipun secara teori harusnya tidak berhubungan tetapi pasien saya sering merasakan hal tersebut ketika pengencer darah dihentikan. Sebaiknya dilakukan pengecekan inr ulang. Jika inr sudah normal atau rendah pengencer darah dapat dikonsumsi kembali

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.54 – ‪+62 857-4335-3178: seberapa penting ya keenceran darah untuk pasien PH & selain dengan inr, apa kalau misal sedang ambil darah & darahnya sulit diambil itu juga berarti darahnya kurang encer atau bagaimana? terima kasih sebelumnya

Jawaban ( TIDAK DIJAWAB)

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.55 – ‪+62 899-6662-813: Kenapa hidung saya selalu mengeluarkan air, padahal saya sehat sehat saja dok, apakah ada hubungannya sama ASD PH? #mengeluarkannya itu sering tiba tiba, bikin kaget, tiba tiba netes. Airnya itu bukan lendir tapi berupa air. Mohon dijawab dok. Terimakasih

Jawaban 04/08/17, 19.18 – Dr Ragil: Seharusnya tidak berhubungan dengan penyakit jantung. Air yang keluar dari hidung kemungkinan besar dari mata, karena saluran air mata akan diteruskan ke hidung dan dikeluarkan lewat hidung

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.57 – PH rissailmaF: Mau tanya dok,saya pasien kelainan pada katup.apakah minum pengencer darah ada hubungan nya dengan siklus haid?terima kasih

Jawaban 04/08/17, 19.19 – Dr Ragil: Sangat berpengaruh. Karena pengencer darah biasanya akan menyebabkan siklus haid lebih panjang

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.58 – Sulistiyorini: Dok mau tanya,apakah arang yg kena ASD itu hb nya selalu tinggi?

Jawaban 04/08/17, 19.20 – Dr Ragil: Asd tidak selalu tinggi kecuali sudah sianosis atau sudah biru.

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.59 – Bunda Eidgar: ank saya 2th post op intraventricular tunneling pada nov 2016. (dorv, vsd, ph)smpai saat ini masi konsumsi aspilet,captopril,dan silde. kata doktr di daerah hrus konsumsi aspilet minimal setahun untk mncegah trjadinya gumpalan pada tunel yg dibuat. apa bnar seprti itu dok mengingat kami baru akan kontrol lg ke harkit buln nov. dan kaloboleh tau sampai kpn aspilet captopril san silde dikonsumsi. krna sejauh ini anak saya tdk ada kluhan apa2. trimakasih dok

Jawaban 04/08/17, 19.23 – Dr Ragil: Memang umumnya Obat2an tersebut dikonsumsi sekitar 1 tahun bisa lebih jika kondisi tertentu. Kalau saya boleh saran, dilanjutkan dulu sampai kontrol ke harkit. Agar keputusan penghentian obat lebih tepat. Krn dr harkit yang mengetahui riwayat operasi nya

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.59 – ‪+62 822-5778-9954: Dok saya mau tanya kalo sering punya gejala batuk darah apa perlu juga minum pengencer darah?

Jawaban 04/08/17, 19.25 – Dr Ragil: Batuk darah tidak perlu pengencer darah. Tetapi harus dicari tahu penyebab batuk darah nya

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 18.59 – Dewi Septirini: Dok mau tanya kadang2 hidung saya jg keluar darah tp seringnya dipinggir2 hidung gtu( gak netes) trus kdg klo pas barengan hidung kluar darah dahak nya jg ada darah nya tp dikit . Itu apa ada hubungan nya dgn PH??

Jawaban 04/08/17, 19.27 – Dr Ragil: Hidung berdarah tidak berhubungan tapi batuk darah bisa jadi meskipun harus dipastikan dengan pemeriksaan lanjutan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.00 – ‪+62 899-6662-813: Dok, saya mau bertanya , kalau misal badan tiba tiba lemes , terus kaya mau pingsan itu gimana ngatasinnya ? Biar ga sering kumat gimana yah dok? Saya penderita ASD PH dok sebagai note saja hehe Terimakasih Dok

Jawaban TIDAK SESUAI TEMA

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.00 – ‪+62 812-2986-0089: Anak sy ASD tanpa PH, dia sering mimisan terutama klo kecapekan, adakah hub dg INR yg tinggi?

Jawaban 04/08/17, 19.47 – Dr Ragil: Seperti penjelasan pada kuliah di atas. Inr tinggi risiko perdarahan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.04 – PH Helga Yhona: Mau tanya dokter ragil, jika inr diatas normal terus penyakit apa saja yg bisa ditimbulkan atau efeknya apa saja.

Jawaban 04/08/17, 19.26 – Dr Ragil: Jika tidak menyebabkan anemia atau hb turun tidak masalah. Tapi jika menyebabkan anemia sebaiknya dikonsulkan ke dokter yang merawat

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.04 – PH Dinidachlan: Dok, saya mau tanya,  saya kadang mimisan,  seperti hari ini,  tdk banyak tapi berlangsung agak lama dok,  apakah itu krn efek samping warfarin ? Tapi darah haid normal malah cenderung sedikit dok,  terimakasih dok

Jawaban 04/08/17, 20.08 – Dr Ragil: Bisa jadi efek warfarin meskipun butuh pemeriksaan lanjutan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.04 – ‪+62 856-4237-3012: Mau tanya dok apa ASD itu bisa mengakibatkan HB jd tinggi?

Jawaban 04/08/17, 19.49 – Dr Ragil: Sudah saya jawab pada pertanyaan sebelumnya. Tidak selalu

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.05 – PH Teh Dhian: Dokter, kriteria utk pemberian warfarin apa ya?

Jawaban ADA DI MATERI KULIAH

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.05 – Asti Fujihartanti: Dokter Ragil sy tdk haid sejak bln Maret sampe sekarang, trs kulit sy smnjak mnum wafarin berasa gatal2

Jawaban 04/08/17, 19.53 – Dr Ragil: Tidak haid tidak berhubungan dengan obat pengencer darah. Efek gatal karena warfarin sebaiknya dikonsulkan ke dokter yang merawat untuk memastikan apakah memang dari warfarin atau penyebab lain. Krn obat ini peran nya cukup penting pada pasien yang memang membutuhkan

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.06 – Mba Rani Pramoda: Dokter, apakah benar konsumsi warfarin itu lebih baik dijeda cukup lama dgn makanan apapun atau minuman selain air putih? Lalu, kalau muncul bintik2 merah kecil pada tungkai bawah knp ya dok? Apa krn warfarin nya, atau darah kental, atau krn efek kaki bengkak saja? Krn sy perhatikan kalau kaki saya agak bengkak, makin jelas bintiknya, tapi kalau lg enakan dia samar2. Sblm konsumsi warfarin seinget saya sudah pernah muncul sih. Thx u dokter ragil.. Ohiya saya PH cteph dok

Jawaban 04/08/17, 19.56 – Dr Ragil: Betul sekali sebaiknya jauh dari makan dan minum karena sering berinteraksi dengan makanan sehingga efeknya terganggu. Sebaiknya malam hari sebelum tidur lebih baik. Bintik2 merah bisa jadi karena warfarin tapi untuk memastikan lebih baik dilakukan pemeriksaan lebih detail oleh dokter

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.08 – PH Bu Ragawati: Sy penderita cteph setiap bln periksa inr kenapa naik turun kadang-kadang dibawah dua pernah 3,8 , biasanya pengaruh apa ya dok thnk.

Jawaban 04/08/17, 19.48 – Dr Ragil: Bisa jadi efek samping dari warfarin. Selama inr dalam batas target yang ingin dicapai dan tidak menimbulkan anemia. Sebaiknya warfarin tetap dilanjutkan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.08 – PH Teh Arni: Dokter, benarkah kalau sayuran hijau mempengaruhi INR? Terimakasih 🙏

Jawaban 04/08/17, 19.58 – Dr Ragil: Sudah ada kuliah di atas. Sayuran hijau menurunkan inr karena mengandung vitamin K

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.08 – ‪+62 812-9600-0705: slamat malam dok, sy pasien vsd+ph, 2th kmrn setelah melahirkan ternyata kena emboli, minum warfarin / simarc, INR sudah 1.9 jd stop warfarin. tapi siklus haidnya cuma sebentar, volumenya normal, kadang2 harus pakai mefinal & kalnex utk menghentikannya (saran dr obgyn). apakah siklus haid sy akan kembali normal?

Jawaban 04/08/17, 19.59 – Dr Ragil: Jika sudah tidak konsumsi warfarin. Siklus haid bisa dikonsulkan ke dr obsgyn

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.08 – PH LestariNs: Klo pasien PH perlu wafarin atau tidak dok

Jawaban 04/08/17, 19.17 – Dr Ragil: Untuk pasien ph memang tidak semua membutuhkan pengencer darah. Hanya jenis tertentu. pengambilan darah yang sulit tidak bisa jadi indikator keketalan darah karena faktor nya banyak seperti pembuluh darah yang kecil, lemak yang tebal dsb. Indikator keketalan paling objektif adalah inr

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.08 – ‪+62 812-2986-0089: Contoh obat warfarin apa aja dok.. Makasih

Jawaban 04/08/17, 20.24 – Dr Ragil: Setahu saya paling sering simarc. Tapi bisa juga merk lain tapi isinya pasti warfarin

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.12 – ‪+62 857-0039-3246: Maaf dok mau tny..sy vsd ph severe.kok sudah sebulanan lebih hidung sy sakit.seperti drah mngering.stiap kali dhilangkan..be2rapa menit kmudian timbul lagi mengeras sempat mi2san jg.apa solusinya y dok..trimakasi

Jawaban 04/08/17, 19.46 – Dr Ragil: Jika tidak konsumsi pengencer darah. Tidak ada hubungannya.

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.16 – Asti Fujihartanti: Tau sdh normal dr mn dok, lalu kpn bs berhenti mnum wafarin? Mksdku d angka 2-3 gitu br normal gperlu target terapi trs bs bebas g mnum warfarin🤔🤔🤔🤔🤔

Jawaban 04/08/17, 19.17 – Mba Isla: Cek INR

 

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.19 – Teh Hanna 2: Tanya dok.. Saya mengkonsumsi pengencer darah “ascardia”. Apakah sama dg warfarin? Tapi saya tidak pernah disuruh cek INR. Apakah berbahaya?

Jawaban 04/08/17, 19.19 – Dr Ragil: Berbeda. Tidak perlu cek inr. Tidak berbahaya

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.19 – Giovany Troy: Saya sering mengalami ngagguan irama jantung apakah harus minum pengencer darah?

Jawaban 04/08/17, 20.06 – Dr Ragil: Tergantung jenis gangguan irama nya. Sebaiknya ke dr jantung untuk evaluasi lanjutan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.20 – 💐 Riska Noor Anggraeni 💐: Dok HB ku tinggi 18,7 apakah perlu pake warfarin atau plebo ?

Jawaban 04/08/17, 19.21 – Dr Ragil: Tergantung sakitnya. Warfarin tidak berhubungan dengan hb. Keputusan phlebotomy atau tidak dapat dikonsulkan lebih lanjut ke dokter yang merawat

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.21 – PH Sryaningsih: sy pasien post amvo penutupan VSD minum pengencer darah selama 6 bulan. yg sy mau tanyakan setelah berhenti minum pengencer darah setiap makan yg bersantan, atau makanan yg berlemak pasti pusing dn serasa sesak d dada, trs sy coba minum pengencer darah lg jd membaik pusing dn sesek agak reda, itu bgmn dok??

Jawaban 04/08/17, 19.28 – Dr Ragil: Harus dicari tahu dulu penyebab lemes nya. Bisa jadi anemia, atau hipotensi, atau penyebab lain. Jika sudah diketahui penyebabnya baru dilakukan penanganan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.21 – PH DewiSunarya: Dok saya klo minum warfarin suka muntah darah,haid berkepanjangan,gusi berdarah,tp klo berenti suka kesemutan terus kaki sampe ga bisa tdr.itu kesemutan kakinya krn efek dari dihentikannya warfarin atau bukan?trimakasih dok..

Jawaban 04/08/17, 20.07 – Dr Ragil: Harusnya tidak berhubungan. Sebaiknya konsumsi warfarin sesuai indikasi dan sepengetahuan dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang serius

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.21 – PH rissailmaF: Lalu bagaimana apakah tidak akan berpengaruh apa2 jika siklus nya terlalu panjang dok, misalnya dalam sebulan bisa 2 atau 3 kali haid nya?saya mengonsumsi aptor.

Jawaban TIDAK DIJAWAB

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.23 – Sulistiyorini: Ujung kuku yg sdah biru2 klo kecapekan,apakah masih bsa kembali cerah y dok warna ujung kukunya

Jawaban 04/08/17, 19.24 – Dr Ragil: Sebaiknya dikonsulkan lebih lanjut ke dokter yang merawat. Keputusan apakah bisa kembali atau tidak perlu pemeriksaan yang lengkap dan detail

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.26 – PH Irapane: Dok waktu yg tepat meng konsumsi simarc kapan dok?

Jawaban TIDAK DIJAWAB

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.27 – PH uminura: Dok sya pasien ASD PH, tvg saya 133, .  Apakah masih ada kemungkinan untuk bisa dioperasi dok?  Saya minum sildenafil 40mgx3 dan dorner sehari 3x, saya punya riwayat SVT.

Jawaban TIDAK SESUAI TEMA

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.29 – Qisthi Azalia Solo: Dok, sy pasien PA VSD PDA.. dg HB 21 ..terakhir plebo 8 bulan yg lalu dan tidak di resepkan lengencer darah. Apakah HB bisa tinggi lagi & perlu plebo lagi? Terimakasih

Jawaban SUDAH DI JAWAB SEBELUMNYA

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.34 – Resy Echi Sapta Aceh: Dok obat pengencer darah (simarc) gunanya untk ap y? Saya Asd dan Ph , thks dok

Jawaban SUDAH ADA DI MATERI

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.35 – Aditya Ambarwati: Dok ap biasa’y pasien vsd yg stlh mlhirkan bisa menggalami pengentalan drah atau memang sdah dri awl ad pengentl drah?

Jawaban 04/08/17, 20.13 – Dr Ragil: Bisa. Sebaiknya memang pasien hamil dengan penyakit jantung harus dengan pengawasan ketat

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.37 – ‪+62 877-2428-7124: dok saya pasien mvp mild dgn ph mild,.. keluhan srg aritmia, kadang2 sesak dada spt tertindih,.. apakah perlu operasi dok? dan apa jg bth pengencer darah,.. selama ni sy hny diresepkan concor 2,5

Jawaban 04/08/17, 20.15 – Dr Ragil: Pengencer darah indikasi nya ada pada kuliah. Sebaiknya dikonsulkan ke dokter yang merawat karena tidak semua mvp butuh pengencer darah

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.48 – ‪+62 899-6662-813: Dok saya kalau lari tangannya biru sama telapak kaki saya. Terus juga sering kesemutan bagian kepala, tekanan darahnya rendah,saya punya ASD apa bahaya kalau smpe biru badannya? Apa ada hubungannya sm ASD?

Jawaban TIDAK SESUAI TEMA

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.52 – ‪+62 821-5872-3876: Yg pertanyaan ini dok? Apakah penyebabnya inr nya rendah? Sy jg mengalami hal yg sama telapak kaki bagian atas dan daerah tumit atas menghitam

Jawaban 04/08/17, 20.10 – Dr Ragil: Sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya. Coba di scroll. Pertanyaan temen yang lain

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.52 – pak Firdaus luar Jawa: Dok sy pasien asd+ph, klo cuaca dingin biasanya jam 4 pagi dada sya terasa panas dan sesak apa ada hub dgn kekentalan darah?

Jawaban /08/17, 20.24 – Dr Ragil: Saya jawab di pertanyaan sebelumnya

 

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.52 – ‪+62 857-0039-3246: Dok knp stiap kali tensi jika tensinya tingi pasti saturasiny menurun.apa pnyebabny dan cra mengatasiny dok

Jawaban TIDAK SESUAI TEMA

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.53 – ‪+62 812-2986-0089: Maaf dok tanya lagi, tinggi rendahnya INR itu faktor keturunan, bawaan, pola hidup ato semata2 karena obat2an (mis. Pengencer darah) dok? Makasih

Jawaban 04/08/17, 20.16 – Dr Ragil: Tidak berhubungan

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.55 – PH bnd ataya: Anak saya usia 7th ASD, PH primer. sering keluhkan pusing bahkan sampai memutar.. apakah dikarenakan darahnya yg terlalu kental?

Jawaban 04/08/17, 20.17 – Dr Ragil: Bukan. Sebaiknya diperiksakan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab keluhan nya

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.58 – Asti Fujihartanti: Sblmnya sy PH primer okt 16 didiagnosa hsl scan perfusion jd CTEPH dr situ dksh warfarin awalnya 1 tablet mnum sminggu kulit sy berasa gatel2 gajelas ky gremet2. Sy stop. Tp krn sy ud CTEPH Jan 17 br rajin konsume 1tablet ktinggian INR d angka 4 smpt pendarahan d hidung, br stlh dosis 1/4 1/2 1/4 1/2 bgtu slnjtnya sesuai target terapi d angka 2.

Jawaban 04/08/17, 20.19 – Dr Ragil: Berhenti dulu minimal 3 hari bisa lebih tergantung saran dr yang merawat. Karena juga akan disesuaikan dengan kondisi klinis pasien. Yang paling penting adalah pengenalan gejala perdarahan dan cek inr

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 19.59 – ‪+62 856-4242-8566: dok.. mau nanya clo INR 7 harus berhenti simac berpa lama AsD Ph

Jawaban 04/08/17, 20.05 – Dr Ragil: Penghentian warfarin harus sesuai advis dokter yang merawat.

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.02 – ‪+62 899-6662-813: Dok, saya mau tanya kalau dada sering sesek, itu apa perlu pakai obat pengencer yang jenis warfarin dok? Saya penderita ASD PH dok.

Jawaban 04/08/17, 20.01 – Dr Ragil: Warfarin merupakan isi dari obat. Merk nya bisa macam2 paling sering simarc

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.04 – Sulistiyorini: Sya d ksih obat pengencer drah( ASA )tpi kok gk di suruh tes inr, knpa y dok

Jawaban 04/08/17, 20.23 – Dr Ragil: Yang perlu pemeriksaan inr hanya warfarin. Untuk asa atau Aspilet atau clopidogrel atau pengencer darah lain tidak perlu

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.04 – ‪+62 857-0039-3246: Maaf dok..stelah konsumsi simarc kok haid sy lama y dok..sy jg sering gangguan irama jantung.sering ser2an detaknya

Jawaban 04/08/17, 20.13 – Dr Ragil: Ada pada kuliah

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.07 – Awi Aceh: Tes INR harus di lab darah pa g mna dr. ragil…?

Jawaban 04/08/17, 20.09 – Dr Ragil: Harus di lab

 

  • Pertayaan 04/08/17, 20.11 – Bunda Eidgar: jdi dok sebaiknya aspilet diminum saat mau tidur ya. saya dengar aspilet obatnya perih untuk lambung sehingga saya minumkan ke ank saya sehabis makan supaya tdk perih.apabbenar sprti itu ya dok?

Jawaban 04/08/17, 20.24 – Dr Ragil: Betul. Sebaiknya setelah makan untuk Aspilet atau asa. Yang harus sebelum tidur warfarin

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.21 – ‪+62 856-0856-7262: Malem dok, istri kalo ada dvt/trombosis dan emboli paru, ph jg ada sle. Apa pemakaian simarc dapat memperlancar dvt tersebut? Terima kasih dok

Jawaban 04/08/17, 20.25 – Dr Ragil: Betul Obat nya adalah warfarin..

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.21 – Asti Fujihartanti: Saran dokter Ragil apanih yg cocok sayur sm buah plg aman buat naikin INR stdknya jd normal?

Jawaban 04/08/17, 20.26 – Dr Ragil: Tidak ada yang cocok atau ndak cocok. Intinya kita harus menjaga pola makan kita agar tidak terlalu sering berubah menu agar tidak berpengaruh banyak terhadap inr. Konsumsi sayur hijau tetap boleh tetapi jangan terlalu banyak. Saran ini khusus untuk orang yang konsumsi warfarin. Tidak untuk semua

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.22 – Asti Fujihartanti: Apakah semua sayur yg hijau itu identik dgn kandungan vit K?

Jawaban 04/08/17, 20.23 – Dr Ragil: Sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.24 – Asti Fujihartanti: apa bener org yg minum pengencer boleh makan sayuran hijau asal konsisten konsumsi perminggunya?

Jawaban 04/08/17, 20.27 – Dr Ragil: Betul sekali. Ini yang paling tepat

 

Note  Dr Ragil: Ada pengencer lain yang baru seperti xarelto tetapi tidak membutuhkan cek inr

Jadi ada perbedaan ya temen2. Antara warfarin dan asa. Warfarin adalah pengencer darah yang butuh pemeriksaan inr. Sedangkan aspirin atau asa atau Aspilet tidak. Asa sebenarnya bukan pengencer darah tetapi menghambat pembekuan darah

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.30 – ‪+62 896-5618-5462: Dok, saya penderita ASD PH, rasanya kaya kekurangan oksigen terus, saya berencana umroh atau haji, apakah tidak berbahaya didalam pesawat selama perjalanan 9 – 12 jam, mengingat diketinggian pesawat oksigen sedikit, terimakasih

Jawaban TIDAK SESUAI TEMA

  • Pertanyaan Apa kah .daun ubi- genjer-kangkung   termasuk kedalam sayuran hijo

Dan apa semua makanan yng mengandung vitamin-k mempengaruhi  INR

Jawaban 04/08/17, 20.51 – Dr Ragil: Yup hampir semua sayuran hijau

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.55 – ‪+62 878-2303-9477: Apa perbedaan dari tes inr dengan d dimer ya Dok? Lalu jika hasil tes d dimer tinggi apakah harus rutin minum pengencer darah?

Jawaban 04/08/17, 21.01 – Dr Ragil: Berbeda. Inr untuk evaluasi keenceran darah setelah konsumsi warfarin. D dimer biasanya digunakan untuk diagnosis penyumbatan  darah vena seperti dvt. D dimer tinggi biasanya harus konsumsi warfarin

 

  • Pertanyaan 04/08/17, 20.56 – PH Teh Dhian: Dok, kalo pasien yg minum warfarin ada tindakan medis misalnya cabut gigi.. dihentikan brp hari utk amannya?

Jawaban 04/08/17, 21.02 – Dr Ragil: Pertanyaan bagus. Dihentikan 5 hari sebelum cabut gigi. Bekam sebaiknya tidak dilakukan

Pertanyaan 04/08/17, 21.05 – PH Teh Dhian: Boleh tau knp sebabnya dok tdk boleh?

Jawaban 04/08/17, 21.14 – Dr Ragil: Biar g perdarahan

  • Pertanyaan 04/08/17, 21.01 – 💐 Riska Noor Anggraeni 💐: Dok apakah terapi lintah , bisa di sebut plebo alami ? Soalnya dok ga nyaranin plebo , Pdahal HB saya tinggi

Jawaban  04/08/17, 21.02 – Dr Ragil: Tidak bisa. Berbeda

By | 2019-07-17T03:23:17+00:00 August 5th, 2017|Kuliah lewat Telegram|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat