Kuliah WhatsApp 25.05.19 – Hipertensi Paru dan Penyakit Jantung Katup

///Kuliah WhatsApp 25.05.19 – Hipertensi Paru dan Penyakit Jantung Katup

Kuliah WhatsApp 25.05.19 – Hipertensi Paru dan Penyakit Jantung Katup

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi Telegram antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik2 terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group Telegram dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 085210006799

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

KULIAH TELEGRAM

Hipertensi Paru dan Penyakit Jantung Katup

Sabtu, 25 Mei 2019 pk 10.00-11.15 WIB

Narasumber: dr. Rina Ariani, SpJP

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RS Harapan Kita Jakarta

 

Moderator: dr.Novi & Eva

 

MATERI KULGRAM

  • Penyakit Katup Jantung adalah penyakit yang muncul akibat adanya kelainan atau gangguan pada salah satu atau lebih katup jantung. Katup/klep jantung merupakan organ yang memiliki mekanisme seperti gerbang atau pintu satu arah pada jantung, dan mengalirkan darah dari satu ruang jantung ke ruang lainnya.
  • Total ada 4 katup pada jantung, yaitu: Katup Mitral dan Katup Aorta, yang berada di jantung sebelah kiri, serta Katup Trikuspid dan Plulmonal, yang berada di sisi kanan jantung.
  • Jika salah satu atau beberapa dari katup mengalami kelainan/gangguan, seluruh proses aliran darah termasuk oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dapat terganggu, karena tidak berjalan secara maksimal.
  • Kelainan yang dapat terjadi pada penyakit katup jantung, yaitu:
  • Stenosis katup jantung (penyempitan katup) dimana katup jantung tidak dapat terbuka dengan baik.
  • Insufisiensi atau Regurgitasi katup jantung (katup jantung bocor) yaitu kondisi katup jantung yang tidak dapat menutup dengan baik.
  • Kombinasi stenosis dan insufisiensi, dimana katup tidak dapat terbuka dengan baik, dan juga tidak dapat menutup dengan baik.
  • Kelainan katup sebelah kiri yang berat dan terjadi pada jangka waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya hipertensi paru, yang disebut hipertensi paru pasif. Dan hipertensi paru yang berat dan lama dapat menimbulkan gangguan pada katup jantung sebelah kanan. Pada sebagian besar kasus, hipertensi paru pada kelompok ini dapat membaik apabila keadaan katupnya diperbaiki/ dikoreksi.
  • Gejala yang mungkin timbul karena adanya gangguan katup jantung adalah sesak nafas, nyeri dada, mudah lelah, bengkak, batuk dan lainnya.
  • Penyakit jantung katup dapat terjadi pada semua usia bisa akibat penyakit jantung bawaan, penyakit jantung reumatik, atau akibat komplikasi kondisi yang lain seperti hipertensi, proses penuaan, demam reumatik, gagal jantung, autoimun dll.
  • Diagnose kelainan katup apat dilakukan berdasarkan gejala yang muncul dan pemeriksaan fisik. Selain itu juga diperlukan pemeriksaan penunjang yang lain seperti : EKG, Rontgen dada, Ekokardiografi, Kateterisasi dan MRI jantung. Tindakan operasi dapat dilakukan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung. Obat-obatan dapat meringankan gejala dan menghambat keparahan penyakit di kemudian hari.
No. Pertanyaan dan Jawaban
1 Pertanyaan dari Ananda Rizky Amalia :
Pagi dok, mau Tanya untuk anak yg di diagnose PH primer itu bisa lepas oksigen kah tanpa ada efek bibir biru? Agak repot ya dok jika saya bawa anak saya jalan-jalan tapi harus bawa oksigen. Oksimeter anak saya selalu 75 dok jika tidak pakai oksigen. Kalau dengan oksigen 90an, tapi tidak pernah sampai 99%. Oh iya dok jika anak saya ajak jalan tanpa pakai oksigen maksimal kira-kira berapa jam?
Jawab :
Selamat pagi.. ini sangat tergantung dari seberapa berat PH nya dan kadar oksigen didarahnya jika tanpa menggunakan oksigen dan respon perbaikannya terhadap obat PH. Setiap anak mungkin berbeda. Penggunaan oksigen memang jadi lebih repot bila dibawa pergi beraktivitas. Memang agak sulit PH primer oksigennya bisa sampai 99% memang.tapi 90an % sudah cukup kok. Untuk estimasi waktu tanpa pakai oksigen tidak ada patokan pastinya, yang jelas dengan oksigen 75% pasti akan cepat lelah nantinya. Bisa dicoba intermiten saja dulu selang seling antara pakai oksigen dan tidak, per 1 jam misalnya, trus dilihat respon anaknya.
Ananda Rizky:
Anakku umur 2 thn 5 bulan, kalau jalan sendiri dia Cuma kuat 5-10 menit  terus minta gendong dok biasanya saya pakai stroller
Jawab :
Berarti palingmemungkinkan kalau mau lepas oksigen harus digendong, ga bisa jalan sendiri. Anaknya sepertinya ga kuat.
Ananda Rizky:
Dok saya mau Tanya lagi, untuk anak PH primer apakah berat badannya tidak bisa naik ya? Karena anakku sejak konsumsi obat PH BB tidak naik, berat anakku sekarang masih 9,5 -10 kg saja. Anakku jadi agak susah makan juga sejak konsumsi obat PH, padahal sebelum sakit anakku doyan makan, ngemil juga banyak.
Jawab :
Pasien PH memang agak sulit naik berat badan, tapi mungkin bisa dikonsultasikan ke dokter tumbuh kembang juga, supaya tau apa ada masalah yang lain selain PH. Untuk umur 2 tahun 5 bulan sepertinya berat badan 10 kg kurang ya. Selain itu obat-obatan PH tidak membuat gangguan nafsu makan.
2 Pertanyaan Firdaus,Aceh, post operasi ASD-PH :
Assalamu’alaikum wr.wb. apakah katup tricuspid yang sudah diperbaiki waktu operasi ASD closure bisa rusak lagi seiring waktu berjalan? Bagaimana cara menjaga katup tersebut supaya tidak rusak kembali. Selama ini saya rutin echo setiap 6 bulan sekali dan hasilnya bagus. Terima kasih
Jawab :
Wa’alaikumsalam.. ini tergantung dari apakah masih ada PH setelah operasi ASD dikerjakan. Kalau PH nya sudah tidak ada atau hanya minimal kemungkinan besar katup yang sudah diperbaiki akan baik-baik saja. Tapi kalau masih ada PH yang berat setelah operasi memang ada kemungkinan katup trikuspidnya terganggu lagi.
3 Pertanyaan Nita 26 thn :
Selamat pagi dokter, saya diagnose Mitral valve prolapse, bocornya kecil, katupnya prolapse, non PH. Sebaiknya penanganannya bagaimana untuk selanjutnya, dari dokternya tidak menyarankan operasi, selama ini konsumsi obat saja. Apakah cukup dengan obat saja?
Jawab :
Kalau bocornya kecil tidak akan menimbulkan masalah seharusnya. Yang mungkin bisa menyebabkan keluhan adalah mitral prolapsnya, ada beberapa pasien yang sering mengeluh nyeri dada dan biasanya membaik dengan obat, walaupun tidak bisa hilang sempurna. Saran saya minum obat yang sudah dianjurkan dokter dan control berkala saja. Disarankan pasien yang prolapsnya signifikan untuk tidak melakukan olahraga yang sifatnya high impact, nanti ini bisa ditanyakan ke dokternya seberapa berat prolapsnya.
4 Pertanyaan :
Dalam keterangan penyakt jtg katup perlu tindakan operasi. Adakah syarat khusus sehingga bisa operasi? Apa semua penyakit jantung katup bisa dioperasi?
Jawab :
Ada. Setiap kelainan katup jantung punya syarat dan kondisi tertentu untuk bisa dioperasi, sebab operasi kan merupakan tindakan invasive dan pasti ada resikonya, kalau terlalu buru-buru mengerjakan operasi juga tentunya tidak baik. Namun memungkinkan juga bila kelainan katup sudah sangat berat atau melibatkan beberapa katup dan menyebabkan penurunan fungsi jantung kanan dan atau kiri, dan hipertensi pulmonal, operasi menjadi terlalu beresiko untuk dikerjakan sehingga dokter mungkin menolak operasi. Untuk itu pengobatan dan intervensi yang tepat dan tidak terlambat sangat penting untuk pasien katup.
5 Pertanyaan ibu Warjilah post op ASD perbaikan katup :
Saya sudah operasi ASD dan perbaikan katup, sekarang katupnya bocor. Konsumsi sildenafil, captopril, concord itu bisia sembuh tidak ya dok? Dan apakah aman kalau program hamil umur 30 tahun?
Jawab :
Sildenafil sayangnya belum ada studinya untuk kehamilan, captopril tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi saat hamil. Saran saya jika masih ada PH walaupun kelainan ASD sudah dikoreksi tidak disarankan untuk hamil karena beresiko untuk janin dan ibu.
6 Pertanyaan :
Apakah pasien PH bisa menyebabkan penyakit jantung katup?
Jawab :
Bisa dan biasanya yang terkena adalah katup tricuspid dan pulmonal menjadi bocor.
7 Pertanyaan Heni Handayani :
Assalamu’alaikum.. anak saya usia 18 tahun, awalnya menderita PDA, april kemarin dilakukan kateterisasi dengan tujuan mau ditutup, ternyata tidak bisa dengan alas an ada PH (116/59) tekanan pulmonalisnya. Bisakah terapi sildenafilnya menurunkan tekanannya?
Jawab :
Saat kateterisasi apakah dilakukan oksigen tes? Pada sebagian besar kasus sildenafil dengan dosis optimal bisa membantu menurunkan tekanan paru sehingga nantinya ASD nya bisa ditutup.
8 Pertanyaan Dwi Mulyani, Sleman, caregiver Daffa VSD PH :
Mau menanyakan telapak kaki dan jari kaki saya sebelah kanan sering bengkak, apa itu salah satu gejala penyakit jantung? Setahunterakhir dada kanan sebelah bawah sering sakit melakukan rutinitas ngos2an apa itu termasuk gejala PH? Pernah periksa ke puskesmas minta rujukan echo ke RSUD Sleman tapi tidak di acc katanya cuma kelelahan. Dulu waktu saya umur 1 tahun menurut cerita ortu saya sempat opname di RSCM 2 minggu tapi kurang tau diagnose apa. Makanya kadang saya penasaran katanya anak PJB itu biasanya akibat keturunan orangtuanya. Saat ini dikeluarga saya yg PJB Cuma anak saya. Tks dok..
Jawab:
Kelainan jantung bawaan sampai saat ini tidak berhubungan keturunan kok bu. Keluhan bengkak yang hanya di 1 kaki bukan merupakan keluhan klasik untuk penyakit jantung, dan cepat capek bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada baiknya dikonsultasikan ke dokter kembali untuk dievaluasi lebih lanjut, mungkin bisa second opini kalau ibu tidak yakin. Tapi jangan buru-buru khawatir ibu PH atau punya kelainan jantung bu.
Weni ASD Wonosari :
Dokter tapi katanya PJB ada yang keturunan ya dok/ soalnya pasien ASD anaknya diminta periksa echo juga.
Jawab :
Ya ini masih dalam studi, tapi secara internasional dan global belum ada rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan jantung pada turuna ASD atau VSD. Ada beberapa kelainan bawaan dan sindroma tertentu yang memang direkomendasikan untuk dicek keluarganya.
9 Pertanyaan Ane Jaya Anggraeni, Sukabumi, PH post ASD closure, CHF :
Saat ini saya sedang hamil usia 5-6 minggu dari Sp.JP saran terminasi dini. Dulu sebelum operasi sudah terminasi kehamilan 1x. apa bisa setelah post op saya mempertahankan kehamilan saya. Terima kasih dokter
Jawab:
Ini hamoir sama dengan pertanyaan sebelumnya, pasien dengan PH sebenarnya merupakan kategori dengan resiko terbesar untuk hamil, jadi walaupun ASD nya sudah ditutup tapi masih ada PH yang berat tidak disarankan untuk hamil. Ibu bisa bertanya ke dokter ibu seberapa berat PHnya. Dan saya juga tidak menganjurkan untuk hamil bila masih ada PH.
10 Pertanyaan wanita, PH dgn penyakit jantung katup :
Pemberian antibiotik pada penyakit jantung katup berapa lama ya dok? Apa seterusnya? Apa harus lewat suntikan atau infus?
Jawab :
Yang memerlukan profilaksis antibiotic pada penyakit jantung katup hanya yang disebabkan oleh penyakit jantung reumatik. Pada kondisi yang berat harus diberikan setidaknya sampai umur 40 tahun atau bahkan sampai seumur hidup.
11 Pertanyaan :
Jika gangguan katup jantung akibat PJB apakah dengan operasi kebocoran maka kondisi katup jantung akan baik?
Jawab :
Tergantung berat gangguan katupnya dan apakah kelainan katup murni sekunder dari PJB nya. Pada beberapa kasus katupnya juga harus diperbaiki saat operasi PJB dikerjakan.
12 Pertanyaan Sigit Guntoro, PH primer, Palembang :
Izin Tanya dok, apa ada hubungannya gangguan katup jantung dengan RBBB? Tks
Jawab:
Pada kelainan jantung katup dan kelainan bawaan dapat terjadi gangguan listrik jantung, RBBB salah satunya. Tapi tidak bisa dibalik ya pak. Bukan berarti kalau RBBB berarti ada kelainan jantung.
Sigit Guntoro :
Solusi untuk mengobati RBBB nya kira-kira apa dok? Saat ini saya dikasih cordarone 200 dengan dosis 1 x ½. Tapi kadang masih ada RBBB nya.
Jawab :
RBBB tidak perlu diobati pak, karena tidak menimbulkan efek apa-apa. Orang normal tanpa ada kelainan jantung pun bisa ada RBBB.
Sigit Guntoro :
Alhamdulillah kalau begitu. Tapi sekarang saya suka cemas, akibatnya kalau debar suka ada RBBB. Oke dok terima kasih atas infonya. Sehat selalu ya dok
13 Pertanyaan :
Penyakit jantung reumatik itu apa ya dok? Dan disebabkan oleh apa?
Jawab :
Penyakit jantung reumatik adalah penyakit autoimun akibat riwayat infeksi kuman streptokokus hemolitikus grup A di tenggorokan. Kuman tersebut punya struktur yang mirip dengan protein di beberapa protein di tubuh, jadi alih-alih menyerang kuman, system imun kita malah menyerang tubuh kita sendiri yang dalam hal ini merusak katup jantung.
14 Pertanyaan :
Untuk kelainan katup jantung apa bisa dengan obat saja tanpa operasi?
Jawab :
Karen kelainan katup jantung sifatnya kelainan yang menggangu struktur jantung, maka gangguan katup yang berat memerlukan intervensi (bedah/ non bedah) dan tidak bisa hanya dengan obat-obatan saja. Obat-obatan dapat membantu untuk mengurangi keluhan dan keparahan penyakit.
15 Pertanyaan:
Saya ingin mengetahui penjelasan mengenai Hipertensi Paru yang disebabkan Tromboemboli?emboli paru itu bagaimana. Adakah tindakan operasi untuk itu. Apa emboli paru bisa menyebabkan kelainan katup jantung juga?
Jawab :
Semua PH yang berat dan lama dapat menyebabkan kelainan katup jantung sebelah kanan, yakni kebocoran katup tricuspid dan pulmonal. Untuk emboli paru, penanganan selain obat-obatan tergantung apakah embolinya akut atau kronik dan apakah embolinya melibatkan 1 segmen besar arteri pulmonal atau bersifat kecil-kecil dan difus. Pada yang akut, dan segmental bisa dilakukan beberapa tindakan seperti pemberian pengencer darah melalui kateterisasi, pemasangan stent, sampai dengan operasi. Tapi pada kasus emboli bersifat difus dan kronik sepertinya terapi yang paling optimal hanya obat-obatan.
By | 2019-08-19T02:50:39+00:00 May 27th, 2019|Kuliah lewat Telegram|0 Comments

About the Author:

Yayasan Hipertensi Paru
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat