Kuliah WhatsApp 13.07.19 – Hipertensi Pulmonal pada Anak

///Kuliah WhatsApp 13.07.19 – Hipertensi Pulmonal pada Anak

Kuliah WhatsApp 13.07.19 – Hipertensi Pulmonal pada Anak

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi Telegram antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik2 terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group Telegram dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 085210006799

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

KULIAH TELEGRAM

Hipertensi Paru pada Anak

Sabtu, 13 Juli 2019 Pkl : 16.00-17.30 WIB

Narasumber : Dr. Alfa Alfin Nursidiq, Sp.JP, FIHA

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RS Dr.Moewardi dan RS Hermina Solo

Moderator : dr. Novi

 

Materi :

Hipertensi pulmonal pada anak memiliki beberapa tampilan klinis yang ada pada dewasa. PH pd anak berhubungan dengan berbagai penyakit yang bisa muncul pada usia berapapun. Distribusi penyebab PH paling banyak pada anak berbeda dengan dewasa. Dimana yg terbanyak PH idiopatik, PH terkait PJB dan akibat gangguan perkembangan paru.

PH pada anak didefinisikan sebagai rata-rata tekanan arteri pulmonal >= 25 mmHg setelah usia 3 bulan. Pada PH anak khususnya terkait PJB perlu pengukuran indeks tahanan pembuluh darah paru untuk menilai adanya penyakit vaskukar perifer (PVD). Dimana disebut PVD bila indeks >=3 WU.m. Namun saat ini diajukan batasan baru definisi PH yaitu tekanan rata-rata arteri pulmonal >20 mmHg.

Mayoritas PH pada anak adalah PH bersifat transient termasuk hipertensi paru persisten pada neonatal (PPHN). Sebanyak 27% adalah PH idiopatik, PJB, terkait penyakit jaringan ikat dan penyakit pulmonary veno-occllusive (PVOD). Sedangkan 34% yang lain PH terkait penyakit perkembangan paru (dysplasia bronkopulmoner), hernia diafragmatika kongenital dan anomali pembuluh darah paru.

Pemeriksaan fisik, EKG, rontgen dada dan echocardiografi digunakan untuk menilai adakah kemungkinan terjadi PH, namun kateterisasi jantung kanan masih merupakan standar baku untuk penegakan PH, disamping itu untuk menilai tes vasoreaktivitas, maupun kelengkapan data untuk stratifikasi resiko.

Pengobatan secara umum didasarkan pada kondisi pasien masing-masing. Tes vasoreaktivitas paru digunakan untuk membantu menentukan terapi lebih lanjut. Disamping obat ada pilihan untuk intervensi paliatif pada pasien PH namun tidak respon dengan pengobatan.

 

Pertanyaan & Jawaban Kulgram :

1. Novi
Apakah ada perbedaan kondisi PH pada anak dibanding dengan dewasa dokter?
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
Pada prinsipnya sama, baik batasan definisi maupun tatalaksana namun pada anak sebagian besar diakibatkan idiopatik, pjb dan kelainan perkembangan paru
2. Ibu Irma, Surabaya.
1. Apakah PH bisa dipicu oleh autoimun dan kenapa mudah naik padahal minum obat rutin.
2. Apakah regugitasi triskupid terjadi karena dipicu oleh PH atau sebaliknya?
3. Apakah pasien PH anak dengan penggunanan viagra PH masih naik juga diberikan dorner. Karena katanya dorner tidak boleh untuk anak.dan apakah pasein PH anak juga harus mendapatkan treatment furosemid dan spirolacton?
4. Apakah digoxin diberikan apabila detak jantungnya 120 ke atas? Untuk ventavis apakah boleh digunakan tidak rutin dalam arti pada saat PH tinggi saja. Terima kasih
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
1. PH dapat terkait autoimun sejauh yang saya tau terkait skleroderma dan penyakit jaringan ikat
2. Tricuspid regurgitasi dapat sekunder dari PH, tekanan yang dihadapi oleh bilik kanan jantung tinggi akibat PH, ini menyebabkan bilik kanan dilatasi, sehingga cincin dari trikuspid dapat melebar sehingga terjadi trikuspid regurgitasi.
3. Untuk no 3 apakah dorner bisa untuk anak, saat ini ada penelitian yang membandingkan efikasi dan keamanan dorner pada anak dibanding sildenafil. Kombinasi keduanya, mengenai kombinasi sejauh yang saya baca adalah golongan sildenafil dan golongan Tan. Hanya di tempat saya praktik tersedia sildenafil dan dorner, saya belum pernah kombinasi keduanya.
Furosemid dan spironolacton diberikan sebagai terapi pada PH namun dilihat kondisi tiap pasien bagaimana gagal jantung kanannya, adakah tanda2 kongesti (bengkak).
Digoxin diberikan secara hati-hati khususnya pada pasien dengan aritmia supraventrikular misalnya atrial fibrilasi dan PH grup III.
Ibu Irma :
Penyakit jaringam ikat seperti RA itu untuk poin 2 kalau penyebabnya PH berarti tidak bisa melalui tindakan kah dok? Untuk dorner berarti sudah ada penggunaan untuk anak-anak ya dok? Untuk ventavis apakah harus rutin atau boleh saat PH tinggi saja?
Dr. Alfa Alfin :
RA dapat bermanifestasi ke paru salah satunya PH. Bila PH karena PJB atau katup bisa direpair saat koreksi.
Dorner untuk anak sedang diteliti oleh dokter di RSUD Soetomo Surabaya.
Untuk ventavist/ inhalasi iloprost setau saya sebaiknya digunakan rutin.
Ibu Irma :
Kalau detak jantung anak range nya berapa ya dokter?
Dr. Alfa Alfin : Laju jantung pada anak bervariasi menurut umur ibu irma.
3. Heni Hendayani, Bandung, Caregiver.
Anak saya berusia 18 tahun 3 bulan mengalami PDA PH.  Minum sildenafil 3×1 @50 mg sekitar 3 bulanan.  Adakah hubungan antara obat yang dikonsumsi dengan siklus haid dok?  Karena sekarang suka tiba-tiba haid beberapa hari dimasa bersihnya,  lalu berhenti lagi.
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
Untuk ibu Heni, mohon maaf saya belum pernah membaca mengenai hal tersebut bu.
4. Titipan pertanyaan
Pada definisi PH pada anak disebutkan setelah usia 3 bulan. Apakah ada pengaruhnya apabila pemeriksaan dilakukan sebelum itu? Tks dokter
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
PH pada anak kenapa 3 bulan karena pada secara fisiologis tekanan paru pada bayi baru lahir masih tinggi, dan baru turun secara penuh pada sekitar bulan ke 3. Saat dalam kandungan tekanan paru memang tinggi, karena paru belum mulai bekerja/ mengembang, sehingga pada anak, PH di ukur saat usia stlh 3 bln.
5. Ananda Rizky Amalia
Saya mau tanya untuk PH pada bayi apakah bisa di deteksi saat dalam kandungan? Adakah contoh untuk bayi yang mengidap PH? Apakah PH pada bayi harus ada factor keturunan dari keluarga?
Anak saya baru ketahuan PH saat berumur 1 tahun 10 bulan, dan di keluarga saya tidak ada riwayat PH.
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
PH bisa terkait oleh genetik atau bahkan idiopatik (sampai saat ini belum diketahui sebabnya)
Ananda Rizky Amalia :
Sejak anak saya di diagnosa PH, anak saya selalu pakai oksigen dirumah dan tidak pernah lepas dok. Apakah PH idiopatik bisa sembuh dok? Saya kasihan anak saya jadi tidak bisa diajak jalan-jalan karena harus pakai selang oksigen. Kira-kira saturasi berapa si anak bisa lepas oksigen ya dok?
Dr. Alfa Alfin : Saturasi yang diharapkan diatas 90 ibu rizky
Ananda Rizky Amalia : Anak saya sampai sekarang saturasi belum 90 dok, bagaimana cara supaya saturasi bisa naik ke angka 90 ya dok?
Dr. Alfa Alfin : Untuk ibu ananda, mohon dikonsultasikan lebih mendalam dengan dokter yang merawat. Secara umum terapi ada 2 dengan obat dan intervensi tindakan. Silakan berkonsultasi dengan dokter yang merawat, karena lebih faham kondisinya.
6. Dewi Sintha
Saya Dewi caregiver anak usia 9 tahun, PH primer saat ini konsumsi sildenafil 3×1 50mg dosis 1/2. Baru-baru ini ditambah digoxin 1x ½. Dua minggu sebelumnya kena broncopnemonia dan sudah dinyatakan sembuh, tapi sakit dada masih ada.
1. Apakah efek sildenafil itu bisa ke sakit dada?
2. Sakit dada yang bagaimana yang harus diwaspadai hingga kami harus bawa ke RS.
Ketika kumat sakit dadanya, saturasi skitar 94-98,detak jantung 70-102
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
Sakit dada bisa diakibatkan beberapa hal, termasuk efek samping sildenafil. Namun perlu dicari terlebih dahulu penyebabnya, apakah ada debar-debar, apakah batuk  atau yang lain.
Pertanyaan no 2, bila nyeri dada dirasa berat lebih dari biasanya, mendadak, disertai keluar keringat dingin, mual atau lemas sebaiknya dibawa ke RS
Bronkopneumonia juga dapat menimbulkan nyeri dada bila saat batuk atau nafas dalam.
Dewi Sintha : Tidak ada batuk dok. Anaknya bilang seperti kejedot pintu
Dr. Alfa Alfin :
Mohon dikonsulkan kembali ke dokter yg merawat agar di eksplorasi kemungkinan penyebab dari nyeri dada pada pasien tersebut
Dewi Sintha : Baik dok, terimakasih atas jawabannya
7. Bapak Inggit Asmoro
Istri saya PH sejak 1 tahun lalu, penyebabnya sudah diketahui karena adanya gumpalan darah di paru, saya pernah dapat info dari dokter bahwa ada kmungkinan penyembuhannya menggunakan jalan operasi pengangkatan gumpalannya. Apakah benar dok? Dan apakah di indo ada case operasi penyembuhan PH. Tksh
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
Saya pernah mengikuti kasus emboli paru berulang saat di divisi pembuluh darah RS Harapan Kita, saat itu diberikan terapi melalui kateter.
8. Titipan pertanyaan:
Apakah kejadian flek paru pada anak atau bayi bisa meningkatkan resiko PH?
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
Flek paru yang dimaksud apakah TB paru? TB paru yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan penyakit paru yang kronis, sehingga ada kemungkinan PH dikemudian hari.
9. Titipan pertanyaan :
Ada yang menyebutkan kejadian bocor jantung yang ditemukan pada bayi biasanya ada yang kemungkinan bisa menutup sendiri. Pada kasus PJB seperti apa ya dok yang bisa menutup sendiri?
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
PJB bocor yang menutup sendiri: ada kemungkinan untuk ini misalnya pada kasus ASD secundum yang kecil, VSD perimembran yang kecil atau VSD muskularis.
10. Titipan pertanyaan :
Kapan pemeriksaan PH idealnya pada anak bisa dilakukan dok? Apa saat baru lahir langsung harus dicek. Terima kasih
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
Bila dari data subyektif, data obyektif baik ekg, rontgen maupun ekokardiografi mendukung PH maka paling cepat kateterisasi jantung kanan setelah usia 3 bulan.
11. Nafisah Rasyiid
Anak saya usia 8 bulan, pasca operasi jantung tanggal 25 juni kemarin. PHnya tinggi. Diresepkan sildenafil 10mgx4. Yang mau saya tanyakan, amankah jika bayi saya minum asi tanpa ditakar? Minum asinya direct breastfeeding. Kira-kira sampai berapa lama PHnya bisa turun? Bagaimana ciri-ciri kegawatdaruratan ketika PHnya makin tinggi?
Jawaban :
Dr. Alfa Alfin :
Untuk ibu nafsiah,
1.    Pada anak kebutuhan cairan dihitung sesuai berat badan, saat setelah operasi biasanya diberi tahu limit intake cairannya, bila intake berlebih biasanya bayi akan muncul gejala sesak seperti nafas cepat, menyusu namun banyak berhenti. Untuk rekomendasi apakah aman atau tidak saat ini saya belum bisa menjawab.
2.    Evaluasi PH paska sildenafil selama 6 bulan-1 tahun.
3.    PH semakin memberat bila bayi semakin sesak, gejala kongesti/bengkak, saturasi menurun.
 

Pesan Dr. Alfa Alfin untuk para pejuang PH

• PH pada anak paling sering terkait idopatik, PJB, dan penyakit gangguan perkembangan paru.
• Penegakan diagnosis secara baku menggunakan pemeriksaan kateterisasi jantung kanan.
• Pengobatan PH mulai dari terapi secara umum, terapi obat spesifik PH maupun intervensi antara lain atrial septostomi
• Perhimpunan dokter kardiovaskuler indonesia (PERKI), baru saja membentu kelompok kerja PH, semoga bisa semakin berperan dalam penanganan maupun edukasi PH
By | 2019-10-14T02:14:00+00:00 July 15th, 2019|Kuliah lewat Telegram|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat