Kuliah WhatsApp 04.11.17 – Gejala Hipertensi Paru dan Bagaimana Mengatasinya

///Kuliah WhatsApp 04.11.17 – Gejala Hipertensi Paru dan Bagaimana Mengatasinya

Kuliah WhatsApp 04.11.17 – Gejala Hipertensi Paru dan Bagaimana Mengatasinya

Kuliah Whatsapp adalah program tanya jawab lewat group di aplikasi Telegram antara anggota YHPI dengan dokter/narasumber ahli lainnya untuk topik2 terkait Hipertennsi Paru yang diadakan secara rutin dan berkala.

Untuk bergabung dalam group Telegram dan mengikuti kuliah berikutnya, silakan hub 085210006799

Untuk membaca materi tanya jawab lainnya yang lebih lengkap, silakan klik LOGIN.

 

KULIAH WHATSAPP

Gejala PH dan Bagaimana Mengatasinya

Sabtu, 4 November 2017 pk 14.00-16.00 WIB

Narasumber: dr. Nana Maya Suryana, SpJP

Kardiolog RSUP Persahabatan Jakarta

 

Moderator: Indri & Riska

 

MATERI KULWAP

Apa itu pulmonary hypertension (PH) dan jenisnya?

Bahwa PH adalah suatu keadaan di mana terjadi peningkatan tekanan di pembuluh darah paru, baik itu arteri maupun vena. Akibat dari peningkatan tekanan ini, maka beban kerja jantung kanan untuk memompakan darah ke paru-paru menjadi berat, lama kelamaan otot jantung melemah, ruang jantung membesar dan akhirnya terjadi gagal jantung kanan.

Penyakit ini dianggap langka karena diagnosisnya yang sulit dan keluhannya tidak khas.

Diagnosis pastinya adalah dengan melakukan pengukuran tekanan pembuluh darah paru melalui tindakan kateterisasi. Namun, karena tindakan tersebut bersifat invasif dan hanya sedikit pusat kesehatan yang mengadakan pelayanan ini, maka biasanya diagnosis awal ditegakkan dengan pemeriksaan echocardiografi (USG jantung).

Keluhan yang muncul sangat bervariasi, mirip seperti keluhan penyakit jantung dan paru pada umumnya:

  • mudah lelah
  • sesak nafas, terutama saat beraktifitas
  • bengkak pada pergelangan kaki, tungkai bawah dan bahkan perut
  • pusing dan pingsan
  • berdebar
  • terlihat kebiruan pada kuku dan bibir
  • batuk darah
  • dll

Bagaimana cara mengatasinya?

Seseorang yang sudah terdiagnosis PH harus menjalani pengobatan sesuai dengan instruksi dokter. Untuk PH yang diketahui penyebabnya, mengobati penyakit dasar adalah hal yang utama. Obat-obatan akan membantu mengurangi keluhan dan mencegah progresifitas penyakit. Seringkali butuh waktu yang lama untuk mendapatkan obat dan dosis yang cocok untuk seorang pasien.

Selain minum obat, untuk mengatasi dan menghindari keluhan akibat PH, pasien harus menjalankan pola hidup sehat seperti:

  • harus istirahat yang cukup
  • berusaha untuk tetap aktif sebisa mungkin; walaupun aktifitas dapat melelahkan pasien namun diusahakan untuk tetap bergerak seperti jalan santai dan melakukan olahraga ringan
  • tidak merokok
  • hindari tinggal atau melakukan perjalanan ke tempat ketinggian (>8000kaki)
  • hindari konsumsi cairan berlebih, ini untuk mengurangi bengkak pada kaki dan perut
  • hindari aktifitas yang dapat menurunkan tekanan darah seperti berendam di sauna, berdiri lama, atau mengedan. Tekanan darah yang turun akan mengakibatkan keluhan pusing atau bahkan pingsan
  • konsumsi makanan sehat, perbanyak sayur dan buah, kurangi konsumsi makanan berlemak dan garam
  • minum obat dan kontrol secara teratur
 No Pertanyaan dan Jawaban
1 Pertanyaan dari Rini:
Siang dokter Nana, saya Rini didiagnosa mild to moderate PH setahun lalu dan belum diketahui penyebabnya, yang ingin saya tanyakan:
1)     Apakah gejala yang saya rasakan sekarang seperti rasa engap saat duduk tegak/sedikit menunduk/sedang jongkok, sering mual dan migrain itu karena PH?
2)     Apakah saya aman untuk mengikuti character building kurang lebih seperti wajib militer selama 7 hari (hiking, dll, tinggal di Lembang yang dingin)? Kebetulan itu program wajib dari perusahaan saya untuk diikuti karyawan.
3)     Apakah penderita PH primer cenderung kekurangan berat badan meskipun makan tetap normal/banyak?
4)     Apakah saya masih diperkenankan untuk dapat hamil lagi?
Terima kasih dok, mohon pencerahannya.
Jawab:
Selamat siang mbak Rini. Kalau boleh tahu, apakah sudah pernah dievaluasi lagi untuk PH nya?
1)     gejala umum PH adalah mudah lelah dan sesak terutama saat aktifitas, apabila memang dirasakan keluhan mudah lelah bertambah disbanding sebelumnya atau untuk aktifitas ringan yang harusnya tidak membuat capek tapi sekarang dirasakan capek bisa jadi itu diakibatkan karena PH nya, untuk itu perlu pemeriksaan/evaluasi lagi tentang derajat PHnya.
2)     untuk aktifitas berat seperti hiking tidak disarankan, mungkin salah satu solusinya mbak rini bisa minta surat rekomendasi atau surat keterangan dokter.
3)     ya, betul. Pasien dengan PH cenderung berat badan turun karena secara umum metabolismenya terganggu.
4)     kehamilan pada PH adalah kontraindikasi, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter jantung dan dokter kebidanannya.
Rini:
Terakhir evaluasi bulan Mei dok. Disarankan untuk MRI namun belum sempat.
dr.Nana:
Oke mbak Rini, memang sebaiknya dievaluasi kembali apalagi kalau ada keluhan yang bertambah dibanding sebelumnya.
2 Pertanyaan dari Riandar Earlyta:
Siang dok saya Ria/28 th/PH Primer. Saya mau tanya dulu awal sakit itu saya keluhannya rasa tidak nyaman di daerah ulu hati (tengah dada bawah) kemudian membesar dan keras, lalu cepat lelah. Sekarang kalau tidak minum furosemide & spironolactone keluhan itu muncul lagi. Pertanyaannya, apa penyakit jantung bisa menjalar ke daerah ulu hati atau bagaimana ya dok? Terima kasih
Jawab:
3 Pertanyaan dari Stefani/Ria:
Selamat siang dr.Nana, saya Ria/ASD PH. Yang mau saya tanyakan:
1)     apakah jika timbul gejala-gejala di atas berarti PH sudah parah? Karena saya PH tapi tidak mengalami semua gejala di atas
2)     untuk pencegahan, yang dimaksud dengan hindari konsumsi cairan berlebih itu seperti apa dok?
Terima kasih sebelumnya.
Jawab:
4 Pertanyaan dari Aliya:
Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saya terdiagnosa PH tinggi, bagaimana cara mengatasinya lalu butuh berapa lama menurunkan PH ya? Kira-kira tekanan PH paling tinggi itu berapa ya dok?
Jawab:
5 Pertanyaan dari Sari:
Dokter, apakah PH bisa genetik ya terutama pada anak perempuan? Bagaimana mengantisipasi supaya kita mengetahui lebih dini kalau anak kita berpotensi terkena PH?
Saya PH primer sering kram, setelah cek asam urat 7,6mg/dL, kata dokter SpJP karena efek minum furosemide. Saya sudah menghindari makanan mengandung tinggi purin dll, bagaimana cara mengatasi kram yang tetap tiba-tiba menyerang kaki saya? Terima kasih
Jawab:
6 Pertanyaan dari Zakia B.:
Siang dokter Nana, saya didiagnosa PH severe karena PDA. Saya mau bertanya:
1)     orang dengan PH severe apakah diperbolehkan untuk sering naik pesawat?
2)     tadi disebutkan hindari berada di tempat tinggi >8000 kaki itu kenapa ya dan apakah efeknya?
Terima kasih
Jawab:
Siang mbak Zakia. Iya benar, untuk pasien PH disarankan menghindari tinggal/berpergian ke ketinggian karena di tempat ketinggian tekanan oksigennya lebih rendah.
Untuk naik pesawat sebenarnya agak riskan jika saat di pesawat tekanan udaranya turun, namun jika di dalam perjalanan tekanan udarnya stabil maka tidak ada masalah.
Zakia:
Saya ingin bertanya lagi, mengapa pasien PH disarankan untuk tidak banyak konsumsi cairan? Apa karena proses sekresi cairannya terhambat atau bagaimana?
(Pertanyaan ini sudah terjawab di bawah)
7 Pertanyaan dari Hikmah Dames:
Dok, apakah penyakit PH bisa muncul secara mendadak? Atau ada proses lama untuk menjadi penyakit PH?
Nb: PH primer yang diketahui sudah dewasa
Jawab:
Mbak Hikmah, penyakit PH ada prosesnya, tidak muncul tiba-tiba. Sering pada fase awal tidak ada keluhan sehingga pasien yang didiagnosis sudah pada keadaan berat karena datang ke dokter pasti sudah dengan keluhan.
8 Pertanyaan dari Jumilah:
Selamat siang dok, saya PH sekunder. Mau bertanya:
1)     akhir-akhir ini saya kalau berjalan sejauh 500m, timbul rasa sakit pada lengan atas kanan dan kiri, dada hingga tembus belakang, rahang terasa kaku, penglihatan gelap dan leher nyeri. Mengapa ya dok?
2)     Bagaimana cara mengatasinya, karena datang tiba-tiba. Dan sudah separah apakah jantung saya?
Jawab:
Selamat siang mbak Jumilah. PH sekundernya karena apakah? Sakit paru? Untuk berjalan sejauh 500m cukup jauh ya. Mungkin bisa dilakukan dengan pelan-pelan dan berhenti-berhenti dulu.
Apa ada obat yang dikonsumsi saat ini? Untuk penyebab PH nya juga perlu dikontrol, karena untuk PH yang diketahui penyebabnya, mengobati penyebab adalah hal utama.
Jumilah:
Saya ASD dok, sudah ketahuan sekitar 6 tahun. Saat ini konsumsi dorner, sildenafil, furosemid, spironolactone dan candesartan. Saya jalan pelan tapi masih tidak kuat dok.
dr. Nana:
ASD baru ketahuan? Saran dari dokter jantung bagaimana, sudah tidak bisa dikoreksi? Untuk kondisi seperti ini memang sebaiknya mbak beraktifitas disesuaikan dengan kemampuan fisiknya ya.
9 Pertanyaan dari Helga:
Siang dokter Nana, saya Helga/PH PDA. Setahun ini saya harus bolak-balik dirawat karena edema dan ascites karena obat-obatan oral tidak berpengaruh lagi. Yang ingin saya tanyakan:
1)     bagaimana supaya tidak terjadi edema lagi selain membatasi minum?
2)     apakah PH akan menyebabkan gagal ginjal dan stroke?
Terima kasih sebelumnya.
Jawab:
Selamat siang juga mbak Helga. Maaf untuk PDA nya sudah eisenmenger? Saat ini obat yang dikonsumsi apa?
1)     Untuk edema, selain masalah konsumsi cairan juga dipengaruhi oleh kadar albumin (protein dalam tubuh) dan tentu saja dipengaruhi oleh kemampuan pompa jantung kanannya.
2)     Tidak semua pasien PH mengalami gagal ginjal dan stroke, tapi seperti yang kita ketahui,pada kelompok PH yang disebabkan oleh emboli, resiko emboli ini juga bisa terjadi pada otak dan mengakibatkan stroke.
Helga:
Ya dok, sudah eisenmenger. Obat-obatan: sildenafil, candesartan, furosemide 2x2tab, simarc, spironolactone 1×1, concor 1,25
dr. Nana:
Tetap semangat dan terus berdoa, obat-obatan diteruskan ya. Kalau dilihat dari obat-obatan sudah cukup lengkap. Mungkin untuk furosemide apabila mulai tidak meman, bisa diganti dengan merek paten: Lasix (maaf bukan berarti promosi obat yaa). Tetapi memang pada prakteknya kami biasanya menyarankan Lasix untuk pasien-pasien yang mulai resisten dengan furosemide.
Helga:
Terima kasih dok, tetapi kadang Lasix pun tidak mempan dan akhirnya di drip lah baru bisa dok.
10 Pertanyaan dari Asti:
Halo dokter, pertanyaan saya:
1)     Pola makan seperti apa untuk pasien PH supaya tidak kambuh beserta contoh menunya dari mulai bangun pagi hingga tidur malam?
2)     Jika terjadi edema akibat duduk terlalu lama, berapa lama sebaiknya pasien PH duduk dan berdiri?
3)     Bagaimana cara menurunkan NT pro BNP?
Itu saja dok, semoga ada pencerahan dari jawaban dokter Nana
Jawab:
Halo juga..
1)     Untuk diet, sebenarnya tidak ada yang dikhususkan, tetapi sama seperti diet sehat pada umumnya yaitu hindari konsumsi garam berlebihan karena garam bersifat retensi cairan (menahan cairan dalam tubuh), hindari konsumsi lemak berlebih dan perbanyak sayur dan buah. Untuk contoh menunya mohon maaf mungkin untuk saat ini saya belum bisa menjawab detailnya. Insya Allah dilain kesempatan ya. Dan ini tentu yang lebih kompeten dijawab oleh dokter gizi.
2)     Dalam literatur tidak ada batasan waktu khusus, mungkin bisa kita perkirakan saja, misal jika kaki sudah terasa pegal berarti harus segera istirahat/duduk.
3)     NT pro BNP menunjukkan keadaan gagal jantung, jadi kadar tersebut akan turun jika kondisi jantungnya dalam keadaan stabil, dengan obat-obatan PH atau gagal jantung pada umumnya.
11 Pertanyaan dari Raga:
Siang dokter Nana, saya didiagnosa PH CTEPH akhir-akhir ini sering pandangan gelap seperti mau pingsan. Apakah ini tanda-tanda meningkatnya PH saya?
Jawab:
Selamat siang mbak. Mata gelap atau rasa mau pingsan bisa juga diakibatkan tekanan darah atau kadar gula darah yang turun. Atau bisa juga karena kekentalan darahnya. Untuk itu saran saya mbak berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi kondisi mbak.
12 Pertanyaan dari Mita:
Dokter, saya Mita didiagnosa MVP (Mitral Valve Prolapse) prolaps mild dan PH mild, terakhir echo 2014 tekanan 31, tadinya tekanan 35 ada pembesaran sedikit di bilik kanan jantung. Sewaktu PH 35 itu saya sering sesak nafas dan pernah sampai dada terasa sakit sekali. Kalau dari dokter jantung mengatakan jantungnya tidak apa-apa, lalu saya ke spesialis paru dan dari rontgen ada bronchitis akut. Setelah diobati kurang lebih 1 bulan kemdian sesak nafas sudah jarang. Yang saya tanyakan PH saya penyebabnya dari jantung atau bronchitis nya ya dok? Untuk sekarang Alhamdulillah sudah jarang sesak nafas hanya saja tetap tidak bisa terlalu lelah, karena kalau kelelahan sesak nafas suka menyerang.
Jawab:
Mbak Mita, sebenarnya kalau hanya MR (Mitral Regurgitation) mild kecil kemungkinan sampai menyebabkan PH. Karena PH yang diakibatkan kelainan jantung kiri itu pada keadaan gagal jantung kiri yang berat. Berarti PH mild nya disebabkan oleh yang lain, salah satunya bisa kelainan paru (tapi kalau hanya bronchitis juga tidak menyebabkan PH ya). Oleh karena itu setiap ke dokter jantung dikatakan tidak ada masalah, karena hanya “mild”. Alhamdulillah sekarang sudah tidak ada keluhan. Bila sewaktu-waktu sesak karena lelah itu bisa diakibatkan karena MVP nya.
Mita:
Lalu penyebab PH saya apa ya? Karena sewaktu didiagnosa MVP itu tahun 2007 tapi PH belum ada. Dan baru ada PH tahun 2013 sewaktu saya ada keluhan sering sesak nafas meski hanya PH mild 35, tapi waktu itu kondisinya sampai buat jalan beberapa langkah saja sudah tidak kuat rasanya. Apakah PH bisa turun lagi sampai normal dok? Atau bisa kambuh lagi? Karena jika tidak diketahui penyebabnya jadi sulit untuk menghindari pencetusnya supaya tidak kambuh lagi.
dr. Nana:
Mbak Mita, diagnosis pasti PH sebenarnya dengan kateterisasi jantung kanan, pemeriksaan dengan echo lebih banyak dipakai karena lebih mudah/tidak invasif, namun juga bukan berarti tidak ada kelemahannya, sehingga butuh pemeriksaan lain seperti lung perfusion, MRI, dll untuk menegakkan diagnosis PH dan mencari penyebabnya.
13 Pertanyaan dari Umi:
Selamat siang dr.Nana, saya Umi/ASD PH/Jogja. Saat ini TVG saya 120. Saya tidak minum pengencer darah. Yang saya tanyakan:
1)     apakah sayuran hijau sangat mempengaruhi kekentalan darah? Karena saya dianjurkan tidak terlalu banyak konsumsi sayur hijau agar darah tidak kental.
2)     apakah kekentalan darah sangat mempengaruhi naik turunnya PH?
Terima kasih sebelumnya dokter.
Jawab:
Siang Mbak Umi,
1)     Mbak, sebenarnya yang sering disarankan untuk menghindari sayuran hijau adalah pada pasien yang mengkonsumsi obat pengencer darah Simarc. Efek sayur hijaunya bukanlah pada kekentalan darah tapi efeknya terhadap Simarc itu sendiri (mengurangi efek kerja obat), jadi jika Mbak tidak mengkonsumsi Simarc tidak masalah untuk tetap mengkonsumsi sayuran hijau.
2)     Tidak semua pasien PH memiliki indikasi mengkonsumsi pengencer darah, biasanya diberikan untuk grup yang disebabkan oleh CTEPH. Jadi tidak semua PH progresifitasnya dipengaruhi oleh kekentalan darah.
Umi:
Lalu kalau sayur yang bervitamin K tinggi efeknya bukan ke kental darah ya dok?
dr. Nana:
Mohon maaf jika jawaban yang pertama tadi membingungkan. Mungkin saya bisa jelaskan lagi. Memang benar sayuran mengandung vit.K berpengaruh terhadap kekentalan darah tapi tidak berarti kita harus menghindarinya sama sekali. Boleh tetap mengkonsumsi sayuran hijau dan divariasikan dengan jenis sayuran lain, karena tubuh kita membutuhkan vit.K dalam jumlah tertentu. Di dalam sayuran tersebut juga terdapat zat gizi lain yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja pada pasien yang mengkonsumsi Simarc, konsumsi sayuran hijau dibatasi. Jika tetap mengkonsumsi sayuran hijau sekaligus konsumsi Simarc, target terapi/keenceran darahnya sulit dicapai..begitu ya.. Semoga jawaban saya bisa membantu.
14 Pertanyaan dari Hestin:
Selamat siang dok, apakah dengan konsumsi dorner efektif untuk menurunkan PH? Biasanya untuk PH ringan, berapa kali sehari diminum? Soalnya kadang diberi resep berubah-ubah, ada dokter yang memberi resep 2×1 tapi ada yang 3×1. Terima kasih untuk jawabannya dok.
Jawab:
Kebetulan ini bukan topik kita hari ini ya tapi kalau bisa saya bantu.
Sebenarnya level efektivitas dorner dibandingkan obat PH lain tidak begitu baik. Balik lagi karena kendalaketersediaan obat dan jaminan BPJS, hanya dorner yang ditanggung.
Untuk dosis dorner bisa dimulai dari 2-3 x 1tab, dinaikkan bertahap sesuai toleransi pasien, maksimal bisa sampai 3-4 x 2 tab.
15 Pertanyaan dari Nurul:
Selamat siang dok, saya Nurul/PH primer. Mau bertanya, untuk PH primer apakah bisa turun hanya dengan konsumsi obat? Atau harus dilakukan transplant paru? Adakah kemungkinan sembuh total tanpa dilakukan transplant dok?
Terima kasih.
Jawab:
Selamat siang mbak Nurul. Hingga saat in, penelitian obat-obatan memang ditujukan untuk PH primer. Karena untuk PH sekunder, yang utama adalah mengobati penyakit penyebabnya misal kelainan jantung kiri, paru, kelainan imun, dll. Dan untuk kemungkinan sembuh total dalam artian bebas obat, mohon maaf sampai saat ini belum ada literatur yang menyebutkan seperti itu.
Untuk transplant paru memang sebagai salah satu alternatif tapi tindakan itu juga bukan tindakan yang mudah dan tanpa risiko. Jadi tetap semangat dan optimis dengan minum obat dan kontrol teratur PH nya dapat dikendalikan, mbak Nurul dapat beraktifitas sehari-hari tanpa keluhan.
16 Pertanyaan dari Tedja:
Siang dok. Saya didiagnosa PH tahun 1998 dengan USG, tahun 2015 hasil kateterisasi saya dinyatakan PH moderate, penyebab PH bukan karena PJB tetapi karena polisitemia vera sekunder, PPOK, stroke 8x dan DVT. Saya juga sudah pasang stent 2 dan balon 2, kira-kira setahun belakangan ini saya sering sesak dan kalau buang ludah agak kental berlendir serta berbuih. Obat-obatan yang saya minum: sildenafil 100 2x, dorner 20=2 3x, brilinta 90 2x, bisoprolol 5mg 1x, simarc 2mg  1x, mini aspi 80 1x, valsartan 80 1x, amlodipin 10 1x, cytrodoc 500 2x, ventolin, sereted, symbicort dan spiriva obat yang diminum mencapai 20 macam. Yang ingin saya tanyakan: apakah rasa sesak ini dengan obat-obatan di atas bisa membantu karena sesaknya belakangan ini semakin kuat. Usia sekarang 67 tahun. Terima kasih dok.
Jawab:
17 Pertanyaan dari Kartika:
Siang dok, saya ingin menanyakan apakah ada gejala PH yang menyebabkan badan sering terasa seperti masuk angin dan sering bersendawa? Terima kasih
Jawab:
Selamat siang, keluhan ini tidak khas mbak. Keluhan seperti di atas lebih mungkin disebabkan karena gangguan lambung dan pencernaan.
18 Pertanyaan dari Hikmah:
Dokter, di dada sering terasa penuh dan kalau makan satu atau dua suap pasti langsung keseretan/cari minum. Apa itu pengaruh dari PH? Karena saya rasakan itu setiap hari setelah didiagnosa PH dok.
Jawab:
Rasa penuh di perut jika diisi makanan bisa merupakan bagian dari kumpulan gejala PH. Hal tersebut disebabkan karena tertahannya cairan di perut sehingga seiring waktu terasa begah dan cepat penuh.
19 Pertanyaan dari Rezka:
Selamat siang dokter nana, saya Rezka/ASD PH, bulan Juni lalu dilakukan cath dan dinyatakan PH berat, namun sekarang karena saya seorang mahasiswa akhir sekolah kesehatan, saya diharuskan PKL di rumah sakit selama 3,5 bulan dengan jumlah jam dinas sehari selama 8 jam dengan kegiatan yang lumayan padat. Apakah hal ini dapat memperberat kondisi saya? Apakah stress dapat berdampak pada bertambahnya tekanan PH? Serta apakah ada pantangan makanan tertentu untuk pasien PH? Terima kasih dok.
Jawab:
Siang Rezka. Memang benar, untuk pasien PH terutama berat aktifitas fisik yang melelahkan sebaiknya dihindari, tapi bukan berarti tidak boleh melakukan aktifitas sama sekali, jadi tetap jalani jadwal kuliahnya. Namun, mungkin disela-sela waktu kuliah Rezka bisa manfaatkan untuk istirahat. Berterus-teranglah kepada teman/dosen sepertinya bisa membantu Rezka untuk meringankan beban kuliah. Tetap semangat mengejar cita-cita, semoga dimudahkan dan dilancarkan Allah SWT, aamiin..
Untuk pantangan makanan tertentu tidak ada, jalani pola hidup sehat dan diet simbang seperti pada umumnya.
Rezka:
Terima kasih banyak atas jawaban dokter dan juga buat semangat dan doanya, aamiin yaa rabbal’alamin.
Untuk penyakit ASD PH ini saya baru saja mengetahui tentang kondisi penyakit saya pada bulan April kemarin sehingga saya masih tidak banyak tau dan tidak memahami kondisi yang saya alami.
Dokter menjelaskan jika pasien PH cenderung mengalami penurunan BB karena metabolisme terganggu, tetapi kondisi saya berbeda dok, setelah dinyatakan PH dan mendapat obat silde kondisi tubuh saya membaik dan berat badan saya cenderung naik, apakah itu normal?
Lalu dokter bilang untuk membatasi cairan masuk, saya orang yang banyak minum dok, batasan normal minum 8 gelas per hari itu apakah melebihi batas cairan untuk pasien PH? Kemudian saya diberi obat furosemide, jika tidak ada edema apakah obat tersebut tetap harus saya minum setiap hari dok?
dr. Nana:
Rata-rata kebutuhan cairan pada orang sehat adalah 2 liter (8 gelas @250cc), namun pada pasien PH yang pompa jantung kanannya terganggu, konsumsi cairan yang berlebih akan menyebabkan beban jantung kanan semakin berat sehingga cairan tertahan dan menyebabkan keluhan bengkak terutama pada perut dan kaki. Untuk mengurangi beban itulah pasien diberikan furosemide yang efeknya jadi sering BAK. Sebaiknya minum cairan dibatasi hingga 1,5 liter/hari atau jika masih haus boleh dilebihkan asal dilihat produksi urin nya. Target jumlah urin minimal sebanding dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh.
Penggunaan furosemide pada pasien yang stabil boleh diatur sendiri. Misal jika tidak bengkak dan sesak, bisa diturunkan dosisnya jadi selang sehari, 2 kali seminggu atau bahkan sewaktu-waktu bila diperlukan.
20 Pertanyaan dari Asti:
Saya Asti/37 th, sempat bertemu saat MCU di RS Persahabatan.
PH awal primer Maret 2016, PH sekunder November 2016 karena CTEPH setelah V/Q scan lung perfusion 2x. Katanya ada di kaki dan dicek vaskuler tidak ditemukan.
Saya konsumsi obat sildenafil 50mg x 3, spironolactone 25mg x 1, furosemide 40mg kadang 1 kadang 2 tergantung edemanya, Simarc 2mg dosis ¼, ½, ½.
INR 2,79. (dosis ¼) 1,85. 1,69 (dosis ¼, ½, ½). Mengapa bisa berubah padahal dosis semakin dinaikkan waktu ¼ masuk kategori target terapi.
TVG dari awal 85, 75, 80 (progresif)
NT pro BNP 3955, 4868, 4563. Dengan cara apa menurunkannya agar normal dok?
Asam urat 11,7 (pertama kali tau ada asam urat 4,6 diberi alopurin. 9,9 tidak diberi alopurin padahal tidak makan sayur hijau karena saya CTEPH ada yang bilang itu faktor minum furosemide, benarkah?
Benarkah jika orang PH cairannya sedang menumpuk kulit jadi kering gatal-gatal, mata menguning, suara pun menghilang. Apa penyebab itu semua dan solusinya?
Amankah orang PH berenang? Olahraga apa saja yang cocok untuk pasien PH?
Jawab:
Assalamualaikum mbak Asti. Iya, saya ingat, mohon maaf waktu itu tidak bisa membantu ya, Insya Allah dibalik kesulitan ada kemudahan.
Obat simarc ini memang unik, banyak faktor yang mempengaruhi metabolisme obatnya sehingga keenceran darah yang menjadi target terapi tidak selalu bisa tercapai dengan dosis yang sama. Oleh karena itu kontrol dengan pemeriksaan INR perbulan sangatlah penting.
Jika tidak ditemukan penyebab PH nya mbak Asti dapat digolongkan pada PH primer/idiopatik. Sementara ini yang dapat dilakukan adalah dengan kontrol PH dengan obat-obatan.
Untuk kenaikan asam urat memang benar salah satunya disebabkan karena furosemide. Perlu kita ketahui bahwa asam urat adalah salah satu produk dari protein, jadi yang menyebabkan asam urat naik bukan hanya sayur (biasanya bayam) tapi juga dari protein hewani dan telur.
Secara umum (bukan hanya pada pasien PH), penumpukan cairan/edema akan menyebabkan peregangan pada kulit sehingga kulit terasa gatal, dan untuk mata menguning bisa disebabkan kongesti (penumpukan cairan) pada liver. Untuk suara menghilang mohon maaf saya kurang begitu paham yang jelas itu karena gangguan pada pita suara. Solusinya sama seperti yang lain, kurangi konsumsi cairan berlebih (seimbangkan dengan urin yang keluar, konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kontrol dengan dokter). Semoga jawaban saya bisa membantu.
Asti:
Waalaikumsalam dok, Alhamdulillah dokter masih ingat saya.
Waktu bertemu dokter suara masih hilang, lalu saya bedrest dan sekarang sudah muncul. Menurut prof akibat jantung kanan yang membengkak tapi saya tidak paham juga kejadian sudah 2x. Sudah ke THT hanya disuruh puasa bicara. Terima kasih banyak dokter atas pencerahannya.
21 Pertanyaan dari Bety:
Selamat siang dok saya Bety/ASD PH. Sudah lama kuku dan bibir saya biru-biru. Apakah dengan mengkonsumsi obat maka biru-biru tersebut akan hilang dok? Apakah nyeri punggung ketika kecapekan termasuk gejala PH? Terima kasih.
Jawab:
Selamat sore mbak Bety, untuk ASD PH yang sudah sampai biru biasanya sudah eisenmenger, darah “kotor”/rendah oksigen lah yang beredar ke seluruh tubuh sehingga terlihat biru. Dengan konsumsi obat-obatan mohon maaf tidak akan menghilangkan biru-birunya tapi membantu agar kondisi tidak semakin berat.
Untuk nyeri punggung ketika kecapekan tidak khas untuk PH, jadi bisa dibantu diatasi dengan cara umum seperti pijat ringan, dll.
22 Pertanyaan dari Dewi Septi:
Selamat siang dr.Nana, saya Dewi/PDA PH. Sebelum diketahui ada PDA PH dari dulu yang jadi masalah selalu karena Hb tinggi. Nah sekarang sudah ketahuan. Apakah Hb tinggi ini bisa turun seiring dengan nilai TVG yang turun juga?
Jawab:
Selamat siang mbak Dewi, untuk Hb yang tinggi berkaitan dengan kadar oksigen dalam darah dan itu sebagai reaksi/kompensasi tubuh terhadap kadar O2 yang turun. Apabila nilai TVG turun/PH turun, kadar Hb juga bisa ikut turun walau kadang tidak terlalu signifikan.
23 Pertanyaan dari Mamet:
Selamat sore dok, saya Mamet didiagnosa VSD lalu PH eisenmenger. Yang mau saya tanyakan apakah kondisi saya sekarang (setiap hari perut buncit dan kaki bengkak bila terlalu lama berdiri atau duduk) bisa membaik/normal kembali? Karena dulu ketika kondisi saya seperti itu di aal didiagnosis PH kondisi saya membaik dan bisa dikatakan kembali normal seiring diberikan resep silde untuk menggantikan dorner. Tapi semenjak kondisi drop beberapa bulan lalu kondisi saya belum kunjung membaik padahal sudah 2x dilakukan penyesuaian dosis silde dari awalnya 3x25mg lalu 3×3,75mg dan sekarang 3x50mg serta dosis furosemide dari awalnya 1x80mg sekarang 4x80mg. Padahal saya juga sudah mencoba pola makan food combining dengan membatasi asupan cairan dan garam (walaupun masih belum maksimal). Apakah saya harus mengambil cuti dari pekerjaan agar bisa istirahat? Mengingat jarak kantor dan rumah cukup jauh (2,5 jam perjalanan). Terima kasih atas jawabannya.
Jawab:
Selamat sore mas Mamet, iya betul untuk kondisi eisenmenger memang cukup berat, butuh keyakinan dan kesabaran insya Allah mas Mamet bisa melewatinya. Untuk kembali ke kondisi normal mohon maaf mungkin sulit, tapi berkurang keluhannya bisa pak. Dengan obat-obatan membantu menurunkan progresifitas penyakit. Untuk obat-obatan yang bapak konsumsi saat ini menurut saya sudah baik hanya saja butuh waktu, dan memang sebaiknya bapak mengurangi aktifitas dengan istirahat/cuti sementara waktu.
24 Pertanyaan dari Santy:
Siang dr. Nana, saya Santi/ASD PH. Semalam secara tiba-tiba ada nyeri dada kiri, apakah ini dikarenakan PH nya?
Jawab:
Nyeri dadanya seperti apa, dan durasinya berapa lama? Apakah dipengaruhi gerakan/tidak?
Nyeri dada akibat jantung disebabkan karena kurangnya oksigen ke otot jantung, keluhannya dada seperti tertimpa beban berat, tidak dapat dilokalisir (pasien tidak bisa menunjukkan persis area mana yang sakit) dan saking beratnya disertai dengan keringat dingin.
Kalau pada PH biasanya disertai sesak nafas. Namun, jika keluhannya tidak seperti ciri di atas mungkin disebabkan hal lain seperti nyeri otot atau penjalaran nyeri dari lambung akibat asam yang meningkat.
Santy:
Terima kasih dok, tidak disertai sesak nafas, jadi merupakan gejala lain ya? Saya agak panik karena saya pikir serangan jantung, durasinya lama tapi begitu tidur nyerinya menghilang.
25 Pertanyaan dari Tari Lestari:
Selamat sore dok, kalau PH sekunder karena ASD tapi belum eisenmenger apakah sudah tidak ada harapan untuk sembuh PH nya? Soalnya kemungkinan operasi sudah tidak ada, terus saturasi pasti mentok di angka 85 tapi saya biasa aja dok tidak merasa sesak.
Jawab:
Untuk kasus yang sudah eisenmenger mohon maaf secara teori memang dikatakan tidak bisa disembuhkan mbak. Tapi apapun itu kita sebagai manusia wajib berusaha. Tetap rutin kontrol dan konsultasi dengan dokternya ya mbak.
26 Pertanyaan dari Karisza:
Selamat siang dokter, saya Karisza/28 th/PH primer 2 tahun. Akhir-akhir ini suka timbul rasa nyeri di dada sebelah kiri. Rasa sakitnya tidak terlalu lama, tetapi ketika datang maka seluruh badan langsung lemas. Itu kenapa ya dok? Apakah berbahaya? Terima kasih.
Jawab:
Hai Karisza, mirip dengan pertanyaan mbak Santi tadi. Nyeri dada seperti apa, karena untuk gejala PH utamanya sebenarnya adalah mudah lelah/sesak nafas. Jika keluhan yang muncul hanya sebentar dan hilang sendiri insya Allah tidak membahayakan.
Karisza:
Iya hanya sebentar dan hilang sendiri dok, tapi akhir-akhir ini rasa nyerinya lebih sering terasa. Dalam sehari bisa terasa lebih dari 5x. Makanya jadi agak khawatir untuk aktifitas sendirian apalagi bawa kendaraan. Terima kasih dokter untuk jawabannya.
27 Pertanyan dari Awi:
Dokter, saya Awi/VSD PH. Apakah makanan seperti durian, kopi dan kambing boleh dikonsumsi? PH dan darah tinggi itu sama atau tidak dok?
Jawab:
Halo Awi, boleh saja asal tidak berlebihan. PH berbeda dengan darah tinggi yang kita ketahui sehari-hari. Aliran darah/sirkulasi tubuh kita ada 2: sistemik (dari jantung kiri sampai darah kembali ke jantung kanan) dan sirkulasi paru (darah dari jantung kanan ke paru dan kembali lagi ke jantung kiri). Pada PH, yang meningkat adalah tekanan sirkulasi paru nya. Sedangkan pada hipertensi/darah tinggi yang tekanannya dapat diukur dengan alat tensimeter itu yang meningkat adalah tekanan sirkulasi sistemik.
28 Pertanyaan dari Andi:
Sore dok, saya Andi. Istri saya PH primer sejak 2013. Pertanyaan saya:
1)     apakah PH bisa menyebabkan brain atrophy?
2)     apakah jantung kanan yang sudah bengkak bisa pulih mengecil kembali bila PH nya sudah sembuh?
3)     parameter apa yang lebih penting untuk menilai kinerja jantung, apakah NT pro BNP atau EF? Jika EF sudah <50 apa yang harus dilakukan?
Terima kasih
Jawab:
Selamat sore pak Andi.
1)     secara literature mohon maaf saya harus baca lagi, tapi dapat kita perkirakan hal tersebut bisa terjadi karena oksigen yang kurang ke seluruh tubuh termasuk otak lama-lama bisa menyebabkan gangguan pada otak.
2)     untuk jantung kanan yang sudah membengkak tidak dapat normal kembali pak, tapi dengan PH nya diturunkan, fungsi pompanya bisa menjadi lebih baik
3)     untuk kinerja pompa jantung kiri biasanya menggunakan parameter EF. Sedangkan NT pro BNP digunakan saat jantung decompensated (muncul keluhan akut), nanti akan normal kalau klinisnya stabil. Apabila ditemukan EF yang turun, harus minum obat-obat gagal jantung untuk memperbaiki fungsi dan mencegah perburukan. Dan jelas penyebab gagal jantungnya harus dicari tahu dan diobati.
29 Pertanyaan dari Atika:
Sore dokter, saya pernah dengar kalau tekanan PH itu sama dengan tekanan di lengan, apakah itu benar? Sebenarnya cara mengetahui tekanan PH itu dengan apa dok? Terima kasih
Jawab:
(Pertanyaan ini sudah dijawab sebelumnya)
30 Pertanyaan dari Desi A.:
Siang dokter, saya didiagnosa PH primer tahun 2014 dan diberitahu akibat PH nya ini menimbulkan disfungsi diastolik. Pertanyaannya apakah setiap pasien PH memang akan terkena disfungsi diastolik? Apa yang harus dilakukan agar tidak berkembang menjadi gagal jantung?
Jawab:
Disfungsi diastolik adalah gangguan fungsi jantung saat relaksasi (menampung darah). Saya jelaskan sedikit ya,
Jantung bekerja à sistolik (memompa darah) dan diastolik (menampung darah), dan istilah ini secara umum digunakan untuk fungsi jantung kiri (sedangkan pasien PH umumnya yang terganggu adalah fungsi jantung kanan). Pada PH yang berat memang bisa menyebabkan disfungsi diastolik karena tekanan jantung kanan yang tinggi mengganggu relaksasi jantung kiri, namun tidak mengganggu fungsi sistoliknya.
Untuk istilah gagal jantung ini terlalu luas. Gagal jantung itu ada gagal jantung kanan/kiri. Gagal jantung sistolik/diastolik. Jadi, pada pasien PH sebenarnya sudah terjadi gagal jantung kanan dan untuk mencegah progresifitasnya sama seperti kasus lain: kontrol rutin, konsumsi obat-obatan dan menjalankan pola hidup sehat.
31 Pertanyaan dari Malala:
Dokter, saya mau bertanya, pasien ASD PH boleh minum VCO tidak ya? Soalnya jika saya batuk/demam Alhamdulillah bisa sembuh dengan minum VCO.
Jawab:
VCO boleh saja dikonsumsi asal sesuai dosis.
32 Pertanyaan dari Delsi:
Selamat sore dok, saya Delsi/38 th/PH primer sejak Juni 2017. Belakangan ini saya sering merasa pegal di belakang/pundak kadang hingga pinggang. Apa itu ada hubungannya dengan PH? Saat ini saya konsumsi silde 2×1/2 50mg. Terima kasih dok
(Pertanyaan sudah terjawab di atas)
By | 2019-09-16T10:22:49+00:00 November 5th, 2017|Kuliah lewat Telegram|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat