OurPHJourney – Wulan – Jangan Pernah Marah dan Kecewa Atas Takdir Kita, Semua Sudah Atas Ijin Allah

//OurPHJourney – Wulan – Jangan Pernah Marah dan Kecewa Atas Takdir Kita, Semua Sudah Atas Ijin Allah

OurPHJourney – Wulan – Jangan Pernah Marah dan Kecewa Atas Takdir Kita, Semua Sudah Atas Ijin Allah

“Jangan pernah marah dan kecewa atas takdir kita, semua sudah stas ijin Allah.” – Wulan

Bismillah…

Awass…siyapkan tisuuu yaaa gaess… cemilan2… obat minum dulu…

Ada penulis ga ya..bisa dibuat cerpen lho…wkwkwww…

Sebenernya sekilas pernh sy ceritakan di gathering maret 2018 di rmh mas andik. Jadi jika udah ada yg tau…maapken yaa..smg tdk bete..

 

Okee.. mulaii ya…

 

Namaku Wulan. Aku lahir di jaman old. 40th yll. 24 juni 78 (cateet.. siapkan kado..📣🎂😁)

lahir normal. Bungsu dr 4 bersaudara. Jarakku dg kk no 3 jauh.. 11 th. So..aku sll dibuat mewek kakak2 cowokku.

Dibersamai ibu hanya sampai 5,5th. Ibu dipanggil Allah.. 😩😩…

Aku tinggal berdua sm bapak. Kakak no 1 ud kluarga, kk no 2 kuliah. Kk no 3 ikut bude.sepii…suka ngiri sm temen2..yg punya ibuk…😥😥

Badanku sehat, tp memang tdk bisa gesit. Orang bilang aku lelet. Lari2 juga suka paling ujung belakang.meskipun badanku tinggi kecil. Singkat cerita…aku aktifitas sekolah normal. Ikut ektra2 di sekolah..seperti pramuka, jadi pleton inti baris berbaris,bahkan pas sma ikut pecinta alam. Jalan2 menyusuri alam .meskipun bukan gunung yg gede.. hehehe…naik turun tebing dan menyusuri sungai..  no problem…

Aku kuliah..ikut bbrp kegiatan…baik2 saja…

Th 2000 aku lulus kuliah.. cus nikah….hihi..nikah muda…22th wktu itu. Suami 24. Temen kampus.wwkk..cinlok…

Semua sangat indah.. kesehatan baik2 saja… hanya memang status lelet udh melekat. Yg bikin aku jadi kurang percaya diri di kluarga suami.tahun beranjak tahun… kmi lom dikaruniai buah hati.. sampai di th 2007..  7th kmi ikhtiar…lom dikaruniai juga. So…kmi angkat anak bayi 7 hari. aktifitasku berubah total. Murni jadi ibu rt..(emak2 hehe). Ngasuh dan masak…

Th 2008 aku mulai aktifitas ngantor.dan nyambi kuliah. Diminta mertua buat kuliah lagi…

Awalnya aku sanggup. Sampai 1th.. klw pagi ngantor, klw siang smp sore kuliah.

Stlh sekian bulan… terjadi keanehan. Haid selama 3 bulan tdk normal. Haid lama dan bersihnya sebentar. Kata dokter krn hormon efek kecapekan. Dan di bulan ke 3 aku opname untuk pengobatan haid itu. Dan stlh opname 3 hr, haid berhenti…aku sehat. Tapi..ketika mau pulang dr rs, dokter manggil suamiku…stlh ku tanya..katanya ada keanehan di organ dalem. Sperti suara bising.. ngisis

Aku disarankan cek up ke penyakit dalam.

Aku ikutin. Dan wktu itu posisi aku dilampung. Dr bag.dalm..blm begitu jelas,so..ke poli paru.. kt dr paru…kayak ada pembengkakan jantung. So..ke poli jantung. Nah..dr jantung lah baru bilang..spertinya jantungku bocor. Aku diminta cek ke harkit. Krn di lampung lom ada echo.

Di harkit krn prosesnya lama..sementara suami hnya ijin kantor 2 hari..aku pindah di rs eka hospital serpong.(ada yg tau ga yaa…??)

di situ..langsung cek keseluruhan.. fix dokter bilang. Jantungku bocor..2,6 – 2,9 cm.

Hanya itu yg disampaikan.. dan disarankan operasi..

Seketika aku diam. Seakan tdk percaya..krn slama ini aku lom pernah pingsang2 atau sakit krn jantung. Sampai 7 dokter aku datengin. Fix, smua mengatakan demikian. Dan kluarga besarku sedih. Pada telp aku sambil nangis…oh…buat mereka sedih sangatlah berat hati ini… tp aku mencoba kuat. Malah aku yg menguatkan mereka dg mengatakan klw aku akan baik2 saja. 😥😥😥

Itu kejadian di akhir th 2010.

Aku bingung.. takut operasi jantung…biaya msh mandiri..di kantor suami tdk ada jaminan unt sakit bawaan. Biaya operasi sekitar 100 juta.. waaawwww…

Singkat cerita..aku ga mau… krn aku merasa msh bisa aktifitas normal.

stlh aku dinyatakan kena pjb..maka aku off kuliah. Hanya ngantor aja . Aktifitas berat2 mulai aku kurangi.alhamdulillah keluarga  suport. Mertua suport. Dan aku sdh melupakan pjb.

 

Th 2012..suami minta keikhlasanku unt berbagi..krn pengen punya baby..sementara aku dg pjb ga boleh punya baby.. sediiih gaes.. bangeet…

 

Ujian hati…

Dan singkat cerita..suami menceraikan aku… dipernikahan ke 13th.

 

Baiklah.. aku hrs bangkit sendiri..tanpa suami…aku pulang jawa. Semua orng berfikir ttg jantungku…syok krn dicerai..tp ternyata..Allah menguatkan aku…. aku baik2 saja..

th 2013 tepatnya aku pisah sm suami.. fix jadi jomblo.. hehehe…

Aku mulai dr nol. Jantung ku lupakan…fokusku menata hati dan cari kerjaan..biar tdk merepotkan keluarga. Sempat 3 bulan kerja di jkt…tdk betah..

Dan jogja pilihanku buat cari kerja.

Alhamdulillah .suport sodara2 sangat baik…. smua merhatiin aku..

Tidaklah mulus jalan yg aku lalui. buat cari kerja. Krn usiaku ud 35.

Tp aku juga ga mau lama2 merepotkan. Aku montang manting kerja sana sini.. lupa dg jantungku….dan aku baik2 saja…

Di th 2014.. anak dr sepupu didiagnosa yg sama.. usianya 22th…

Kondisinya smakin hari smakin buruk.singkat cerita.. 2015 januari…beliau meninggal.. 😥

Belm sempat operasi. Baru kateter saja…entah apa yg terjadi aku ga tau.. krn aku lom bergelut di rumah sakit .

Nah..barengan dg kejadian itu..bpkku dipanggil Allah…😥😥krn memang sdh sepuh..

Aku hrs kuat.. aku hrs bangkit…. dg kesendirianku… ditinggal suami…dan kehilangan ortu…

Stlh itu…aku mulai berfikir ttg jantungku.. dan kluarga besar syok dg meninggalnya anak sepupuku itu..mereka menyuruh aku unt cek pjb nya…

Di sardjito..dan aku mulai bikin bpjs.

Nah..disardjito aku langsung diarahkan ke dr kris. Sprti temen2 yg lain..rhc..tte..tee dll..aku lalui..sambil aku tetep kerja.. kluar masuk rs aku sendiri…bahkan pas rhc pun aku booking kamar smpe masuk kamarpun sendiri. Inget banget aku diantar alm pak..???? ah..(siapa tuhhh yg meninggal th lalu..yg bertato. ) Kakak2ku smua kerja..

Tp pas pelaksanaan rhc baru aku ditungguin kakak.

No problem sih buat aku.. krn aku juga baik2 saja.. mencoba kuat.

Hasil rhc.. asd ph dg diameter 2,6 – 2,9. Tvg 80an klw ga salah…

Nah…mulailah diterapi dg dr kris sperti temen2 yang lain.

Aku tetep kerja.. full aktifitas…dr pagi sampe sore..

Ya ngedrop2 sih kadang2 iya.. tp aku hrs kuat.kontrol ku jalani..yg wkatu itu blm ada online..abis subuhan langsung ke rs.. ambil nomer.. nti pas jm 7 masuk ke rs..berkas tinggal..kadang2 mintol temen yg cekup…krn aku nyambi kerja…

Lama lama aku mulai rasain keluhan sperti temen2. Gampang ngos ngosan, naik tangga ga bisa cepet. Gampang ngap ngap. Itu efek ph tinggi.

Kunang2. Detang jantung cepet. Oh..ternyata sperti ini jln yg hrs aku lewati…

Aku hrs tetep bertahan…hrs tetep bahagia..meskipun kadang suka sedih…aku kan kos..jadi suka meloww di kos.

2th kulalui dg sekuat dan semaksimal mungkin.  Kerja dan ngampus…

 

Denger kabar temen meninggal..dalam hati selalu takut…dnger kabar temen operasi dan berhasil..waah…sangat pengeen segera operasi. Tapi.. perkembangan setiap bulan tdk menunjukkan perbaikan yg signifikan…hingga aku di titik pasraah… tvg ga turun2 .. masih di sekitar 80 90…

Kmudian di bulan mei…2017. Rhc ke dua . Hasilnya..tvg ku 78an … ya..lumayan lah turun dikit.

Dokter bilang.. mau dikonferensikan.. tp aku ga terlalu ngejar banget..hasil konferensi itulah yg menentukan bisa ops apa tidak.

Aku santai..dan juni juli 2027 itu ramadhan..  aku ga kontrol

Awal juli baru aku cek up setelah libur lebaran.

Disitu dokter bilang…ada planing operasi..tp lom tau kapan..tunggu saja…krn antri…

Aku fikir..msh lama…pengalaman bbrp temen2 kan antrinya lama…berbulan2.

Ya udah. Aku santai..

Tiba2.. di pertengahan juli,3  hari  stlh itu, aku ditelp dokter.. suruh siap2 operasi…

Waaaww…kaget bannget ..krn aku blm cek ke poli2

Ya udah..2 minggu aku buat cek2. Awal agustus.. fix masuk kamar. Tgl 1 ags. Ditelp suruh masuk kamar tgl 3, krn tgl 4 operasi. Semua serba mendadak

Eh..sudh selesai urus admisi…dokter telp. Operasi dipending, krn dokter pomo ke bali mendadak. Huuuuffff

Ya..sabar… ktnya…suruh tunggu sj.

Aku pulaaang kos

Kerjaaa lagi.

Trus…tgl 5 aku coba tanya ke dokter. Kpn sy jadinya….

Dokter bilang, besok.msk.kamar ya mbak…tgl 8 opsnya…

Waaaahhhh…mendadak lagiii

Ya udah…aku hrs jalani…

Tiba di tgl 6 aku masuk bangsal dahlia..di anggrek ga ada kamar.

Nah.ternyt, perawat anggrek ga tau ada titipan pasien di dahlia..jd aku ga terdaftar.

Untung waktu itu ada mba yani yg sdh operasi…mlm itu mau pulang. Dan aku nempatin kmr mba yani. Sebelahan.sama dek dwi, yg juga mau operasi.

Kita sekamar berdua . Suka crita2. Dia vsd.

Tgl 7, ketika mau persiapkan buat pendonor, ehhh…dikabari klw ops pending…krn tgl 8 ada pemadaman listrik krn akan ada atraksi terjun payung tni au. Uuhhjff..

 

Pendonor ga jadi..trus balik lagi…

Dan jadwal operasiku sama.operasinya dek dwi mundur.

Tgl 8 pagi dr pomo dateng ke kmar nemuin kami… disitu diumumkan…aku ops tgl 9, dek dwi tgl 10.

Bismillah… semoga tdk pending lagi…pendonor kami panggil lagi…

Dan tiba di tgl 9 agustus.2017.

Semua keluarga berkumpul…berdoa bersama….mengiringi langkahku dibawa suster ke gedung bedah central lantai 5.

Jm 9 mulai anestesi. Dan slth itu..entah apa yg terjadi….

Tepat di tgl 10 pukul 6 pagi…aku buka mata…krn mendengar suara lirih dokter…”bangun bangun…solat subuh..”

Seketika buka mata..lihat matahari dibalik jendela ruang icu. Sesaat terdiam…sprti bingung…tp trus aku inget..oh..aku kan abis dioperasi..

Langsung dlm hati aku ucap syukur..ternyata aku msh hidup…msh ada nafas…

Kluargaku lom boleh tengok aku…tp kluarga dikasih tau..klw aku sdh sadar.

Dan ternyata..sejak operasi , 20 jam itu…aku kondisinya naik turun. Tdk stabil di jam2 stlh operasi.

Dokter bilang..aku sempat kritis..sempat sdh dititik pasrah… hanya kuasa Allah yg dokter harapkan. Bersyukurnya…aku dpt asisten dokter yg faham agama…

Di samping bed ku..di puterin murotal. Ayat2 quran. Dan mnrut beliau..lambat laun kondisiku baik.

Alhamdulillah ya Allah…

Sampai skrng dokter itu selalu bilang sama aku… ” sy melihat keajaiban dr Allah ketika mendampingi mba yuni. (Panggilan beliau buat aku) ”

 

Sehari di icu.. sore aku diturunkan ke iccu. 7 hari aku di iccu. Yg bikin lama adl darah dr bagian dalam ga kering2. Jadinya lama.

Di iccu aku smept ngedrop..krn nahan sakit.. itulah sakit yg baru kurasain paling sakit. Sakit sekujur tubuh. Krn anestesi mulai hilang. Sampai di transfusi darah krn anemia

Stlh 2 kantong masuk. Aku mulai baik lagi…

Dan ketika di iccu itu juga…aku denger kabar.. bahwa dek dwi yg sekamar sama aku dibangsal sblm operasi…meninggal stlh tindakan operasinya..  Innalillahi wa inna illaihi rojiun…

Kluargaku ikut sedih..krn kami smpt dekat pas dibangsal. Pikirku…akan ketemu lagi di iccu sm dia..

Ternyata Allah berkehendal.lain.

Entah apa yg terjadi sy ndak terlalu faham.

 

Kemudian aku dipindah ke bangsal. Di bangsal 3 hari.

Dan dibolehkan pulang. Alhamdulillah

Semua yg tengok aku pasti heran dan merinding.. bahkan ada yg nangis klw tengok aku

Bukan krn liat aku, tp dengar critaku dan liat pemulihanku yg diluar prediksi.. mrk kira aku bakal di icu lama..dan ga bisa komunikasi…tp ternyata aku bisa jalan, bisa makan, bisa crita2.

Semua terharu…

September aku mulai rehab. Step by step kujalani rehab smpai 12kali

Dan di akhir rehab, ada evaluasi. Hasilnya..alhamdulillah bagus..kebugaran bagus. Waktu evaluasi aku ditungguin kakak2. Dan di dpn kakak2, dokter bilang, kondisiku sangat baik…kebugaran baik. Seketika semua bersyukur.

Sebagai rasa syukur..  aku dihadiahi perjalanan ibadah.

Atas ijin dokter, dibolehkan stlh 6 bln pasca ops.

Januari 2018 aku brkt. Semua kucurahkan . Harapan baru sdh mulai menghantui…dg kondisi baruku…

Jantung baru…terimakasih ya Allah…

Dan tak lupa aku minta ke Allah pengisi hati baru…eeaaa. eehmmm…

Dan.. Allah kabulkan pengisi hati baruku di bulan juli 2018.

(Atas ijin Allah aku kenal.mba nita…yg mempertemukan aku dg beliau…hihihi..makasih mbaak nita..😘)

Sekarang ..kondisiku sudah sangat lebih baik dr tahun kmaren. Sdh bisa lari2. Naik tangga sampai lantai 5… tanpa ngerasa ngap ngap

 

Hihi…panjang bangeet yaaa

 

Ini saja ud aku ringkes singkat lho…

Yg kejadian cucuran air mata ga tak critain..hehe

Hikmah yg kuambil dr perjalanku adl…

Jangan pernah marah dan kecewa atas takdir kita…semua sdh atas ijin Allah..

Tetaplah berikhtiar dan berkeyakinan…kita bisa… kita mampu. Apapun yg Allah kasih buat kita. .adl sdh sesuai porsi kita.

Klw ngebayangin sih kayak ga kuat ya..tapi ternyata kuat juga…

Jadi prasangka baiklah sm Allah…krn Allah adl prasangka hambaNya…

Kita sehat kok.. tunggu dg sabar dan ikhlas ya teman2 buat mencapai apa yg kita harapkan…jng lupa doa doa doa…

Makasih ud baca..maap pnjang bangeeet…

Semoga bermanfaat…

Lovu u all…

 

Mohon maaf ya..klw ada salah salah kata2

Sangat senang bisa berada diantara kalian… saling suport..saling menyemangati…saling berbagi #obat

By | 2019-09-09T04:27:21+00:00 August 17th, 2018|Our PH Journey|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
WhatsApp chat