KULWAP (KULIAH WHATSAPP)TEMA: Gangguan-Irama-Jantung

///KULWAP (KULIAH WHATSAPP)TEMA: Gangguan-Irama-Jantung

KULWAP (KULIAH WHATSAPP)TEMA: Gangguan-Irama-Jantung

Materi kulwap

Minggu, 16 februari 2020

Pkl : 19.30-20.30 wib

Narasumber : dr.asmoko r.permana, sp.jp

Profil narsumber

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di rspad gatot soebroto jakarta

Tema :  aritmia (gangguan irama jantung)

aritmia adalah suatu gangguan pada irama jantung yang tidak berdetak sesuai dengan irama yang normal. Hal tersebut bisa disebabkan berbagai penyakit yang mendasarinya seperti kebocoran katup jantung, kebocoran sekat jantung, serangan jantung, gagal jantung, kelainan genetik atau fibrosis miokard. Keluhan artimia bisa terasa seperti berdebar atau perasaan denyut yg hilang (jeda) dalam waktu yang singkat. Hal tadi bisa menyebabkan

Detak jantung menjadi terlalu cepat atau terlalu lambat.

Ada jenis aritmia yang tidak menyebabkan gejala apa pun, ada juga jenis lain yang dapat membuat anda merasa pusing hingga yang paling berat yaitu mengalami pingsan.

Ada 2 jenis dasar aritmia yaitu :

  • Bradikardia adalah saat detak jantung lambat (<60 kali denyut per menit)
  • Takikardia adalah saat detak jantung cepat ( >100 denyut per menit)

bila aritmia sudah parah atau cukup lama, hal ini dapat mempengaruhi seberapa baik jantung bekerja. Jantung mungkin tidak dapat memompa cukup darah ke tubuh. Ini bisa menyebabkan rasa lelah, pusing atau mungkin pingsan. Pada kondisi denyut jantung yang ekstrim (terlalu pelan atau terlalu cepat) bisa menyebabkan kematian.

Diagnosis aritmia ditegakkan dari elektrokardiogram (ekg) yang menggambarkan gelombang dari impuls listrik jantung. Modalitas pemeriksaan lain yaitu menggunakan monitor holter, treadmill test, tilt table test, dan pemeriksaan invasif yaitu studi elektrofisiologi.

Pengobatan aritmia termasuk:

  • Perubahan gaya hidup
  • Obat untuk mencegah dan mengendalikan aritmia
  • Obat untuk mengobati kondisi terkait seperti tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner dan gagal jantung
  • Antikoagulan untuk mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke
  • Alat pacu jantung untuk membantu jantung berdetak lebih teratur
  • Ablasi untuk menghilangkan fokus pencetus aritmia

 

 

Dr asmoko rspad: assalamualaikum terimakasih dipercaya diundang kembali dlm kulwap malam ini

Malam ini kita akan bahas jenis penyakit jantung yaitu gangguan irama jantung

Atau singkatnya aritmia, aritmia umumnya disebabkan oleh pembesaran jantung atau fibrosis di sel otot2 jantung atau miokard

pembesaran jantung sendiri macam2 penyebabnya: ada krn kebocoran katup jantung. Kebocoran sekat jantung, pembengkakan krn darah tinggi, riwayat serangan jantung, atau masalah hormonal seperti hipertiroid

Fibrosis atau terbentuknya jaringan ikat di miokard itu penyebabnya bs krn: diabetes mellitus, infeksi miokard atau miokarditis, atau penyebab lain

Diagnosis ditegakkan dari keluhan spt pusing, berdebar atau pingsan atau bahkan riwayat anggota keluarga yg lsg meninggal mendadak (terutama saat tidur) tanpa diketahui penyebabnya

Dari pemeriksaan fisik bisa terdapat bunyi jantung yang tidak teratur, atau suara bising jantung krn ada kebocoran sbg penyebab aritmia nya

Dari pemeriksaan penunjang yaitu rekam jantung/ekg tampak denyut jantung yang terlalu lambat atau terlalu cepat… Bisa pula jumlah denyut masih normal tapi tidak teratur iramanya. Adapula pemeriksaan rekam jantung 24 jam yang kita sebut holter monitoring. Ini untuk melihat dalam 24 apakah gangguan aritmia ini sering terjadi atau bisa untuk melihat gangguan aritmia yang tersembunyi

Tatalaksananya:

Perubahan pola hidup, dibarengi dengan obat2an anti aritmia seperti bisoprolol, amiodarone atau digoxin dll. Kemudian bila terlalu parah maka sebaiknya dilakukan tindakan intervensi seperti ablasi, yaitu mirip seperti kateterisasi jantung namun ditambah alat untuk mencari lokasi otot jantung yg bermasalah iramanya kemudian diberikan gelombang radiofrekuensi untuk mematikan sebagian kecil sel2 yg mencetuskan irama abnormal tsb

Khusus utk penyebab aritmia kebocoran sekat jantung sebaiknya tindakan ablasi dilakukan sebelum operasi tutup sekat jtg

Demikian sedikit ulasan singkat saya

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1 Ziyan : selamat malam, dok

Saya ibunya ziyan

Ziyan sudah operasi vsd closure dan ligasi pda umur 7 bulan

Sekarang masih ada penyempitan di aorta karena tidak dilakukan tindakan dg pertimbangan diharapkan bisa melebar seiring pertumbuhan ziyan

Pasca operasi, tumbuh kembangnya bagus.. Alhamdulillah

 

Yang mau saya tanyakan

Apakah wajar jika jantungnya masih terdengar bising dan ketika saya raba,  detak jantungnya masih ngga beraturan?

 

 

Coarctation of aorta, dok

Masih ada penyempitan apakah subaortic stenosis? Atau koarktasio aorta? Bila msh ada penyempitan maka wajar akan ada bising. Kemudian detak jantung ga beraturan sebaiknya di ekg dulu

 

 

 

Ok berarti gradiennya atau perbedaan tekanan musti dicek melalui echo. Bila signifikan perbedaan tekanannya maka perlu intervensi spt coarc stenting atau operasi repair coarc

2 Pak nico : apakah denyut asd sm dg denyut pda dok?

 

 

Walaupun sdh minum sild dosis 50mg,jalanpun kok msh menggos2 ya dok?

Denyut jantung sama. Bising jantung lain. Pulsasi pembuluh berbeda

 

Echo tvg brp pak nico

 

3 Assalamu’alaikum semuanya

Perkenalkan nama saya shiela umur 19 thn asal medan

 

Seminggu yg lalu saya barusan aja batuk darah dr, darahnya banyak hingga harus opname di rs sampai beberapa hari. Yang mau saya tanyakan, semenjak batuk darah yg terakhir kali ini, saya tidur sering terbangun karena terkejut. Seperti ada yg hentakkan badan saya. Saya merasa saya terbangun karena detak jantung saya tiba tiba terasa cepat selama beberapa detik namun kemudian normal seperti biasanya. Dan ini sering terjadi terjadi ketika saya mau tidur saja. Apakah itu termasuk sleep apnea dr? Bagaimana cara mengatasinya saat irama jantung tiba tiba menjadi cepat, soalnya sangat mengganggu tidur dr, terkadang gara gara itu saya tidak bisa tidur kembali. Apakah obat beta-bloker bisa mengatasinya?

 

Iya dokter, batuk karena ph. Sudah 6 kali batuk darah dari tahun 2018

Waalaikumsalam batuk darah krn ph?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sleep apnea tidak ada berdebar2. Itu krn aritmia. Setuju betabloker bs mengatasinya spt bisoprolol tapi saran saya disesuaikan dgn hasil echo klinis dan dilanjutkan utk mencari jenis gangguan aritmianya melalui ekg kemudian holter

4 Malam dok, saya fitria usia 23thn dengan asd secundum ph juga. Saya pernah ngerasa jantung saya bergetar rasanya jadi lemes gitu sm keringet dingin. Tapi ga lama kira2 sejam an bisa normal lagi karna berusaha tenang dan tarik nafas atur nafas. Itu knpa ya dok. Terimakasih Malam itu krn aritmia biasanya atrial fibrilasi atau supraventrikular takikardia, kedua jenis aritmia ini adalah jenis denyut yg cepat… Sehingga perlu dicek holter kemudian dari situ baru ditentukan perlu tindakan lain atau tidak. Jika tidak bersedia sejauh itu maka obat2an saja spt digoxin atau bisoprolol
5 Saya patma _ph primer dari jogja_umur 40

Saya sering debar2 cpt sekali selama beberapa detik…serasa nyawa mau melayang dan stlh debarnya berhenti badan lemas tak bertenaga …itu disebabkan krn apa ya dok????Krn akhir2 ini suka begitu tiba2

Sama ini juga aritmia, kemungkinan atrial fibrilasi, atau supraventrikular takikardia. Sebaiknya dilakukan ekg bila tidak ketemu kelainannya lanjut holter.
6 Assalamualaikum . Malam dokter.. Saya dewi retno , 28th, surabaya , asdph ..

Dok , setelah penjelasan dari dokter saya menyimpulkan berarti orang asd itu pasti kena aritmia ya dok?

Lalu saya ini sering bgt seperti tiba” pusing padahal posisi duduk , apa itu juga tanda aritmia ya dok?

Kalu untuk berdebar , pasti debar kencang klu pas kecapean atau pas habis jalan jauh gitu dok..

Terimakasih dok..

7 Selamat malam dok saya tri rahayu post asd ph…. Yg saya tanyakn… Knpa ya jntung saya setelah di repair itu denyuut nya agak aneh… Kadang puelan sekali.. Kadang juga bisa cepatt… Selama ini minum obt2n dorner. Concor. Sm silde… Apa perlu saya konsumsi digoxin untuk menguatkn jantung dok…

 

 

 

 

 

Uda di ekg dok.. Katany norml.. Sss itu apakah bahaya dok… Iya dok… Kadang hampir pingsan juga

Malam. Nah kalo lambat kadang cepat ini biasanya krn sick sinus syndrome (sss) atau mgkn atrial fibrilasi, sebaiknya di ekg bila ga ketemu maka di holter. Bila terbukti sss dengan jeda yg lama dan simtomatik spt keluhan pingsan pandangan gelap maka perlu alat pacu jantung

 

Sss bahaya. Saran saya diholter sesuai anjuran dokter spesialisnya agar bisa ketemu apalagi keluhannya hampir pingsan. Dgn catatan pingsannya berhubjnganndgn berdebar2 nya

 

8 Malam dok, saya ike ph primer yogya usia 40th

Kdg denyut jantung sy sangat lambat 40, kdg bs sangat cpt 110.

Bgmn ini cara pengobatannya ya dok? Selama ini sy minum digoxin.

Apakah ada cara alami selain obat2an utk mmbuat detak jntung teratur kembali

Malam mba ike. Kalo berubah2 spt itu kemungkinan sss tadi atau atrial fibrilasi. Betul minum digoxin. Mohon maaf utk cara alami saat ini belum ada, sebaiknya teratur minum obat krn obat yg diberi bukan obat biasa tapi obat yg memang sudah melalui proses penelitian pada beribu2 pasien dan terbukti bermanfaat. Jika dibanding tidak diberi obat
 

9

Mlm, dok saya siti marfuah avsd pos op. 27th saya kalo lupa minum obat jantung aq berdetak agak cepat apa karena af’y dok trimakasih. Obat jtg sebaiknya diminum teratur krn ada bbrp obat yg memberi efek berdebar klo diminum ga teratur
10 Assalammualaiku dokter perkenalkan saya yanti dari depok. Asd dan ph. Waktu bulan puasa kemarin selama 1 bulan setelah saya berbuka puasa minum es dan cemilan ga lama kemudian saya pasti tackicardi dok bahkan pernah diatas 150 x/m itu biasanya berlangsung selama lebih dari 30 menit biasanya yg saya lakukan tarik nafas panjang dan mencoba tehnik distraksi. Pertanyaannya apakah ada hubungannya dengan pencernaan dok karna lebih dari 12 jam pencernaan kita istirahat. Terima kasih Waalaikumsalam pasien jantung sebaiknya hindari minum es. Krn es dapat memicu denyut lambat kemudian akan dikompensasi oleh tubuh menjadi takikardia… Kalo lebih dari 150 x permenit sebaiknya di holter utk menemukan jenis aritmianya agar bisa terarah penanganannya

Bisa berulang tergantung jenis aritmia awalnya, kemungkinan berulang antara 10-50%. Sebaiknya minum lagi bisoprolol nya tapi mulai dosis rendah atau menurut anjuran dokter yg menangani krn obat bisoprolol bisa memicu masalah lain spt asma atau edema paru

11 Rini,Jogja,38 tahunPda ph

Untuk takikardia sepertinya bisa dgn jelas dirasakan/diketahui pasien dari detaknya yg cepat, dan sering menyebabkan sesak napas/napas berat utk saya.

Bagimana dgn bradikardia, apakah bisa dgn jelas atau secara cepat bisa dirasakan dan dikenali? Mengingat akibatnya yg sama riskannya dgn taki.

 

Beberapa kali mengalami tiba2 badan berasa lemas, tanpa tau penyebabnya. Apakah juga berkaitan dgn bradikardia ?

Bradikardia memang lebih sulit dirasakan oleh pasien dibanding takikardia. Tapi keluhan yg bisa diwaspadai adalah denyut yg terasa lambat kemudian diikuti pandangan gelap atau penurunan kesadaran. Tiba2 lemas bisa krn tensi rendah atau krn kurang elektrolit.. Belum tentu krn bradikardia
12 Assalamu’alaikum, saya yanti, tinggal di depok, usia 39th, asd sdh dikoreksi dgn aso di th 2011, ph severe, dan telah di ablasi krn aritmia detak jantungnya cepat di sept 2019…

Yang saya mau tanya, apakah aritmia bisa terulang lagi setelah ablasi dilakukan, krn sdh hampir sebulan ini saya merasakan detak jantung saya kembali cepat hingga 118 detak/menit…

Dan bagaimana cara mengatasinya ketika detak jantung mulai terasa cepat agar kembali normal…apakah harus mengkonsumsi bisoprolol kembali karena saat ini saya sdh tdk minum obat bisoprolol dan cordarone…

13 Malam dok, sy andi suami dari ike ph primer. Apakah tindakan ablasi utk mengatasi aritmia itu dapat dilakukan utk pasien ph primer? Bisa ablasi bila kondisi terakhir memungkinkan seperti tidak sesak saat terlentang, dan indikasinya adl keluhan yg sangat mengganggu seperti pingsan atau pandangan gelap
14 Assalamualaikum wr wb.selamat mlm dr .

Sy mutiati ibu dr pasien anasya syafa nafeza  umr th dr pekalongan .kasus asd .vsd ps.dorv

Maaf dr anak  anak sy udah 3 x op dan sdh fontan .tp ko masih suka keluar keringat dingin .kenapa ya dok?

Atas jawabanya sy ucapkan bnyk terimakash

 

Maaf dok jd nambah .

Pertanyaanya anak sy msh minum obat aspilet .furosemid.concor .sdenefil.ramipril .sampai kpnkah anak sy minum obat sebanyak itu

Waalaikumsalam bu. Keringat dingin bisa karena tensi rendah atau tekanan paru tinggi ga slalu karena aritmia. Sebaiknya direkam jantung dulu utk membuktikan aritmianya

 

Obat diberikan sesuai dengan diagnosa dan kondisi pasien. Jadi memang harus rutin memantau perkembangan dan rajin bertanya kepada dokter yg menangani.

15 Mlm dokter sy kluarga pasien ats nma denisa 9 thn.. Skrg2 ini anak sy sring trbangun dri tidur dan mngluh cpe pdhal sdg tidur.. Apakah ini krn sesak atau ada hbngannya dg aritmia jntung? Misal ny krn gngguan aritmia itu?

 

 

Anak ny mmg ada bsing jntung dok krn ada klainan jntung (ap window + ph)

 

 

 

 

 

 

Tdk bisa oprasi dok dikarnakan ph ny msh tinggi

 

Malam sebaiknya diperiksa spesialis anak apakah ada bising jantung dan dironsen utk melihat ukuran jantung sebagai penyebab keluhannya. Belum tentu krn aritmia

Nah klo gitu sesaknya terbangunnya krn ph yaitu krn aliran berlebihan ke paru2. Alias paru2nya banjir bu. Sebaiknya ditutup bila masih layak op

Ditutup kebocoran ap windownya mksd  saya

 

Ok bu artinya fokus di pengobatan ph saja. Dan butuh dedikasi serta kesabaran tinggi

16 Assalamu alikum dok..

Dok,saya siti aisyah 27thn,dok knpa iya ritme jantung saya suka cepat bagt berdetak nya,dan klw mlm suka tiba2 kebagun tiba2 karena detak jantung nya cepat bgt trmksih.

 

 

 

 

 

Tapi saya di vonis avsd besar dok sama ph sekunder,saya udh lakukan tindakan kateter 2kali.

Apakah saya masih bisa buat ada tindakan oprasi di bagian katup dok.

 

 

 

Waalaikumsalam mba sitj inj namanya aritmia  kalo cepat nadinya itu takiaritmia. Sebaiknya direkam jantung untuk menentukan jenisnya. Bila tidak ketemu maka diholter. Jangan lupa dilakukan pemeriksaan standar oleh spesialis jantung. Mudah2an cukup diobati saja tidak perlu tindakan

 

Hasil flow ratio dan parinya brp mba siti

 

Dari hasil ini memang tekanan sudah sangat tinggi dan pembuluh darah paru sudah sangat kaku shg bila dipaksakan operasi akan menjadi malapetaka 🙏🏻. Lebih aman obat2an saja mba siti

17 Malem dokter

Sy sigit 36 tahun dr palembang.  Awal 2015 sy didiagnosa sm dr edho thondas,  ada pembesaran jantung kanan dan emang suka nyeri dada kiri.  Kemungkinan kata dia ph primer.  Tahun 2016 sy cath,  dan hasil nya normal coronary with slow flow.  Tahun 2019 januari,  jantung sy berdebar tidak enak,  dan hasil ekg nya ada av blok derajat 1 dan rbbb.  Sejak saat itu sy suka bolak balik opname di rs.  Dan ini barusan kemaren sy cath lg dgn prof.  Alie ghanie kkv,  dan hasil nya sama dgn tahun 2016, yaitu normal coronary with slow flow.  Adapun obat yg saya konsumsi saat ini adalah dorner dan cordarone.  Pertanyaan saya dok :

1. Apa yg menyebabkan slow flow tersebut ?  Dan kira2 obat nya apa.  Krn prof alie bilang obat nya persantin/dipyridamole.  Tp obat itu gak ada lg di indonesia.

2. Apa yg bs menyebabkan av blok dan rbbb tersebut  dan bisa sembuhkah ?

Mohon pencerahan nya dok.  Terimakasih

Wassalamualaikum  wr wb

Maaf dok tanya sekali lg,  pengencer darah yg cocok utk slow flow ini apa kira2 dok ?  Apakah bs dgn clopidogrel saja ?

Terima kasih banyak ya dok atas info nya

Baik dok.  Terima kasih atas info dan arahan nya.  Semoga dokter sehat selalu

 

Malam sigit. Coronary slow flow syndrome bisa disebabkan oleh penyakit metabolik seperti diabetes dislipidemia atau gangguan hiperkoagulasi. Av blok dan rbbb kemungkinan berhubungan krn slow flow ini. Sbaiknya diberikan pengencer darah..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sehubungan dgn adanya ph primer sbaiknya dikombinasi dgn warfarin ya. Agar darah lebih encer krn pasien ph terutama yg ph severe  cenderung untuk menggumpal darahnya

18 Malam dokter, saya keluarga arista, 37 tahun, jakarta,kakak saya pernah masuk icu  karena gagal nafas dan waktu itu katanya terdeteksi ada aritmia, kemudian kedua kali masuk icu lagi tapi rs berbeda dan diinfokan bahwa tidak ada aritmia. Apa artinya aritmianya sdh sembuh? Malam aritmia memang ada yg hilang timbul ada yg permanen. Tergantung jenis aritmianya. Sbaiknya dicek holter utk membuktikan bahwa aritmianya sudah tidak muncul lagi
19 Assalamu’alaikum

Slmat mlm dok

Saya suryanti dari pekalongan. Ksus cctga vsd asd ps & ph. Sudah op bcps thun kmren & rencana ada op lanjutan (fontan)

Yg sya mau tnyakan apakah irama jantung bisa mnjadi penghalang op fontan & apakah dengan adanya irama jantung ini ph saya gk bisa stabil dok…???

Krna sebelum & sesudah oprasi irama jantungnya tetap ada meskipun kadang kadang.

 

Ablasi itu seperti apa dok..??

Apakah nnti di jelaskan sma dr jantung’ny..??

 

 

 

 

 

 

 

 

Owh iya dokter.

Tpi kira” irama jantung itu bisa sembuh apa tidak dok..??

 

Ekg & holter sudah smua dok tpi dr jantung blm jelasin apa”

Waalaikumsalam mba suryanti

Iya  irama jantung akan mengganggu kelancaran aliran pompa terutama pada sistem fontan. Sbaiknya diablasi dlu sumber aritmianya pre fontan

 

 

 

 

Ablasi itu spt tindakan kateterisasi jantung. Seperti pasang infus di paha. Kemudian dimasukkan selang kecil dari dalam paha menuju jantung. Pasti akan dijelaskan sblm tindakan. Bila kurang puas sbaiknya tanyakan smp puas ke dokter spesialisnya.. 🙏🏻di rspad juga boleh

 

Ada yg sembuh ada yg tidak. Tergantung jenisnya. Jenisnya diketahui dari ekg atau holter

Mgkn bs diperlihatkan ekg dan holternya ke saya

20 Saya nani 37 thn,dari muara bungo jambi.pasien ph. Jantung saya kadang suka berdebar dr berikan saya bisoprolol.tensi nggak pernah diatas 100 tapi dr yang pernah rawat saya bilang stop bisoprolol Bisoprolol bisa gpp asal dosis kecil
21 Nama saya devi umur 36 thn,dari bukittinggi.saya kjb vsd jg ph,akhir2 ini irama jantung ku ngk stabil kadang kencang kadang ngak,sekarang ini aku sering merasakan lelah,kenapa ya dokter kok bisa ngk stabil tu sekarang,apa itu pengaruh ph kah dok? Iya krn vsd maka tekanan  paru tinggi yaitu namanya ph. Krn vsd juga maka akan terjadi pembesarab salah satu ruang jantung kemudian  akan terjadi hal diatas yg saya sebutkan
22 Pak tedja : Tanya pd dokter novi, dlm 3 minggu terakhir ini sy sering sesak napas n seminggu terakhir dibarengi dgn batuk, sy sdh pakai ventolin, spiriva n arisep ini apa penyebabnya dok Harus diperiksa ulang pak batuknya ini karena ph (jtg) nya atau karena parunya. Dan itu harus diperiksa secara langsung. Sebaiknya dicermati juga apa 3-4 mgg ini banyak aktivitas. Kalau iya mgkn harus dikurangi.

 

 

 

 

By | 2020-03-12T03:38:04+00:00 March 12th, 2020|Kuliah lewat WhatsApp|0 Comments

About the Author:

Yayasan
Yayasan Hipertensi Paru Indonesia adalah komunitas pasien, keluarga, dan kalangan medis pemerhati Hipertensi Paru. Silakan klik Daftar Anggota untuk bergabung dalam komuniitas dan klik IndoPHfamily untuk bergabung di forum utama pasien di Facebook
Open chat