Sejarah dan Pendiri Yayasan Hipertensi Paru Indonesia

 

Yayasan Hipertensi Paru Indonesia diawali dari beberapa pasien Hipertensi Paru/Pulmonal yang bertemu di group Facebook yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan (kopdar) pertama tgl 23 Maret 2012 di Jakarta.

Dari sana kami mulai melangkah lebih jauh untuk mengembangkan dan memperkuat komunitas ini dengan melakukan beberapa hal seperti memperjuangkan obat terjangkau, support pasien dan awareness (penyuluhan) tentang hipertensi paru secara otodidak oleh pasien dan keluarga.

Hipertensi paru masih sangat langka di Indonesia, ribuan pasien belum terdiagnosa karena tingkat awareness yang masih rendah di masyarakat maupun kalangan medis. Selain itu biaya pengobatan yang mahal dan tidak terjangkau juga menjadi kendali utama pasien dan keluarga, padahal hipertensi paru sangat fatal apabila tidak diobati dengan baik.

Dengan latar belakang untuk memudahkan dan memperlancar proses kegiatan dan perjuangan di ataslah, kami pada akhirnya memutuskan komunitas ini untuk sebaiknya berbadan hukum resmi dengan mendirikan Yayasan Hipertensi Paru Indonesia yang telah disahkan oleh kemenhukam pada tanggal 24 Desember 2014.

8 Pasien Awal pendiri yayasan adalah :

– Dewi Komalasari

– Dhian Deliani

– Hana Nurliana

– Hayuda N Said

– Indriani Ginoto

– Rinie Hamidah

– Octarina Dwiputranti

– Sri Dewi Rahayu

Kami berharap dengan rahmat Tuhan YME, Yayasan Hipertensi Paru ini kedepannya dapat bermanfaat sebesar-besarnya untuk pasien, keluarga, dan seluas-luasnya masyarakat umum.

Silakan klik VISI-MISI, Susunan Pengurus dan Program Kerja untuk mengenal kami lebih lanjut..

 

Salam

Tim Yayasan Hipertensi Paru Indonesia (PHA Indonesia).

www.hipertensiparu.org

Surat Pengesahan Kemenhukam RI

Pengesahan Yayasan Hipertensi Paru Indonesia

Surat Pengesahan Yayasan Hipertensi Paru Indonesia