Keseharian Bersama Hipertensi Paru

Sangat penting bagi pasien hipertensi pulmonal untuk dapat mengukur kemampuan aktifitas masing-masing dan menghentikan aktifitas SEBELUM aktifitas tersebut menimbulkan gejala (bukan setelah gejala terjadi seperti sesak nafas baru berhenti aktifitas).

 

Singkatnya Anda perlu mendengar dan peka terhadap badan Anda dan menjadi fleksibel, jangan memaksakan diri.

 

Karena bila Anda memaksakan diri dan jatuh sakit, jatuh sakit pada PH adalah hal yang sangat serius, karena pemulihannya akan sangat lama dan sulit, dan bahkan bisa jadi tidak bisa pulih seperti sebelumnya.

 

Hidup bersama dengan hipertensi paru setiap hari tidak menentu, ada hari2 buruk dimana Anda merasakan banyak gejala, ada hari2 baik dimana Anda merasa sehat sekali. Sesuaikan aktifitas dengan kondisi Anda pada hari tersebut.

 

Berikut adalah beberapa tips sehari-hari :

 

HEMAT ENERGI ANDA

 

  • Tahu kapan harus berhenti dan beristirahat
Segeralah beristirahat begitu terasa kurang nyaman/gejala mulai timbul. Bahkan sebaiknya Anda mengukur dan mencatat kemampuan Anda sebelumnya dan berhenti sebelum gejala timbul pada kesempatan berikutnya

 

Contoh : bila Anda bekerja 1 jam dan sudah merasa sesak nafas, maka pada sesi berikutnya kurangi menjadi 45 menit .

 

  • Fleksible
99% aktifitas kita tidak ada yang benar2 HARUS dikerjakan saat itu juga, sesuaikan aktifitas Anda dengan kondisi kesehatan Anda setiap saat.

 

  • Bagi aktifitas/pekerjaan menjadi tahapan-tahapan kecil
Contoh : bila membersihkan seluruh rumah sekaligus menimbulkan gejala, maka berikutnya bagi menjadi membersihkan setiap ruangan saja setiap waktunya.

 

  • Minta bantuan kepada keluarga, orang tua, teman, dll

 

Berbagi tugaslah dengan keluarga Anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, berbelanja atau apapun juga itu meskipun hal2 kecil selama itu dapat meringankan dan menghemat tenaga Anda.(bahkan anak-anak Anda yang masih TKpun bisa dilatih untuk mandiri dan membantu, misalnya dengan makan sendiri, merapikan mainan sendiri, dll).

 

Bila memungkinkan, perkerjakan orang lain untuk membantu pekerjaan rumah tangga sehari-hari.

 

  • Gunakan jasa2 pihak ketiga seperti laundry, catering dll bila memang diperlukan

 

  • Gunakan layanan antar dan belanja online semaksimal mungkin dalam membeli sesuatu (obat, kebutuhan pokok, dll)

 

  • Gunakan peralatan2 tambahan untuk mempermudah pekerjaan Anda (mesin cuci, seterika uap, dst.)