Hipertensi Paru – Dokter Spesialis

Karena Hipertensi Paru adalah penyakit yang langka, maka tidak semua Dokter pernah menangani pasien hipertensi paru, atau hanya menangani 1-2 pasien = pengalaman minimal.
Oleh karena itu pasien PH dianjurkan untuk mencari dokter spesialis hipertensi paru atau pemerhati hipertensi paru (spesialis jantung/paru) sehingga dengan pengalaman dan pengenalan akan PH yang mereka miliki, Anda bisa mendapatkan diagnosa dan pengobatan PH yang terbaik.

 

Selain itu Anda disarankan memilih Dokter yang berkarakter optimis dan positif, karena PH adalah penyakit kronis/jangka panjang, sehingga diperlukan kerja sama yang baik antara pasien dan Dokter dalam memanage PH.

Hal yang perlu dikonfirmasi saat mencari Dokter PH yang berpengalaman adalah apakah Dokter tersebut pernah menangani pasien PH sebelumnya dan pengenalan akan obat2an PH.

Beberapa pertanyaan dibawah ini adalah contoh pertanyaan yang bisa Anda tanyakan, untuk melihat apakah Dokter Anda mengenal PH dengan baik:

  • Apakah Dokter ada menangani pasien ph lainnya, ada berapa banyak Dok?
  • Tanyakan detil dari pasien lain, mereka sudah berapa lama terdiagnosa dan hipertensi paru karena apa? (untuk mengkonfirmasi bahwa memang ada beberapa pasien hipertensi paru lain yang sudah pernah ditangani – sudah ada pengalaman)
  • Tanyakan jenis-jenis obat PH yang tersedia di indonesia. Dorner/beraprost adalah pengetahuan dasar pengobatan PH. Pengetahuan akan sildenafil/viagra sebagai obat PH menandakan Dokter Anda cukup mengenal PH,
Silakan KLIK Daftar Dokter Spesialis Hipertensi Paru untuk informasi lengkap daftar Dokter Pemerhati Hipertensi Paru.