Hipertensi Paru dan Berpergian

Berpergian tetap dapat dilakukan oleh pasien hipertensi pulmonal sesuai dengan kondisi masing-masing pasien. Berikut adalah beberapa tips berpergian bagi pasien PH :

 

  • Dataran Tinggi
Di dataran tinggi (suatu tempat maupun di pesawat), level oksigen di udara lebih rendah dan dapat membuat pembuluh darah paru lebih sempit/tekanan paru nak. Karena itu, secara umum, sebaiknya pasien PH memilih tempat tinggal dan tempat liburan di dataran rendah.
  • Berpergian dengan pesawat
Sebisa mungkin sebaiknya pasien PH berpergian dengan moda transportasi melalui darat/laut, terutama bagi pasien PH yang saturasi oksigennya rendah. Bila harus menggunakan pesawat, maka konsultasikan terlebih dahulu ke dokter masing-masing.

 

  • Keperluan Oksigen
Bagi pasien PH yang bersaturasi oksigen rendah, harus memastikan bahwa transportasi udara, laut, darat yang digunakan memungkinkan supply oksigen.
  • Cuaca
Faktor cuaca sangat berpengaruh pada timbulnya gejala PH, hindari aktifitas pada cuaca yang panas/dingin sekali karena bisa memperburuk gejala PH Anda, udara kering/kelembaban yang rendah juga tidak baik untuk Anda.

 

  • Liburan
-Pilih jenis liburan yang minimal dalam hal berjalan/aktifitas fisik misalnya : berpiknik di kebun raya, bersantai di pantai, dst.
-Mengunjungi tempat liburan yang banyak tempat duduk/peristirahatannya
-Tetap mengkonsumsi obat-obatan PH termasuk furosemide secara rutin. Pantau asupan garam Anda, karena seringkali saat liburan, asupan makanan sehari-hari tidak terkontrol kadar garamnya.