Apa itu Hipertensi Paru / Hipertensi Pulmonal?

 

Hipertensi paru (pulmonary hypertension) / hipertensi pulmonal adalah suatu keadaan dimana terjadi tekanan darah tinggi di arteri paru-paru. Tekanan darah tinggi ini BEDA dengan tekanan darah tinggi biasa yang diukur pakai tensimeter dan banyak diderita oleh masyarakat umum.

 

Tekanan darah di arteri pulmonal yang normal adalah 8-20 mmHg, pada pasien PH tekanan paru >25 mmHg pada kondisi istirahat dan >30 mmHg pada saat aktifitas.

 

Tekanan darah tinggi tersebut terjadi karena saluran (arteri pulmonal) yang membawa darah dari jantung ke paru-paru menyempit/menebal sehingga jantung kanan harus bekerja extra keras untuk memompa darah tersebut menuju paru-paru.

 

Hipertensi pulmonal adalah penyakit kronis yang memerlukan perubahan/penyesuaian gaya hidup dari pasien dan pengobatan sesegera mungkin setelah diagnosa, karena bila tidak maka bisa menyebabkan gagal jantung kanan*.
Catatan
  • Hipertensi Pulmonal adalah terjemahan asli dari bahasa inggris pulmonary hypertension (PH)
  • Hipertensi Pulmonal = hipertensi paru
  • Istilah hipertensi paru lebih banyak digunakan di Indonesia untuk memudahkan masyarakat umum untuk mengenal dan mengingatnya.
  • Situs ini menggunakan istilah hipertensi pulmonal dan hipertensi paru secara bergantian supaya Anda terbiasa dengan kedua istilah tersebut.
  • Gagal jantung kanan bukan berarti jantung berhenti, tetapi jantung menjadi lemah karena kesulitan memompa darah
  • Hipertensi paru juga bisa terjadi di vena paru-paru, tetapi kita disini memfokuskan yang terjadi di arteri paru-paru karena itu yang banyak terjadi.
Baca juga :