5th YHPI Anniversary

5th YHPI Anniversary 2017 – PH as “Invisible Illness”

Syukur kepada Tuhan YME, acara Seminar dan Gathering dalam rangka 5 Tahun komunitas IndoPHFamily (YHPI) berdiri, telah berjalan dengan lancar dan baik pada 06 Mei 2017 di Jakarta.

Kita mendapatkan kejutan, karena Ibu Dettie, Direktur Bina Farmasi Kementerian Kesehatan RI, beserta Ibu Ardin berkenan hadir dan membawakan kata sambutan.

Terima kasih kami ucapkan kepada Prodia yang telah mengizinkan gathering dilakukan di Gedung Prodia Pusat, Ibu Tri Hastuti dan Ibu Lintang Surya yang telah membantu persiapan dan menjadi moderator.

Terima kasih kami ucapkan kepada dr Nauli Elkana Siti (ketua pokja PH) dan psikolog Ibu Prihandini (Clerry Cleffy Institute) yang telah bersedia menjadi narasumber,
presentasinya gaul dan keren abis dok :)

Thank you buat Umii Nuraa, PHers hebat yang membuat sovenir wpap buat narasumber, dr Nauli dan mb Dini suka bangettt um

Terima kasih juga kepada para tamu undangan yang hadir, dokter Hariy SaQti Muliawan, dokter Mustika Dewi, mb Nines dan
Pak Andy dari Pfizer.

Juga terima kasih kepada para donatur, mb Hana Nurliana, Harimin Ginoto, mb Eri Kadarusman dan semua teman-teman pejuang PH beserta keluarga yang telah hadir bersilaturahmi…

Berikut rangkuman singkatnya :
– Ibu Dettie menyampaikan bahwa beliau sangat peduli dan akan membantu memperjuangkan Sildenafil yang sangat dibutuhkan pejuang PH untuk segera masuk BPJS (sekarang masih pembahasan final).
Suatu berita positif yang sangat menyegarkan kita semua :)

– Dokter Nauli memberikan kiat-kiat menghadapi gejala PH, beberapa diantaranya adalah : batasi konsumsi air kurang lebih 21ml x berat badan per hari, selalu sedia alat timbangan yang sama dan timbang badan setiap hari, bila naik 1-2kg secara tiba2, maka kemungkinan ada penumpukan cairan di dalam tubuh = perlu furosemide

Tips kedua adalah batasi konsumsi garam, maksimal 1sdt per hari, yang menarik adalah beliau memberi tips bahwa garam sebaiknya tidak dimasukkan saat memasak, tetapi setelah masakan matang, karena bila setelah masakan matang, rasa asin/garam yang diperlukan lebih sedikit.

Tips lainnya masih banyak, rugi deh pokoknya yang ga bisa hadir, hehe…

– Ibu Prihandini memberikan tips2 mengenai cara menghadapi PH dari sisi psikologis, yang paling melekat adalah mulai saat ini tidak ada lagi pasien Hipertensi Paru, adanya pejuang Hipertensi Paru :)

apalagi kalau sudah bergabung dengan YHPI ya, kita adalah komunitas pejuang!

– Ibu Rika dari Prodia menjelaskan mengenai layanan Prodia yang terbaru, yaitu Prodia Health Center, one stop services untuk kebutuhan kesehatan, hingga pemeriksaan echocardiografi dan konsultasi dokter.

Demikian ringkasan singkat 5th YHPI Anniversary, akhir kata kita panjatkan syukur dan doa kepada Tuhan YME karena komunitas kita sudah berjalan menghadapi tantangan, suka dan duka bersama-sama selama 5 tahun.

Kami pengurus, mengajak kita semua yang kehidupannya “tersentuh” oleh PH untuk turut ambil bagian dalam setiap program kerja YHPI, karena YHPI adalah MILIK kita bersama dan kemajuan YHPI kedepan adalah tanggung jawab kita bersama.

YHPI bukan dari pengurus, oleh pengurus dan untuk pengurus…
(kalau tujuannya utk keuntungan pengurus, mending buka usaha aja, wkwkwk)

Kita semua di IndoPHFamily mendedikasikan waktu, tenaga, dana dan daya semata-mata HANYA sebagai ucapan syukur karena Tuhan membuat kita “berkenalan” dengan PH,

semua pasti ada alasan dan tujuannya,

dan alasannya pasti bukan untuk “bahan” mengeluh, tapi untuk “bahan” berbuat baik dan membuat perubahan kondisi PH di Indonesia.

YHPI adalah komunitas dari PHers, oleh PHers, dan untuk kebaikan semua PHers juga…
++ keluarga dan dokternya :)

Semoga kedepan YHPI semakin berkembang, semakin banyak obat PH yang terjangkau dan dicover BPJS, jaringan support group pasien semakin kuat dan kompak, dan semakin banyak partisipasi/kepedulian yang terjadi terutama dari internal IndoPHfamily,

karena hanya dengan upaya bersama-samalah semua impian ini dapat menjadi kenyataan.

Amin

Salam sehat sehat sehat dan sampai ketemu di next gathering…

Tim YHPI

Last but the most important, thank you buat seluruh panitia, mb Dhian Deliani, bersama bala bantuan relawan mb Fitna dan mb Rika, Arni R. Sulaeman, mb Dewi Fenda thank you dukungan doanya mb, Nurhayati Nuey, dan mc kita yang cantikkkk Ardini Tripramanti Indri